Kedewasaan

-KEDEWASAAN-
Ev. Nany Susanty, SH



Kedewasaan adalah batu loncatan menikmati glorious time. Kedewasaan tdk tergantung dr umur.

Galatia 4:1-3 Yang dimaksud ialah: selama seorang ahli waris belum akil balig, sedikit pun ia tidak berbeda dengan seorang hamba, sungguhpun ia adalah tuan dari segala sesuatu;
tetapi ia berada di bawah perwalian dan pengawasan sampai pada saat yang telah ditentukan oleh bapanya.
Demikian pula kita: selama kita belum akil balig, kita takluk juga kepada roh-roh dunia.

Sudahkah aku dewasa?

Harus menyadari siapa diri kita.

Kejadian 1:26-27 Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi."
Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.


1. Benih kepemimpinan

Dalam diri kita udh diciptakan sedemikian rupa punya roh yg bisa memimpin.
Kita harus jadi pemimpin karena ada roh kepemimpinan di dlm kita.

Kejadian 2:15 TUHAN Allah mengambil manusia itu dan menempatkannya dalam taman Eden untuk mengusahakan dan memelihara taman itu.

Memelihara dan mengusahakan.
Greja rumah tangga pekerjaan itu taman eden. Tempat di mana engkau ditempatkan. Menurut ukuran Tuhan dan manusia.

Taman eden itu tdk dibiarkan tapi dipelihara dan diusahakan. Itu anak kecil klo tdk bisa memelihara dan mengusahakan. Demikian juga janji Tuhan klo tdk dikasi kita meminta tapi klo sudah dikasikan apa kita bisa mengusahakan taman eden. Seorang dewasa akan ada tgg jwb. Memikirkan bagaimana supaya dijanjikan itu tdk mati.
Harus dipelihara taman eden itu dan diusahakan. Apa yg sekarang tgg jwbmu dihadapan Tuhan.


2. Membangun mezbah bukan panggung

Kel 20:24-25
Hidup kita adalah untuk mempersembahakan hidup kita k Tuhan.
Bukan dipangku.

Conya :
1. Yusuf itu membangun mezbah dan bukan panggung. Tdk bnyk bicara. Seklipun dia mendapatkan janji dari Tuhan. Dikatakan dia akan jadi penguasa dan terkenal bahkan ortu dan saudaranya akan menyembah dia. Tapi saat dia jalani dia mengalami dan melihat sumur dan bukan tahta.

Org dewasa tdk ada pengeluhan.
Org dewasa bisa memandang sesuatu dgn positip.
Org dewasa tdk mudah tersinggung.

Yusuf dpt memberikan yg terbaik saat mengalami yg buruk.

2. Daud
Daud itu kehidupannya membangun mezbah dan bukan panggung klo saul membangun panggung bukan mezbah.

1 Samuel 15:1-3, 9, 19-22   Berkatalah Samuel kepada Saul: "Aku telah diutus oleh TUHAN untuk mengurapi engkau menjadi raja atas Israel, umat-Nya; oleh sebab itu, dengarkanlah bunyi firman TUHAN.
Beginilah firman TUHAN semesta alam: Aku akan membalas apa yang dilakukan orang Amalek kepada orang Israel, karena orang Amalek menghalang-halangi mereka, ketika orang Israel pergi dari Mesir.
Jadi pergilah sekarang, kalahkanlah orang Amalek, tumpaslah segala yang ada padanya, dan janganlah ada belas kasihan kepadanya. Bunuhlah semuanya, laki-laki maupun perempuan, kanak-kanak maupun anak-anak yang menyusu, lembu maupun domba, unta maupun keledai."
Tetapi Saul dan rakyat itu menyelamatkan Agag dan kambing domba dan lembu-lembu yang terbaik dan tambun, pula anak domba dan segala yang berharga: tidak mau mereka menumpas semuanya itu. Tetapi segala hewan yang tidak berharga dan yang buruk, itulah yang ditumpas mereka.
Mengapa engkau tidak mendengarkan suara TUHAN? Mengapa engkau mengambil jarahan dan melakukan apa yang jahat di mata TUHAN?"
Lalu kata Saul kepada Samuel: "Aku memang mendengarkan suara TUHAN dan mengikuti jalan yang telah disuruh TUHAN kepadaku dan aku membawa Agag, raja orang Amalek, tetapi orang Amalek itu sendiri telah kutumpas.
Tetapi rakyat mengambil dari jarahan itu kambing domba dan lembu-lembu yang terbaik dari yang dikhususkan untuk ditumpas itu, untuk mempersembahkan korban kepada TUHAN, Allahmu, di Gilgal."
Tetapi jawab Samuel: "Apakah TUHAN itu berkenan kepada korban bakaran dan korban sembelihan sama seperti kepada mendengarkan suara TUHAN? Sesungguhnya, mendengarkan lebih baik dari pada korban sembelihan, memperhatikan lebih baik dari pada lemak domba-domba jantan.

Saul takut kpd perkataan org israel. Tdk mementingkan diri sendiri. Itu ciri ciri org dewasa. Daud tdk membunuh saul waktu ada kesempatan. Saul kepingin dihargai dan dianggap pahlawan.

Coba koreksi dlm hidup kita apakah kita pny kedewasaan yg luar biasa??
Seorang dewasa akan membangun mezbah. Anak kecil pingin dihargai diperhatikan. Itu hati hati.

Jng membangun panggung mari bangun mezbah.

Tuhan memberkati.
Sumber WA

Komentar

Postingan Populer