Portal Rohani

Portal Rohani



Beberapa waktu ini saya terus bertanya kepada Tuhan dalam hati saya, mengapa kita perlu ada waktu khusus untuk berdoa di jam - jam yang telah kita tentukan? Dan di waktu kapankah kita seharusnya memiliki waktu bersekutu dengan Tuhan secara khusus? Dan mengapa ketekunan dalam hal ini sangat berkaitan dengan pertumbuhan kerohanian kita? Dan mengapa hal itu juga sangat berkaitan dengan respon kita terhadap situasi, keadaan, dan orang - orang dalam hidup kita sehari - hari?

Pagi ini tiba - tiba saja Tuhan menjawab hal tersebut. Roh menuntun saya membuka Alkitab dengan mencari ayat dengan kata kunci 'waktu pagi'. Benar saja, saya menemukan banyak ayat yang berkaitan dengan persekutuan yang hidup dengan Tuhan pada saat pagi hari ;

Mazmur 5:3 (TB)  (5-4) TUHAN, pada waktu pagi Engkau mendengar seruanku, pada waktu pagi aku mengatur persembahan bagi-Mu, dan aku menunggu-nunggu.

Mazmur 59:16-17 (TB)
16 (59-17) Tetapi aku mau menyanyikan kekuatan-Mu, pada waktu pagi aku mau bersorak-sorai karena kasih setia-Mu; sebab Engkau telah menjadi kota bentengku, tempat pelarianku pada waktu kesesakanku.
17 (59-18) Ya kekuatanku, bagi-Mu aku mau bermazmur; sebab Allah adalah kota bentengku, Allahku dengan kasih setia-Nya.

Mazmur 88:13 (TB)  (88-14) Tetapi aku ini, ya TUHAN, kepada-Mu aku berteriak minta tolong, dan pada waktu pagi doaku datang ke hadapan-Mu.

Mazmur 90:14 (TB)  Kenyangkanlah kami di waktu pagi dengan kasih setia-Mu, supaya kami bersorak-sorai dan bersukacita semasa hari-hari kami.

Mazmur 143:8 (TB)  Perdengarkanlah kasih setia-Mu kepadaku pada waktu pagi, sebab kepada-Mulah aku percaya! Beritahukanlah aku jalan yang harus kutempuh, sebab kepada-Mulah kuangkat jiwaku.

Markus 1:35 (TB)  Pagi-pagi benar, waktu hari masih gelap, Ia bangun dan pergi ke luar. Ia pergi ke tempat yang sunyi dan berdoa di sana.

Masih banyak ayat lagi dari apa yang tertulis diatas yang bisa membuktikan bahwa pada 'waktu pagi' menjadi waktu yang diinginkan Tuhan untuk kita bersekutu denganNya, namun ayat-ayat tersebut sudah cukup menjawab pertanyaan yang ada.

Dari ayat - ayat tersebut saya mendapatkan beberapa kesimpulan sebagai jawaban dari pertanyaan yang ada:

1. Waktu pagi saat hari masih gelap (sebelum matahari terbit) sesungguhnya adalah waktu yang tepat untuk kita bersekutu dengan Tuhan secara khusus.

2. Saat waktu pagi hari tersebut ada 'anugerah khusus' yang Tuhan sudah siapkan untuk kita raih. Anugerah tersebut akan membuat kita bisa menjalani hidup kita sehari - hari secara akurat seturut yang dikehendakiNya. Dan dapat meresponi situasi keadaan dan orang secara tepat dan matang!

3. Saat pagi hari ada portal rohani yang terbuka untuk kita masuki, disanalah kita akan melihat Dia sebagai Allah yang kuat dan perkasa, dan Allah yang setia. Dengan demikian kita akan beroleh kekuatan dan firman yang kita butuhkan untuk menjalani hidup kita pada hari itu dengan bersandar pada kasih setiaNya dan firman yang keluar dari mulutNya. Inilah yang akan membuat kita berdiri teguh di tengah dunia yang penuh kegoncangan! Dan menjadi saksi bahwa Tuhan adalah kota benteng yang kuat dan kasih setiaNya kekal selamanya!!

4. Waktu pagi hari kita bisa melihat dan mendengar dengan jelas jalan - jalan Tuhan di dalam RohNya. Sehingga kita bisa menjadikan hal tersebut sebagai pegangan ketika menjalani kehidupan sehari - hari yang penuh dengan "suara - suara asing" yang ingin menarik kita keluar dari jalan - jalan Tuhan.

5. Berdoalah dalam bahasa roh secara kuat pada waktu pagi hari (1 Kor 14:4), deklarasikan secara lantang impresi dan pernyataan Roh yang kita terima.

Perkatanlah firmanNya! Menarilah dan bersoraklah bagi Dia. Dan sembahlah Ia dalam tuntunan RohNya!! Lakukanlah itu semua SAMPAI kita bisa memastikan tidak ada emosi negatif dalam batin dan tidak ada pikiran negatif, dan lakukan hati itu sampai hati kita dicengkram dan diliputi oleh suasana realita hadirat Tuhan!!

6. Saya berketatapan dan berjanji dihadapanNya untuk senantiasa memakai waktu di pagi hari untuk bersekutu denganNya. Saya percaya ini adalah KUNCI kehidupan yang BERKEMENANGAN dalam segala aspek!! #AkuCintaTuhan (Ps. Steven Agustinus)

Komentar

Postingan Populer