Suara Tuhan Menyatakan Arah

Suara Tuhan Menyatakan Arah


Mazmur 119:105 Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku.
Amsal 20:27 Roh manusia adalah pelita TUHAN, yang menyelidiki seluruh lubuk hatinya.

Suara Tuhan yang datang dari ruang tahta akan memberikan arahan & mengaktifasi berbagai dimensi anugerah dalam hidup kita.
Permasalahannya, seringkali dalam kapasitas Tuhan sebagai sang raja, Ia hanya berbicara menyampaikan satu-dua kalimat saja; itupun kadangkala berupa kalimat-kalimat pendek belaka.

Tapi ada satu solusi yang Tuhan berikan: Dia memberikan hati nurani dalam hidup kita untuk juga jadi 'Pelita Tuhan' sehingga hati nurani tersebut akan memberikan tuntunan & detail teknis yang kita butuhkan untuk menterjemahkan suara Tuhan  yang datang dalam hidup kita tersebut.

Tapi ada satu permasalahan yang lain: Hati nurani kita seringkali mudah tercemar walau sudah mengalami pembaharuan melalui korban penebusan Kristus (Rom 1:18) jadi meskipun Alkitab menyebut manusia roh kita (suara hati nurani) adalah pelita Tuhan, tapi karena suara hati nurani kita sedang tercemar, jadi seakan-akan pelita dalam hidup kita seperti sedang padam!

1. Jadikan suara Tuhan yang datang dalam hidup kita (Proceeding Word) sebagai patokan - seperti bintang di langit yang bisa di jadikan sebagai patokan di tengah laut bagi para pelaut yang berlayar dalam gelapnya malam.

Setiap suara Tuhan yang datang dalam hidup kita selalu menyatakan arah yang Tuhan ingin untuk dapat kita jalani; memberitahukan tentang musim rohani yang akan segera kita masuki; menyatakan jenis anugerah yang siap untuk Tuhan impartasikan dalam hidup kita - semua membutuhkan respon yang akurat dari diri kita sendiri!

a. Dengan kita mengetahui arah destiny yang harus kita tempuh, kita bisa menentukan langkah-langkah yang harus kita jalani untuk menjembatani kondisi/ posisi kita yang sekarang dengan tujuan/ arah yang harus kita capai. Setiap langkah haruslah akurat, setiap langkah harus selaras dengan arah yang Tuhan sudah nyatakan.

b. Dengan kita mengetahui musim rohani yang akan segera kita masuki, kita bisa melakukan langkah-langkah persiapan dalam banyak aspek kehidupan kita sehingga saat musim yang baru tersebut mulai kita masuki, kita akan dapat menikmati manfaat yang besar dari padanya...

c. Dengan kita mengetahui jenis anugerah yang akan Tuhan aktifkan dalam hidup kita, otomatis kita jadi tahu area hidup yang akan segera mengalami terobosan & bertumbuh/ mengalami kemajuan.

Berfokuslah pada suara Tuhan yang sedang datang tersebut (Proceeding Word), kita akan selalu alami kemajuan/ di tuntun semakin mendekati/ memasuki ladang yang sudah Tuhan berkati - tempat dimana Tuhan akan mempromosikan kita; menjadikan hidup kita menjadi pola, menghasilkan dampak yang kuat & berbuah lebat bagi kerajaanNya.

2. Imajinasikan & perkatakan Proceeding Word berkali-kali sampai manusia roh kita meluap-luap.

Jika manusia roh kita sudah terlanjur tercemar - 'pelita' didalam diri kita jadi padam - otomatis saat suara Tuhan datang dalam hidup kita, walau kita bisa menerima/ mampu mendengar arahan tersebut, kita akan tetap mengalami kesulitan untuk mengaplikasikan suara Tuhan tersebut dalam langkah-langkah praktis. Tidak ada alternatif lain, 'pelita' didalam hidup kita harus dibuat menyala kembali!

Caranya adalah dengan mulai mengimajinasikan dan memperkatakan suara Tuhan yang datang dalam hidup kita secara terus menerus sampai kita kembali merasakan adanya kegairahan/ keantusiasan dalam batin kita - munculnya keantusiasan dalam batin kita karena memperkatakan & mengimajinasikan Proceeding Word menunjukkan bahwa 'pelita' didalam hidup kita sudah menyala kembali!

Di tengah gelapnya dunia/ kehidupan ini, dengan 'pelita' didalam kita kembali menyala, kita akan jadi mengetahui secara detail & akurat setiap langkah yang harus kita jalani dalam usaha kita terus menyelaraskan kehidupan sehari-hari dengan agenda kekal Tuhan (membangun kehidupan yang akurat). Kita akan memiliki inisiatif tentang apa yang harus kita lakukan - kita mengetahui dengan sendirinya, tidak dibutuhkan instruksi dari orang, ada dorongan yang muncul dari dalam batin kita; ada suatu pengurapan/ pekerjaan Roh yang membuat kita mengetahui secara pasti & akurat apa langkah-langkah/ tindakan yang harus kita lakukan agar terus mengalami kemajuan - memasuki, berfungsi pada ladang yang Tuhan berkati sehingga mulai memberi dampak di area domain yang Tuhan tetapkan dan menghasilkan buah yang lebat lagi manis bagi kerajaanNya...#AkuCintaTuhan (Ps. Steven Agustinus)

Komentar

Postingan Populer