Hidup Oleh Iman


Matius 4:4 Tetapi Yesus menjawab: "Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah."

Sewaktu penyembahan, saya mendengar Tuhan berkata: Apapun yang engkau percayai, itulah yang akan terjadi atas dirimu. Apa yang tidak ada akan menjadi ada, dan apa yang mustahil akan menjadi mungkin!! Perhatikan saja apa yang Kuucapkan, dan percaya saja dengan yang Kukatakan, lakukan saja apa yang Aku suruh untuk engkau lakukan!

Saya percaya, itulah yang disebut dengan hidup oleh iman!!

Namun permasalahannya, hidup oleh iman seringkali membuat 'jantung kita berdetak dengan kencang' sebab kita seperti sedang melawan arus dan sepertinya memang sangat beresiko!

Hal inilah yang seringkali membuat kita akhirnya menyerah dan memilih jalur alternatif kehidupan lain yang 'lebih mapan'....
Saya bertanya kepada Tuhan: Apakah benar hidup oleh iman harus membuat kita jadi seperti sedang mengendarai roller coster? Lalu Roh menjawab: Tidak! Justru hidup oleh iman harusnya membuatmu menjadi sangat tenang dan paling tenang! Karena itulah yang ditunjukkan oleh Yesus. Ia hidup oleh iman sehingga tidak satupun yang terjadi dalam diriNya yang membuatnya panik.

Bahkan badai sekalipun, tidak pernah membuat dirinya gentar! Ia dengan penuh ketenangan bangkit untuk menenangkan badai yang ada! Justru hidup dari apa kata dunia inilah yang harusnya membuat kita jadi gentar, sebab dunia ini penuh dengan ketidakpastian! Dan tipu muslihat iblis selalu bersifat melelahkan.

Saya kembali mengajukan pertanyaan: Kalau itu adalah kebenarannya, tapi pada kenyataannya 'kan tetap sulit untuk dilakukan? Roh kembali menjawab: Tidak sulit untuk dilakukan! Itu sangat mudah! Hanya saja engkau harus terus berlatih!

Berlatih untuk hidup dari firman! Jika rutin berlatih, maka engkau pasti akan memanifestasikan ketenangan yang sama seperti Yesus!

Bagaimana caranya berlatih? Berlatihlah seperti seorang olah ragawan! Lakukan secara rutin! Sebab segala sesuatu yang dilakukan secara rutin akan membuat kita bisa/ ahli - dapat melakukan dengan baik.

1. Tiap hari, mintalah firman dariNya mengenai aspek kehidupan apapun yang harus engkau taklukkan dengan kuasa firman.

Misalkan, hari ini engkau merasa tubuhmu kurang fit. Jadikanlah fakta itu sebagai kesempatan untuk berlatih dan ditaklukkan. Pergunakanlah firman pada aspek kesehatan, lalu perkatakanlah hal tersebut! Sampai tubuh kita kembali menjadi segar; jika belum segar, maka bertekunlah memperkatakan firman sampai sesuatu terjadi!

2. Periksa berbagai areal kehidupan kita yang belum alami terobosan. Lalu mintalah firman dari padaNya! Dia akan memberikan arahan melalui hati nurani kita. Bagian kita adalah mentaatinya. Jadikanlah hal itu sebagai prioritas penting untuk kita lakukan dan praktekkan. Tetapkan target waktu sampai terjadi terobosan.

Jangan terlalu lama, tapi juga tidak boleh instant. Namun bertekunlah di waktu - waktu tersebut dengan setia melakukan yang Tuhan kehendaki sampai terobosan terjadi di aspek yang kita tekuni.
Saya percaya, pelatihan - pelatihan rutin diatas akan membuat kita hidup dalam iman secara otomatis. Tantangan sebesar apapun yang harus kita hadapi pasti akan dapat kita taklukkan oleh firman! #AkuCintaTuhan (Ps. Steven Agustinus)

Komentar

Postingan Populer