Holy Spirit

HOLY SPIRIT
Youth Fire Higher Than Ever
Sabtu, 30 September 2017
Ev Hadassah Gloria Purnomo

Roh Kudus adalah Pribadi yang memberikan secara detail apa yang disiapkan oleh Bapa di Surga. Dia memberikan secara langkah demi langkah.

Bapa Disurga memberikan RencanaNya secara Global untuk hidup kita.

Kita Belajar Fungsi Roh Kudus :

*Reminder/Pengingat*

Roh Kudus dalam hidup kita adalah Pengingat. Dia Adalah Alarm Dalam Hidup Kita.

Dia Pribadi yang meluruskan setiap jalan kita yang melenceng. Dia ingat kan kita saat kita salah jalan

*Comfort/Ketenangan*

Roh Kudus yang memberikan ketenangan saat hidup kita gundah gulana, Dia memberikan Damai Sejahtera dalam hidup kita.

*GUIDANCE/Tuntunan*

Yesus berkata bahwa Dia akan mengirimkan Roh Kudus untuk menjadi Penolong, Penghibur dan Penuntun. “Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya” (Yohanes 14:16).

Kata Yunani yang diterjemahkan sebagai “Penolong” ini punya makna asli “seseorang yang dipanggil untuk berjalan bersama, dan mempunyai pengertian seseorang yang memberi dorongan dan nasihat.”

Yohanes 16:13,  “Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.”

1 Samuel 10: 6, “Maka Roh TUHAN akan berkuasa atasmu; engkau akan kepenuhan bersama-sama dengan mereka dan berubah menjadi manusia lain.”

*TEACH\Guru*

Roh Kudus yang mengajarkan kepada kita tentang kebenaran Firman Allah.

Di antara fungsi-fungsi itu adalah pengungkap kebenaran. Kehadiran Roh Kudus memungkinkan kita untuk memahami dan menafsirkan Firman Tuhan. Yesus memberitahu murid-muridNya, “Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran” (Yohanes 16:13).

*Friend/Sahabat*

Amsal 17:17 (TB)  Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu, dan menjadi seorang saudara dalam kesukaran.

http://www.bibleforandroid.com/v/2dd6dab2efc4

Roh Kudus adalah Best Friend dalam hidup kita, saat kita mengalami kesusahan, sendirian.

*PERANAN ROH KUDUS*

*MENGINSAFKAN / BERTOBAT*
Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman;(Yohanes 16:8)

Sebab kamu tidak menerima roh perbudakan yang membuat kamu menjadi takut lagi, tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah. Oleh Roh itu kita berseru: "ya Abba, ya Bapa!"(Roma 8:15)

Ciri orang yang memiliki Roh Kudus didalam hatinya, orang itu tidak akan berlama-lama dan akan insaf akan kesalahannya sendiri. Roh Kudus adalah anugerah yang diberikan oleh Tuhan. Semua yang kita kerjakan untuk Tuhan Yesus digerakkan oleh Roh Kudus dan hidup kita akan berkualitas.

*MENGERTI KEBENARAN*
Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.(Yohanes 16:13)

Orang yang dipenuhi Roh Kudus mengerti kebenaran tentang Firman Tuhan. Roh Kudus akan memberi pencerahan dalam pikiran kita untuk mengerti akan Firman Tuhan.

*MEMBERIKAN KUASA*
Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."(Kisah Para Rasul 1:8)

Orang yang dipenuhi Roh Kudus dipenuhi kuasa sehingga perkataan kita pun mempunyai kuasa. Tuhan bisa berkarya dengan ajaib melalui perkataan kita yang memiliki kuasa.

*MEMBERIKAN PERTOLONGAN*
Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,(Yohanes  14:16)

Orang yang dipenuhi Roh Kudus akan selalu ditolong selama-lamannya. Roh Kudus akan memberikan kita sinyal yang sensitif sehingga kita bisa membedakan orang yang benar atau tidak benar.

*MEMBERIKAN PENGHIBURAN*
tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.(Yohanes 14:26)

Orang yang dipenuhi Roh Kudus selalu diberikan penghiburan. Orang benar yang sedang memiliki masalah tidak akan larut dalam masalahnya dan akan cepat mendapatkan penghiburan.

*KESIMPULAN*
Roh Kudus adalah pribadi Allah yg hidup dalam hidup orang PERCAYA
Roh Kudus mencari dan menyelamatkan yang HILANG
Roh Kudus menyingkapkan yang TERSEMBUNYI dalam diri Allah
Roh Kudus memberikan OTORITAS & WIBAWA dalam setiap tindakan orang PERCAYA

Roh Kudus memberikan PENYERTAAN sampai selamanya
Roh Kudus memberikan PENGHIBURAN yang berbeda dengan dunia
Kehidupan rohani orang percaya mengalami grafik perkembangan yang progresif/ meningkat dengan Roh Kudus. Ketika kita merasakan kita tidak dapat hidup sendiri tanpa pertolongan Tuhan, sudah pasti Roh Kudus tinggal didalam hati kita.

"TUHAN YESUS MEMBERKATI"

Writer : Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer