BATU - TABLE 39

Table 39 - Ev Lisa Sanusi

*Setiap angkat barang profetik itu menjadi rhema perjanjian antara kita dan Tuhan*.

Batu karang - diatas batu karang ini aku membangun engkau, memang harga lbh mahal. Batu itu apa sih sebenarnya?

Mezbah dibangun dgn batu. Matius 16:18.
1 Korintus 3:10.

Yesus itu ahli bangunan. Dia itu membangun, menaruh batu dasar dlm hdp kita.

Yesaya 8:18. Dlm proses batu tsb dibentuk, diuji, dikikis.

Efesus 2:20. Banyak batu2 yg kita singkirkan dlm proses kita. Tp ada batu yg dr Tuhan (batu dasar yg akan menjadi fondasi sehingga menjadi batu karang yg teguh).

Betel - Beth El. Pd waktu kita terima Tuhan Yesus sbg juruselamat maka kita masuk ke keturunan suku Yehuda. Maka perjanjian semua Abraham Isaac Israel menjadi milik kita. Rosh Hosana itu tahun barunya. Yom Kippur masa pertobatan / merenungkan  kesalahan dan memperbaiki pd tahun dpn.

Sukot mengambil masa panen besar. Mrk doa bahwa sepanjang tahun, tahun penuh berkat dan kemanisan, apapun yg dikerjakan ngak pernah habis.

*Sukot berakhir tgl 11*. Panen mrk buah2an plus gandum.

Beth El. Yakub mimpi ketemu malaikat dan menjadi batu perjanjian. Padang aran : di extend / diperluas. Yakub ambil batunya dan dituangkan minyak.

Ada batu dlm hdp kita yg seringkali kita ngak pake padahal itu batu perjanjian. Awal perjalannya yakub cuma pikir pokoknya Tuhan cuma ngak bikin  kelaparan, pdhal perjanjian nya besar. Sama spt kita, pdhal sebnarnya Tuhan punya rencana yg dahsyat dlm hdp kita.

Perjumpaan sama Tuhan itu sebenarnya spt tangga2 yg dibangun sama Tuhan.

Yakub anak mama, tiba2 disuruh pergi. Seringkali zona nyaman buat hdp kita nyaman. Seringkali Tuhan mau memulai yg baru dlm hdp kita, kita nya ngak mau. Tapi Tuhan pasti berikan yg terbaik.

Tahap ke 2 : Dari kesepakatan menuju cinta tanpa syarat dan pengabdian.

Kalau melayani manusia, belajarlah spt engkau melayani Tuhan yg memegang perjanjian Nya, sekalipun yg dilayani manusia. Itu utk memproses mu. Manusia akan membawa engkau meninggalkan Tuhan. Keadaan bisa membuat manusia kecewa. Waktu kita melayani manusia dgn hati tp fokus nya Tuhan.

Jd spt yakub ketemu laban, maka kita akan melayani dgn cinta.

Dari batu biasa menjadi batu pengabdian. Kalau kita mentok ketemu sama Tuhan, Tuhan akan buka hal yg baru dlm hdp kita dan akan ada pelipat gandaan. Bkn manusia yg membuat Yakub diberkati. Semua krn ide, hikmat, kasih karunia serta janji Tuhan. Yakub datang ke rumah Laban bawa tongkat, tapi keluar dr rumah Laban bawa pasukan. Di laban dia alami proses. Yakub biarkan dirinya bayar. Proses demi proses itu di hadapan Tuhan didapati dewasa, punya value.

Kejadian 31:43-51.
Setelah Yakub melewati proses maka Yakub membangun tugu lg. Pd saat Yakub dan Laban membangun tugu, Tuhan liat Yakub sdh dewasa. Disinilah nama Yakub berubah menjadi Israel, dan tempat ini menjadi Beth El.

Tahap ke 3 :
kejadian 35:1. Mengingatkan kembali perjanjianNya. Ketika Yakub kembali ke Beth El, dia kembali membangun batu dan dijadikan mezbah.



All by HIS love, mercy, grace and kindness
HIS Beloved DAVID דָּוִד

Komentar

Postingan Populer