Kamis, 02 November 2017

ATMOSPHERE PENYEMBAHAN

ATMOSPHERE PENYEMBAHAN


Filipi 4:8 (FAYH)  Saudara sekalian yang saya kasihi, pada akhir surat ini saya ingin mengatakan satu hal lagi. ARAHKANLAH pikiran Saudara kepada hal-hal yang benar, yang baik, dan yang adil. RENUNGKANLAH hal-hal yang murni dan indah, serta kebaikan dan keindahan di dalam diri orang lain. INGATLAH akan hal-hal yang menyebabkan Saudara memuji Allah dan bersukacita.

Saya mendapati memang untuk melakukan firman di atas di tengah dunia yang sedang terus merosot dan cenderung dikelilingi oleh hal-hal negatif, sepertinya sulit untuk dilakukan. Situasi dan kondisi yang ada di sekitar kita seperti sudah disetting ada dalam kondisi yang semakin gelap. Berita yang laris dijual pun bukan "good news" melainkan "bad news'. Karena memang berita-berita negatif itu yang menarik perhatian kita. Dan itu adalah "komoditi bagus" yang diekspose oleh dunia media.

Namun ada satu pemahaman firman yang Tuhan singkapkan ketika saya meneliti ayat tersebut. Ada 3 kata yang menjadi "hidup" dan berbicara bagi saya.
1. ARAHKANLAH PIKIRANMU
Dunia memang mencetak kita untuk terus memikirkan hal-hal yang negatif.

Ada berbagai pekerjaan roh kekuatiran yang terus bekerja setiap hari berusaha untuk menggerogoti kasih ilahi (1 Yoh 4:18) dan iman orang percaya (Lukas 18:8)

Sadarilah bahwa ini semua terkondisi karena pekerjaan roh-roh dunia. Roh kekuatiran akan terus melepas frekuensi negatif lewat perkataan orang, situasi dan fakta yang kita jumpai dalam hidup sehari-hari. Dan jika kita terus menerima pekerjaan roh dunia yang ada, lambat tapi pasti akan terekam dan menumpuk di dalam alam bawah sadar kita. Bawaan kitapun akan menjadi orang yang mudah kuatir dan penuh curiga pada orang lain.

Untuk membelokkan pikiran yg negatif, kita juga harus melawannya, caranya dengan mengeset frekuensi pikiran kita lewat firmanNya. Firman yang kita terima baik lewat kotbah, renungan maupun pembacaan firman harus kita perkatakan dan doakan sehingga pikiran kita yang bengkok seperti diluruskan kembali untuk mulai terkondisi selaras dengan prinsip firmanNya
Kabar baiknya Tuhan sudah memberikan MODAL DASAR bagi kita supaya kita bisa menghidupi Filipi 4:8.

1. Tuhan akan memberi roh yang baru, yaitu hati yang lembut

Yehezkiel 36:26 (VMD)  Aku akan MENARUH roh yang baru padamu dan MENGUBAH caramu berpikir. Aku MENGAMBIL HATI YANG KERAS dari tubuhmu dan memberikan hati yang lembut kepadamu.
Tuhan akan bekerja mengambil hati yang keras, ketidak percayaan kita, kecenderungan kita untuk mudah mempercayai hal-hal yang negatif dan sebagai gantinya akan memberikan roh yang baru, roh yang lembut, mudah dibentuk, terus mau belajar dan mau dirubah.
Roh yang lembut adalah kondisi awal yang Tuhan ingin tanamkan dalam hati kita. Ini akan sangat menolong kita untuk meresponi firmanNya. Kita memang tidak bisa melakukan firman dengan kekuatan kita. Namun kita bisa, jika dengan kemampuan yang daripadaNya!
Ayat 47 adalah efek karena kita menerima pekerjaan roh yang memberi kita hati yang baru dan roh yang lembut dan timbul kemampuan untuk menjadi taat dan dapat mematuhi firmanNya dengan seksama.
 36:27 (VMD)  Dan Aku menaruh Roh-Ku padamu. Aku
MENGUBAHMU supaya kamu MEMATUHI hukum-Ku. Kamu akan mematuhi perintah-Ku dengan seksama.

2. Tuhan akan melimpahi kita dengan kasihNya

1 Yohanes 4:18 (VMD)  Di mana ada KASIH, di sana tidak ada KETAKUTAN, karena kasih Allah yang sempurna MELENYAPKAN KETAKUTAN.

Hukuman membuat orang takut, jadi kasih tidak dapat menjadi sempurna bagi orang yang takut.

Miliki hati yang haus dan lapar akan realita Tuhan. Jika kita mulai merasa ada ketawaran dan familiarity dalam hati kita, itu tandanya dimensi kasih mulai merosot, masuk kembali dalam hadiratNya, mintalah hati yang cinta akan Tuhan lebih lagi. Hati yang gila-gilaan, habis-habisan dan mati-matian mencintai Tuhan akan dilimpahkan atasmu.

Mulailah berdoa dan minta Roh Kudus mengingatkan lirik-lirik lagu penyembahan dan mulailah menyembah Tuhan menggunakan lirik lagu yang ada. Hadirmya atmosfir penyembahan akan mengusir segala kekuatiran dan ketakutan dalam hidup kita. Roh yang menyembah akan melimpahi kita dengan kasih dan membawa pembebasan hati dari segala kekuatiran. Damai sejahteraNyapun akan mulai melingkupi kita. #AkuCintaTuhan (Ps. Steven Agustinus)

Message ini masih akan berlanjut untuk dua hari ke depan....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar