KEHIDUPAN DOA

KEHIDUPAN DOA

Saat saya mendengar kehidupan doa dan kehidupan iman dari hamba - hamba Tuhan saleh zaman lampau, maka saya menyadari, bahwa kehidupan saya dengan mereka sangatlah jauh berbeda.

Mereka benar - benar orang yang mengejar Tuhan dengan sungguh - sungguh dan sangat konsisten berdoa, dan juga bertanggung jawab penuh atas setiap tugas pelayanan di dalam gereja.
Bahkan untuk mempersiapkan khotbah hari minggu saja, mereka benar - benar mendapatkannya dari dalam realita hadirat Tuhan.
Mereka bisa berada dalam ruang doa, menyembah, dan menggali firman tanpa boleh ada orang yang mengganggu selama berjam - jam.

INTINYA MEREKA SERIUS DENGAN TUHAN !
Dan tidak sembarangan berkhotbah dan melayani !
Mereka memastikan hidup mereka ada dalam realitaNya !!

Pertanyaan muncul dalam batin saya, bagaimana dengan kita saat ini yang mempunyai cukup banyak aktivitas, mungkinkah kita mempunyai kehidupan doa seperti diatas ?
Harus !!

Tidak peduli apapun kegiatan kita, tidak peduli apapun profesi kita, kehidupan doa seperti itu haruslah kita miliki jika kita ingin mengalami Tuhan itu nyata !

Apalagi jika kita sudah tau ada banyak aktivitas dan kegiatan yang harus kita jalani sepanjang hari, artinya jam doa dan penggalian firman kita harus lebih lama dan mendalam !
Sebab semakin banyak kegiatan semakin banyak energi ilahi yang kita butuhkan.

Dan hal itu hanya bisa diperoleh di dalam realitaNya !

Apa yang harus kita lakukan untuk menjalani gaya hidup seperti para hamba Tuhan saleh zaman dahulu ?

~ 1. Bangun tekad yang kuat untuk mewujudkannya dan kesadaran bahwa kita tidak bisa hidup tanpa realitaNya dan firmanNya!

~ 2. Singkirkan / sudahi berbagai kegiatan yang tidak berguna seperti menonton tv dan melihat - lihat media sosial. Ganti aktivitas tersebut dengan banyak membaca firman Tuhan.

~ 3. Set / tentukan jam yang kita inginkan untuk bersekutu denganNya, ambil waktu lebih pagi dan lebih lama!

~ 4. Minta pertolongan RohNya dan anugerah dari Tuhan untuk mewujudkannya !
Dan lakukanlah, jangan hanya sebatas membuat perencanaan !

Memang, menjalani gaya hidup diatas membuat kita seperti menjauh dari kesibukan "trend apostolik" zaman ini yang berbicara tentang menaklukkan setiap domain yang ada !
Juga seolah hidup kita seperti menjauh dari kenyataan hidup yang harus kita hadapi sehari - hari.

Tapi ternyata kehidupan doa seperti itulah yang akan menghantarkan kita menaklukkan setiap domain yang Tuhan tetapkan dengan kedaulatan Tuhan !
Dan membuat kita dapat menaklukkan setiap fakta negatif yang ada dengan memperkatakan firmanNya yang kita dengar dari ruang takhta !

Memang, ada banyak orang yang menganggap bahwa kehidupan doa seperti itu sudah tidak lagi relevan (sulit dilakukan) di zaman ini dan tidak akan memberikan dampak yang signifikan !
Tapi bagi saya, orang yang beranggapan seperti itu disebabkan karena mereka belum melakukannya. Kalaupun melakukan, dilakukan dengan spirit keagamawiaan !
Sehingga jelas saja tidak menghasilkan dampak apapun.

Namun saya juga menyadari, ini juga seperti tantangan dari Tuhan !
Maukah dan beranikah kita menjalani kehidupan doa seperti diatas ?!

Saya merasa, tidak ada jalan lain untuk kita bisa terkoneksi dengan kedaulatan Tuhan yang sangat kita butuhkan itu, selain menjalani kehidupan doa yang seperti itu !
Itulah jalan satu – satunya !!

Roh menegaskan dalam batin saya : jalani !!
lakukanlah hal itu !!
anugerahKu akan memampukanmu !!

AkuCintaTuhan
(Ps. Steven Agustinus)

Komentar

Postingan Populer