PENGURAPAN YABES

*PENGURAPAN YABES*

Pembicara: Ps. Philip Mantofa
Ibadah Tutup Tahun, 31 Des’17

*1 Tawarikh 4:9-10*
_(9) Yabes lbh dimuliakan drpd saudara2nya; nama Yabes itu diberi ibunya kpdnya sbb katanya : "Aku tlh melahirkan dia dgn kesakitan."
..(10) Yabes berseru kpd Allah Israel, katanya: "Kiranya Engkau memberkati aku ber-limpah2 & memperluas daerahku, & kiranya tangan-Mu menyertai aku, & melindungi aku drpd malapetaka, shg kesakitan tdk menimpa aku!" Dan Allah mengabulkan permintaannya itu._

Dibalik doa Yabes ini kita tau hasil akhirnya yaitu hidup Yabes lbh berbobot / lbh dimuliakan.
Latar blkg Yabes itu hidup jauh dari sempurna (kemalangan2) namun Yabes tdk pernah menyerah, tdk pernah meminta pembalasan musuh2nya, tdk minta pembenaran. Tetapi yg diminta adalah : pengalaman2 keintiman hubungan dgn Tuhan.

Ini doa org yg di tolak oleh org tuanya. Yabes menanggung kesalahan org lain namun hatinya tetap positif. Yabes hanya menginginkan hubungan dgn Allah.
Hubungan dgn Bapa itu sgt easy.

_ “Doa Yabes adalah permintaan anak.”_
Tuhan ingin sebuah hubungan, bkn hanya sekedar memberkati kita

Pintu blkgnya doanya _dikabulkan_, & pintu depannya adalah hidupnya _dimuliakan_.

Dosa pertama manusia adalah menaruh curiga kpd Allahnya. Shg org yg menaruh curiga kpd Allahnya akan kecewa & tdk dpt percaya kpd Allahnya. Shg Allah tdk dpt memberkati org seperti ini.

Org yg memiliki roh yatim piatu tdk akan pernah jodoh dgn berkat.

_“Tuhan tdk hanya menyiapkan berkat utk kita, tp Tuhan menyiapkan diri kita utk menerima berkatnya.”_

*Tetaplah miliki Iman & Pengharapan!*

Jadi lingkaran Tuhan yaitu : *Alfa* & *Omega* (pintu blkg doa *dikabulkan* & pintu depan hidup kita *dimuliakan*) itu ada dlm hidup kita, sbb di dlm lingkaran Tuhan itulah ada berkat.

*1.  Kiranya Engkau Memberkati aku ber-limpah2* : yg dia minta bkn tambahkan harta, tp perbesaran kapasitas hati.
Yabes memiliki hati yg benar dihadapan Tuhan.
_“Kiranya” = “Kecupan”_

Kata _“Kiranya”_ juga adalah sebuah ketekunan iman, tulus shg doa seperti ini membuat Allah terharu.

*2. Dan memperluas daerahku* : Mengapa Yabes meminta Tuhan meluaskan daerahnya?
Krn Warisan Yabes tdk ckp luas.
_Berkat Tuhanlah yg menjadikan kaya susah payah tdk akan menambahinya._

Jika kita mau diperluas teritori kita, maka kelola apa yg sedikit yg ada ditangan kita (5 roti 2 ikan), & syukuri utk kita memperoleh apa yg blm ada miliki.

_Jangan bandingkan kasih karunia kita dengan orang lain._

*3. kiranya tangan-Mu menyertai aku, & melindungi aku, & melindungi aku drpd malapetaka* : ini berbicara bhw Yabes meminta penyertaan & perlindungan Tuhan.

*4. Shg kesakitan tdk menimpa aku* : ini berbicara bhw Yabes memohon agar tdk mengalami kekalahan. Dan Allah akan berdiri ber-sama2 dgn Yabes.
*Miliki spirit singa Yehuda!*

*“Jika Allah berdiri bersama kita, maka kita tdk akan mengalami kekalahan. “*

Copas Eliani W

Komentar

Postingan Populer