Selasa, 20 Maret 2018

DIPULIHKAN UNTUK MEMULIHKAN

DIPULIHKAN UNTUK MEMULIHKAN
HANANEEL INJIL KEMULIAAN
Minggu, 18 Maret 2018
Ev. Indriati Tjipto

1 Korintus 1:24 (TB)  tetapi untuk mereka yang dipanggil, baik orang Yahudi, maupun orang bukan Yahudi, Kristus adalah kekuatan Allah dan hikmat Allah.

http://www.bibleforandroid.com/v/021cc7d52c99

Kekuatan
HIKMAT
KEMULIAAN

PENGERTIAN PENULIHAN :

pu·lih v kembali (baik, sehat) sebagai semula; sembuh atau baik kembali (tentang luka, sakit, kesehatan); menjadi baik (baru) lagi: kini kesadarannya berangsur --; keadaan kota-kota -- seperti sebelum perang;

me·mu·lih·kan v 1 menjadikan pulih; menjadikan suatu keadaan kembali (baik, sehat) seperti semula: tugasnya ialah ~ keamanan di daerah itu; ia perlu beristirahat untuk ~ kesehatannya; 2 memulangkan; mengembalikan: ia ~ harta benda kepada orang yang berhak;

pe·mu·lih·an n 1 proses, cara, perbuatan memulihkan: masyarakat membantu TNI dalam ~ keamanan; 2 pengembalian; pemulangan (hak, harta benda, dan sebagainya)

ARTI KATA PEMULIHAN

Arti dari kata "Pemulihan"; Restorasi; Restitusi:

1.   Kata Ibrani dalam Perjanjian Lama bagi "Pemulihan" Adalah "Shalam" Yang berarti mengembalikan sesuatu yang tercuri atau yang dipinjam, arti lain adalah membentuk kembali.[Yoel 2:25]

Kata "pemulihan" dalam bahasa Ibrani dalam Perjanjian Lama, Shalam adalah sama dengan kata di Kidung Agung untuk gadis Sulam [Kidung Agung 6:13] dan juga dari perkataan ini nama Salomo diambil. Nama Salomoadalah bentuk jantan dan gadis Sulam adalah bentuk feminim.

Salomo[Ibr."Shelomah",jantan]. Gadis Sulam[Ibr."Shulamith",feminin]. (2) Sebagai pengantin lelaki dan wanita, Salomo dan gadis Sulam keduanya mempunyai nama yang sama, hubungan ini melambangkan Kristus sebagai pengantin lelaki dan gereja sebagai pengantin wanita. Dia yang "memuliakan"dan "me mulihkan" mempelainya yang adalah gereja Nya.

2.    Kata Gerika dalam Perjanjian Baru bagi "Pemulihan" ialah apokathistemai, yang berarti membentuk sesuatu kembali kepada bentuk semula, bentuk awal, permulaan atau asal. Penting sekali bagi kita untuk memahami arti kata "Pemulihan". Kata Yunani APOKATASTASIS TIDAK TERDAPAT DIMANAPUN DI DALAM PERJANJIAN BARU SELAIN DI DALAM Kisah Para Rasul  3:21, Tetapi kata kerja yang termasuk dalam rumpun yang sama terdapat di dalam delapan ayat lainnya, dan setiap kali diterjemahkan menjadi "memulihkan" (restore).

Dr. Young, dalam Analytical Concordance karangannya, memberikan arti paling jelas, dan ia hanya memberikan satu arti sederhana: Pembentukan kembali (RECONSTITUTION). Kata ini sangat menarik. New Webster's Dictionary mendefinisikan kata ini sebagai berikut: Membentuk baru, seperti air susu yang dihasilkan dari susu bubuk kering; membangun kembali.

Kita mengerti bahwa tidak ada sesuatu apapun yang dapat dibentuk kembali selain dari sesuatu yang telah diambil, dipisahkan atau dipecah. Tidak ada suatu apapun yang dapat dibentuk kembali, selain sesuatu yang telah kehilangan sebagian unsurnya. Biasanya apabila kita meminta resep atau menu dari seorang koki terkenal, mungkin ia akan memberikannya kepada kita, tetapi mungkin sudah dikurangi satu bahan penting.

Karena tidak adanya bahan itu, hidangan saudara tidak akan pernah selezat hidangan koki itu. Dibanyak toko orang dapat membeli bubuk atau tepung sari jeruk. Untuk membuat bubuk atau tepung sari jeruk, airnya dibuang sehingga yang tertinggal adalah intisari yang dibekukan. Intisari adalah jeruk murni dikurangi satu bahan penting yaitu: air! Kita bisa menambahkan air kembali, dan saudara sudah memperoleh orange juice yang dibuat kembali. Suatu perusahaan dapat mengeluarkan airnya, kemudian menaruhnya kembali, dan menyebutnya " orange juice yang dibentuk kembali", serta menjualnya dalam botol atau galon dengan harga yang lebih tinggi sebagai imbalan atas jasanya!

DEFINISI & KONSEP PEMULIHAN

Pemulihan dapat didefenisikan sebagai berikut:

1.  Pemulihan adalah pengembalian keposisi semula dengan memperbaharui atau mengembalikan sesuatu yang sudah diambil atau hilang.

2.  Pemulihan berarti pembentukan kembali dan pembentukan kembali segala sesuatu berbicara tentang pembentukan kembali segala sesuatu kembali kedalam kesatuan, keselarasan dan keutuhan yang dimiliki di dalam Tuhan pada awal mulanya sewaktu segala sesuatu diciptakan di dalam Kristus Yesus.

=APA YANG DIPULIHKAN?=

Segala sesuatu. Segala sesuatu yang  terhilang atau tercuri. Pemulihan berarti penyusunan kembali. Elia akan datang untuk memulihkan segala sesuatu. Kristus itu harus tinggal di sorga sampai waktu pemulihan segala sesuatu, seperti yang difirmankan Allah dengan perantaraan nabi-nabi-Nya yang kudus di zaman dahulu (SINCE THE WORLD BEGAN = SEJAK DUNIA DIJADIKAN). KPR 3:21. Kata di zaman dahulu tepatnya sejak zaman/waktu/dunia dimulai atau sejak zaman/waktu/dunia dijadikan.

Kita cenderung berpikir secara alami dalam alam jasmani. Tetapi segala sesuatu yang pernah terjadi dalam alam materi atau alam jasmani ini datang dari sesuatu dalam alam surgawi, alam roh atau alam ilahi. Segala sesuatu berasal dari Allah. Segalanya memiliki sumber di dalam Dia, dan segalanya dari dalam diriNya. Sebab segala sesuatu dari Dia oleh Dia dan kembali kepada Dia. Kita sedang berbicara tentang pemulihan, bukan dari apa yang hilang dari Adam, tetapi pemulihan apa yang hilang dari Tuhan: Karena anak manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang… The son of man come to seek and to save that which is lost. Lukas 19:10.

"Yang"(that) dalam teks Yunani berarti "sesuatu" (the thing). Kristus datang untuk menyelamatkan, bukan hanya dia yang hilang, tetapi sesuatu yang hilang. Inilah pemulihan yang sebenarnya dibicarakan oleh mulut SEMUA nabi-nabi sejak zaman atau waktu dimulai. Pemulihan jauh melampaui apapun yang mungkin hilang dari diri Adam di taman Eden, tetapi tiba pada kehilangan yang dialami Allah sewaktu segala sesuatu diturunkan dari dalam diriNya. Harus ada pemulihan segalanya kedalam Dia, penyembuhan segala pemisahan, perpecahan dan ketidak seimbangan, disertai dengan perbaikan kehilangan yang dialami masing-masing bagian.

Dan oleh Dialah Ia memperdamaikan segala sesuatu dengan diriNya, baik yang ada di bumi, maupun yang ada di surga, sesudah Ia mengadakan pendamaian oleh darah salib Kristus. Kolose 1:20.

Ungkapan sesuatu di surga (things in heaven) menunjuk pada suatu tahap berikutnya. Lingkup pendamaian bukan hanya manusia - bukan hanya mahluk ciptaan disurga diatasnya - tetapi yang berasal dari Keberadaan Allah.

Kesaksian : Bu Kiat dipulihkan dia bisa memulihkan para preman yang ada disekitar Gatot Subroto.

Penulis : Joshua Ivan Sudrajat




Tidak ada komentar:

Posting Komentar