Senin, 19 Maret 2018

JANGAN TINGGALKAN BETHLEHEM

Jangan Tinggalkan Betlehem Efrata
Minggu Sore, 26 Jan 2014
Ibu Lindawati Tedja

Ruth 4:11
Ganti kata engkau dengan nama kita. Tuhan memberi nama Temanggung dengan Betlehem Efrata. Ketika cirebon diguncang Bu Nany merubah menjadi Sion. Bekasi diganti dengan Beth Kasih. Temanggung bukan yang terkecil, dari Temanggung akan muncul pengusaha yang kaya, gembala yang mengembalakan dll. Di LN Temanggung tidak dikenal, tidak ada di peta, tapi Tuhan berkata yang kecil yang tidak dikenal akan muncul pemimpin. Sekarang Temanggung memang kota kecil tapi besar Tuhannya. Betlehem artinya rumah roti. Efrata = a place of fruit fulness (tempat penuh buah-buahan/tempat yang berbuah-buah).

Ruth 1:1-5
Pada zaman para hakim ada kelaparan ditanah Israel. Ada apa di jaman Hakim-Hakim? Hakim-Hakim 21:25 Zaman hakim-hakim tidak ada raja setiap orang berbuat menurut kebenarannya sendiri.

Apa yang Tuhan mau dari kisah Rut ini?
1. Jangan pakai kebenaran sendiri
Selama kita memakai kebenaran diri sendiri lihat kehidupan dari Elimelekh. Elimelekh artinya my God is King (Baca: ). Naomi artinya favour. Dalam Ibrani Naomi artinya menyenangkan. Mereka tinggal di Betlehem dari suku Efrata. Namanya sudah bagus semua tapi mereka hidup di zaman hakim-hakim. Mau jadi makmur termasyur kalau kita masih hidup pakai kebenaran pikiran sendiri, semau gue, kehendak sendiri maka habislah kita. Hidup Elimelekh habis. Elimelekh yang namanya Tuhan itu raja tidak mengalami makmur termasyur.

2. Jangan tinggalkan Betlehem
Ketika kelaparan datang seharusnya jangan meninggalkan Betlehem. Tapi Elimekh meninggalkan Betlehem Efrata. Jangan lari ketika kita mulai kekuranngan. Sebab tempat kita tinggal, suatu hari akan ada berkat menjadi makmur termasyur. Kalau kita meninggalkan kita tidak akan mendapatkan apa-apa. Jangan tinggalkan suami, istri, anak, Temanggung, pemimpin, pelayanan karena di Betlehem Efrata kita akan makmur termasyur. Ada orang-orang tahu yang ditempatkan di sini, tahu kegerakan, tahu peperangan rohani tapi orang-orang ini tidak tahu hati Tuhan. Jangan mengeluh: Aku tidak tahan sama pemimpinku, sama masalah, suami, istri. Sudah tahu kegerakan, visi dan misi tapi ketika tidak punya uang mudah saja berkata ngak usah Tuhan-Tuhanan lagi, ngak usah perang-perangan lagi.

Suatu hari Tuhan ijinkan Pak Hadi sekeluarga mengalami kekurangan. Perpuluhan masuk gereja penghasilan hanya dari PK. Uang tabungan kuras habis tinggal minimal uang untuk biaya adm. Pada waktu kelaparan sangat susah hati, sudah jatuh tertimpa tangga. Adik Pak Hadi ditipu orang. Dia disuruh bawa orang-orang dan kemudian ditariki uang katanya untuk dibawa ke LN. Karena dia pintar bicara jadi terkumpul orang2 beserta uangnya. Setelah terkumpul uang kemudian dibawa lari. Adiknya Pak Hadi dikejar orang banyak termasuk polisi, mereka mau membunuhnya. Adiknya mempertaruhkan Pak Hadi sebagai jaminannya. Ketika Pak Hadi tanya kepada Bu Nany, beliau menjawab bahwa dia yang harus bayar hutang adiknya. Tanggung saja ini bukan tanggunganmu tapi jadi tanggunganmu. Jumlah uang yang harus dikembalikan 28jt. Saat itu tidak punya uang, mereka diancam gereja akan dibakar. Dimana mencari uang sebegitu besar, PK pas-pasan, uang di Bank tidak ada. Akhirnya dikumpulkan pengurus-pengurus gereja sekitar 10 orang. Pak Hadi mau pinjam uang masing-masing 2jt. Kalau tidak dia minta supaya gajinya tiap bulan dipotong. Tapi tidak ada satu orangpun yang memberi. Ini bukanlah yang disebut keluarga. Tapi bersyukur Pak Hadi sekeluarga tidak dipinjami dan tidak marah/sakit hati. Kanan kiri depan belakang tidak ada pertolongan tapi yang diatas yang siap menolong. Ada 1 orang yang memberi 10jt dan sisanya 18jt ditutup oleh orang tak terduga.

Kalau mau keluar sudah dari dahulu. Ada surat dari Mulya Iskandar orang Kanada, Pak Hadi diminta untuk menjadi gembala sidang di Kanada. Rumah, kendaraan dll tersedia tapi Tuhan berkata engkau Petrus, apakah engkau mengasihi Aku? Gembalakanlah dombaku! Engkau akan diikat dan dibawa ke tempat dimana engkau tidak mau. Jangan tinggalkan Betlehem Efrata!

Hari-hari ini kita bisa pergi ke bangsa-bangsa ujungnya adalah makmur termasyur. Begitu ada kekurangan, kesulitan, kelaparan, jangan pernah tinggalkan Betlehem. Walaupun dalam keadaan kurang dll teriakan disini tempat yang paling baik untuk aku!

3. Komitmen dengan Tuhan
Ruth 1:16-17
Rut ini orang yang "gila" banget. Kenapa? Karena dia berani berjanji komitmen ditengah kesusahan. Berani membuat janji ditengah kesedihan. Kalau kita tidak pernah komitmen maka kita tidak akan pernah mengalami apa-apa. Tidak ada kuasa dalam diri kita. Begitu keserang, bonyok. Buat perjanjian untuk sebuah komitmen menyerahkan sepenuhnya hidup kita di mezbah Tuhan. Ini hidup kami Tuhan, mau dibuat apapun kami siap. Tidak ada lg yang dapat memisahkan aku dengan Engkau. Setan tidak bisa menggagalkan visi Tuhan karena sebuah komitmen kita. Ada otoritas yang tidak bisa digagalkan setan. Betapa dasyatnya sebuah komitmen. Buat komitmen dalam diri kita: tidak mengeluh, ngomel, ngrokok, utang dll.

Ruth tidak mau meninggalkan Naomi. Hidupnya dipersatukan dengan mertuanya. Bisa tidak kita berjanji kepada Tuhan untuk tidak meninggalkan Betlehem Efrata? Makmur dan termasyur menjadi bagian dari hidup kita. Pernikahan adalah mengikat covenant, tapi banyak yang tidak tahu arti dari covenant sehingga mengingkarinya. Tuhan tidak pernah bohong dengan janji-Nya, kesalahan dari kita.

Ruth ditengah ketidakpastian, tidak tahu masa depannya. Dia mau hidup dengan Naomi yang tidak punya apa-apa. Keluarganya mati, penghasilan dari mana? Dia masih mau ikut dengan mertua sial, suami mati, kedua anaknya mati, bangkrut. Mungkin kalau kita lebih baik jadi wanita karir, menikah lagi dan jadi kaya raya. Tapi di alkitab ruth itu "gila". Kalau kita tidak "gila" dengan Tuhan, kita tidak akan menikmati makmur termasyur. Tidak memperdulikan diri sendiri, sekalipun dagingku dan hatiku hancur.

Anak buah Bu ITW pulang dari KKR KE di Semarang. Sampai rumah ternyata bocor. Dia mengeluh tidak bisa memperbaiki. Tidak punya uang untuk memperbaiki. Katanya Tuhan memberkati, mana? Ada banyak orang kristen ecek-ecekan, kristen halaman seperti orang dunia. Sedikit-sedikit ngomel, ujungnya menyalahkan Tuhan. Nyanyinya Pasukan Rajawali tapi disengat setan langsung jatuh. Tidak punya iman, tidak punya perjanjian, tidak punya komitmen dengan Tuhan. Full Timer bekerja untuk Tuhan tapi begitu kelaparan nyalakin Tuhan. Untuk apa doa perang, beban, capek. Apakah hidup kita seperti itu?

4. Roh pengertian
Ruth 1:20- , Ruth 1:13-
Naomi banyak kepahitan dimintanya memanggil Mara artinya pahit. Orang kepahitan akibatnya jadi pemarah. Anak-anak Zeruya senangnya berkelahi karena masa lalunya kepahitan. Kepahitan menyebabkan kelakuan aneh, sombong, pemberontak. Ruth tinggal bersama Naomi. Sesuatu yang tidak masuk akal, jelas orang panggil dia mara. Karena Ruth punya roh pengertian. Ruth punya roh pengertian setelah sekian lama dia hidup bersama mertuanya yang punya ketegaran.

Awal-awal pernikahan Bu Linda dan Pak Hadi dipenuhi perselisihan. Sampai mereka mau bercerai beberapa kali. Bu Linda jengkel punya suami model gitu. Biasanya menyalahkan Tuhan. Lihat masa lalunya. Ayah yang dikagumi tiba-tiba berubah menjadi kejam. Demikian juga kalau sedang marah-marahan sama Bu Lis (adiknya Pak Hadi). Bu Linda dan Bu Lis bisa diem-dieman berbulan-bulan. Tuhan berkata datangi, minta maaf dan peluk. Bu Linda menyangkal masa harus minta maaf, dia yang salah. Tutup mulut adalah cara yang lebih baik. Lihat masa lalunya. Tuhan beri roh pengertian.

Naomi seperti kutuk. Apa untungnya ikut Naomi? Kesenangan Rut terganggu. Harusnya berkati aku, naomi jadi tanggunganku, aku jadi kerja doble, diri sendiri aja susah apalagi harus nanggung mertua, aku masih layak menikah lagi, aku masih punya hak. Itu orang yang berpusat pada diri sendiri. Tapi Ruth tidak fokus kepada diri sendiri. Ruth menanggung beban Naomi. Gereja seharusnya menanggung beban (2 Tim 2:10). Berhenti dengan hidup yang ngomel, mementingkan diri sendiri, berontak dll. Suami istri marah-marah kata paling mudah adalah cerai. Tidak mengerti arti komitmen. Lahir baru ada komitmen tapi begitu datang masalah maka komitmen itu hilang. Milihilah roh pengertian.

5. Tak terhentikan
Ruth 2:7-
Ruth adalah pasukan rajawali tak terhentikan. Ruth memulai dari yang paling hina. Dia memungut sisa-sisa jelai yang tercecer. Panggilan pekerja tidak ada kata malas. Kalau mau jadi makmur termasyur, kita mau jadi besar maka lakukan setiap pekerjaan tidak dengan sombong sekalipun itu paling hina. Butuh modal sekian untuk bisa bekerja, sombong tidak akan menjadi besar. Kuncinya rendah hati, kerja keras dan tekun, tidak terhentikan. Kerja sebentar langsung leyeh-leyeh (duduk santai), duduk dulu ahh capek, aduhh boyokku sakit istirahatlah. Berapa banyak orang yang seperti itu. Bahkan ada orang yang merasa terhina kalau kerja kotor, jorok, kerjaan kecil, sepele. Kalau kita mudah terhina maka kita tidak siap jadi besar dan tidak bakal jadi besar. Seorang perempuan China pekerjaannya mencari/memulung sampah sekarang jadi orang kaya raya. Sampah diubahnya menjadi emas.

6. Perubahan
Ruth 1:22, 2:2, 2:6, 2:21, 4:5, 4:10
Sampai 6x disebutkan bahwa Ruth orang Moab. Ada apa dengan orang Moab. Moab=benih dari ayah. Siapa ayah? Moab lahir dari nenek moyang bapak kawin dengan anak yaitu Lot. Anak perempuan meniduri ayahnya setelah diberi minum. Ini namanya inses, ini adalah kutuk. Ketika orang Israel keluar dari Mesir melewati daerah Moab Tuhan berkata jangan serang. Bil 2:27 Raja Balak meminta Bileam untuk mengutuki bangsa Israel. Yakub/Israel tidak mempan oleh tenung. Sekali diberkati tetap diberkati.

Moab memakai tipu muslihat perjinahan untuk mengalahkan bangsa Israel Bil 25:1-3. Baal-Peor = Belphegor, salah satu tangan kanan Lucifer (kacungnya) disebut juga iblis kelicikan. Orang Moab punya roh kelicikan untuk mengalahkan bangsa Israel karena tenung, mantra, kutuk tidak mempan. Moab lahir dari perjinahan sehingga perjinahan bersatu dengan bangsa ini. Moab lambangnya anjing artinya nafsu rendahan. Dalam wahyu anjing tidak mendapat bagian dalam kerajaan sorga.

Tapi yang ajaib dari bangsa Moab lahir Ruth. Sampai Raja Boas terheran. Ruth meninggalkan bangsanya, setia sama mertuanya yang bangkrut. Ada banyak orang setia kalau suami banyak uang tapi ngomel kalau tidak punya uang. Tidak saat naik Rut tunjukan kesetiaannya melainkan juga saat Naomi dalam keterpurukan. 8 Feb orang tidak akan peduli kalau tidak punya roh kesetiaan. Ada banyak yang DIPANGGIL tapi sedikit yang DIPILIH tapi lebih sedikit yang SETIA.

Ruth dari bangsa yang amburadul, terkutuh tiba-tiba menjadi orang yang diberkati makmur termasyur. Kutuh berubah menjadi berkat. Kalau sampai dialkitab ditulis artinya Tuhan berbicara kepada kita. Semua itu ada dan terjadi ruth bisa mengubah kutuh jadi berkat. Artinya kita jadi bisa melakukannya. Ruth mengubah nasibnya menjadi nenek moyang Yesus Kristus. Dari garis silsilah terkutuh berubah menjadi nenek moyang Yesus Kristus.

Biar jiwamu kaya. Lewati tembok kelaparan, tidak punya duit. Elimelekh bisa meninggalkan Betfrata. Dia tidak mengerti arti namanya. Bisa keluarga bisa cerai terlalu pendek pikirannya, terlalu picik. Kita tidak kebetulan di Temanggung. Kemuliaan Tuhan besar. Penderitaan yang dialami tidak sebanding kemuliaan yang Tuhan sudah sewdiakan. Kesakitan, kegagalan tidak sebanding dengan kemuliaan Tuhan. Katakan pada jiwamu, penderitaaku tidak sebanding dengan kemuliaan Tuhan. Jangan pernah tinggalkan Betlehem Efrata.

Penulis Elyon SW

Tidak ada komentar:

Posting Komentar