Senin, 02 April 2018

Alami Kuasa Kebangkitan Tuhan

Ibadah Raya Umum
Firman Tuhan oleh
Pdt. Ir. Lukas Yoesianto
Minggu, 25 Maret 2018

*ALAMI KUASA KEBANGKITANNYA!*

Kita baru saja merayakan kebangkitan Yesus, yaitu kemenangan Kristus atas maut, sehingga maut tidak lagi berkuasa atas Yesus. 

Roma 6:9
Karena kita tahu, bahwa Kristus, sesudah Ia bangkit dari antara orang mati, tidak mati lagi: maut tidak berkuasa lagi atas Dia.

Salah satu pesan penting Rasul Paulus bagi jemaat di Filipi adalah mengenal Dia dan kuasa kebangkitanNya dan persekutuan dalam penderitaanNya. Kuasa kebangkitan adalah bagian paling penting yang Paulus rindu alami secara pribadi!

Filipi 3:10
Yang kukehendaki ialah mengenal Dia dan kuasa kebangkitan-Nya dan persekutuan dalam penderitaan-Nya, di mana aku menjadi serupa dengan Dia dalam kematian-Nya.

*Bagaimana Kita Bisa Mengalami Kuasa Kebangkitan-Nya?*

*Pertama, Minta Roh Hikmat dan Wahyu Kerja Kuat Dalam Hidup Kita (Efesus 1:15-17).*

“…. dan aku selalu mengingat kamu dalam doaku, dan meminta kepada Allah Tuhan kita Yesus Kristus, yaitu Bapa yang mulia itu, supaya Ia memberikan kepadamu Roh hikmat dan wahyu untuk mengenal Dia dengan benar.”

Firman Tuhan itu ditulis dari pewahyuan Roh Kudus. Kita bisa membaca ayat yang sama namun mendapatkan pewahyuan dan jawaban yang berbeda; itulah ajaibnya Roh Hikmat dan Wahyu. Karena itu selalu minta Roh Hikmat dan Wahyu untuk bekerja kuat di dalam hidup kita saat membaca dan merenungkan firman Tuhan supaya kita bisa menangkap kebenaranNya sehingga menjadi Rhema dan digenapi di dalam hidup kita. Percayalah, tidak ada yang lebih baik dari hal ini.

Saudaraku, sepandai apa pun kita, pemikiran kita sangat terbatas. Di hadapan Tuhan, hikmat manusia itu tidak ada apa-apanya. Kita perlu Roh Hikmat dan Wahyu yang dari Tuhan untuk memahami pemikiran Tuhan yang tidak terbatas.

*Kedua, Minta Supaya Terbuka Seluruh Indera Rohani Dalam Hidup Kita (Efesus 1:18).*

Allah itu Roh karena itu mintalah supaya Dia membuka seluruh indera rohani kita sehingga kita bisa menangkap pergerakan Roh Tuhan dan bisa menangkap pekerjaan ajaib dan sangat kaya dari Tuhan kepada orang kudus-Nya mulai dari Abraham sampai dengan kita (Efesus 1:18).

*5 Gambaran Kuasa Kebangkitan Kristus!*

Efesus 1:19-21
“… dan betapa hebat kuasa-Nya bagi kita yang percaya, sesuai dengan kekuatan kuasa-Nya, yang dikerjakan-Nya di dalam Kristus dengan membangkitkan Dia dari antara orang mati dan mendudukkan Dia di sebelah kanan-Nya di sorga, jauh lebih tinggi dari segala pemerintah dan penguasa dan kekuasaan dan kerajaan dan tiap-tiap nama yang dapat disebut, bukan hanya di dunia ini saja, melainkan juga di dunia yang akan datang."

Ada kuasa yang ajaib yang sedang bekerja di dalam hidup kita sebagai orang yang percaya! Namun, acap kali kita tidak sadar dan terus menyadari bahwa ada kuasa yang besar dan tanpa batas yang terus masih bekerja sampai sekarang di dalam hidup kita.

*5 Gambaran Kuasa Kebangkitan Kristus*

*Pertama,* kuasa yang digunakan Bapa untuk membangkitkan Yesus dari antara orang mati (Efesus 1:20).
*Kedua,* kuasa yang digunakan Bapa untuk mengalahkan maut (Efesus 1:20).
*Ketiga,* kuasa yang digunakan Bapa untuk mendudukkan Yesus di sebelah kanan-Nya (Efesus 1:20).
*Keempat,* kuasa yang digunakan Bapa untuk menaklukkan semua pemerintah, penguasa dan kekuasaan dan kerajaan dan tiap-tiap nama yang dapat disebut (Efesus 1:21).
*Kelima,* kuasa yang digunakan Bapa untuk meletakkan semua pemerintah, penguasa dan kekuasaan dan kerajaan dan tiap-tiap nama yang dapat disebut di bawah kaki Kristus dan kaki kita (Efesus 1:22-23).

Saudaraku, itulah gambaran dari kuasa hebat kebangkitan Kristus! Dan kuasa itu masih bekerja sampai sekarang di dalam hidup kita bagi kita yang mau percaya! Kalau hanya masalah skripsi tidak selesai-selesai, masalah keributan dalam pernikahan, masalah kesulitan keuangan; percayalah kuasa kebangkitan Kristus pasti sanggup menerobos dan membuat keajaiban! Percayalah, jikalau maut saja dibuat tidak berdaya apalagi masalah Saudara!

*Contoh Perubahan Hidup Akibat Kuasa Kebangkitan Kristus!*

*Perubahan Hidup Bangsa Israel (Keluaran 13:3).*

Paskah berarti keluar dari rumah perbudakan apapun dan masuk ke dalam Tanah Perjanjian (tanah yang berlimpah susu dan madu). Tangan Tuhan yang kuatlah yang  melakukannya. Kisah sepuluh tulah adalah tanda betapa alotnya Firaun melepaskan bangsa Israel dari Mesir. Hanya karena kekuatan tangan Tuhan (gambaran kuasa kebangkitan), akhirnya Firaun menyerah dan orang Mesir mendesak dengan keras serta menyuruh mereka pergi (Keluaran 12:33). Akhirnya pada waktu bangsa Israel keluar dari Mesir, mereka tidak keluar dengan tangan hampa, melainkan penuh dengan barang yang indah-indah milik orang-orang Mesir.

Bukankah hal yang sama juga harusnya bisa terjadi di dalam hidup kita! Jikalau roh kemiskinan terus bercokol dalam hidup kita; belajarlah menyadari bahwa ada kuasa yang ajaib dan hebat (kuasa kebangkitan). Pakai kuasa itu untuk menekan dan menghancurkan roh kemiskinan sampai roh kemiskinan katakan, “mari kita pergi dari orang ini daripada kita binasa.”

*Perubahan Hidup Onesimus, Orang yang Mengalami Paskah (Filemon 1:8-11).*

Surat Filemon adalah surat yang berkisah tentang Onesimus. Dia adalah seorang budak dari Filemon. Dia adalah budak yang miskin, berkarakter buruk dan pemberontak. Bahkan dia adalah budak yang melarikan diri dari tuannya, lalu tertangkap dan akhirnya dipenjara. 

Di dalam penjara ia bertemu dengan Paulus. Perjumpaan itu membuat Onesimus mengenal kasih Kristus dan kuasa kebangkitan Kristus sehingga hidupnya berubah. Alkitab menyatakan bahwa hidupnya berguna bagi Paulus dan Filemon (Filemon 1:11). Bahkan sejarah mencatat bahwa Onesimus akhirnya menjadi Uskup di Efesus. Dialah yang mengumpulkan surat-surat Paulus sehingga terkumpul seperti kitab-kitab yang kita miliki saat ini.

Kuasa kebangkitan Yesus sanggup menggubah seorang Onesimus yang latar belakangnya buruk menjadi orang yang sangat berguna. Kalau ada bagian hidup kita yang tidak berguna (bermasalah); ijinkan kuasa kebangkitan Kristus untuk menyentuh dan mengubahkannya!

Percayalah kuasa kebangkitanNya masih bekerja sampai sekarang!

Departemen Penggembalaan
Kemah Daud Ministries Jogja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar