ARTI MUJIZAT DI SUNGAI YORDAN

ARTI MUJIZAT DI SUNGAI YORDAN


Terbelahnya laut Teberau menjadi mujizat yang diingat bangsa Israel dan dihubungkan dengan kepemimpinan Musa. Mujizat itu menjadi tanda adanya penyertaan Tuhan atas Musa dan bukti bahwa Musa memang dipilih oleh Tuhan untuk memimpin umat-Nya.

Setelah kematian Musa, Yosua menjadi penggantinya untuk memimpin bangsa Israel. Ia masih baru dan belum ada mujizat yang terjadi sebagai bukti bahwa ia disertai TUHAN. Mujizat merupakan bukti yang dinantikan oleh bangsa Israel sebagai legitimasi akan kepemimpinan seseorang. Saat itu, mungkin sebagian dari umat Israel ada yang meragukan kepemimpinan Yosua, namun mereka belum bersuara. Mungkin ada yang menganggap Yosua bukan apa-apa dibandingkan Musa. Kemungkinan semacam itu dapat terjadi mengingat bangsa ini begitu mudahnya menggerutu dan berbalik dari Tuhan.

Dalam kitab Yosua pasal 3, diceritakan tentang bangsa Israel yang hendak menyeberangi sungai Yordan. Pada saat itulah, TUHAN menunjukkan penyertaan-Nya atas Yosua. TUHAN berfirman kepada Yosua: “Pada hari inilah Aku mulai membesarkan namamu di mata seluruh orang Israel, supaya mereka tahu, bahwa seperti dahulu Aku menyertai Musa, demikianlah Aku akan menyertai engkau.” (Yosua 3:7).

Pada saat imam pengangkat tabut yang berjalan di depan bangsa Israel mencelupkan kakinya ke dalam air di tepi sungai Yordan, sungai itu menjadi sebak sampai meluap sepanjang tepinya selama musim menuai. Air yang turun dari hulu melonjak menjadi bendungan hingga jauh sekali mencapai sebuah kota di sebelah Sartan. Sedangkan air sungai yang menuju ke Laut Araba atau Laut Asin menjadi terputus sama sekali.

Mujizat ini terjadi di awal kepemimpinan Yosua dan mengandung makna penting terhadap iman umat Israel dan juga Yosua secara pribadi. Bangsa Israel menjadi percaya bahwa TUHAN akan menyertai mereka di bawah kepemimpinan Yosua, seperti pada saat mereka dipimpin oleh Musa. Mujizat ini juga membuat Yosua menjadi semakin teguh akan panggilan TUHAN bagi dirinya untuk memimpin bangsanya.

Di dalam hidup kita, mungkin ada banyak hal yang tidak kita sadari sebagai sebuah mujizat, padahal sebenarnya TUHAN bekerja memberikan pertolongan demi pertolongan untuk membuktikan penyertaan-Nya bagi kita. Bila kita merenungkan dengan sungguh-sungguh maka kita akan menyadari bahwa sesungguhnya hidup kita ini adalah sebuah mujizat dari TUHAN. Perjalanan hidup kita pun merupakan suatu mujizat. Ada banyak hal yang kita lewati, kesulitan dan tantangan, namun kita dapat melaluinya dengan pertolongan Tuhan. Itu sudah cukup menjadi bukti bahwa TUHAN menyertai kita. Namun bila itu tidak cukup menguatkan iman saudara, ingatlah firman-Nya yang berkata: “Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir jaman” (Matius 28:20). Inilah perkataan Tuhan kita Yesus Kristus. Dia Immanuel artinya beserta dengan kita senantiasa.

Ada satu makna lagi yang terambil dari kisah Yosua pasal 3, yakni ketika Tuhan berfirman kepada Yosua bahwa “pada hari inilah Aku mulai membesarkan namamu”. Hal ini berkaitan dengan penentuan dan penetapan Tuhan untuk membesarkan nama Yosua sebagai pemimpin. Kaitannya dalam kehidupan pelayanan atau kepemimpinan kita adalah :
“Tuhanlah yang menetapkan kapan saatnya pelayanan atau kepemimpinan kita akan dibesarkan oleh-Nya.” Mungkin saudara telah begitu lama melayani Tuhan dan merasa tidak ada perkembangan, tapi tetaplah melakukan pelayanan kepada Tuhan dengan setia, karena ada saatnya dimana Tuhan akan membuat saudara menjadi lebih besar. Prinsipnya adalah setia terus melayani Tuhan.

Dalam usaha apapun, ingatlah bahwa Tuhanlah yang mengangkat kita. Oleh karena itu, kebergantungan dan penyerahan kita kepada Tuhan menjadi hal yang penting. Ketekunan, kesetiaan, keteguhan dan kesabaran menantikan waktu Tuhan haruslah selalu kita miliki. Iman kepada Tuhan Yesus Kristus tidak akan sia-sia. Nama-Nya akan semakin besar dalam kehidupan kita, saat kita semakin dipakai oleh-Nya. Segala kemuliaan hanya bagi Tuhan Yesus Kristus.

Renungan Suara INJIL

Komentar

Postingan Populer