Rabu, 04 April 2018

GILGAL-BETHEL-YERIKHO-YORDAN

GILGAL-BETHEL-YERIKHO-YORDAN
SHRK 3 APRIL 2018
Ev Daniel Krestianto


Tuhan Yesus Sudah BANGKIT dari Kematian diatas Kayu Salib Jangan sekedar jadi orang Kristen biasa biasa saja. Kalau tidak ada yang luar biasa, hidup Kekristenan sangat membosankan. Kita tidak boleh jenuh, apa yang kita lakukan semuanya ajaib terjadi karena Firman berkata setiap hari selalu baru.

Pada waktu Elia mau diangkat ke surga, Elia melewati 4 daerah, ternyata daerah ini punya arti sendiri. sebelum kita menikmati kemuliaan yang Tuhan janjikan, kita harus melewati 4 daerah ini. Daerah nya

=GILGAL=
Gilgal (Ibrani, גִּלְגָּל - GILGAL, artinya: menggulung/ gulungan, proper locative noun). Kata ini bisa berarti "lingkaran/ bundaran (batu-batu)".

Dalam arti 'menggulung' kata Gilgal dipakai oleh Allah melalui Yosua untuk nengingatkan Israel tentang kelepasan mereka dari Mesir (ketika mereka disunat di sana, "Hari ini telah Ku-hapuskan/ Ku-lepaskan/ Ku-gelindingkan", (Ibrani, גַּלֹּותִי - 'GALOTI') cela Mesir itu daripadamu' (Yosua 5:9).

2 Raja-raja 2:1
2 Raja-raja 2:1 (TB)  Menjelang saatnya TUHAN hendak menaikkan Elia ke sorga dalam angin badai, Elia dan Elisa sedang berjalan dari Gilgal.

http://www.bibleforandroid.com/v/4437c22c5bb1

Menjelang saatnya TUHAN hendak menaikkan Elia ke sorga dalam angin badai, Elia dan Elisa sedang berjalan dari Gilgal. Ada 2 orang yang tidak alami kematian yaitu Henokh dan Elia. Elia ngerti akan ada sesuatu yang terjadi. Kenapa mereka berjalan dari Gilgal dan keluar dari Gilgal. Gilgal artinya menggulung, lingkaran, di sini Joshua dan bangsa Israel merayakan  keluar dari perbudakan. Mereka merasakan kemenangan. Semua nya terjadi.

Banyak orang senang akan kenyamanan. Di depan akan ada suatu proses yang luar biasa. Tuhan nggak pernah berhenti mendidik dan memproses kita. Tetapi kita yang menghentikan nya. Orang Kristen yang nggak mau keluar dari Gilgal maka hidup nya akan terus berputar disitu. Jangan senang kalau kau hanya alami mujizat pertolongan Tuhan pertama kali. Jangan takut ambil resiko. Jangan mau ditipu sama setan. Kemanapun kita pergi sama Tuhan, kita ini pemenang. Kalau kenyataan nya kalah, koreksi apakah kita jalan sama Tuhan Yesus atau nyelonong sendiri.

Tuhan tidak pernah merencanakan seseorang gagal dalam hidupnya Pribadi kita itulah yg meninggalkan Tuhan. Pokoknya jalan bersamaMu apapun resiko nya aku mau Tuhan. Tuhan sudah bayar semua nya.

=BETHEL=

Betel, Ibrani: בֵּית־אֵל - BEIT-'EL, harfiah: rumah Allah, Dulu disebut Lus (Ibrani: לוּז - LUZ) dan diberi nama baru oleh Yakub (Kejadian 28:18-19). Nama-nya sekarang ini adalah Tell Beitin, di jalan batas air, 19 km di utara Yerusalem.

2 Raja-raja 2:2 Berkatalah Elia kepada Elisa: "Baiklah tinggal di sini, sebab TUHAN menyuruh aku ke Betel." Tetapi Elisa menjawab: "Demi TUHAN yang hidup dan demi hidupmu sendiri, sesungguhnya aku tidak akan meninggalkan engkau." Lalu pergilah mereka ke Betel. Betel adalah tempat pertemuan kita dgn Tuhan. Kita akan makin dekat sampai kita punya hubungan yg deket.

Semua org merindukan hdp yg keindahan, tetapi semua org punya keputusan sendiri. Tujuan akhirnya kemuliaan yg luar biasa. Ikut Yesus keputusan kita. Tuhan ngak bawa kita kpd suatu tipuan.

Yakub pd waktu tidur dan melihat tangga turun, itu bukan suatu yg enak. Ada 1 buku mengisahkan, sblm Yakub ketemu Bapa di surga, Yakub di rampok habis, mau dibunuh dan dihabisi. Yg punya kita adalah Tuhan. Manusia bisa mereka2, tetapi Tuhan yg menentukan. Yakub cuma punya baju yg dikenakan sama minyak. Yakub ngak punya apa2 krn bantal yg dipakai buat tidur itu batu. Kalau kau datang ke Tuhan apakah hdpmu sdh penuh, atau kau datang dgn hdp yg kosong, minta diisi sama Tuhan.

Contoh saya mau bagikan kpd kalian air yg bagus. Kalau kita datang dgn air yg penuh dlm botol, gimana saya mau bagi airnya? Tetapi kalau kita datang dgn botol yg kosong maka kita akan dpt air yg banyak. Harusnya kita merindukan diisi sama Tuhan selalu, kita ngak bisa hdp tanpa Tuhan. Seseorang yg datang sama Tuhan dgn botol yg penuh krn rutinitas / tugas. Intropeksi diri setiap datang ke Tuhan, apakah krn suatu kerinduan / kehausan atau sdh penuh?.

Jgn taruh anggur baru ditempat yg lama. Jgn datang sama Tuhan krn rutinitas. Kita datang ke Tuhan mempersiapkan diri ngak? Betel arti yg terdalam adalah bait Allah. Kehadiran Tuhan sangat nyata. Sejujurnya apakah ini sangat terjadi dlm hdpmu? Apakah kai datang dlm suatu perkumpulan dirindukan? Atau kita ini tdk diinginkan sama mrk? Kalau Tuhan ada dlm kita maka apapun yg kita lakukan pasti berhasil, ketika kita berjalan semua setan menyingkir krn ada Tuhan dlm hdp kita. Justru krn Tuhan bangkit, membuat kita dlm kemenangan. Kita tugas nya mempersiapkan hdp supaya Tuhan bisa bersemayam / pakai kita. Tugas kita menjaga hdp kita bersih dan ngak bocor. Ini bicara tentang kepahitan, kelemahan2. Dikerak dan dibersihkan.

Kalau kita ngak dipakai sebab nya krn kotor / bocor. Bereskan pralon hdp kita. Sumbernya sama. Mazmur 91:14 “Sungguh, hatinya melekat kepada-Ku, maka Aku akan meluputkannya, Aku akan membentenginya, sebab ia mengenal nama-Ku. Kenal Tuhan. Perbaiki hdp kita, pralon nya harus beres.

=YERIKHO=
Yerikho dikenal sebagai kota pohon korma (Ul 34:3). Dari etimologinya, kata “Yerikho“ seakar dengan kata “Yareakh”, artinya “bulan” dan ini dihubungkan dengan dewa bangsa Sem Barat, namanya Yarikh atau Yerakh. Nama arti lain dari kata “Yerikho” adalah “tempat yang berbau harum”. Arti inilah yang sering dikenal orang. Di Alkitab ada 2 kota Yerikho yang berbeda, yaitu Yerikho kuno dan Yerikho modern.

2 Raja-raja 2:4 Berkatalah Elia kepadanya: "Hai Elisa, baiklah tinggal di sini, sebab TUHAN menyuruh aku ke Yerikho." Tetapi jawabnya: "Demi TUHAN yang hidup dan demi hidupmu sendiri, sesungguhnya aku tidak akan meninggalkan engkau." Lalu sampailah mereka di Yerikho. Yerikho itu tebel tembok nya. Hanya dgn dikelilingin bisa jebol. Ngak ada yg ngak mungkin.

Lebarnya tembok Yerikho itu 8m. Kelemahanmu spt apapun, di dlm Tuhan pasti bisa, ngak ada yg ngak bisa. Minta Rhema dr Tuhan, aminkan, jalankan apapun akan terjadi. 2 Raja raja 2:19-22. Berkatalah penduduk kota itu kepada Elisa: "Cobalah lihat! Letaknya kota ini baik, seperti tuanku lihat, tetapi airnya tidak baik dan di negeri ini sering ada keguguran bayi."Jawabnya: "Ambillah sebuah pinggan baru bagiku dan taruhlah garam ke dalamnya." Maka mereka membawa pinggan itu kepadanya.Kemudian pergilah ia ke mata air mereka dan melemparkan garam itu ke dalamnya serta berkata: "Beginilah firman TUHAN: Telah Kusehatkan air ini, maka tidak akan terjadi lagi olehnya kematian atau keguguran bayi." Demikianlah air itu menjadi sehat sampai hari ini sesuai dengan firman yang telah disampaikan Elisa.

Tempat ke 3 bicara tentang kelimpahan. Kenapa kita ngak bisa alami maksimal sama Tuhan? Kenapa ada belalang pelahap? Apapun itu dlm Tuhan Yesus ada jalan keluar. Jalan keluar nya buat sam siapkan wadah yg baru. Berkat sebentar lagi datang. Hujan berkat yg no limit akan sebentar lagi datang. Siapkan dan bawa hdpmu jd wadah. Tanya Roh Kudus apa yg harus disiapkan. Bukan teori mu, buat sesuai dgn apa yg Roh Kudus tunjukkan. Wadah apa yg kau buat maka itu akan penuh.

Yohanes 10:10 Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan. Tanya Roh Kudus wadah nya dipersiapkan dgn spt apa? Yg dicurahkan : harta, karunia, nama baik, semua kerinduan manusia Tuhan akan curahkan.

Garam. Kita adalah garam dunia. Yohanes 3:16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. 1 Yohanes 3:16 Demikianlah kita ketahui kasih Kristus, yaitu bahwa Ia telah menyerahkan nyawa-Nya untuk kita; jadi kita pun wajib menyerahkan nyawa kita untuk saudara-saudara kita. Kuta harus siap pada waktu jd berkat, bukan kita yg dikenal tapi Tuhan Yesus yg dipermuliakan.

Kita ini diutus supaya nama Tuhan dipermuliakan. Kalau punya karakter bendahara selalu bilang 99% buat Tuhan. Kalau cuma jd saluran yah harus sukacita. Latih diri kita supaya tetap menang dan mempertahankan.


=YORDAN=

Yordan (Bahasa Ibrani, יַרְדֵּן - YARDEN, mengalir ke bawah, kata ini berakar dari verba: יָרַד - YARAD, artinya: turun. Kata Yunani-nya adalah: Ἰορδάνης - IORDANÊS (helenisasi dari kata Ibrani "YARDEN".

* 2 Raja 5:10
LAI TB, Elisa menyuruh seorang suruhan kepadanya mengatakan: "Pergilah mandi tujuh kali dalam sungai Yordan, maka tubuhmu akan pulih kembali, sehingga engkau menjadi tahir."
KJV, And Elisha sent a messenger unto him, saying, Go and wash in Jordan seven times, and thy flesh shall come again to thee, and thou shalt be clean.
Hebrew,
וַיִּשְׁלַח אֵלָיו אֱלִישָׁע מַלְאָךְ לֵאמֹר הָלֹוךְ וְרָחַצְתָּ שֶֽׁבַע־פְּעָמִים בַּיַּרְדֵּן וְיָשֹׁב בְּשָׂרְךָ לְךָ וּטְהָֽר׃
Translit interlinear, VAYISH'LAKH {dan dia mengutus} 'ELAV {kepadanya} 'ELISHA {elisa} MAL'AKH {seorang utusan} LEMOR {untuk berkata} HALOKH {pergilah} VERAKHATS'TA {dan engkau mandi} SHEVA-PE'AMIM {tujuh kali} BAYAR'DEN {ke dalam sungai yordan} VEYASHOV {dan dia akan kembali} BESAR'KHA {dagingmu itu} LEKHA {kepadamu} UTEHAR {dan engkau menjadi tahir/ bersih/ halal}

 2 Raja-raja 2:7-8
Lima puluh orang dari rombongan nabi itu ikut berjalan, tetapi mereka berdiri memandang dari jauh, ketika keduanya berdiri di tepi sungai Yordan.Lalu Elia mengambil jubahnya, digulungnya, dipukulkannya ke atas air itu, maka terbagilah air itu ke sebelah sini dan ke sebelah sana, sehingga menyeberanglah keduanya dengan berjalan di tanah yang kering. Inti dr sungai Yordan ialah Hineni. Melewatinya dgn cara supernatural. Ini waktunya surga dan bumi bersatu. Apapun masalah kedepan no problem krn jalan sama Tuhan.

Re Write Joshua Ivan Sudrajat







Tidak ada komentar:

Posting Komentar