GILGAL-BETHEL-YERIKHO-YORDAN

GILGAL-BETHEL-YERIKHO-YORDAN
Ark Of Christ, 2 April 2018
Ev Daniel Krestianto


TUHAN MENYEDIAKAN TEROBOSAN, KEMERDEKAAN BAGI HIDUP KITA

Ketika Murid-Murid Yesus pagi-pagi sekali mereka Datang Ke Kubur Yesus, Mereka mendapatkan Kubur Kosong, Yesus Sudah BANGKIT !

Ketika orang-orang meninggalkan engkau, Apakah Engkau tetap memilih Yesus ?

Ketika orang-orang mulai mengejek engkau, Apakah Engkau Tetap Milih untuk mengikut Yesus ?

Pilihan ada di Tanganmu ? Tuhan tidak mengajarkan untuk kita berhenti dan diam dalam satu titik. Kita tidak boleh menengok ke belakang.

GILGAL

2 Raja-raja 2:1 (TB)  Menjelang saatnya TUHAN hendak menaikkan Elia ke sorga dalam angin badai, Elia dan Elisa sedang berjalan dari Gilgal.

http://www.bibleforandroid.com/v/f9419a999161
Gilgal (Ibrani, גִּלְגָּל - GILGAL, artinya: menggulung/ gulungan, proper locative noun). Kata ini bisa berarti "lingkaran/ bundaran (batu-batu)".

Dalam arti 'menggulung' kata Gilgal dipakai oleh Allah melalui Yosua untuk nengingatkan Israel tentang kelepasan mereka dari Mesir (ketika mereka disunat di sana, "Hari ini telah Ku-hapuskan/ Ku-lepaskan/ Ku-gelindingkan", (Ibrani, גַּלֹּותִי - 'GALOTI') cela Mesir itu daripadamu' (Yosua 5:9).

Kita harus berani meninggalkan Gilgal, kita tinggalkan lingkaran di hidup kita. Ambil Keputusan Untuk BERJALAN Ke BETHEL.

Setiap orang mempunyai Kelemahan dan Kekurangan di Dalam Hidup kita. Seringkali kita muter-muter dan jatuh di tempat yang sama.

Seperti Bangsa Israel muter-muter di padang gurun selama 40 tahun, demikian juga hidup kita selalu berputar-putar.

JANGAN JATUH TERUS DI TITIK YANG SAMA TUHAN SUDAH MELEPASKAN ENGKAU DARI CELA MESIR.

TUHAN YESUS SUDAH BANGKIT DARI ANTARA ORANG MATI. TUHAN KITA TIDAK BISA MENIPU.

Kita Harus Keluar Dari Gilgal. Jangan senang kalau kau hanya alami mujizat pertolongan Tuhan pertama kali. Jangan takut ambil resiko. Jangan mau ditipu sama setan. Kemanapun kita pergi sama Tuhan, kita ini pemenang. Kalau kenyataan nya kalah, koreksi apakah kita jalan sama Tuhan Yesus atau nyelonong sendiri.

Kita Harus TERBUKA DIHADAPAN TUHAN.

TUHAN YESUS SUDAH MENANG ATAS MAUT DIATAS KAYU SALIB KITA HARUS MENANG JUGA

DI GILGAL KITA LEPASKAN SEMUA IKATAN DAN YANG TUHAN TIDAK SUKA.

Jadi Anak Tuhan Yang Benar, Percaya dan Alami Tuhan Sendiri. Ambil Keputusan Jalan Bersama Yesus

BETHEL
2 Raja-raja 2:2 Berkatalah Elia kepada Elisa: "Baiklah tinggal di sini, sebab TUHAN menyuruh aku ke Betel." Tetapi Elisa menjawab: "Demi TUHAN yang hidup dan demi hidupmu sendiri, sesungguhnya aku tidak akan meninggalkan engkau." Lalu pergilah mereka ke Betel.

Betel adalah tempat pertemuan kita dengan Tuhan.

 Kita akan makin dekat sampai kita punya hubungan yang dekat.


Betel, Ibrani: בֵּית־אֵל - BEIT-'EL, harfiah: rumah Allah, Dulu disebut Lus (Ibrani: לוּז - LUZ) dan diberi nama baru oleh Yakub (Kejadian 28:18-19). Nama-nya sekarang ini adalah Tell Beitin, di jalan batas air, 19 km di utara Yerusalem.

Bethel artinya Rumah Tuhan. Bethel adalah sebuah tempat yang memiliki peristiwa-peristiwa penting. Di Bethel inilah Yakub, dari perjalanan dari Beersheba ke Haran, mendapat penglihatan malaikat turun naik dalam tangga ke surga. Dan untuk kedua kalinya dia mendengar Allah berbicara kepadanya. Dan Yakub, yang kemudian menjadi Israel, membangun altar di tempat ini.

Betel disinggung beberapa kali dalam Kitab Kejadian Pertama kali dalam Kejadian 12, tetapi penjelasan lebih lanjut dalam Kejadian 28, ketika Yakub yang sedang melarikan diri dari amarah abangnya, Esau, tidur di atas sebuah batu dan bermimpi melihat tangga yang menghubungkan langit dan bumi dengan para malaikat yang naik turun, sementara Allah berada di puncak tangga menjanjikan Yakub bahwa kelak ia akan memiliki tanah Kanaan.  Ketika Yakub bangun, ia mengurapi batu itu (baetylus) dengan minyak dan menamai tempat itu Betel.

Yakub pada waktu tidur dan ia mimpi melihat tangga turun dari Surga, ia melihat Malaikat Naik Turun Tangga, itu bukan suatu yang enak.

Yakub tidak punya apa-apa karena bantal yang dipakai buat tidur itu batu. Kalau kau datang ke Tuhan apakah hidupmu sudah penuh, atau kau datang dengan hidup yang kosong, minta diisi sama Tuhan.

Contoh saya mau bagikan kepada kalian air yang bagus. Kalau kita datang dengan air yang penuh dalam botol, bagaimana saya mau bagi airnya? Tetapi kalau kita datang dengan botol yang kosong maka kita akan dapat air yang banyak. Harusnya kita merindukan diisi sama Tuhan selalu, kita tidak bisa hidup tanpa Tuhan.

Seseorang yang datang sama Tuhan dengan botol yang penuh karena rutinitas atau tugas. Introspeksi diri setiap datang ke Tuhan, apakah kita datang ibadah ke Tuhan karena suatu kerinduan atau kehausan atau sudah penuh?.

YERIKHO

2 Raja-raja 2:4 Berkatalah Elia kepadanya: "Hai Elisa, baiklah tinggal di sini, sebab TUHAN menyuruh aku ke Yerikho." Tetapi jawabnya: "Demi TUHAN yang hidup dan demi hidupmu sendiri, sesungguhnya aku tidak akan meninggalkan engkau." Lalu sampailah mereka di Yerikho.

Setelah Betel maka sampailah kita ke Yerikho. Yerikho memiliki dua arti, yang pertama adalah tempat yang berbau harum, dan yang kedua adalah tempat untuk berperang. Dari kedua arti Yerikho ini, kita dapat katakan bahwa tidak ada keharuman tanpa peperangan. Dengan kata lain, tidak mungkin ada kemenangan tanpa didahului oleh peperangan.

Yerikho itu tebel tembok nya. Hanya dgn dikelilingin bisa jebol. Ngak ada yg ngak mungkin.

Lebarnya tembok Yerikho itu 8m. Kelemahanmu spt apapun, di dlm Tuhan pasti bisa, ngak ada yg ngak bisa. Minta Rhema dr Tuhan, aminkan, jalankan apapun akan terjadi. 2 Raja raja 2:19-22. Berkatalah penduduk kota itu kepada Elisa: "Cobalah lihat! Letaknya kota ini baik, seperti tuanku lihat, tetapi airnya tidak baik dan di negeri ini sering ada keguguran bayi."Jawabnya: "Ambillah sebuah pinggan baru bagiku dan taruhlah garam ke dalamnya." Maka mereka membawa pinggan itu kepadanya.Kemudian pergilah ia ke mata air mereka dan melemparkan garam itu ke dalamnya serta berkata: "Beginilah firman TUHAN: Telah Kusehatkan air ini, maka tidak akan terjadi lagi olehnya kematian atau keguguran bayi." Demikianlah air itu menjadi sehat sampai hari ini sesuai dengan firman yang telah disampaikan Elisa.

Tempat ke 3 bicara tentang kelimpahan. Kenapa kita tidak bisa alami maksimal bersama Tuhan?

Kenapa ada belalang pelahap? Apapun itu di dalam Tuhan Yesus ada jalan keluar. Jalan keluar nya buat masalah hidupmu, siapkan wadah yang baru. Berkat sebentar lagi datang. Hujan berkat yang tiada datasnya (no limit) akan sebentar lagi datang. Siapkan dan bawa hidupmu jadi wadah untuk Tuhan. Tanya Roh Kudus apa yang harus disiapkan. Bukan teori mu, buat sesuai dengan apa yang Roh Kudus tunjukkan kepada kita. Wadah apa yg kau buat maka itu akan penuh.

Pelajaran pertama adalah Tuhan tidak pernah mengajar umatNya untuk lari dari persoalan yang ada di hadapannya. Tuhan juga tidak mengambil alih peperangan tersebut. Yang benar adalah Tuhan mengajari kita untuk berperang dengan suatu kepastian bahwa kemenangan pasti menjadi milik kita. Jadi kita harus mau berperang (menghadapi masalah), tetapi kita juga harus ingat bahwa dalam peperangan itu kita tidak sendirian, sebab Tuhan memberikan kemenangan bagi kita.

YORDAN
Yordan (Bahasa Ibrani, יַרְדֵּן - YARDEN, mengalir ke bawah, kata ini berakar dari verba: יָרַד - YARAD, artinya: turun. Kata Yunani-nya adalah: Ἰορδάνης - IORDANÊS (helenisasi dari kata Ibrani "YARDEN".

* 2 Raja 5:10
LAI TB, Elisa menyuruh seorang suruhan kepadanya mengatakan: "Pergilah mandi tujuh kali dalam sungai Yordan, maka tubuhmu akan pulih kembali, sehingga engkau menjadi tahir."
KJV, And Elisha sent a messenger unto him, saying, Go and wash in Jordan seven times, and thy flesh shall come again to thee, and thou shalt be clean.
Hebrew,
וַיִּשְׁלַח אֵלָיו אֱלִישָׁע מַלְאָךְ לֵאמֹר הָלֹוךְ וְרָחַצְתָּ שֶֽׁבַע־פְּעָמִים בַּיַּרְדֵּן וְיָשֹׁב בְּשָׂרְךָ לְךָ וּטְהָֽר׃
Translit interlinear, VAYISH'LAKH {dan dia mengutus} 'ELAV {kepadanya} 'ELISHA {elisa} MAL'AKH {seorang utusan} LEMOR {untuk berkata} HALOKH {pergilah} VERAKHATS'TA {dan engkau mandi} SHEVA-PE'AMIM {tujuh kali} BAYAR'DEN {ke dalam sungai yordan} VEYASHOV {dan dia akan kembali} BESAR'KHA {dagingmu itu} LEKHA {kepadamu} UTEHAR {dan engkau menjadi tahir/ bersih/ halal}

 2 Raja-raja 2:7-8
Lima puluh orang dari rombongan nabi itu ikut berjalan, tetapi mereka berdiri memandang dari jauh, ketika keduanya berdiri di tepi sungai Yordan. Lalu Elia mengambil jubahnya, digulungnya, dipukulkannya ke atas air itu, maka terbagilah air itu ke sebelah sini dan ke sebelah sana, sehingga menyeberanglah keduanya dengan berjalan di tanah yang kering. Inti dari sungai Yordan ialah Hineni. Melewatinya dengan cara supernatural. Ini waktunya surga dan bumi bersatu. Apapun masalah yang ada didepan tidak menjadi masalah atau problem karena jalan sama Tuhan.

Penulis Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer