KEANTUSIASAN

KEANTUSIASAN


Bagi setiap orang yang memang memiliki hidup yang terhubung dengan dimensi kerajaan pasti ada satu karakteristik yang terlihat nyata: jemaat/ orang percaya yang bersangkutan membawa/ memanifestasikan roh yang berkemenangan dalam hidupnya. Tidak heran, meski jemaat Efesus sudah mengaku diri sebagai seorang 'murid' tapi ketika pertama kali bertemu dengan Paulus, karena Paulus tidak bisa 'mengendus' adanya roh yang berkemenangan, dia langsung mempertanyakan tentang keberadaan Roh kudus dalam hidup mereka - karena Roh Kuduslah satu-satunya pribadi yang membawa kita terhubung dengan dimensi kerajaan & pada saat yang sama, mengkondisikan diri kita menjadi pribadi yang membawa/ memanifestasikan roh yang berkemenangan (Kis 19:1-2)

Berikut adalah karakteristik dari orang-orang yang membawa/ memanifestasikan roh yang berkemenangan dalam hidupnya sehari-hari:
1. Secara natural orang yang bersangkutan jadi menunjukkan sikap yang selalu optimis/ positif.
Memang dalam menjalani perjalanan prophetis ini, akan selalu ada tantangan & konfrontasi; tapi bagi mereka yang sudah terhubung dengan dimensi kerajaan, akan ada suatu pekerjaan firman & Roh yang mengkondisikan mereka jadi selalu memandang fakta/ peristiwa apapun dari sudut pandang Tuhan & firmanNya. Ada suatu kesadaran bahwa seluruh perjalanan ini sudah di setting oleh Tuhan sendiri; bagian kita hanyalah melangkah sesuai dengan arahan/ tuntunanNya. Jika ada suatu tantangan/ konfrontasi artinya, semua tetap ada dalam kendali TanganNya; dan otomatis, Dia sendiri yang akan berperang bagi kita. Ingat, bagian kita hanyalah melangkah dalam ketaatan! Meskipun ada peperangan yang memang harus kita hadapi - sekali lagi, tugas kita hanyalah taat! Meski kita berkata, saya tidak terlatih untuk berperang, tapi ketika Tuhan berkata, 'ayunkan pedangmu', dan kita mentaatinya, saat pedang diayunkan, itu akan seperti tangan malaikat sendiri yang mengayunkan pedang untuk menghancurkan semua musuh...

2. Berorientasikan solusi
Mereka yang memiliki roh yang berkemenangan biasanya memanifestasikan nature yang selalu berorientasikan solusi. Karena kita bergerak bersama-sama sebagai satu Tubuh, padahal masing-masing individu memiliki level pertumbuhannya sendiri-sendiri, otomatis akan selalu ada saja suatu keputusan yang dibuat oleh seseorang yang berpotensi menjadi sumber masalah - bukan hanya bagi dirinya sendiri tapi juga berpotensi untuk mempengaruhi seluruh kawanan yang lain. Ketika mulai muncul suatu permasalahan yang berasal dari ketidakakuratan tersebut, kecenderungan orang banyak adalah mencari siapa yang bersalah atas apa yang terjadi sehingga mudah untuk di jadikan 'tumbal'/ kambing hitam (alasan) atas kesalahan yang terjadi tersebut....

Tapi bagi orang percaya yang membawa roh yang berkemenangan, dia tidak mau terjebak untuk mencari siapa salah/ benar atas suatu permasalahan. Dia pertama-tama akan bertindak untuk mencari, menemukan solusi atas permasalahan yang ada dan setelah menyelesaikan permasalahan yang ada, barulah berupaya untuk menemukan sumber/ akar permasalahan tersebut sehingga di kemudian hari tidak akan terjadi lagi.

3. Menjalani hidup sehari-hari dalam keantusiasan.

Mereka yang memanifestasikan roh yang berkemenangan pastilah seseorang yang kehidupan sehari-harinya selalu antusias, penuh semangat - saat berinteraksi dengan seseorang, saat mengerjakan tugas/ pekerjaannya, saat ia bercengkerama dengan keluarganya.... Tidak peduli berapapun usianya, keantusiasan - kehidupan yang penuh semangat berasal dari pekerjaan firman & Roh didalam hidupnya, bukan dari karakter lahiriahnya!
Orang seringkali membatasi dirinya berdasar karakter lahiriah yang ia miliki sehingga ketika roh yang berkemenangan terus di aktifasi/ dibangun dalam hidupnya, jadi tidak bisa bertumbuh/ berekspresi secara leluasa... Bongkar sudut pandang/ dasar keyakinan keliru yang kita miliki tentang karakter keberadaan seseorang; yakinilah bahwa saat firman & Roh terus bekerja didalam hidup kita, otomatis akan mulai muncul karakter Ilahi dari dalam batin kita yang menggantikan keberadaan karakter lahiriah yang selama ini kita miliki (1 Kor 15:47-49)

4. Penuh ucapan syukur, ceria/ hangat
Kepribadian Ilahi yang bertumbuh karena pekerjaan firman & Roh dalam hidup seseorang akan membawa orang yang bersangkutan jadi memiliki kehidupan yang penuh dengan ucapan syukur, ceria & hangat - tidak peduli apapun kondisi karakter lahiriahnya dahulu. Ketika seseorang terhubung dengan realita sorga dan terus menikmati bekerjanya roh yang berkemenangan, otomatis dirinya akan menikmati realita Tuhan yang mengkondisikan dirinya jadi terus bersyukur (karena melihat bagaimana Tangan Tuhan terus menyertai hidupnya), jadi ceria dan berkepribadian hangat (karena emosinya jadi makin sehat). Bandingkan dengan kebanyakan orang yang terus hidup dalam tekanan 'masa yang sukar' & 'hari-hari yang jahat': Manusia jadi keras, garang, egois dan lain-lain (2 Tim 3:1-9)

5. Tidak tersandera oleh berbagai fakta lahiriah/ negatif tapi memiliki keberanian percaya bahwa Tangan Tuhan selalu menyertai & memampukan dirinya untuk mengubah fakta yang ada menjadi sarana untuk mempermuliakan Tuhan.

Dengan mengandalkan kuasa firman yang di deklarasikan, seseorang yang membawa roh berkemenangan akan terus berkata-kata: memperkatakan, mengimajinasikan firman sambil berkata-kata dalam bahasa roh & bernubuat sampai sesuatu terjadi didalam batinnya; dan saat didalam batinnya, ia menerima suatu konfirmasi dari Roh Kudus bahwa 'sesuatu sudah terjadi di alam roh', ia akan mulai mensyukuri apa yang sudah ia 'terima didalam rohnya' dan terus memperkatakan 'apa yang sudah ia terima' tersebut sampai hal tersebut terealisasi secara lengkap di alam lahiriah.

Roh yang berkemenangan akan mengkondisikan hidup seseorang jadi terbebas dari berbagai kekuatiran, ketakutan akan fakta/ situasi yang sedang di hadapi bahkan memposisikan orang yang bersangkutan jadi memiliki kuasa/ otoritas untuk mengubah fakta jadi sesuai dengan apa yang sudah Tuhan firmankan/ janjikan...

Datanglah kerajaanMu di bumi, dalam hidupku...seperti di surga.... Terjadilah!
#AkuCintaTuhan
Ps. Steven Agustinus

Komentar

Postingan Populer