KUASA KEBANGKITAN TUHAN YESUS

KUASA KEBANGKITAN TUHAN YESUS
GBI SHEKINAH
Minggu 01 April 2018
Ev. Lindawati Tedja


KUASA KEBANGKITAN
Filipi 3:10 (TB)  Yang kukehendaki ialah mengenal Dia dan kuasa kebangkitan-Nya dan persekutuan dalam penderitaan-Nya, di mana aku menjadi serupa dengan Dia dalam kematian-Nya,

http://www.bibleforandroid.com/v/a3073d0ea7d0
Karena ada banyak berkat di dalamnya:

1. Kebangkitan Kristus membuktikan bahwa Ia tidak berbohong. Jika Ia berfirman, Ia berkuasa untuk menggenapinya, Mat. 28:6

Mat 28:6 Ia tidak ada di sini, sebab Ia telah bangkit, sama seperti yang telah dikatakan-Nya. Mari, lihatlah tempat Ia berbaring.

2. Kuasa kebangkitan Kristus mengubah hidup

a. Petrus – dari penakut menjadi pemberani, Kis. 4:17-21

Kis 4:17-21 Tetapi supaya hal itu jangan makin luas tersiar di antara orang banyak, baiklah kita mengancam dan melarang mereka, supaya mereka jangan berbicara lagi dengan siapapun dalam nama itu." (18) Dan setelah keduanya disuruh masuk, mereka diperintahkan, supaya sama sekali jangan berbicara atau mengajar lagi dalam nama Yesus. (19) Tetapi Petrus dan Yohanes menjawab mereka: "Silakan kamu putuskan sendiri manakah yang benar di hadapan Allah: taat kepada kamu atau taat kepada Allah.(20) Sebab tidak mungkin bagi kami untuk tidak berkata-kata tentang apa yang telah kami lihat dan yang telah kami dengar." (21) Mereka semakin keras mengancam rasul-rasul itu, tetapi akhirnya melepaskan mereka juga, sebab sidang tidak melihat jalan untuk menghukum mereka karena takut akan orang banyak yang memuliakan nama Allah berhubung dengan apa yang telah terjadi.


b. Paulus – penganiaya jemaat menjadi pemberita injil yang tidak takut aniaya,1 Kor. 15:8,9; Kis. 20:24

1Kr 15:8-9 Dan yang paling akhir dari semuanya Ia menampakkan diri juga kepadaku, sama seperti kepada anak yang lahir sebelum waktunya. (9) Karena aku adalah yang paling hina dari semua rasul, sebab aku telah menganiaya Jemaat Allah.

Kis 20:24 Tetapi aku tidak menghiraukan nyawaku sedikitpun, asal saja aku dapat mencapai garis akhir dan menyelesaikan pelayanan yang ditugaskan oleh Tuhan Yesus kepadaku untuk memberi kesaksian tentang Injil kasih karunia Allah.


3. Kebangkitan Kristus dari antara orang mati, memampukan orang percaya bertahan dalam menghadapi tantangan karena imannya kepada Kristus, 1 Kor. 15:57-58

1 Kor 15:57-58 Tetapi syukur kepada Allah, yang telah memberikan kepada kita kemenangan oleh Yesus Kristus, Tuhan kita. (58) Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia.


4. Kebangkitan Kristus mengakibatkan segala jerih lelah kita dalam persekutuan dengan Tuhan Yesus tidak sia-sia, 1 Kor. 15:58

1Kr 15:58 Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia.


5. Kebangkitan Kristus memberikan pengharapan akan kebangkitan orang mati, 1 Kor. 15:12-20

1Kr 15:12-20 Jadi, bilamana kami beritakan, bahwa Kristus dibangkitkan dari antara orang mati, bagaimana mungkin ada di antara kamu yang mengatakan, bahwa tidak ada kebangkitan orang mati? (13) Kalau tidak ada kebangkitan orang mati, maka Kristus juga tidak dibangkitkan. (14) Tetapi andaikata Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah pemberitaan kami dan sia-sialah juga kepercayaan kamu. (15) Lebih dari pada itu kami ternyata berdusta terhadap Allah, karena tentang Dia kami katakan, bahwa Ia telah membangkitkan Kristus--padahal Ia tidak membangkitkan-Nya, kalau andaikata benar, bahwa orang mati tidak dibangkitkan.(16) Sebab jika benar orang mati tidak dibangkitkan, maka Kristus juga tidak dibangkitkan. (17) Dan jika Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah kepercayaan kamu dan kamu masih hidup dalam dosamu. (18) Demikianlah binasa juga orang-orang yang mati dalam Kristus.(19) Jikalau kita hanya dalam hidup ini saja menaruh pengharapan pada Kristus, maka kita adalah orang-orang yang paling malang dari segala manusia. (20) Tetapi yang benar ialah, bahwa Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati, sebagai yang sulung dari orang-orang yang telah meninggal.

PERSEKUTUAN PENDERITAAN NYA

Paulus menyadari bahwa untuk mengenal kuasa kebangkitan-Nya haruslah disertai dengan berani hidup bersama-sama dengan Kristus dalam penderitaan-Nya.

Tuhan tidak pernah menjanjikan bahwa menjadi anak Tuhan akan selalu hidup nikmat, anak Tuhan tidak pernah mengalami kesulitan. Tidak! Dunia tidak bertambah baik sebaliknya, dunia semakin menuju pada kehancuran, banyak tantangan dan kesulitan yang harus kita hadapi namun di tengah tantangan itu, ingatlah Tuhan janji akan memberikan kekuatan, kuasa kebangkitan-Nya akan menyertai kita sehingga kita mampu berjalan di tengah dunia. Cuaca tidak akan selalu terang benderang, badai mungkin akan menimpa tetapi satu hal yang kita tahu rahmat Tuhan itu selalu serta.

LUKAS 22:44

Lukas 22:44-45 (TB)  Ia sangat ketakutan dan makin bersungguh-sungguh berdoa. Peluh-Nya menjadi seperti titik-titik darah yang bertetesan ke tanah.
Lalu Ia bangkit dari doa-Nya dan kembali kepada murid-murid-Nya, tetapi Ia mendapati mereka sedang tidur karena dukacita.

http://www.bibleforandroid.com/v/dff94690eeaf

Yesus adalah Tuhan, Sisi Kemanusiaan Sangat Kuat Pada Waktu sehingga ia ketakutan ia berkeringat dan keringat itu menjadi tetesan darah.

Di mulai saat Yesus dan murid – murid-Nya datang ke Taman Getsemani. Yesus berdoa semalaman. Karena Ia tahu beratnya penderitaan yang akan Ia pikul, jadi Ia mungkin mengalami tekanan psikologis yang sangat besar.
Dalam Lukas 22:24 menyatakan bahwa Ia mulai meneteskan  keringat darah. Percayakah anda? Ingat Lukas adalah seorang Dokter.
Kenyataanya dalam ilmu kedokteran, ini adalah suatu kondisi medis yang disebut dengan Hematidrosis. Ini dapat terjadi karena tekanan psikologis yang sangat tinggi. Kegelisahan yang sangat hebat menyebabkan terlepanya zat kimia yang memecahkan kapiler – kapiler dalam kelenjar keringat. Akibatnya terjadi pendarahan dalam kelenjar – kelenjar ini, dan keringat yang keluar akan disetai darah. Hal ini menyebabkan kulit menjadi sangat rapuh ketika Yesus dicambuki sedadu Roma keesokan harinya. Saat ini pun Yesus telah menderita dehidrasi karena mengeluarkan banyak keringat saat berdoa di taman getsemani.

Matius 26
Matius 26:21-22 (TB)  Dan ketika mereka sedang makan, Ia berkata: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya seorang di antara kamu akan menyerahkan Aku."
Dan dengan hati yang sangat sedih berkatalah mereka seorang demi seorang kepada-Nya: "Bukan aku, ya Tuhan?"

http://www.bibleforandroid.com/v/0858103b10b3

Hatiku sangat sedih, seperti mau mati rasanya.

Mengalami Masalah Bertubi-tubi tidak kuat menghadapi penderitaan diatas kayu salib.

Sehingga Yesus tahu segala penderitaan kita.

Yesus dikhianati oleh Yudas muridnya.

Seringkali kita disakiti oleh orang-orang terdekat kita.

Petrus Menyangkal Tuhan Yesus sebanyak tiga kali.

PILATUS

Tuhan Yesus dituntut, dihakimi, ditekan, dianiaya. Orang-orang menghakimi kita, menekan dan menuduh kita.

Tuhan Yesus tetap diam saat ia dihakimi, dia tidak membela diri

YESUS DICAMBUK

YESUS DICAMBUK dan mengalami penderitaan dengan luka cambukan. Tubuh nya terkoyak.

Yesus kemudian di bawa bolak balik dari Pilatus-Herodes-Pilatus. Karena Pilatus tidak dapat menemukan kesalahan Yesus, ia memerintahkan untuk Yesus dicambuki dengan harapan massa yang melihat akan berbelas kasihan.
Yesus dicambuk sebanyak 39 kali. Mengapa? 39 adalah 40-1.40-1 adalah angka Yahudi untuk menunjukkan belas kasihan. Pencambukan Roma terkenal sangat brutal, mereka menggunakan cemeti dari kepangan tali kulit dengan bola – bola logam yang yang dijalin ke dalamnya. Saat dipukulkan, bola - bola itu menyebabkan lebam atau memar yang dalam, yang akan pecah terbuka akibat pukulan selanjutnya. Dan juga cemeti itu memiliki duri – duri tajam yang dapat mengiris daging. Punggung yang dipukul akan tercabik – cabik, dan terkadang sebagian dari tulang belakang akan terlihat. Banyak orang yang mati dari pemukulan seperti ini. Bahkan sebelum penyaliban. Setidaknya, koban akan mengalanmi kesakitan hebat dan kehilangan banyak darah. (Hipovolemik).  Yesaya 50:6
Menurut medis ini mengakibatkan 4 hal:
a. Jantung berdetak sangat cepat untuk mencoba memompa darah yang tidak terdapat di sana.
b.  Tekanan darah turunm mennyebabkan pingsan.
c.  Ginjal berhenti menghasilkan Urine untuk mempetahankan volume darah yang masih tinggal.
d.Korban akan menjadi sangat haus sewaktu tubuhnya sangat membutuhkan cairan untuk menggantikan volume darah yang hilang.
                     
Yang pasti, Yesus berada dalam keguncangan karena kehilangan sejumlah besar darah ketika Ia bejalan terhuyung – huyung ke lokasi hukuman mati dengan memikul salib. Akhirnya Yesus tidak sadarkan diri, dan serdadu Roma memerintahkan Simon untuk memikul salib–Nya. Selanjutnya kita tahu bahwa Yesus berkata “Aku haus”, pada saat sedikit cuka diberikan kepada-Nya.

DARAHNYA TERCURAH

DIEJEK, DINISTA

“Sekarang kita pergi ke Yerusalem dan segala sesuatu yang ditulis oleh para nabi mengenai Anak Manusia akan digenapi. Sebab Ia akan diserahkan kepada bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, diolok-olokkan, dihina dan diludahi, dan mereka menyesah dan membunuh Dia, dan pada hari ketiga Ia akan bangkit” (Lukas 18:31-33).
MAHKOTA DURI

Matius 27:29 Mahkota Duri
Ziziphus spinachristi adalah tanaman yang biasanya digunakan untuk mengikat kayu bakar. Ranting tumbuhan yang panjang dan tajam ini dianyam dan dibuat menjadi mahkota yang ukuranya lebih kecil dari lingkar kepala Yesus dan dimasukkan dengan paksa membuat kulit pelipis Yesus mengeluarkan banyak darah.

DITELANJANGI

PENDAKWA KITA
Wahyu 12:10
Wahyu 12:10 (TB)  Dan aku mendengar suara yang nyaring di sorga berkata: "Sekarang telah tiba keselamatan dan kuasa dan pemerintahan Allah kita, dan kekuasaan Dia yang diurapi-Nya, karena telah dilemparkan ke bawah pendakwa saudara-saudara kita, yang mendakwa mereka siang dan malam di hadapan Allah kita.

http://www.bibleforandroid.com/v/5f678c43b56c

Penulis Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer