KIRBAT DAN ANGGUR YANG BARU

KIRBAT DAN ANGGUR BARU
GBI SHEKINAH
Minggu, 6 Mei 2018
Pdt Petrus Hadi Mulya

Begitu pula anggur yang baru tidak diisikan ke dalam kantong kulit yang tua, karena jika demikian kantong itu akan koyak sehingga anggur itu terbuang dan kantong itupun hancur. Tetapi anggur yang baru disimpan orang dalam kantong yang baru pula, dan dengan demikian terpeliharalah kedua-duanya.” Matius 9:17

Lukas 5:33-39
Ketika Kami Hamba-Hamba Tuhan Berkumpul Berdoa bersama ada Pernyataan Tuhan, *TUHAN SUDAH MENYIAPKAN  KIRBAT YANG BARU DAN ANGGUR YANG BARU, SIAP DICURAHKAN KEPADA JEMAAT*

Lukas 5:39 (TB)  Dan tidak seorang pun yang telah minum anggur tua ingin minum anggur yang baru, sebab ia akan berkata: Anggur yang tua itu baik."

KEHENDAK TUHAN

SEMPURNA
BERKENAN
BAIK

BERJUANG UNTUK MENDAPATKAN YANG SEMPURNA DARI TUHAN, ADA HARGANYA DAN SANGAT MAHAL HARGANYA.

*Arti ANGGUR*

Dalam Alkitab, *Kata “Anggur” (Yunani, oinos) dapat menunjuk kepada dua jenis anggur, yaitu: sari buah anggur segar yang belum beragi (tidak difermentasi) dan anggur yang difermentasi atau yang memabukkan*. Untuk perumpamaan di Matius 9:17, Mar 2:22, Luk 5:37-38, anggur di sini ditafsirkan sebagai sari buah anggur segar belum beragi, yang melambangkan :

Berita keselamatan yang asli dari Yesus Kristus (Injil = Gospel = Kabar Baik atau Berita Sukacita)
Pribadi / Kuasa Roh Kudus.

*Arti RAGI*

*Kata “Ragi” di Perjanjian Lama biasanya dianggap sebagai kehadiran “kejahatan” atau “kenajisan”, ia mengkhamirkan, menghancurkan dan merusakkan.* Di Perjanjian Baru, kata “ragi” menunjuk pengajaran palsu dan doktrin-doktrin jahat golongan Farisi, Saduki dan Herodes.

Dalam  I Kor 5:6-8, “ragi” dianggap Paulus sebagai lambang “keburukan & kejahatan” dan “ketiadaan ragi” sebagai lambang “kemurnian dan kebenaran”. Konteks yang kita bahas berarti, dalam kehidupan ada 2 macam “anggur”: 1. Injil murni/asli yang berasal dari Yesus Kristus dan Pribadi Roh Kudus.  2. Ajaran palsu/nabi palsu yang menyesatkan, yang tidak membawa keselamatan.

*KIRBAT*

Istilah Kirbat berasal dari serapan bahasa Arab. Di dalam Alkitab dipakai untuk menerjemahkan kata Ibrani: חֵמֶת - KHEMET; נֹאד - NOD; אוֹב - 'OV; Yunani: ἀσκός - ASKOS.

Kirbat adalah kantong/ pundi yang terbuat dari kulit binatang utuh. Wadah dari kulit binatang ini terutama digunakan oleh orang-orang pada zaman dahulu untuk tempat air, minyak, susu, anggur, mentega, keju, dan untuk wine (anggur). Dalam pemakaian bahasa Indonesia sekarang ini, istilah "kirbat" juga dikenakan kepada kantung yang terbuat dari karet yang diisi es untuk menjaram (mengompres).

KIRBAT WINE BARU - 'OV KHADASH ('OVOT KHADASHIM, plural):

* Ayub 32:19
LAI TB, Sesungguhnya, batinku seperti anggur yang tidak mendapat jalan hawa, seperti kirbat baru yang akan meletup.
NIV, inside I am like bottled-up wine, like new wineskins ready to burst.
KJV, Behold, my belly is as wine which hath no vent; it is ready to burst like new bottles.




*KANTONG KULIT BARU VS LAMA*

Pada jaman dulu, anggur disimpan dalam kantong/kirbat anggur yang terbuat dari kulit binatang (kambing). Kantong kulit yang baru diperlukan karena kantong itu bebas dari semua unsur fermentasi, misalnya sel-sel ragi yang sudah matang. Apabila sari buah anggur yang baru dimasukkan ke dalam kantong lama, maka sari buah itu akan lebih cepat meragi karena sudah ada sel-sel ragi di kantong kulit yang lama. Fermentasi yang terjadi secara demikian akan merusak baik sari anggur yang baru maupun kantong kulitnya (yang akan pecah karena tekanan proses peragian).       

Satu perbedaan yang sangat nyata antara kantong kulit untuk anggur yang tua dan yang baru itu tidak hanya dalam umurnya, tetapi ada atau tidaknya minyak dalam kulit itu. Unsur minyak dalam kantong anggur yang baru membuatnya menjadi fleksibel dan mampu mengembang. Bilamana anggur baru dituang ke dalam kantong yang baru itu, maka kantong itu beradaptasi dengan tekanan yang ditimbulkan oleh anggur baru tersebut. Sebaliknya kulit yang sudah tua sudah menjadi keras dan kaku–tidak mampu lagi berkembang. Kantong tua yang diisi dengan anggur baru dapat rusak/robek atau malah meletup.

Columella, seorang Romawi yang ahli di bidang pertanian, menulis bahwa untuk menjaga sari buah anggur “tetap manis”, maka sari buah tersebut harus dimasukkan ke dalam suatu wadah baru yang tertutup rapat-rapat.

Dari penjelasan-penjelasan di atas, kita mengerti bahwa kantong/Kirbat Anggur adalah lambang dari diri kita (manusia lahir baru).  Kita harus menjadi “kantong anggur baru” yang siap untuk diisi dengan “anggur baru” yang membawa kita kepada kehidupan kekristenan yang Sejati. Dan, bisa mengalirkan/memberikan anggur baru itu kepada orang lain di sekeliling kita!
KIRBAT LAMA - KIRBAT BARU: ASKOUS PALAIOUS - ASKOUS KAINOUS


Kata Yunani ἀσκός - ASKOS menunjuk kepada sebuah kantong yang terbuat dari kulit binatang utuh (Kirbat). Tuhan Yesus Kristus mengatakan:
"Tidak pula mereka menuangkan anggur/ wine yang baru ke dalam kirbat yang lapuk (ASKOUS PALAIOUS), dan jika tidak, kirbat itu meletus dan anggur/winenya tertumpah ke luar dan kirbat itu hancur; tetapi mereka menuangkan anggur/ wine yang baru ke dalam kirbat yang baru (ASKOUS KAINOUS), dan kedua-duanya terpelihara." (Matius 9:17; Markus 2:22; Lukas 5:37, 38)


Seperti dijelaskan di atas: Pada jaman dulu, anggur/ wine disimpan dalam kantong/kirbat anggur yang terbuat dari kulit binatang. Kantong kulit yang baru diperlukan karena kantong itu bebas dari semua sisa unsur fermentasi, misalnya sel-sel ragi yang sudah matang. Apabila sari buah anggur yang baru dimasukkan ke dalam kantong lama, maka sari buah itu akan lebih cepat meragi karena sudah ada sel-sel ragi di kantong kulit yang lama. Fermentasi yang terjadi secara demikian akan merusak baik sari buah anggur yang baru maupun kantong kulitnya (yang akan pecah karena tekanan proses peragian). Fermentasi anggur/ wine baru akan menghasilkan gas karbon-dioksida yang akan memberikan tekanan kepada kantong kulit itu. Kulit yang masih baru akan mengembang; kulit yang sudah tua, yang tidak lentur, akan koyak jika mendapat tekanan.

Satu perbedaan yang sangat nyata antara kantong kulit (kirbat) untuk anggur/ wine yang tua dan yang baru itu tidak hanya dalam umurnya, tetapi ada atau tidaknya minyak dalam kulit itu. Unsur minyak dalam kantong anggur/ wine yang baru membuatnya menjadi fleksibel dan mampu mengembang. Bilamana anggur/ wine baru dituang ke dalam kantong yang baru itu, maka kantong itu beradaptasi dengan tekanan yang ditimbulkan oleh anggur/ wine baru tersebut. Sebaliknya kulit yang sudah tua sudah menjadi keras dan kaku–tidak mampu lagi berkembang. Kantong tua yang diisi dengan anggur baru dapat rusak/robek atau malah meletup.

Columella, seorang Romawi yang ahli di bidang pertanian, menulis bahwa untuk menjaga sari buah anggur "tetap manis", maka sari buah tersebut harus dimasukkan ke dalam suatu wadah baru yang tertutup rapat-rapat.


*CARA MENJADI KIRBAT YANG SELALU BARU*

Dalam Efesus 4:23-24 dikatakan bahwa “… supaya kamu dibarui di dalam roh dan pikiranmu, dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya yang sesungguhnya.”

*Kenakanlah MANUSIA BARU/tinggalkan MANUSIA LAMA.* *Caranya:*

*1. Melekat pada pokok anggur yang benar.*

Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa. (Yoh 15:5)

Hidup intim dengan Tuhan. Bangun hubungan denganNya melalui doa, pujian dan penyembahan kepadaNya.

*2. Hidup  dalam Firman Tuhan.*

Salah satu cara menjaga agar kantong anggur tidak kering dan pecah-pecah, maka hal yang dilakukan adalah kantong tersebut direndam dalam air.

Sahabat INSIDE pernah menulis tentang pelajaran sebuah botol shampoo lama yang hendak diisi dengan cairan lain. Sebelumnya, dia harus membersihkan botol lama itu dengan cara: dituangi air terus menerus sampai seluruh sisa shampoo keluar (ditandai dengan busa yang semakin hilang). Botol lalu dia keringkan. Baru setelah itu bisa diisi Cairan yang Baru.

Sama halnya dengan hidup kita. RENDAM hidup kita dalam firmanNya. Sediakan waktu untuk MEMBACA, MERENUNGKAN, dan MELAKUKAN FirmanNya setiap hari. Step by step, setiap saat. Memang tidak bisa sempurna, tapi tetaplah setia melakukannya. Bersabar dalam proses. Dan taat saja! Hanya Firman Tuhan (pedang permata dua, yang bisa memisahkan jiwa dan roh) yang bisa membuat kita menjadi kantong anggur yang baru.

Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.  (II Tim 3:16)

*3. Hidup dalam Roh*

Kantong/kirbat anggur yang sudah direndam dalam air akan diolesi dengan minyak. Dengan demikian kantong itu akan menjadi tetap kuat seperti baru.

*Minyak disini lambang Roh Kudus.* Kita harus hidup penuh Roh Kudus. Sebab seperti tertulis dalam Gal  5:16-21, “Hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging. Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging–karena keduanya bertentangan–sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki.” Dan Gal 5:18, “Akan tetapi jikalau kamu memberi dirimu dipimpin oleh Roh, maka kamu tidak hidup di bawah hukum Taurat.”

Yuk baca kenceng-kenceng Gal 5:19, “Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu–seperti yang telah kubuat dahulu–bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.”

*4.  Miliki Hati yang baru (rela, lembut, terbuka)*

Miliki hati yang mau diajar sama Tuhan. Jangan merasa diri sendiri yang paling tahu segalanya. Kita ini ‘kecil’ bagaimana mungkin bisa tahu segalanya. Melihat apa yang ‘di depan’ saja tidak bisa bukan? Mengetahui apa yang akan terjadi di menit ke depan pun tidak bisa. Jadi rendahkan diri kita dihadapan Tuhan. Ijinkan Dia membimbing/menuntun hidup kita.

Hati Baru, hati yang lembut. Firman Tuhan bilang jika engkau mendengar Aku mengetuk pintu hatimu, jangan keraskan hatimu.  Jangan seperti kantong anggur kulit lama, yang sudah “mengeras”.  Hati yang bebal, tegar tengkuk, dikasih tahu “ngeyel”. Saat Firman Tuhan diberitakan, jangan berkata: “Ah, udah tahu ayat ini, udah hafal”, “ini lagi, ini lagi. Mengampuni lagi, mengasihi lagi, perpuluhan lagi, hidup kudus lagi”, “wah Firman ini cocok buat si A,harusnya dia denger ini” .

Hati Baru, hati yang terbuka. Open your heart, to receive God’s Word.

Setiap kali mendengar atau membaca Firman Tuhan bukalah hati. Contoh: dalam Ibadah Minggu, kita diajar untuk mengasihi sesame seperti diri sendiri. Dalam praktek nyata: kasihilah tetangga kita yang menyebalkan, rekan kerja yang egois, saudara kandung  yang merugikan, dll, seperti mengasihi diri kita sendiri. Miliki hati yang haus dan lapar akan kebenaran Firman Tuhan.

Kesimpulannya: Anggur Baru (Injil dan Roh Kudus) sudah Tuhan siapkan setiap hari. Artinya: Tuhan selalu “berbicara” kepada kita setiap hari. Tuhan rindu mewahyukan hal-hal baru, yang tersembunyi yang belum pernah kita ketahui, kepada kita. Nah, untuk bisa menerima semua yang terbaik itu, kita sebagai kantong anggurnya, harus menjadi kantong yang selalu baru. Caranya: hiduplah melekat denganNya, hiduplah dalam FirmanNYA, hidup dipimpin Roh dan memiliki hati yang rela diajar, lembut dan terbuka supaya  hidup kekristenan kita murni (tidak tercemar oleh dosa dan kejahatan) yang pada akhirnya membuat kita menjadi Kristen Sejati bukan Kristen Farisi.

SYARAT TERIMA ANGGUR YANG BARU

HATI YANG TULUS
RENDAH HATI Matius 2 : 16-18
BERANI BERKORBAN

PENGHALANG MENERIMA ANGGUR YANG BARU

KONSEP BERPIKIR
KEROHANIAN
AGAMAWI DAN LITURGIS

TUHAN YESUS MEMBERKATI
Joshua Ivan Sudrajat


Komentar

Postingan Populer