MAKNA PENTAKOSTA

MAKNA PENTAKOSTA
Khotbah : Ev. Nany Susanty
Minggu, 20 Mei 2018
Manado

Hari ini adalah HARI RAYA PENTAKOSTA
PERINGATAN TURUNNYA ROH KUDUS

HARI PANEN BESAR-BESARAN

Pengenapan dari :
Yoel 2:28-29 (TB)  "Kemudian dari pada itu akan terjadi, bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia, maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat; orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi, teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan.
Juga ke atas hamba-hambamu laki-laki dan perempuan akan Kucurahkan Roh-Ku pada hari-hari itu.

Nubuatan ini terjadi 10 hari setelah Yesus naik ke surga.

(Seluruh janji Tuhan pasti tergenapkan)

Itulah TUHAN kita, dinamanakan TUHAN PENGGENAP JANJI

Tuhan pun menjanjikan sesuatu di :

Yoel 2:25-26 (TB)  Aku akan memulihkan kepadamu tahun-tahun yang hasilnya dimakan habis oleh belalang pindahan, belalang pelompat, belalang pelahap dan belalang pengerip, tentara-Ku yang besar yang Kukirim ke antara kamu.
Maka kamu akan makan banyak-banyak dan menjadi kenyang, dan kamu akan memuji-muji nama TUHAN, Allahmu, yang telah memperlakukan kamu dengan ajaib; dan umat-Ku tidak akan menjadi malu lagi untuk selama-lamanya.

Janji dijaman dahulu sebelum Yesus lahir, terjadi. JanjiNya tetap sama. Dijaman kita saat ini pun, janji Tuhan pasti dapat digenapi

(Katakan AMIN terhadap semua janjiNya, karena arti AMIN : sesungguhnya terjadi apa yang kau katakan!)

Contoh yang dapat dipelajari :
Seluruh hidup Bu Nani dari kecil, dari awal sampai sekarang, tidak ada yang tidak tergenapkan. Seorang HT, tiba-tiba menubuatkan Bu Nani secara detail dan spesifik bahwa Bu Nani akan dipakai Tuhan dengan dahsyat, akan dijemput untuk berkotbah kemana-mana, sampai ke pulau-pulau, akan menemukan jodoh dan akan dibawa ke suatu kota. Dan dikota itu akan dipakai jiwa dan rohani, engkau akan diberikan rumah bagus dan mobil yang selalu baru, tidak pernah bekas. Dan Bu Nani menangkap nubuatan itu, mengAMINkan, menyerahkan hatinya dan kepercayaan imannya kepada Tuhan

Sejalan waktu, yang dinubuatkan terjadi satu persatu, Bu Nani dipakai Tuhan tanpa terbatas ke kota pulau sampai pergi ke negara lain membawa api Tuhan. Menikah dengan jodoh pilihannTuhan, memiliki anak, menantu dam cucu yang baik baik. Dan salah satu janjinya yang digenapi adalah rumah, yang tadinya hanya punya rumah dengan luas hanya 100an meter, berubah menjadi berlipat luasnya, bahkan dari angka luasnya Tuhan buat indah, yaitu 999 meter.
Untuk mobil, dijamannya, Tuhan pun berikan pilihan mobil yang terbaik
Bu Nani mendapatkan semua yang dinubuatkan itu karena Bu Nani mengkawal imannya kepada Tuhan walaupun melewati juga proses yang tidak nyaman untuk dirinya.

Kawal iman sampai semua nubuatan/janji Tuhan terjadi

Yang bisa dipelajari dan dihidupi ---> NUBUATAN HT ITU TERJADI SESUAI DENGAN IMANNYA BU NANI. (AMIN).

Untuk itu,
Responi setiap firman
Firman akan menjadi daging
AMIN

INILAH JANJI PENTAKOSTA

*** ARTI PENTAKOSTA,
Hari kelima puluh
Artinya hari raya panen

Bagaimana lawatan, kuasa penggenapan janji Tuhan terjadi? Bagaimana Firman menjadi daging dalam hidup kita? Kita harus mengawal seluruh janji Tuhan. Dengan mengAMINkan, mempercayai sampai waktunya tiba

Janji Tuhan kepada Rohobeam dari Daud ayahnya
Janji untuk Rehobeam dan keturunannya turun temurun
Tetapi kenapa Rehobeam tidak mendapatkannya, hanya sampai keturunan ke4 dan diputus sama Tuhan

Kenapa janji Tuhan bisa tidak terjadi?
Untuk itu,
JANJI HARUS DIKAWAL

Caranya :

1. JANGAN TINGGALKAN YERUSALEM

Kisah Para Rasul 1:4 (TB)  Pada suatu hari ketika Ia makan bersama-sama dengan mereka, Ia melarang mereka meninggalkan Yerusalem, dan menyuruh mereka tinggal di situ menantikan janji Bapa, yang — demikian kata-Nya —"telah kamu dengar dari pada-Ku.

Kisah Para Rasul 1:8 (TB)  Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."

Yesus bilang, kamu mau kepenuhan RK, jangan tinggalkan Yerusalem
Yerusalem artinya DAMAI SEJAHTERA

Mungkin kita mengalami masa tidak nyaman, namun Tuhan bilang, jangan tinggalkan damai sejahtera.
Ketika kita mendengarkan/mengalami hal yang tidak enak, seperti misal mobil kita terserempet, apakah yang keluar dari mulut kita. Apakah umpatan atau perkataan HALLELUYAAA yang kita keluarkan

Itulah...
Kita perlu memilih damai sejahtera

Seperti kisah terciptanya lagu "Oh Jehova"
Bagaimana?
Ponakan Bu Nani yang di Aussie
Bernama Florence
Menikah dg pria yang bernama Roy
Tuhan bilang bahwa mereka berdua adalah worshipper
Mereka menjadi pelayan Tuhan full time
Hamil anak pertama, lahir dg baik
Hamil anak kedua, pada saat usia kehamilan 15 minggu, dokter berkata janinnya tidak baik, akan menjadi anak yang cacat otak dan disarankan untuk digugurkan
Florence sendirian ketika mendapat berita tersebut, dalam perjalanan pulang dan menyetir mobil sendiri. Dia hanya bisa berdoa dan berserah kpd Tuhan.
Ketika bertemu suaminya, suaminya bersepakat untuk tidak bicara kesiapa siapa mengenai opini dokter ttg janin calon anaknya, mereka lakukan untuk menghindari banyak opini dari banyak orang yang mungkin saja bisa melemahkan iman mereka.
Mereka sepakat memilih untuk percaya, berdoa dan berpuasa. Sekalipun nanti anaknya lahir dan mengalami cacat otak, mereka akan tetap merawatnya. Dalam melewati prosesnya, mereka bergumul dengan Tuhan. Disuatu hari, disaat suaminya berdoa, Roy mengalami hadirat Tuhan yang sangat kuat, merasakan penghiburan dan kekuatan RK untuk menghadapi semua.
Disaat usia 9 bulan, anak mereka mau lahir, Tuhan kasih lagu "Oh Jehova". Disaat lahir, mujijat terjadi, anaknya normal 100%. Sampai dokter bilang, kok bisa, ini adalah mujijat. Dan sekarang anaknya sudah berumur 3 thn, normal, cantik dan pintar.

Sekali lagi, janji Tuhan PERLU DIKAWAL
Dengan doa, dengan menjaga perkataan, dengan memilah apa yang perlu didengar
Agar iman kita tetap menyala
Apapun yang terjadi, kita harus kuat

2. KETAATAN
Dengan ketaatan, janji akan kita terima

Kisah Para Rasul 1:12-13 (TB)  Maka kembalilah rasul-rasul itu ke Yerusalem dari bukit yang disebut Bukit Zaitun, yang hanya seperjalanan Sabat jauhnya dari Yerusalem.
Setelah mereka tiba di kota, naiklah mereka ke ruang atas, tempat mereka menumpang. Mereka itu ialah Petrus dan Yohanes, Yakobus dan Andreas, Filipus dan Tomas, Bartolomeus dan Matius, Yakobus bin Alfeus, dan Simon orang Zelot dan Yudas bin Yakobus. 

Para Rasul tidak meninggalkan Yerusalem, mereka mau menantikan janji kepenuhan RK itu mereka alami dan terima, sampai mereka menyewa rumah untuk menetap disana sambil menanti-nantikan janji itu turun. Dan akhirnya janji itu terjadi, dialami para rasul

Ketika Bu Nani ke Yerusalem dan datang kerumah terjadinya kepenuhan RK, napak tilasnya masih terasa aliran RK disitu

Contoh lain, kisah lahirnya Ishak

3. KETEKUNAN

Kisah Para Rasul 1:14 (TB)  Mereka semua bertekun dengan sehati dalam doa bersama-sama, dengan beberapa perempuan serta Maria, ibu Yesus, dan dengan saudara-saudara Yesus.

Berdoa dengan tekun dan sehati
SEPAKAT

MAKA, DENGAN KETEKUNAN KETAATAN, JANJI PASTI TERJADI

AMINx7

Komentar

Postingan Populer