ROH TAKUT AKAN TUHAN

ROH TAKUT AKAN TUHAN
Ev. Daniel Krestianto

Hanya takutlah akan TUHAN dan setialah beribadah kepada-Nya dengan segenap hatimu, sebab ketahuilah, betapa besarnya hal-hal yang dilakukan-Nya di antara kamu. (1Sam 12 :24)

Kita bisa ukur kadar takut akan Tuhan kita dari banyak hal:

Mudah atau susah melakukan dosa

Mana yang lebih kita pilih: menyenangkan Tuhan atau menyenangkan daging kita.

Mana yang lebih kita pilih: masuk proses atau menyerah.

Takut akan Tuhan sepertinya mudah, tapi sebenarnya hanya karena anugerah. Manusia terpeleset bukan karena batu besar, tapi karena kerikil kecil. Kita sering meremehkan masalah kecil, tidak taat peraturan, merasa bahwa nanti bisa bertobat, minta ampun, beres-beres, tanpa memikirkan hatiNya Tuhan. Ini artinya tidak ada takut akan Tuhan dalam hidupnya.

Orang yang terlibat pelayanan belum tentu memiliki takut akan Tuhan

Di depan kita masing-masing ada timbangan yang tidak bisa berbohong, seberapa berat kita didapati dihadapanNya. Karena itu selalu intropeksi diri. Saat kita takut akan Tuhan, Tuhan akan percayakan sesuatu yang besar kepada kita. Seberapa kita takut akan Tuhan, sebesar itulah Tuhan akan berjalan bersama kita.

Takut akan Tuhan adalah permulaan pengetahuan. Bagaimanakah cara takut akan Tuhan? Sebelumnya kita mengetahui dulu apakah pengertian dari Takut akan Tuhan sebagai berikut:

*DEFINISI TAKUT AKAN TUHAN*

1. Takut akan TUHAN ialah membenci kejahatan.

“aku benci kepada kesombongan, kecongkakan, tingkah laku yang jahat, dan mulut penuh tipu muslihat.” (Amsal 8:13)

* Takut akan Tuhan adalah membenci dosa bukan akibatnya.

2. Ketaatan, yang berarti takut akan Tuhan mengandung 3 unsur :

   a. segera

   b. total semuanya

   c. dengan sukacita

Dalam Kejadian 22:9-12 “Sampailah mereka ke tempat yang dikatakan Allah kepadanya. Lalu Abraham mendirikan mezbah di situ, disusunnyalah kayu, diikatnya Ishak, anaknya itu, dan diletakkannya di mezbah itu, di atas kayu api.  Sesudah itu Abraham mengulurkan tangannya, lalu mengambil pisau untuk menyembelih anaknya. Tetapi berserulah Malaikat TUHAN dari langit kepadanya: “Abraham, Abraham.” Sahutnya: “Ya, Tuhan.” Lalu Ia berfirman: “Jangan bunuh anak itu dan jangan kauapa-apakan dia, sebab telah Kuketahui sekarang, bahwa engkau takut akan Allah, dan engkau tidak segan-segan untuk menyerahkan anakmu yang tunggal kepada-Ku.”

*Seperti halnya dengan Abraham yang taat melakukan perintah Tuhan untuk mempersembahkan Ishak, dengan segera tanpa bertanya2, tanpa mengeluh, tapi dengan ucapan syukur dan sukacita. Demikian pula halnya kita taat kepada Tuhan sebagai bentuk dari takut akan Tuhan.

*CARA TAKUT AKAN TUHAN*

1. Mintalah roh takut akan Tuhan.

Dalam Yesaya 11:2 berkata : “Roh TUHAN akan ada padanya, roh hikmat dan pengertian, roh nasihat dan keperkasaan, roh pengenalan dan takut akan TUHAN”

*Mintalah dengan kesungguhan agar kita memiliki roh takut akan Tuhan, dan Tuhan akan memberikannya bagi kita.

2. Memilih takut akan Tuhan

Dalam Amsal 1:28-29 berkata : “Pada waktu itu mereka akan berseru kepadaku, tetapi tidak akan kujawab, mereka akan bertekun mencari aku, tetapi tidak akan menemukan aku. Oleh karena mereka benci kepada pengetahuan dan tidak memilih takut akan TUHAN”

*Pergunakanlah waktu yang ada, kita lebih memilih takut kepada Tuhan bukan takut kepada manusia.

“Dan janganlah kamu takut kepada mereka yang dapat membunuh tubuh, tetapi yang tidak berkuasa membunuh jiwa; takutlah terutama kepada Dia yang berkuasa membinasakan baik jiwa maupun tubuh di dalam neraka.” (Matius 10:28)

3. Menjaga mulut, mencari perdamaian, menjaga hubungan

Dalam Mazmur 34:12-15 berkata : ” Marilah anak-anak, dengarkanlah aku, takut akan TUHAN akan kuajarkan kepadamu! Siapakah orang yang menyukai hidup, yang mengingini umur panjang untuk menikmati yang baik? Jagalah lidahmu terhadap yang jahat dan bibirmu terhadap ucapan-ucapan yang menipu; jauhilah yang jahat dan lakukanlah yang baik, carilah perdamaian dan berusahalah mendapatkannya!”



*BERKAT TAKUT AKAN TUHAN*

1. Malaikat Tuhan menjaga dan melindungi.

Mazmur 34:8 “Malaikat TUHAN berkemah di sekeliling orang-orang yang takut akan Dia, lalu meluputkan mereka.”

2. Hidup kita diberkati. Keturunan perkasa di bumi.

Mazmur 112:1-3 “Haleluya! Berbahagialah orang yang takut akan TUHAN, yang sangat suka kepada segala perintah-Nya. Anak cucunya akan perkasa di bumi; angkatan orang benar akan diberkati. Harta dan kekayaan ada dalam rumahnya, kebajikannya tetap untuk selamanya.”

3. Mendapat kasih setia dan kasih sayang Tuhan.

Mazmur 103:11-13 “tetapi setinggi langit di atas bumi, demikian besarnya kasih setia-Nya atas orang-orang yang takut akan Dia; sejauh timur dari barat, demikian dijauhkan-Nya dari pada kita pelanggaran kita. Seperti bapa sayang kepada anak-anaknya, demikian TUHAN sayang kepada orang-orang yang takut akan Dia.”

**Milikilah roh takut akan Tuhan dalam menjalani kehidupan kita setiap harinya. Mungkin hal ini sulit untuk dilakukan tetapi bukan berarti tidak bisa. Karenanya kita perlu meminta pimpinan Tuhan melalui Roh Kudus,agar dapat memampukan kita untuk dapat memilih takut akan Tuhan dibanding kepada manusia. Karena ada janji Tuhan yang luar biasa jika kita setia kepadaNya.

Doa : “Bapa dalam Nama Tuhan Yesus Kristus. Berilah kepada kami Roh takut akan Tuhan, agar kami dapat memilih takut akan Engkau lebih dari pada kepada manusia. Ajar kami untuk taat melakukan kehendakMu, pimpinlah kami dengan kuasa Roh Kudus, agar kami dapat menjalani hari-hari kami dengan benar dan menyenangkanMu. Dalam Nama Yesus. Amin”

Sumber : Dasar Yang Baru

Re Write Joshua Ivan

Komentar

Postingan Populer