KERAJAAN SORGA

KERAJAAN SORGA

By : Pdt. Gilbert Lumoindong
#priscillastefanie

Mat 13 : 44 - 46
(44)  Hal Kerajaan Sorga itu seumpama harta yang terpendam di ladang yang ditemukan orang, lalu dipendamkannya lagi. Oleh sebab sukacitanya pergilah ia menjual seluruh miliknya lalu membeli ladang itu.
(45)  Demikian pula hal Kerajaan Sorga itu seumpama seorang pedagang yang mencari mutiara yang indah.
(46)  Setelah ditemukannya mutiara yang sangat berharga, iapun pergi menjual seluruh miliknya lalu membeli mutiara itu.

Saudaraku yang kekasih dalam Tuhan, hari ini kita lihat hal yang sangat menarik tentang Kerajaan Sorga menurut Alkitab :

~~  1. KERAJAAN SORGA ADALAH HARTA YANG TAK TERNILAI / TAK TERTANDINGI OLEH APAPUN

Saudaraku yang kekasih di dalam Tuhan, banyak orang berkata "Kita banyak bicara tentang Kerajaan Sorga, tapi saya belum melihat." Aku telah korbankan segala-galanya, layakkah itu jika dibandingkan dengan Kemuliaan Allah yang akan saya raih ?

Orang Indonesia bilang,"jangan melepas burung yang ada di tangan, kalau kita belum menangkap burung yang di udara."

Persoalannya ada banyak orang Kristen yang berkata "bagaimana saya bisa melepaskan kesenangan dunia / melepaskan jaminan yang saya miliki di dunia ini, lalu sungguh-sungguh melayani Tuhan dan sepenuhnya untuk Tuhan."

Kesannya, itu merupakan suatu tindakan yang bodoh sekali.

Tetapi, hari ini lewat bacaan Firman hari ini, kita melihat betapa Hal Kerajaan Sorga itu seumpama harta yang terpendam di ladang yang ditemukan orang, lalu dipendamkannya lagi. Oleh sebab sukacitanya pergilah ia menjual seluruh miliknya lalu membeli ladang itu.
Berarti Kerajaan Allah / Kerajaan Sorga merupakan harta yang tak ternilai / tak tertandingi oleh apapun.

Ada banyak orang yang takut untuk mengorbankan segalanya agar dapat mengiring Kristus.
Anak orang kaya itu berkata "Apa yang harus saya perbuat agar saya dapat memperoleh hidup yang kekal."
Yesus berkata "Lakukanlah Firman Allah."
Semuanya aku telah turuti.
Lalu Yesus berkata "Jika kamu ingin sempurna, jual semua hartamu !"

##  Persoalannya sekarang, bukan berarti ikut Yesus engga boleh punya apa-apa.
Tetapi Yesus tahu persis, bahwa hati anak muda ini begitu terikat dengan hartanya, sehingga dengan lain kata
"Jika Dia diperhadapkan dengan pilihan, hartakah atau sorga ?
Dengan lain kata harta yang ada sekarang atau harta yang akan datang ?
Maka Dia akan memilih harta yang ada sekarang."

Saudaraku yang kekasih di dalam Tuhan, sementara Alkitab jelas berkata, "karena iman maka Musa setelah dewasa menolak disebut Anak putri Firaun."
Karena ia lebih suka menderita sengsara bersama umat Allah, daripada untuk sementara menikmati kesenangan dari dosa. Karena pandangannya ia arahkan kepada upah.

Seorang yang mengerti, seorang yang mengenal bahwa Kerajaan Allah / Sorga adalah harta yang tak ternilai / tertandingi oleh apapun, maka ia tidak akan pernah korbankan imannya hanya oleh karena sesuatu.

Bukankah ada banyak orang, yang karena hanya melihat gadis yang cantik, maka ia korbankan iman percayanya.
Bukankah karena melihat seorang pria anak seorang direktur bank / pejabat / pembesar / orang kaya, akhirnya wanita itu korbankan imannya.

Dalam kasih Kristus, saya beritahu lewat program ini, bahwa Kerajaan Allah / Kerajaan Sorga adalah harta yang tak ternilai dan tak tertandingi oleh apapun.

##  Itu sebabnya, peliharakan iman saudara sehingga jangan saudara tinggalkan Tuhan, apapun itu alasannya !
Jangan tinggalkan iman untuk kesenangan dunia ini.

Tidak sedikit orang, yang karena pangkat, yang karena kedudukan, yang karena sesuatu yang dijanjikan di dalam dunia ini,  Dia korbankan imannya.
Saudara yang kekasih di dalam Tuhan, saya percaya bahwa harta yang Tuhan janjikan di dalam Kerajaan Sorga itu jauh melebihi segala-galanya.

Alkitab berkata "Orang yang mempelajari dan memahami Alkitab secara benar, seperti mendapatkan harta yang terpendam, lalu ia pendamkan semua harta yang ditemukan, lalu membeli ladang itu, kenapa ?
Karena, dia tahu harta yang di Sorga itu adalah harta yang tak ternilai.

~~  2.  KERAJAAN SORGA PEERLU DITEMUKAN

Kerajaan Allah / Kerajaan Sorga ini perlu ditemukan
Dengan lain kata, sebelum kita menemukannya, sebelum kita menemukan arti yang sesungguhnya, banyak orang yang tidak tertarik.

Banyak orang berpikir… sorga ? Saya belum pernah ke sana !
Banyak orang berpikir… sorga ? Saya belum pernah lihat.
Sehingga orang berpikir, saya harus hidup benar, buat apa !
Banyak orang berpikir "oh, mengapa saya harus tinggalkan hidup hura-hura dunia, diskotek, mabuk, ecstacy, lalu aborsi, lalu perceraian, lalu semuanya.

Lalu, orang menatap kita dan berkata "Loh, hidup itu cuman 1 kali koq, makanya harus dinikmati !"

Ada banyak kali orang menemukan arti sorga, suasana sorga, jamahan sorga di dalam hidupnya.
Itulah sebabnya doa Bapa Kami berkata "Jadilah kehendakMU di bumi, seperti di Sorga."
Kenapa ?
Karena, orang yang beriman, dengan iman itu dapat membawa Kerajaan Sorga / Kerajaan Allah itu dalam hati kita.
Sehingga, di tengah kesulitan yang besar sekalipun, suasana dan tanah Sorga tetap ada di dalam hati kita.
Bahkan, di tengah keputusan yang sulit sekalipun, kita biarkan Allah sebagai Pemimpin dan Raja di dalam hidup kita yang menuntun hidup kita untuk menemukan jalan kemenangan oleh Kuasanya.

Bagaimana kita menemukan Kerajaan Sorga ?
Kita dapat menemukannya di dalam ibadah kita, di dalam perjumpaan pribadi kita dengan Allah.
Dalam pembacaan Firman Allah kita akan memperoleh pengertian baru dan Kerajaan Sorga itu merupakan sesuatu yang dinantikan.

Paulus berkata "Aku ada di dalam 2 pilihan yang sukar :
1. Aku ingin kembali kepada Bapa, karena aku ingin melihat kemulianNYA,
2. Tetapi, aku juga masih ingin hidup, karena aku ingin bekerja keras.
Baik Matiku atau hidupku, aku ingin memuliakanNYA.
Bahkan Paulus katakan "Mati adalah keuntungan, kenapa ?
Karena, dia melihat Kerajaan Sorga yang perlu ditemukan.

Flp 1 : 21
Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan.

Ada banyak orang yang takut mati.
Dan banyak orang memandang kematian sebagai sesuatu yang menakutkan, kenapa ?
Bagi, orang percaya kematian adalah merupakan pindah alamat dari tubuh yang fana kepada Tubuh Kemuliaan.
Dari kehidupan yang penuh air mata menjadi Sorga Rumah Bapa yang kekal.

~~  3.  HAL KERAJAAN SORGA BARU DAPAT DINIKMATI JIKA KITA KORBANKAN SEGALA SESUATU YANG MENGHALANGI

Kerajaan Allah bisa dinikmati bila kita korbankan segala sesuatu yang menghalanginya.

Persoalan dengan kita, kadang kala kita mau menikmati Kerajaan Allah / Sorga, tetapi kita engga mau korbankan / lepaskan segala sesuatu yang menghalanginya.
Alkitab berkata : Kerajaan Sorga seumpama harta yang terpendam di ladang yang ditemukan orang, lalu dipendamkannya lagi, lalu menjual segala miliknya.
Dengan lain kata, dengan dilepaskannya segala miliknya. Segala sesuatu yang dapat menghalangi dia untuk menaruh fokus / perhatian hidupnya pada harta yang ada di ladang tersebut, maka ia tidak bisa pernah menikmati harta tersebut.

**  Alkitab berkata "Kita tidak bisa mengabdi kepada 2 tuan."
Luk 16 : 13
Seorang hamba tidak dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon.

**  Alkitab berkata "Pilih, kepada siapa kita mau beribadah."
Yos 24 : 15
Tetapi jika kamu anggap tidak baik untuk beribadah kepada TUHAN, PILIHLAH PADA HARI INI KEPADA SIAPA KAMU KAN BERIBADAH; allah yang kepadanya nenek moyangmu beribadah di seberang sungai Efrat, atau allah orang Amori yang negerinya kamu diami ini. Tetapi aku dan seisi rumahku, kami akan beribadah kepada TUHAN !  "

Banyak orang berkata "Koq, saya engga bisa nikmati suasana sorga ?"
Banyak orang berkata "Saya sudah pergi ke gereja, tetapi rumah tangga kami seperti neraka ?"
Banyak orang berkata "Saya sudah pergi ke gereja, tetapi masa muda saya penuh dengan kekuatiran dan ketakutan."
Banyak orang berkata "Saya sudah pergi ke gereja, tetapi saya engga melihat mujijat di dalam hidup saya."

##  Saudara/i sekalian, Kerajaan Allah baru dapat dinikmati, bila kita mau korbankan segala sesuatu yang menghalanginya.
Itu sebabnya, Paulus merelakan diri matanya menjadi buta, jatuh ke tanah, tapi dia berteriak "Siapa Engkau yang aku aniaya ?"
Justru, ketika ia korbankan segala sesuatunya dan ia berkata "Yang dulu kuanggap kebanggaan, sekarang menjadi sampah."

Flp 3 : 8
Malahan segala sesuatu kuanggap rugi, karena pengenalan  akan Kristus Yesus, Tuhanku, lebih mulia dari pada semuanya. Oleh karena Dialah aku telah melepaskan semuanya itu dan menganggapnya sampah, supaya aku memperoleh Kristus ,

Dalam pengiringannya kepada Kristus, justru dia melihat kemuliaan Tuhan.
Zakeus berkata,"Jika ada orang yang kuperdayakan, hartanya kukembalikan 4x lipat, dengan itu baru dia dapat melihat Kerajaan Allah / Kerajaan Sorga yang merupakan sesuatu yang baru dapat dinikmati."

Oleh karena itu Alkitab berkata "Hidup yang kita jalani sekarang, bukanlah hidup karena melihat, karena hidup yang kita lihat bukan sesuatu yang dapat dilihat dan menjalani semua kesenangannya."
Tetapi, yang kita percayai adalah "Janji-janji Tuhan dan segala kemenangannya yang luar biasa."

Mungkin, ada di antara saudara yang tidak punya kepastian.
Mungkin saudara berkata "Saya punya agama, saya orang baik dan bukan orang jahat, tetapi mungkin dalam hati saudara, saudara berkata : iya, pendeta doakanlah saya supaya saya sampe sorga.
Atau saya berharap ada orang yang berdoa buat saya, supaya saya dapat sampe sorga." Atau mungkin saudara berkata "Iya, mudah-mudahan saya dapat masuk sorga."

Yesus berkata "Akulah Jalan dan Kebenaran dan Hidup, tak seorangpun sampai kepada Bapa, tanpa melaluiKU.”

Yoh 14 : 6
Kata Yesus kepadanya: "Akulah  jalan  dan kebenaran  dan hidup.  Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.
Berarti Yesus adalah satu-satunya jalan menuju Sorga.

Alkitab berkata "Di bawah kolong langit ini, tidak ada nama lain yg olehNYA, manusia bisa selamat, kecuali di dalam Nama Yesus !"
Kis 4 : 12
Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan."

Doa :

Bapa, dalam Nama Yesus, Hamba berdoa buat setiap mereka yang bimbang tentang Sorga. Hamba berdoa buat mereka semua yang belum pasti tentang Sorga.

Hamba berdoa untuk mereka yang goncang, Tuhan dan belum punya kepastian kemana mereka akan pergi setelah mereka mati nanti ?
Hamba berdoa di dalam Nama Yesus, oleh Kuasa Roh Kudus biar Engkau jamah dan Engkau buka setiap hati. Sehingga Lewat program ini, kami buka hati buat Yesus, biar kami dijamah oleh Roh Kudus, sehingga kami dipersiapkan , nama kami ada dan dipangggil untuk masuk ke Sorga Rumah Bapa yang kekal.
Amin

Writer : Priscilla Stefanie

Komentar

Postingan Populer