MENIKMATI FIRMAN TUHAN

MENIKMATI FIRMAN TUHAN
Pdt Petrus Agung Purnomo

Di Israel ada sebuah ritual untuk anak-anak berumur 13 tahun, ketika mereka pertama kali membaca Taurat Firman Tuhan di dalam Bait Allah. Orang-orang Israel merayakan Bar Mitzvah.

Bar Mitzvah (Ibrani: בַּר מִצְוָה , harfiah: Putera/ Anak Hukum ♂) dan Bat Mitzvah(Ibrani: בַּת מִצְוָה - harfiah: putri/ anak Hukum ♀) merupakan ritual Yahudi yang ditujukan kepada anak-anak yang menginjak usia remaja.


Maka makna בַּר מִצְוָה - BAR MITS'VAH atau בַּת מִצְוָה - BAT MITS'VAH, artinya adalah: "anak hukum (Taurat)"Hukum Taurat itu jika dirincikan, terdapat: 613 perintah-perintah (613 MITSVOT). Sehingga tradisi upacara בַּר מִצְוָה - BAR MITS'VAH atau בַּת מִצְוָה - BAT MITS'VAHmerupakan pengukuhan anak-anak Yahudi untuk ditetapkan secara agamawi & adat-istiadat Yahudi bahwa mereka adalah umat yang tunduk kepada Hukum Taurat.

Lukas 2:42 (TB)  Ketika Yesus telah berumur dua belas tahun pergilah mereka ke Yerusalem seperti yang lazim pada hari raya itu.

Seringkali kita anak-anak Tuhan tidak antusias untuk membaca Firman Tuhan. Kadang kita menganggap bahwa anak kita bisa membaca Firman Tuhan itu adalah hal biasa.

Padahal Tuhan ingin kita menikmati Firman Tuhan setiap hari. Firman Tuhan adalah Surat Cinta Tuhan buat Anak-AnakNya.

Mari kita nikmati Firman Tuhan setiap hari. Amin


Penulis :
Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer