THE KING IS IN FIELD sore

THE KING IS IN FIELD
BULAN ELUL
JKI HIGHER THAN EVER Sore
Minggu, 19 Agustus 2016
Pdt Victor Kristijanto Purnomo

Nehemia 6:15 (TB)  Maka selesailah tembok itu pada tanggal dua puluh lima bulan Elul, dalam waktu lima puluh dua hari.

Menurut orang Yahudi bulan Elul adalah bulan terakhir dalam satu tahun. Saat ini kita akan meninggalkan Tahun 5778.

Jadi bulan depan kita masuk ROSH HOSHANAH. Walaupun kita bukan orang Yahudi asli tapi kita ini termasuk Orang Yahudi Rohani

*Bulan Elul = Bulan Harvest = Bulan Tuaian*
Jika secara Jasmani bangsa Israel alami panen besar-besaran

Maka kita sebagai Bangsa Yahudi secara rohani juga alami panen alami semua yang baik.

Dan dalam bulan Elul Sang Raja akan datang. Padahal Raja sehariannya selalu duduk dalam singgasananya. Ada protokuler yang keras dalam kerajaan.
Tapi bulan Elul Raja akan turun ke ladang dan banyak orang yang bakal bisa menyapanya.
Kita juga berharap agar Raja mau datang di ladang (bukan di Istana) dan kita bisa menyapa.

Bilangan 6:20-27  kemudian haruslah imam mengunjukkan semuanya itu ke hadapan TUHAN sebagai persembahan unjukan; semuanya itu menjadi bagian kudus bagi imam, beserta dada persembahan unjukan dan beserta paha persembahan khusus. Sesudah itu barulah boleh orang nazir itu minum anggur."
Itulah hukum tentang orang nazir yang menazarkan persembahannya kepada TUHAN berdasarkan kenazirannya, belum dihitung apa yang ia mampu mempersembahkan di samping itu. Sesuai dengan bunyi nazar yang diikrarkannya, demikianlah harus dilakukannya berdasarkan hukum tentang kenazirannya.
TUHAN berfirman kepada Musa:
"Berbicaralah kepada Harun dan anak-anaknya: Beginilah harus kamu memberkati orang Israel, katakanlah kepada mereka:
TUHAN memberkati engkau dan melindungi engkau;
TUHAN menyinari engkau dengan wajah-Nya dan memberi engkau kasih karunia;
TUHAN menghadapkan wajah-Nya kepadamu dan memberi engkau damai sejahtera.
Demikianlah harus mereka meletakkan nama-Ku atas orang Israel, maka Aku akan memberkati mereka.
Tuhan melihat kita tersenyum kepada kita dan memberikan kelimpahan atas kita

Kidung Agung 2:16 (TB)  Kekasihku kepunyaanku, dan aku kepunyaan dia yang menggembalakan domba di tengah-tengah bunga bakung.

Cara berjalan dan bekerja dengan Tuhan akan diberitahukan saat Raja turun ke ladang saat raja turun ke ladang maka semua yang sulit akan menjadi mudah. Saat tuaian dibulan yang sukar dan tiba tiba jadi mudah.
Yang tidak mungkin jadi mungkin.

Saat kita turun ke ladang maka Tuhan menyertai kita yang sedang bekerja.
Seperti dalam Kidung Agung Tuhan memberikan gambaran tentang hubungan Raja dengan Kekasihnya hubungan yang rileks dan santai.
Kadang Tuhan kita bawa kepada Kepada Hubungan yang Protokoler dan serius.
Adakalanya kita dibawa ke hubungan yang santai dan rileks.
Dalam bulan ELUL ini orang Yahudi membaca setiap hari Mazmur 27:1-14
Mazmur 27:1-14 (TB)  Dari Daud. TUHAN adalah terangku dan keselamatanku, kepada siapakah aku harus takut? TUHAN adalah benteng hidupku, terhadap siapakah aku harus gemetar?
Ketika penjahat-penjahat menyerang aku untuk memakan dagingku, yakni semua lawanku dan musuhku, mereka sendirilah yang tergelincir dan jatuh.
Sekalipun tentara berkemah mengepung aku, tidak takut hatiku; sekalipun timbul peperangan melawan aku, dalam hal itu pun aku tetap percaya.
Satu hal telah kuminta kepada TUHAN, itulah yang kuingini: diam di rumah TUHAN seumur hidupku, menyaksikan kemurahan TUHAN dan menikmati bait-Nya.
Sebab Ia melindungi aku dalam pondok-Nya pada waktu bahaya; Ia menyembunyikan aku dalam persembunyian di kemah-Nya, Ia mengangkat aku ke atas gunung batu.
Maka sekarang tegaklah kepalaku, mengatasi musuhku sekeliling aku; dalam kemah-Nya aku mau mempersembahkan korban dengan sorak-sorai; aku mau menyanyi dan bermazmur bagi TUHAN.
Dengarlah, TUHAN, seruan yang kusampaikan, kasihanilah aku dan jawablah aku!
Hatiku mengikuti firman-Mu: "Carilah wajah-Ku"; maka wajah-Mu kucari, ya TUHAN.
Janganlah menyembunyikan wajah-Mu kepadaku, janganlah menolak hamba-Mu ini dengan murka; Engkaulah pertolonganku, janganlah membuang aku dan janganlah meninggalkan aku, ya Allah penyelamatku!
Sekalipun ayahku dan ibuku meninggalkan aku, namun TUHAN menyambut aku.
Tunjukkanlah jalan-Mu kepadaku, ya TUHAN, dan tuntunlah aku di jalan yang rata oleh sebab seteruku.
Janganlah menyerahkan aku kepada nafsu lawanku, sebab telah bangkit menyerang aku saksi-saksi dusta, dan orang-orang yang bernafaskan kelaliman.
Sesungguhnya, aku percaya akan melihat kebaikan TUHAN di negeri orang-orang yang hidup!
Nantikanlah TUHAN! Kuatkanlah dan teguhkanlah hatimu! Ya, nantikanlah TUHAN!
Orang Yahudi tidak takut karena Tuhan melindungi dia. Hatinya tetap percaya bahwa Kemurahan Tuhan dicurahkan.
Setiap yang menakutkan disingkirkan dari hidup kita.

PERISTIWA-PERISTIWA YANG TERJADI DI BULAN ELUL

1 Elul - Musa mendaki gunung Sinai untuk ketiga kalinya dan berdiam selama 40 hari 40 malam (1313 SM)

Musa menerima Hukum Tuhan, saat ini kita berjalan dengan hukum-hukum yang baru. Hukum Roh yang menghidupkan kembali kita, semua yang telah mati dalam hidup kita dihidupkan kembali.

23 Elul - Burung merpati membawa daun zaitun kepada Nuh (2105 SM)
Nuh mengutus kembali burung merpati, burung merpati adalah lambang dari Roh Kudus. Merpati itu kembali dengan membawa pucuk daun Zaitun segar.

Ini pertanda Roh Kudus bawa sesuatu yang BARU.
*THE NEW BEGINNING*
Maka kita mau melupakan semua yang lama karena yang durhaka sudah dimusnahkan oleh Tuhan kita menyongsong Semua yang BARU

25 Elul - Hari pertama Penciptaan Alam Semesta (Kejadian 1; 3761 SM)
Hari dimana apa yang perlu diciptakan kembali, apa yang telah kacau didalam hidup kita diciptakan kembali.

25 Elul - Tembok Yerusalem dibangun kembali (335 SM)

Dalam 52 hari Nehemia menyelesaikan Tembok Yerusalem.
Kita harus mau terus membangun TEMBOK PERTAHANAN untuk Bangsa Indonesia dengan kuat.

Asian Games yang sudah 50 tahun lebih meninggalkan bangsa Indonesia.
Tiba tiba Sekarang ini Asian Games kembali ke Indonesia.

Ini sebuah Sign and Wonder yang bagus karena Indonesia bisa menjadi Tuan Rumah Asian Games lagi.
Hakim menentukan apa yg kita alami di tahun depan. The Book of Life isinya semua yang baik.

Ini terjadi di Rosh Hoshanah.
Maka di bulan Elul ini maka semua kita mohon semua yang jelek semua yang salah kita minta dihapuskan sehingga kita tercatat kedalam The Book of Life.

Mari terus lakukan KEBAIKAN demi KEBAIKAN saja agar ktika DIA sedang memandang kita maka DIA akan memandang dengan tersenyum.
Memberikan ketenangan kedamaian.
Mengubur semua yang jelek.
Kita masuk di Sesuatu yang BARU.
Dan di tahun depan di tahun baru Yahudi
Di tahun Rosh Hoshanah DIA ketuk palu untuk memutuskan perkara-perkara Ajaib terjadi atas kita.

Mari kita isi hari-hari ini dengan sesuatu yang baik dalam The Books Of Life. Kerjakan dan isi The Books Of Life. Amin


Penulis Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer