SUKKOT DAY 5779

SUKKOT DAY 5779
Pdt Petrus Hadi Mulja Santoso

SUKKOT -- hari raya pengumpulan hasil pada pergantian tahun dimulai 23 September s/d 30 September 2018

Keluaran 34:22
34:22 Hari raya Tujuh Minggu, yakni hari raya buah bungaran dari penuaian gandum, haruslah kaurayakan, juga hari raya pengumpulan hasil pada pergantian tahun.

Kata "sukkah" adalah sebutan untuk tempat tinggal sementara yang dibuat menyerupai pondok dan beratapkan daun palm, dan ini digunakan selama masa panen sedang berlangsung. (Imamat 23:40-43)

*Secara pertanian, Sukkot adalah perayaan tuaian (Harvest Festival)*

*Sukkot selalu digambarkan sebuah perayaan ibadah yang penuh dengan sukacita dan ucapan syukur kepada Tuhan atas tuaian yang sangat komplit (Completed Harvest)*

Disepanjang perayaan sukkot selama 7 hari umat israel membaca mazmur pujian (Mazmur 113-118) pada waktu ibadah pagi hari.

Yohanes 7 : 37 – 39 ,
Dan pada hari terakhir , yaitu pada puncak perayaan itu , Yesus berdiri dan berseru :  “ Barangsiapa haus , baiklah ia datang kepada-Ku dan minum ! Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci : Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup . Yang dimaksudkan-Nya ialah Roh yang akan diterima oleh mereka yang percaya kepada-Nya; sebab Roh itu belum datang , karena Yesus belum dimuliakan !

*PERAYAAN PONDOK DAUN*

Ucapan Tuhan Yesus itu dikatakan pada saat hari terakhir dari hari raya “ PONDOK DAUN “ yang merupakan salah satu perayaan yang wajib dilakukan oleh bangsa Israel selain perayaan roti tak beragi atau ( PASKAH ) dan Hari raya buah bungaran  ( PENTAKOSTA ) Dalam perayaan Pondok Daun ini dilakukan agar bangsa Israel mengingat akan kasih dan pemeliharaan Tuhan pada waktu nenek moyang mereka selama 40 tahun hidup dipadang gurun hidup dalam kemah dengan atap langit.

Memang memperingati bagaimana Pemeliharaan TUHAN dlm hidup kita semua sampai hri2 ini.

Pemeliharaan TUHAN atas org Israel ketika keluar dr Tanah Perbudakan Mesir dan dipelihara TUHAN di padang Gurun dlm pondok3 daun

Pemeliharaan TUHAN atas kita

Tp juga TUHAN bicara ttg AIR KEHIDUPAN / TUHAN Jadi Sumber Utama yg tidak pernah habis dalam hidup kita

ROH KUDUS yg dicurahkan yg memberi kita kehidupan dlm manusia rohaniah kita.

TUHAN sbg SUMBER UTAMA, Pemelihara, Center / Pusat.

Yom Kippur: hati kembali kepada TUHAN
Sukkot: TUHAN sbg yg Utama, Segala galanya, Sang Pemelihara, Sumber, Center / Pusat ( spt yg raja Daud nyatakan )

Grup Temanggung

Komentar

Postingan Populer