DARAH YESUS

DARAH YESUS
Pastor FERDY Godjali

PENDAHULUAN

Saudara ku sekalian yang dikasihi Tuhan Yesus.Hari ini kita dapat memperingati Hari Jum’at Agung, hanya karena kasih TUHAN yang begitu indahnya kepada kita sekalian. Kalau kita bisa hidup sampai hari ini, itu hanyalah karena kasih TUHAN, memberi kita kesempatan untuk terus berbuat dan berbuat yang baik. TUHAN sudah memberikan kita modal berupa darah Anak-Nya, yaitu darah Yesus dan darah inilah yang membuat kita maju, maju, dan maju terus didalam TUHAN.
Darah-Nya merupakan tanda kasih TUHAN.Melalui kematian-Nya, Yesus telah merelakan darah-Nya ditumpahkan di kayu salib karena kasih-Nya kepada kita.
Hari ini kita berbicara tentang “fungsi yang lain dari darah Yesus”. Darah Yesus itu telah menebus kita, bukan hanya dari segala dosa dan cara hidup kita yang sia-sia. Tuhan telah menebus kita dengan cara merobah pola hidup kita yang lama menjadi pola hidup yang baru.
Tuhan sudah mengerjakannya semua diatas kayu salib. Tuhan sudah menyelesai-kannya untuk kita. Dia telah menebus kita dan semuanya itu tidak bisa di-pungkiri. Dia telah menebus hidup kita artinya Dia membayar hidup kita dengan darah-Nya, supaya kita berubah menjadi seperti Dia.
Yang harus kita sadari, kita telah ditebus bukan hanya dari dosa-dosa kita, tapi juga dari cara hidup dan pola hidup kita yang lama.
Kita lihat dalam 1 Korintus 6:20
6:20 Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!
Rasul Paulus katakan “kamu telah dibeli dan harganya telah lunas”. Inilah yang harus saudara pahami benar-benar. Saudara telah dibeli, berarti saudara sudah menjadi milik Kristus.Kalau saudara telah menjadi milik Kristus, apakah saudara masih punya hak atas hidup saudara?Jawabannya : Tidak berhak lagi!!!Saudara sama sekali tidak punya hak apa-apa lagi atas hidup saudara sendiri, tapi saudara dan saya justru punya hak dan kewajiban untuk memuliakan Dia.Oleh karena itu, tidak salah apabila saya katakan bahwa kita “tidak berhak lagi atas hidup kita sendiri” yang artinya jangan pakai tubuhmu untuk kepentingan-mu sendiri. Ini yang harus saudara sadari. Karena saudara telah dibeli dengan darah-Nya dan telah lunas dibayar.  Karenanya, saudara telah dipindahkan dari kerajaan kejahatan (kuasa kegelapan) kedalam Kerajaan Sorga. 
 Bahkan Tuhan juga katakan dalam Kolose 1:13
1:13 Ia telah melepaskan kita dari kuasa kegelapan dan memindahkan kita ke dalam Kerajaan Anak-Nya yang kekasih;
Oleh kematian-Nya di kayu salib, kita dipindahkan dari kegelapan, dari pola hidup kita yang sia-sia dan dari gelimang dosa, dipindahkan kedalam Kerajaan Anak-Nya  yaitu Kerajaan yang Kudus dan yang tidak bercacat dan tidak bercela.Oleh sebab itu, muliakanlah TUHAN dengan tubuhmu. Tentang hal ini banyak sekali orang Kristen tidak menyadari bahkan tidak mengerti, bahwa sebenarnya hidup mereka sudah dibeli dan sudah dibayar lunas dengan darah Yesus dan mereka sudah menjadi milik-Nya.Dengan darah Yesus, kita telah dibeli dan darah-Nya ini merupakan tanda cinta Tuhan kepada saudara dan saya, kepada kita semua.
Yohanes 15:13
15:13 Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya.
Untuk sahabat-Nya. Tuhan berbicara disini terhadap orang yang masih terikat dosa. Tapi, status kita sekarang telah dibeli dan telah dibayar dengan darah-Nya, bukan karena kita baik, tetapi karena kita adalah “sahabat Allah”.Setelah dibeli, status kita telah berubah dari seorang sahabat menjadi seorang anak bagi-Nya. Sungguh luar biasa indahnya kasih TUHAN kepada kita.
Jadi, bila sebelumnya kita semua berjalan bersama TUHAN sebagai seorang sahabat bagi-Nya, tapi setelah kita dibeli dengan darah-Nya, posisi kitapun telah dipindahkan menjadi seorang anak bagi-Nya. Berarti kita telah “diadopsi”.
Dengan demikian, karena sekarang kita telah menjadi milik-Nya, maka kita bukan lagi seorang sahabat bagi-Nya, tapi sudah menjadi seorang anak bagi-Nya.
Karenanya, pergaulan kita dengan-Nya harus lebih intim daripada sebelum nya ketika masih sebagai seorang sahabat, karena sekarang TUHAN adalah Bapa kita di sorga.
Semakin saudara menjadi intim dengan Dia, akhirnya saudara akan jadi seorang mempelai bagi Kristus.  
  • Karena saudara, akan dilihat sebagai seekor domba, dari aspek ketaatan.
  • Karena saudara, adalah juga domba dilihat dari aspek kehidupan.
  • Karena saudara, adalah seorang mempelai dilihat dari aspek keintiman.
  • Karena saudara, adalah sahabat bagi-Nya untuk mengenal pikiran-Nya.
  • Karena saudara, adalah seorang anak yang dikasihi-Nya.
Oleh karena itu, walaupun misalnya sekarang saudara sedang “bermasalah dengan TUHAN” karena dosa, tapi status saudara tetap anak bagi-Nya 
  • Yang bermasalah adalah “persekutuan saudara dengan Dia” karena saudara tidak intim dengan-Nya.
  • Yang bermasalah adalah “persekutuan saudara dengan Dia yang saudara sedang pertaruhkan”.
Oleh sebab itu, saudara membutuhkan pertobatan dan dasar dari suatu pertobatan adalah “darah”, tidak ada yang lain.
Karena itu dalam Ibrani 9:12-14 dikatakan :
9:12 dan Ia telah masuk satu kali untuk selama-lamanya ke dalam tempat yang kudus bukan dengan membawa darah domba jantan dan darah anak lembu, tetapi dengan membawa darah-Nya sendiri. Dan dengan itu Ia telah mendapat kelepasan yang kekal.9:13 Sebab, jika darah domba jantan dan darah lembu jantan dan percikan abu lembu muda menguduskan mereka yang najis, sehingga mereka disucikan secara lahiriah,9:14 betapa lebihnya darah Kristus, yang oleh Roh yang kekal telah memper-sembahkan diri-Nya sendiri kepada Allah sebagai persembahan yang tak bercacat,akan menyucikan hati nurani kita dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia, supaya kita dapat beribadah kepada Allah yang hidup.
Hati nurani kita yang dibersihkan dari dalam adalah berupa keinginan-keinginan duniawi atau kedagingan kita. Banyak hasrat kita yang harus dibersihkan oleh darah Yesus, agar kita punya satu keinginan yang kuat akan salib Kristus.Bila saudara belum punya keinginan akan salib Kristus, berarti hati nurani saudara masih perlu “dicuci dengan darah Yesus”. Untuk itu saudara boleh mengecek hati nurani saudara :
  • Apakah saudara belum benar-benar mau mempunyai keinginan untuk salib Yesus.
  • Apakah saudara belum punya kerinduanuntuk mendekat kepada TUHAN,
  • Apakah saudara belum punya kerinduan untuk intim dengan Dia,
Apabila ternyata “belum” ada minat atau hasrat apapun dalam hati nurani saudara, berarti ada masalah pada hati nurani saudaraKarenanya, harus “dicuci dengan darah Yesus”.Bagaimana caranya agar saudara terus menyalibkan keinginan-keinginan dan hasrat-hasrat kedagingan saudara, sehingga saudara dapat berjalan didalam jalan kebenaran TUHAN dan ikut didalam langkah-langkah TUHAN.Orang yang intim dengan TUHAN, akan mengerti pikiran dan isi hati TUHAN, oleh karena itulah Yesus telah mencurahkan darah-Nya untuk kita. Kita harus tahu bahwa Yesus benar-benar telah menebus dan menyucikan kita dengan darah-Nya.Karenanya sekarang kita belajar tentang “fungsi lain dari darah Yesus”

BAHASAN

Tadi kita sudah diingatkan kembali, bahwa darah Yesus telah menebus kita, telah membeli kita, bahwa darah Yesus telah menyucikan kita, darah Yesus telah membersihkan kita, tapi masih ada fungsi lainnya dari darah Yesus tersebut.
FUNGSI LAIN DARAH YESUS, yang pertama : 
“PERKENANAN DAN BEBAS DARI DAKWAAN IBLIS”
Untuk menjelaskan hal ini kita kembali dulu kepada Kejadian 3:23-24 sebagai latar belakang.
3:23 Lalu TUHAN Allah mengusir dia dari taman Eden supaya ia mengusahakan tanah dari mana ia diambil.3:24 Ia menghalau manusia itu dan di sebelah timur taman Eden ditempatkan-Nyalah beberapa kerub dengan pedang yang bernyala-nyala dan menyambar-nyambar, untuk menjaga jalan ke pohon kehidupan.
Manusia diusir dari Taman Eden, karena hubungan manusia terputus dengan TUHAN. Penyebabnya adalah dosa.Banyak orang Kristen zaman sekarang yang telah ditebus, sudah dibeli dan dibayar lunas dengan darah Yesus, ternyata masih terikat dengan dosa. Ini masalah yang sangat fatal dalam kekristenan.
TUHAN menghalau manusia dari Taman Eden karena dosa, dan menempatkan penjaga berupa beberapa kerub dengan pedang bernyala-nyala, artinya ada masalah serius antara TUHAN dengan manusia. Itulah sebabnya, manusia telah terbuang dari hadirat TUHAN.
Tapi TUHAN kita adalah TUHAN yang luar biasa, TUHAN yang benar-benar Maka Kasih yang dapat dibuktikan kebenarannya, karena :
  • TUHAN tidak membenci manusia berdosa sejahat apapun mereka.
  • TUHAN tidak mau manusia binasa.
  • TUHAN tidak mau manusia terhilang.
  • TUHAN mencari bagaimana caranya agar manusia bisa diselamatkan.
Disinilah peranannya fungsi darah Yesus yang lain, yang akan diawali dengan fungsi “ perkenanan dan bebas dari dakwaan iblis”
Penjelasan tersebut diatas baru membahas latar belakang dari fungsi lain yang pertama darah Yesus.Bahwa TUHAN itu kudus, sedangkan manusia itu telah jatuh dalam dosa yang menjijikkan. Karenanya manusia tidak bisa hidup dekat dengan TUHAN yang kudus.Untuk mengatasi jarak TUHAN dengan manusia, maka hanya butuh satu cara yaitu melalui penumpahan “darah” yang suci dan kudus, darah Yesus. 
Ibrani 12:14
12:14 Berusahalah hidup damai dengan semua orang dan kejarlah kekudusansebab tanpa kekudusan tidak seorang pun akan melihat Tuhan.
TUHAN itu kudus, karenanya manusia yang telah dicemarkan oleh dosa harus terpisah jauh dari TUHAN. Untuk menjadikan manusia sama antara TUHAN, maka harus ada jembatan yang menghubungkannya, yaitu darah.Supaya manusia bisa berdekatan lagi dengan TUHAN, harus ada penumpahan darah.TUHAN telah mengisyaratkan dari kali pertama yaitu darah, yang dapat kita lihat dalam Kejadian 3:7
3:7 Maka terbukalah mata mereka berdua dan mereka tahubahwa mereka telanjang; lalu mereka menyemat daun pohon ara dan membuat cawat.
Setelah mata mereka terbuka, barulah mereka sadar bahwa mereka telah berbuat salah. Dosa telah membuat manusia jadi telanjang. Mereka tutup semua ketelan-jangan mereka dengan daun pohon ara. Ini hal yang sangat fatal, karena dosa tidak dapat ditutupi dengan dedaunan.Kejadian seperti ini kembali terjadi dalam peristiwa Kain dan Habel, didalam Kejadian 4:3-5
4:3 Setelah beberapa waktu lamanya, maka Kain mempersembahkan sebagian dari hasil tanah itu kepada TUHAN sebagai korban persembahan;
4:4 Habel juga mempersembahkan korban persembahan dari anak sulung kambing dombanya, yakni lemak-lemaknya; maka TUHAN mengindahkan Habel dan korban persembahannya itu,
4:5 tetapi Kain dan korban persembahannya tidak diindahkan-Nya. Lalu hati Kain menjadi sangat panas, dan mukanya muram.
Kain mempersembahkan “hasil tanahnya, yaitu hasil usahanya atau tumbuh-tumbuhan hasil kebunnya”, sebagai korban persembahan :
  • Apakah TUHAN berkenan dengan hasil kebun untuk membereskan dosa?
  • Apakah hasil usaha kita bisa membereskan dosa yang ada didalam kita?
  • Apakah kita bisa membereskan dosa dengan kekuatan kita atau dengan karya kita sendiri?
  • Semua hal yang dilakukan Kain adalah atas dasar kehendak dan cara dia sendiri. Caranya Kain tidak bisa menghapus dosa, itulah sebabnya per-sembahan Kain ditolak TUHAN.
Kemudian, mengapa TUHAN menerima persembahan Habel?Jawabnya, karena Habel mempersembahkan korban persembahannya dengan menumpahkan darah.Berbeda dengan Kain yang mempersembahkan hasil kebunnya, sehingga ditolak TUHAN karena tidak bisa menghapus dosa.Begitu juga dengan Adam dan Hawa. Ketika mereka jatuh dalam dosa, mereka mengambil daun pohon ara untuk menutup dosa tersebut.
Dalam Kejadian 3: 21
3:21 Dan TUHAN membuat pakaian dari kulit binatang untuk manusia dan untuk isterinya itu, lalu mengenakannya kepada mereka.
Bagaimana caranya menutup ketelanjangan mereka? Dengan kulit binatang artinya dengan penumpahan darah. Tidak ada hasil usaha manusia yang dapat menutup dosa, semuanya dikerjakan oleh TUHAN.Dan penumpahan darah yang pertama kalinya terjadi adalah yang terdapat dalam kitab Kejadian 3 ini, yaitu untuk menutupi ketelanjangan Adam dan Hawa dengan kulit binatang. Bukan dengan daun pohon ara. Bukan dengan hasil kebun atau tumbuh-tumbuhan lainnya.
Begitu juga dengan Kain dan Habel.Bagaimana caranya menyelesaikan masalah mereka, bukan dengan tumbuhan atau hasil kebun, tapi harus dengan korban darah. Jadi harus ada penumpahan darah. Membereskan dosa hanya dengan korban darah dan tidak ada cara lain selain dengan penumpahan darah.
Ibrani 9:22
9:22 Dan hampir segala sesuatu disucikan menurut hukum Taurat dengan darah, dan tanpa penumpahan darah tidak ada pengampunan.
Tanpa penumpahan darah tidak ada pengampunan dosa. Harus ada penumpahan darah. Tanpa “darah”, TUHAN tidak akan pernah “berkenan” untuk memberikan pengampunan. Manusia tidak akan pernah memperoleh “perkenanan-Nya dalam hal apapun, apabila bukan dengan darah.
Tapi permasalahannya dimana?Apakah yang dimaksudkan dengan “perkenanan” ini?
Siapapun tidak boleh datang kepada Tuhan walaupun dia telah mandi, memakai pakaian baru, karena Tuhan tidak akan menerimanya. Bahkan walaupun dia datang ke Tuhan dengan penampilan yang luar biasa sekalipun, tapi itu tidak ada artinya bagi Tuhan.Tapi bila dia datang ke Tuhan bawa darah-Nya, walaupun dengan pakaian yang sangat sederhana, Tuhan tetap berkenan menerimanya.
Perlu saudara sadari bahwa dosa tetap dosa. Dosa tetap harus dibereskan. Tidak ada toleransi didalam urusan dosa. Bila saudara benar-benar mau bertobat, saudara bisa datang ke Tuhan cukup dengan darah-Nya saja. Tidak ada cara lain. Tapi permasalahnya dimana?Banyak orang yang datang ke TUHAN, merasa terintimidasi dan merasa terdakwa,karena mereka membawa “darah plus”.Maksudnya, mereka datang kepada Tuhan bukan hanya dengan darah-Nya saja, tapi juga dengan tambahan “dasar perbuatan baik”.
Yang Tuhan harapkan adalah darah-Nya yang kita bawa, kita datang kepada-Nya karena kita tidak punya kekuatan untuk berbuat sesuatu.Bahkan semua perbuatan kita seringkali tidak baik.
  • Tapi dengan darah-Nya, kita masih mempunyai keberanian untuk datang kehadapan-Nya.
  • Ketika saudara datang kepada-Nya, saudara harus benar-benar bertobat.
  • Saudara harus benar-benar minta pengampunan kepada Tuhan dan kata-kan “Tuhan saya berani datang kehadapan-Mu karena saya punya darah-Mu”
Saudara tidak bisa datang ke Tuhan hanya dengan janji : Tuhan saya mulai hari ini mau berbuat baik, saya mau menyenangkan hati-Mu, saya mau hidup benar mulai hari ini dsb”.Saya katakan kepada saudara : “apa yang saudara janjikan itu pasti saudara langgar”Tapi kalau saudara datang kepada-Nya dan berkata : TUHAN saya tidak peduli dengan apapun, saya cuma mau minta ampun pada Tuhan, saya percaya saya punya darah-Mu untuk pengampunan dosa saya”.
Tuhan pasti berkata pada saudara : “pergilah dan jangan berbuat dosa lagi”.
Inilah yang dimaksud dengan korban darah, karenanya saudara akan mendapat “perkenanan dari-Nya”, bukan karena perbuatan baik saudara, tapi karena ada darah-Nya didalam saudara. Saudara sudah dibeli dan ditebus oleh darah Yesus.
Tapi banyak orang Kristen yang telah berbuat dosa begitu takut datang kepada TUHAN, karena ada “darah plus”, karena masih terikat dosa yang tidak disadari kalau itu dosa. Saya ingin, saudara sadar bahwa dosa tetap salah.
Namun demikian, saudara juga harus sadar bahwa ketika saudara berbuat dosa sekalipun, masih ada pengampunan, masih ada kasih dari TUHAN, dan Dia siap menyambut saudara dan memeluk saudara, asalkan saudara datang kepada-Nya.
1 Yohanes 1:9
1:9 Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.
Jika saudara mengakui dosa saudara, Dia akan mengampuni saudara. Tapi jika tidak mau mengaku? Pasti tidak akan ada pengampunan sampai kapanpun.Banyak kesalahan yang tidak kita akui, yaitu kesalahan yang munglin saja tidak sengaja saudara perbuat, sehingga saudara tidak mengakuinya dan tidak minta pengampunan.Juga kesalahan yang “merupakan ikatan”, itu tidak akan saudara akui, karena “kesalahan jenis ini” selalu terjadi tanpa disadari karena sudah “terbiasa melaku-kannya”.Misalnya : saudara sudah terbiasa bergosip, saudara merasa itu tidak perlu minta ampun ke Tuhan, karena hal itu saudara anggap tidak salah karena sudah jadi “makanan” saudara sehari-hari.Dengan demikian “kebiasaan inilah yang harus dirobah”. Ingat, saudara telah ditebus oleh darah-Nya dari pola hidup yang lama yang sia-sia.
1 Yohanes 2:1-3 
2:1 Anak-anakku, hal-hal ini kutuliskan kepada kamu, supaya kamu jangan berbuat dosa, namun jika seorang berbuat dosa, kita mempunyai seorang pengantara pada Bapa, yaitu Yesus Kristus, yang adil.2:2 Dan Ia adalah pendamaian untuk segala dosa kita, dan bukan untuk dosa kita saja, tetapi juga untuk dosa seluruh dunia.2:3 Dan inilah tandanya, bahwa kita mengenal Allah, yaitu jikalau kita menuruti perintah-perintah-Nya.
Ayat 1. Mengisyaratkan supaya saudara jangan berbuat dosa. Namun demikian bila kamu sudah terlanjur berbuat dan bukan disengaja, saudara datang ke Tuhan dengan dasar darah-Nya untuk mohon pengampunan.
Ayat 3. Ini tandanya bila kamu benar-benar telah mengenal Allah yaitu dengan melakukan perintah-perintah-Nya.Walaupun telah ada darah-Nya tetapi kamu tetap belum mengenal Dia, berarti kamu belum benar-benar mengalami penebusan.
Contoh :
  1. Ada orang yang hobinya marah-marah, berarti hatinya belum ditebus.
  2. Ada orang yang gampang kepahitan, berarti hatinya belum ditebus.
  3. Ada orang yang gampang sakit hati, berarti hatinya belum ditebus.
  4. Ada orang yang suka memukul orang, berarti tangannya belum ditebus.
  5. Dan sebagainya.
Prinsipnya TUHAN mau menebus seluruh tubuh kita, tapi kita sendiri yang menolak untuk ditebus.Mulai hari ini, maukah saudara datang ke Tuhan dengan darah-Nya, supaya saudara bisa memperoleh perkenanan di hadapan-Nya dan saudara bilang pada TUHAN “ampuni seluruh hidupku Tuhan, hargai seluruh tubuhku dengan darah-Mu, supaya apa yang ada padaku benar-benar menjadi milik-Mu”Setelah saudara datang dengan darah-Nya, saudara pasti akan melihat adanya perubahan demi perubahan dalam hidupmu.
Permasalahan yang sangat fatal didalam kekristenan adalah rasa terdakwa. Karena iblis akan mendakwa saudara siang dan malam, karena iblis memang pendakwa.
Kalau dalam satu ruangan sidang pengadilan, misalnya saudara adalah terdakwa dan ada Pembela untuk saudara. Dilain pihak, ada Hakim yaitu Bapa Sorgawi. Iblis mendakwa saudara terus menerus dan akan selalu mendakwa saudara bersalah karena telah melanggar ini dan itu, bahkan menuduh saudara tidak layak ini dan itu pula.Tapi saudara tidak perlu kuatir, karena saudara punya Pembela (Dia adalah Yesus) dan akan mengatakan kepada Sang Hakim :“Bapa, Aku kenal dia, Aku telah menebus dia dengan darah-Ku. Mohon Bapa, ampuni dia”Maka saudarapun akan benar-benar memperoleh pengampunan dari Sang Hakim Agung yaitu Bapa di Sorga, tapi perhatikan baik-baik, Bapa pasti akan berkata : “Aku ampuni kamu anakku dan jangan berbuat dosa lagi”
Bila kita telah ditebus oleh darah-Nya maka kita harus benar-benar mengalami perubahan. Kalau saudara jatuh dalam dosa, masih ada Pembela, masih ada yang mengasihi saudara. Jangan mau didakwa terus terusan oleh iblis.
Banyak orang Kristen yang terus menerus jadi “terdakwa”, itu karena dia datang ke Tuhan dengan “darah plus”.“Plus” itu berupa “perbuatan”. Dan itulah yang menjadi masalahnya. Karena dasar untuk kalahkan iblis hanya oleh darah Anak Domba Allah dan darah-Nya identik dengan pengampunan, yang membuat saudara selalu menjadi pemenang demi pemenang.
Wahyu 12:11
12:11 Dan mereka mengalahkan dia oleh darah Anak Domba,  dan oleh perkataan kesaksian mereka.  Karena mereka tidak mengasihi nyawa mereka sampai ke dalam maut.
Inilah orang yang telah ditebus oleh darah-Nya dan oleh kerinduannya akan salib terus menerus.Keinginannya akan salib terus menerus mengebu dan terus betambah dan bertambah. Orang yang hidup berdasarkan darah adalah orang yang hidup berdasarkan kasih karunia Allah dan dia akan terus akan bertumbuh didalam Allah dan suatu waktu dia akan mencapai posisi “sempurna”.
Tapi permasalahannya dimana? Banyak terjadi, ketika kita berbuat salah, kita takut datang ke Tuhan. Kenapa?
Puji Tuhan, karena itu adalah pekerjaan Roh Kudus yang mengingatkan saudara. Jadi kebenaran itu masuk kedalam saudara atau kebenaran yang ada didalam saudara itu menjadi data dan begitu saudara berbuat salah, Roh Kudus menerima signal itu dan mengingatkan kita agar segera bertobat dengan dasar darah Yesus.Tapi permasalahannya dimana?Banyak orang Kristen ketika berbuat salah, mereka malah terintimidasi sehingga berpikir “aah, tanggung, kepalang basah, mandi aja sekalian”. Mereka terinti-midasi sehingga takut datang ke Tuhan, karena didakwa iblis terus menerus.
 Fungsi darah yang pertama adalah “perkenanan TUHAN”.
  • Kita berkenan pada-Nya bukan karena perbuatan baik kita, tapi karena ada darah-Nya didalam kita atau ada tanda darah didalam saudara.
  • Saudara lepas dari maut karena ada darah didalam saudara.
  • Saudara pegang keselamatan karena ada darah didalam saudara.
  • Saudara akan menang kalau ada darah-Nya didalam saudara.
Oleh karena itu, jangan takut datang ke Tuhan karena “perkenanan TUHAN” kepada kita bukan karena kita berbuat baiktapi karena darah-Nya yang ada didalam kita.
Sekali lagi saya ingatkan, bukan berarti saudara boleh berbuat dosa. Dosa tetap dilarang, dosa tetap salah karena itu telah melanggar hukum TUHAN.
Tapi, hendaknya jangan sampai terintimidasi karena pendakwa saudara siang dan malam yaitu iblis akan terus-menerus mendakwa saudara, yang dapat saja membuat saudara tidak mau datang ke TUHAN.Mengapa demikian?Karena ada darah “plus”, yaitu ketika saudara berpikir, saudara baru berani datang menghadap ke Tuhan karena saudara telah berbuat baik. Saudara tidak boleh  berpikir seperti itu, karena dasar untuk datang ke hadirat Tuhan, bukan karena saudara telah berbuat baik. Dasarnya adalah “hanya darah Yesus”Tuhan mau saudara datang ke Dia, hanya atas dasar darah Yesus, bukan yang lain.Saudara ingat baik-baik, jika saudara tidak tahu “kuasa apa yang ada pada diri saudara sendiri untuk datang kepada TUHAN”, kondisi ini berpotensi memberikan kemudahan kepada iblis untuk mendakwa saudara.
Kalau saudara tahu bahwa darah Kristus yang telah sucikan saudara dan dengan darah-Nya saudara mau datang ke TUHAN, maka saudara adalah orang yang sangat berharga oleh karena korban darah-Nya. Saudara adalah orang yang menghargai korban darah Yesus .
Pengorbananan Yesus dikayu salib, baik secara sadar ataupun tidak sadar, hari ini telah disia-siakan oleh begitu banyak orang yang mengaku dirinya Kristen.
Bagaimana caranya menyia-nyiakan darah Yesus? Apabila saudara hidup seperti orang yang tidak pernah ditebus!!!   
Kehidupan saudara tidak ada dasarnya, tidak ada aturannya. Saudara hidup tidak mengenal TUHAN dalam artian yang sebenarnya dan inilah permasalahan dari banyak orang Kristen masa kini.Benar kita datang ke TUHAN dengan darah-Nya, tapi kita juga harus sadar bahwa kita harus sudah melepaskan semua ikatan-ikatan yang membelenggu kita.Saudara datang ke Dia dengan darah-Nya, tapi saudara tidak menghargai darah-Nya. Saya sebut kondisi ini dengan nama “orang yang menyia-nyiakan korban darah Yesus”, atau “orang yang menyia-nyiakan anugerah TUHAN”.
Saudara adalah orang yang benar-benar telah ditebus, seharusnya saudara telah mengalami perubahan signifikan dalam cara hidup saudara.Kalau benar saudara adalah orang-orang yang telah ditebus, mari kita baca Ibrani 10:4-10 dibawah ini :
10:4 Sebab tidak mungkin darah lembu jantan atau darah domba jantan menghapuskan dosa.
10:5 Karena itu ketika Ia masuk ke dunia, Ia berkata: “Korban dan persembahan tidak Engkau kehendaki — tetapi Engkau telah menyediakan tubuh bagiku –.
10:6 Kepada korban bakaran dan korban penghapus dosa Engkau tidak berkenan.
10:7 Lalu Aku berkata: Sungguh, Aku datang ; dalam gulungan kitab ada tertulis tentang Aku untuk melakukan kehendak-Mu, ya Allah-Ku.”
10:8 Di atas Ia berkata: “Korban dan persembahan, korban bakaran dan korban penghapus dosa tidak Engkau kehendakidan Engkau tidak berkenan kepadanya” — meskipun dipersembahkan menurut hukum Taurat –.
10:9 Dan kemudian kata-Nya: “Sungguh, Aku datang untuk melakukan kehendak-Mu.” Yang pertama Ia hapuskan, supaya menegakkan yang kedua.
10:10 Dan karena kehendak-Nya inilah kita telah dikuduskan satu kali untuk selama-lamanya oleh persembahan tubuh Yesus Kristus.
Sebenarnya bila saudara baca dengan saksama mulai dari ayat 4-10 tersebut diatas, saudara akan mengerti. Namun demikian, khusus ayat 9 banyak orang Kristen salah mengerti soal “Yang pertama Ia hapuskan, supaya menegakkan yang kedua”.Tuhan katakan, “korban dan persembahan, korban bakaran dan korban pengha-pus dosa, tapi TUHAN tidak berkenan.Korban-korban yang digunakan untuk datang kepada TUHAN itulah yang dihapus, karena kehendak dari Bapa di Sorga, adalah dengan cara :
  • TUHAN datang sendiri (dalam rupa Anak Manusia),
  • Dia mati diatas kayu salib,
  • Dia mencurahkan darah-Nya, supaya manusia (orang yang percaya) berkenan dihadapan TUHAN.
Ayat 9 berkata : “Yang pertama Ia hapuskan, supaya yang kedua ditegak-kan”.Pengertiannya adalah : Bukan Hukum Taurat yang dihapus, tapi “ritual dari Taurat itu yang dihapus”.  
TUHAN mau kita datang kepada-Nya berdasarkan darah-Nya yang membuat kita berubah dan menjadikan kita berkenan dihadapan-Nya. Dan darah-Nya itulah yang membuat kita “tidak menjadi terdakwa lagi” oleh iblis.
Sekarang, karena kita sudah tahu bahwa untuk datang kehadirat TUHAN harus dengan darah-Nya, tapi ternyata kita datang dengan “sesuatu yang lain”.Oleh karena itu, TUHAN pasti tidak akan merespon kita, misalnya kita datang kepada-Nya dengan suatu motivasi “karena kita merasa sudah melakukan kebaikan tertentu”  sebagai tambahan dari darah Kristus yang sudah kita miliki.
Pemikiran tersebut salah besar. TUHAN ingin kita datang kepada-Nya hanya dengan darah-Nya untuk bertobat, sehingga dengan darah-Nya semua dosa kita dihapuskan. Amin?
Jadi bila saudara datang ke TUHAN karena merasa telah berbuat baik dan saudara datang dalam penampilan serba rapi, serba bersih, rambut baru dipotong dan sebagainya, itu namanya saudara datang ke TUHAN dengan “darah plus”.
Untuk kondisi seperti ini, TUHAN tidak akan pernah merespon saudara.
  • Dan inilah yang membuat saudara gampang terintimidasi oleh iblis dengan berbagai macam dakwaannya.
  • Kondisi ini, sudah pasti akan sangat mempengaruhi “perkenanan TUHAN” pada saudara.
Perkenanan TUHANsyaratnya sudah sangat jelas yaitu “hanya darah Yesus”. Oleh karena itu, bila saudara sudah tahu dasarnya hanya darah-Nya, tetapi ternyata saudara tidak juga terlepas dari semua dakwaan iblis yang membuat saudara tidak bisa maju sampai hari ini, lantas apa masalahnya?Masalahnya adalahwalaupun saudara tahu penyebab gencarnya dakwaan iblis itu, tapi saudara tetap saja masih mau menikmati dosa yang menjadi penyebabnya.Ini masalah yang fatal. Saudara harus sadari, misalnya soal bergosip. Kalau saudara sudah tahu itu dosa, tapi mengapa saudara masih mau melakukannya? Ini yang namanya menikmati dosa.Banyak orang datang ke TUHAN, tapi tidak direspon oleh-Nya. Kenapa? Karena mereka datang ke TUHAN dengan cara mereka sendiri, sehingga TUHAN tidak berkenan. Sedangkan dasar dari perkenanan TUHAN adalah darah. Darah identik dengan pengampunan.Mengapa orang yang sakit hati masih mau menyimpan sakit hatinya dan tidak mau mengampuni orang lain?Dan dalam kondisi tanpa pengampunan yang ada dihati saudara itulah saudara datang kepada TUHAN, apakah TUHAN berkenan pada saudara saat saudara datang itu kepada-Nya? Karena TUHAN katakan, bila kamu masih ada sakit hati bereskan dulu, baru datang ke TUHAN.Disinilah letak masalahnya, artinya mengapa TUHAN tidak berkenan pada saudara. Selesaikan dulu soal sakit hatimu, baru boleh datang ke TUHAN.
Jangan lupa, kita datang ke TUHAN pakai darah pengampunan karena saudara mau diampuni oleh TUHAN. Masalahnya, bagaimana mungkin kalau saudara tidak mau mengampuni orang lain?  Inilah dasar dari fungsi-fungsi lain dari fungsi darah Yesus, yaitu dasar yang pertama, yaitu “perkenanan dan lepas dari dakwaan iblis”Jadi harus selalu diingat bahwa dasar dari pengampunan dosa adalah “darah” dalam hal ini Darah Yesus yang telah tercurah di kayu salib di Golgota.Tidak ada tambahan dasar lainnya, bahkan perbuatan baik sekalipun.Tapi ketika saudara datang ke TUHAN saudara harus benar-benar mau bertobat. Kalau saudara ingat TUHAN, saudara harus sadar bila saudara masih belum mampu melepaskan “ikatan” saudara.Katakan saja pada TUHAN : “Tuhan, tolong saya lepaskan semua ikatan ini”. Setiap kali saudara berbuat dosa yang sama, saudara akan merasa bersalah. Itu adalah kepekaan yang Tuhan berikan kepada saudara, sampai akhirnya saudara benci pada dosa itu. Karena Tuhan telah membuat saudara semakin hari semakin peka akan dosa tersebut.
FUNGSI LAIN DARAH YESUSke-2 :  “JAMINAN PEMULIHAN”
Ada 4 macam JAMINAN PEMULIHAN :Pertama :  Jaminan Pemulihan Persekutuan dengan TUHAN yang putus di Taman Eden.
Efesus 3:12
3:12 Di dalam Dia kita beroleh keberanian dan jalan masuk kepada Allah dengan penuh kepercayaan oleh iman kita kepada-Nya.
Didalam Dia kita beroleh keberanian untuk masuk kedalam persekutuan dengan TUHAN. Kita berani datang kepada-Nya karena kita sudah punya jaminan. Amin?Apa saudara berani masuk ke Istana Merdeka? Tentu berani, bila ada “undangan dari Istana”Apakah kita punya undangan datang ke TUHAN? Ada, yaitu darah Yesus yang tidak bercela supaya saudara bisa masuk lebih dalam lagi dan bersekutu intim dengan TUHAN. Tapi permasalahannya dimana? Bukankah saudara sudah punya jaminan?
Masalahnya jarang ada orang yang mau memakai jaminan itu :
  • Berapa banyak orang Kristen mau intim dengan Allah?
  • Berapa banyak orang Kristen mau mengorbankan waktunya untuk TUHAN?
  • Berapa banyak orang Kristen mau bertobat?
  • Berapa banyak orang Kristen yang masih mau menyenangkan hati TUHAN, sementara mereka lebih suka menyenangkan dagingnya sendiri?
Kalau saudara sadar sudah punya jaminan untuk masuk lebih dalam bersekutu dengan TUHAN, yaitu dengan darah-Nya yang sudah saudara miliki, kenapa saudara tidak manfaatkan fungsi darah Yesus untuk datang menghadap Dia?Bila saudara sudah pegang jaminan ini, saudara pasti akan bersekutu lebih dalam dan lebih dalam lagi, maka saudara akan masuk dalam keintiman yang sempurna dengan TUHAN.
Kedua : Jaminan Pemulihan Imamat
Imamat saudara akan dipulihkan. Saudara akan melayani sesuai dengan hasrat TUHAN atau saudara akan melayani sesuai dengan kehendak TUHAN. Inilah yang dinamaka “jaminan pemulihan imamat”.
 Kita buka kitab Imamat 8:22-24
8:22 Kemudian disuruhnya membawa domba jantan yang lain, yakni domba persembahan pentahbisan, lalu Harun dan anak-anaknya meletakkan tangannya ke atas kepala domba jantan itu.8:23 Domba jantan itu disembelihlalu Musa mengambil sedikit dari darahnya dan membubuhnya pada cuping telinga kanan Harunpada ibu jari tangan kanan dan pada ibu jari kaki kanannya.8:24 Musa menyuruh anak-anak Harunmendekat, lalu membubuh sedikit dari darah itu pada cuping telinga kanan merekapada ibu jari tangan kanan dan pada ibu jari kaki kanan mereka, lalu Musa menyiramkan darah selebihnya pada mezbah sekelilingnya.
Ayat 22 : Ketika Harun dan anak-anaknya meletakkan tangan mereka diatas kepala domba itu, maka semua dosa mereka pindah ke domba itu. Artinya ketika saudara meletakkan tangan saudara ketangan TUHAN maka semua dosa saudara, telah saudara letakkan ditangan TUHAN, artinya dosa saudara diambil alih oleh TUHAN.
Ayat 23 : Kita ditahbiskan oleh TUHAN dengan darah Anak-Nya, dan inilah jaminan pemulihan imamat yang dilakukan oleh TUHAN bagi kita sekalian melalui darah Yesus.
Imamat 4:4-7
4:4 Ia harus membawa lembu itu ke pintu Kemah Pertemuan, ke hadapan TUHAN, lalu ia harus meletakkan tangannya ke atas kepala lembu itu, dan menyembelih lembu itu di hadapan TUHAN.4:5 Imam yang diurapi itu harus mengambil sebagian dari darah lembu itu, lalu membawanya ke dalam Kemah Pertemuan.4:6 Imam harus mencelupkan jarinya ke dalam darah itu, dan memercikkan sedikit dari darah itu, tujuh kali di hadapan TUHAN, di depan tabir penyekat tempat kudus.4:7 Kemudian imam itu harus membubuh sedikit dari darah itu pada tanduk-tanduk mezbah pembakaran ukupan dari wangi-wangian, yang ada di hadapan TUHAN di dalam Kemah Pertemuan, dan semua darah selebihnya harus dicurahkannya kepada bagian bawah mezbah korban bakaran yang di depan pintu Kemah Pertemuan.
Kita membawa darah itu ke dalam Kemah Pertemuan, arinya kita masuk lebih dalam dan lebih dalam lagi, sehingga kita menyatu dengan TUHAN di dalam Ruang Maha Suci. Dan inilah yang dimaksudkan dengan “pemulihan imamat” kita. Jadi hanya dengan darah Yesus kita bisa masuk kedalam Ruang Maha Kudus.Ayat 7 : Artinya saudara akan mengalami pemulihan sebagai imamat untuk melayani sesuai dengan kehendak TUHAN.

Ketiga : Jaminan Pemulihan Kesempurnaan
Saudara akan dipulihkan menjadi sempurna seperti di Taman Eden sebelum Adam dan Hawa jatuh dalam dosa. Coba bayangkan apa yang kita kerjakan setelah kematian kita di bumi ini.
Atau apa yang akan saudara rasakan setelah kematian. Banyak dari kita takut menghadapi kematian. Kenapa?Karena saudara hanya “meraba-raba” atau hanya mengira-ngira saja, ada apa dibalik kematian itu. Sebenarnya, dibalik kematian itu ada suatu kehidupan yang benar-benar nyata seperti kehidupan kita sekarang ini di bumi.Tapi bedanya, disana tidak ada kesedihan ataupun penderitaan, kalau saudara benar-benar masuk sorga. Kalau saudara masuk sorga, saudara akan mengalami kehidupan yang benar-benar nyata. Saudara akan menyaksikan adanya langit baru ada bumi baru. Saudara akan menempatinya. Dan bila saudara masuk ke Yerusalem Baru, maka saudara akan ikut memerintah bersama Tuhan.Siapakah yang saudara perintah?
  • Adalah orang-orang yang hidup kekristenannya sewaktu di bumi, tidak sempurna atau asal selamat.
  • Adalah orang-orang yang meninggal dengan iman yang pas-pasan, bahkan mereka yang hampir tidak selamat.
Coba saudara lihat di Taman Eden , apakah ada pekerja disana? Ada!!! Karena apabila di Sorga kita hanya bernyanyi-nyanyi saja, betapa mem-bosankannya hidup di sorga :
  • Di sorga banyak pekerjaan dan pekerja, bedanya dengan yang dibumi, disana itu tidak ada korupsi, tidak ada orang yang mengancam keselamatan saudara karena saudara memang sudah selamat.
  • Di Sorga itu nyata, saudara punya kehidupan seperti sekarang ini di bumi, bedanya saudara tidak akan pernah menderita sakit ataupun kematian, tidak ada tangis dan air mata, yang ada hanya sukacita dalam kekekalan.
TUHAN datang ke dunia, untuk menghidupkan Roh-Nya didalam saudara dan setelah Roh-Nya ini hidup dalam saudara, maka saudarapun akan berjalan dalam Roh-Nya. Ketika saudara berjalan dalam Roh, saudara akan dibawa sampai kedalam Kemah Pertemuan, bahkan sampai Ruang Maha Suci dimana saudara akan berjumpa dengan Bapa di Sorga dan disitulah saatnya saudara baru tahu kalau saudara telah mengalami penyempurnaan .
Karenanya, bertambah dalam saudara masuk kedalam Kemah, tambah banyak kedagingan saudara yang terlepas. Kalau saudara bertekad hanya masuk sampai “dihalaman saja sudah cukup” silahkan saja. Tapi begitu saudara mau masuk ke Ruang Kudus saudara harus melayani Dia dalam Roh. Dan bila saudara masuk lebih dalam lagi sampai ke Ruang Maha Kudus, saudara sudah segambar dan serupa dengan-Nya. Dan bagi mereka ini, TUHAN memberi kewenangan untuk masuk sampai ke Ruang Maha Kudus.
Jadi bila hari ini saudara sudah tahu, bahwa ada kehidupan setelah kematian, seharusnya saudara tidak perlu takut akan kematian. Asalkan saudara yakin masuk sorga. Tapi bagi mereka yang meragukan keselamatannya, maka dia juga akan meragukan “semua kemuliaan sorgawi” karena mereka akan hidup kekal secara nyata didalam lautan api dalam penderitaan tiada taranya.Kita tidak takut akan kematian, sehingga Rasul Paulus-pun berkata :
“hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan”
Banyak orang Kristen takut dengan kematian. Memang tidak mudah untuk dapat mencerna pemahaman ini. Tapi, kita percaya ada kehidupan yang berbeda setelah kita mati. Oleh karena itu kita harus bersyukur pada Yesus yang telah mencurahkan darah-Nya dikayu salib di Golgota 2000 tahun yang lalu, yang kita peringati dan rayakan hari ini.Hanya oleh darah-Nya kita dapat berhadapan muka dengan muka dengan Dia. Inilah istimewanya dan luar biasanya hidup dengan Kristus.Coba saudara bayangkan, kira-kira bagaimana kehidupan di taman Eden. TUHAN berfirman kepada Adam dan Hawa : “usahakan!”Maksudnya kerjakan tanahnya, artinya ada pekerjaan disana.Dengan demikian, pasti ada kehidupan di Sorga sebagaimana halnya di Dunia, sebenarnya “parallel” saja. Hanya bedanya, disana tidak ada domba, tidak ada orang yang korupsi seperti di bumi ini.Disana keberadaan Allah yang sangat nyata, disini Allah masih samar-samar dalam hidup kita. Makanya Rasul Paulus berkata di Korintus “Aku bisa bertemu muka dengan muka dengan Dia”.Inilah yang namanya “kesempurnaan”.Itulah sebabnya, kita tidak perlu takut dengan kematian dan saudara akan berkata “mati adalah keuntungan bagiku”.Saudara tidak akan pernah menyesal dengan kehidupan saudara sekarang ini walaupun banyak derita. Jangan sampai saudara bersungut-sungut, mengapa saya harus hidup kalau harus menderita seperti ini.Jangan bersungut-sungut, karena dibalik kubur ada kehidupan kekal di sorga yang Tuhan sediakan bagi saudara dan saya. Itu yang namanya “pemulihan kesempurnaan”.
Keempat : Jaminan Pemulihan Kodrat Ilahi.
Saudara akan mengalami pemulihan kodrat ilahi.  2 Ptrus 1:4
1:4 Dengan jalan itu Ia telah menganugerahkan kepada kita janji-janji yang berharga dan yang sangat besar, supaya olehnya kamu boleh mengambil bagian dalam kodrat ilahidan luput dari hawa nafsu duniawi yang membinasakan dunia.
Kodrat ilahi artinya menjadi warga ilahi dan bukan lagi seperti manusia duniawi, tapi telah menjadi manusia ilahi atau manusianya Allah.
Ingat, istilahnya Allah lagi mempersuntingkan kita, tapi orang dunia bilang itu tidak mungkin karena manusia kawin hanya dengan manusia.
Oleh sebab itu “yang ilahi” itu harus datang kedunia ini, Dia tinggal di dalam saudara supaya saudara berjalan sesuai dengan kehendak-Nya.
Dan Roh Allah akan mengubah saudara dari manusia insani menjadi manusia ilahi, sehingga saudara akan menampilkan wujud kodrat ilahi yang ada dalam saudara.
FUNGSI LAIN DARAH YESUS, ke-3 :  “JAMINAN PENGENALAN AKAN ALLAH”
1 Yohanes 4:7
4:7 Saudara-saudaraku yang kekasih, marilah kita saling mengasihi, sebab kasih itu berasal dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi, lahir dari Allah dan mengenal Allah.
Setiap orang yang saling mengasihi setidaknya tidak ada rasa benci, tidak ada sakit hati karena semuanya ini adalah berasal dari Allah.Berarti, saudara adalah orang yang berasal dari Allah, saudara lahir dari Allah dan memiliki pengenalan akan Allah.Karenanya, kita harus mengasihi Allah karena Dia lebih dulu mengasihi kita.
Mengasihi itu harus tanpa syarat. Kalau mengasihi dengan syarat, itu namanya mengasihi yang mengharapkan timbal balik, mengasihi karena ada pamrih.
Sementara yang namanya kasih, seharusnya tanpa pamrih. Karena seharusnya pula, saudara menerima kebaikan orang lain atau mengampuni orang lain, harus apa adanya!Mungkin saudara bertanya : “bagaimana seandainya orang tersebut tanpa malu berulang-ulang menyakiti saya, sehingga melihat mukanya saja saya jadi sakit perut?”Saya jawab : Walaupun orang tersebut telah menyakiti hati saudara, tapi karena saudara sudah punya darah Yesus didalam saudara, saudara tetap mengasihi dia.Saudara akan mampu mengasihi orang itu dan kasih itu muncul oleh adanya jaminan pengenalan akan TUHAN oleh darah Yesus yang masuk lebih dalam dan lebih dalam lagi untuk mengenal TUHAN. Filipi 3:8.
3:8 Malahan segala sesuatu kuanggap rugikarena pengenalan akan Kristus Yesus, Tuhanku, lebih mulia dari pada semuanya.Oleh karena Dialah aku telah melepaskan semuanya itu dan menganggapnya sampah,supaya aku memperoleh Kristus,
Paulus berkata : “segala sesuatu itu kuanggap sampah tidak ada gunanya lagi, bagiku”.Karena pengenalan akan Kristus Yesus jauh lebih mulia daripada semua-nya itukarena Dia-lah yang telah melepaskan kita dari semuanya itu yaitu hal-hal yang sifatnya lahiriah duniawi. (Jadi, yang “telah bikin sakit perut” saudara tadi, itu adalah sampah).
Kalau saudara masuk lebih dalam lagi dan lebih dalam lagi :
  • Saudara akan menampilkan kodrat ilahi,
  • Saudara akan menjadi seperti Dia,
  • Saudara akan benar-benar mengenal Allah
  • Sehingga semua hal lahiriah duniawi tadi, sudah tidak ada artinya lagi bagi saudara. Haleluya! Amin?
FUNGSI LAIN DARAH YESUSke-4 :   “JAMINAN JAWABAN DOA”
Banyak orang Kristen kecewa “saya sudah berdoa dan berdoa terus tapi tidak pernah dijawab oleh TUHAN”. Mengapa doa saudara tidak terjawab?Masalahnya, karena banyak orang salah berdoa dan yang terutama karena mereka “belum mengenal TUHAN” dalam artian yang sesungguhnya.Juga karena mereka “tidak mengerti kehendak-Nya”, sehingga ketika mereka meminta sesuatu dalam doa mereka kepada-Nya, mereka meminta sesuatu yang tidak sesuai dengan kehendak-Nya.
Oleh sebab itu saudara harus menyatu dengan TUHAN untuk mengerti kehendak-Nya. Kalau saudara mengerti kehendak TUHAN, maka saudara akan meminta sesuai dengan kehendak-Nya.
Saudara boleh meminta apa saja atau segala sesuatu dari TUHAN, tetapi segala sesuatu yang menyenangkan hati TUHAN.
1 Yohanes 5:14
5:14 Dan inilah keberanian percaya kita kepada-Nya, yaitu bahwa Ia mengabulkan doa kitajikalau kita meminta sesuatu kepada-Nya menurut kehendak-Nya.
Saya garis bawahi : “menurut kehendak-Nya”.
Inilah kunci dari jawaban semua doa.Saudara akan mendapatkan sesuatu yang saudara inginkan, jika itu sesuai dengan kehendak TUHAN.
Bagaimana caranya agar doa saudara dikabulkan?Doa saudara harus sesuai dengan yang Dia kehendaki, untuk itu sudah pasti “saudara harus tahu dulu kehendak TUHAN” dan kalau saudara telah tahu akan kehendak TUHAN, maka saudarapun tidak akan pernah meminta sesuatu diluar kehendak-Nya.Oleh sebab itu dengan darah Yesus, Bapa di Sorga akan berkenan mengabulkan doa saudara.
Dengan darah-Nyasaudara akan dipulihkan menjadi sempurna, dipulih-kan imamat saudara, dipulihkan kodrat saudara, dan dipulihkan jawaban doa saudara :
  • Dengan darah Yesus, saudara akan lebih mengenal-Nya,
  • Dengan darah Yesus, saudarapun akan semakin intim dan semakin intim dengan-Nya,
  • Dengan darah Yesus, saudarapun dapat mendengar-Nya dan juga akan tahu kehendak-Nya,
  • Sehingga saudara akan yakin, ketika saudara meminta sesuatu kepada-Nya, sudah sesuai dengan yang Dia kehendaki
Kalau sekarang ini saudara membutuhkan sesuatu, mintalah kepada-Nya, dan katakan kepada-Nya :
“Jangan kehendakku, Bapa, tapi jadilah sesuai dengan kehendak-Mu”
Itulah juga doa Yesus di Taman Getsemani :
  • Karena Dia tahu, waktunya sudah tiba untuk diserahkan kepada para imam Yahudi dimana Dia akan dianiaya oleh orang Yahudi dan prajurit Romawi.
  • Karena Dia tahu, bahwa semuanya itu adalah kehendak Bapa di Sorga.
  • Oleh karena itu Yesus berdoa : “kalau boleh cawan itu berlalu dari-Nya” tapi kemudian Dia berkata : “Jangan kehendak-Ku Bapa, tapi jadilah sesuai dengan kehendak-Mu”.
Sekarang, beranikah saudara berkata begitu kepada TUHAN? Harus berani, tapi kemudian katakan : “jadilah sesuai dengan kehendak-Mu, Bapa!”Tapi bila TUHAN tidak mengabulkan doa saudara, katakan “terimakasih TUHAN”, berarti TUHAN berkehendak lain untuk kebaikan saudara.Tapi bila dikabulkan, jangan lupa katakan “TUHAN terimakasih, “
Saya ingatkanjanganlah menjadi orang yang bersungut-sungut karena doa tidak dikabulkan. Tetaplah mengucap syukur dalam segala hal, karena saudara telah mengenal TUHAN dan sudah mengenal kehendak-Nya atas saudara.Itulah sebabnya, saya selalu ingatkan saudara, agar saudara harus selalu baca firman TUHAN, saudara harus selalu berdoa, karena doa lahir dari firman.
Kalau saudara kurang berminat baca firman:
  • Bagaimana mungkin saudara dapat berdoa dengan benar sesuai kehendak TUHAN?
  • Sadarkah saudara, bahwa sikap saudara itu sudah masuk dalam kategori meremehkan firman TUHAN?
  • Tahukah saudara, bahwa saudara akan ditertawakan oleh TUHAN ketika saudara ditimpa kemalangan?
Sekali lagi saya ingatkanmenyatulah dengan TUHAN, intimlah dengan Dia, maka saudara akan tahu apa yang menjadi kehendak-Nya bagi saudara.Mulai dari Hari Jum’at Agung inikita harus menjadi orang yang benar-benar menghargai darah-Nya dan tidak menyia-nyiakan pengorbanan-Nya.Saudara yang telah menerima kasih karunia-Nya datanglah kepada-Nya dengan kasih karunia itu dan dengan darah-Nya.Saudara harus bertekad untuk lepas dari dakwaan iblis dan harus benar-benar mau bertobat. Jangan mengeraskan hatimu dan bersyukurlah dalam segala hal, maka saudara adalah orang-orang yang diberkati. Haleluya!!!

Amin.

Komentar

Postingan Populer