MENANTI PETUNJUK ROH KUDUS


MENANTI PETUNJUK ROH KUDUS
Ev Drg Yusak Tjipto


Seringkali kita tidak mempelajari orang-orang pilihan Tuhan itu siapa ? Seringkali kita tidak sadar sehingga kita menjadi manja, hidup seenaknya. Kita harus belajar dari orang pilihan supaya kita tidak jatuh ditempat yang sama.

Mazmur 37:23-24 (TB)  TUHAN menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepada-Nya;
apabila ia jatuh, tidaklah sampai tergeletak, sebab TUHAN menopang tangannya.

ROH PENUNTUN

Yesus berkata bahwa Dia akan mengirimkan Roh Kudus untuk menjadi Penolong, Penghibur dan Penuntun. “Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya” (Yohanes 14:16). 

Kata Yunani yang diterjemahkan sebagai “Penolong” ini punya makna asli “seseorang yang dipanggil untuk berjalan bersama, dan mempunyai pengertian seseorang yang memberi dorongan dan nasihat.” 
Kita harus percaya sama Tuhan Yesus dan mengenakan pikiran Kristus.


ROH YANG MENYERTAI

Yohanes 14:16-17 (TB)  Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,
yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

Seringkali kita selalu berpikir bahwa cara Tuhan Roh Kudus Menolong Hidupmu harus sama seperti apa yang kita pikirkan.

Tuhan Yesus sudah menetapkan setiap langkah orang yang hidup bergantung sama pimpinan Roh Kudus

Ibrani 4:12 (TB)  Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua mana pun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita.

Kita harus menantikan Tuhan Roh Kudus yang menuntun hidup kita.
Ketika kita sedang dalam pergumulan, masalah, atau jatuh ke dalam dosa, Roh Kudus akan mengingatkan kita akan karya Kristus di atas kayu salib, bahwa DIA sangat mengasihi kita. Roh Kudus akan mengingatkan kita tentang janji Tuhan yang telah dianugerahkan sepenuhnya kepada kita. Roh Kudus akan mengingatkan bahwa identitas kita adalah anak kesayangan Tuhan.

Adalah tugas Roh Kudus untuk selalu menuntun kita kepada YESUS. Karena saat kita berpaling kepada YESUS, kita akan menemukan jalan keluar dan jawaban yang kita nantikan, kita akan meninggalkan dosa-dosa kita, dan kita akan menikmati kebaikan dan kemurahan Tuhan.

Amin
Penulis
Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer