MABUK


MABUK
JKI HIGHER THAN EVER PAGI
Minggu, 2 Desember 2018
Pdt Victor Kristijanto Purnomo


Ketika ibu Iin menyampaikan ayat tentang Nuh Mabuk dan telanjang, saya tergerak untuk mempelajari mengenai ayat tersebut.

Kejadian 9:20-21 (TB)  Nuh menjadi petani; dialah yang mula-mula membuat kebun anggur.
Setelah ia minum anggur, mabuklah ia dan ia telanjang dalam kemahnya.

Mabuk, dalam pengertian umum, adalah keadaan keracunan karena konsumsi alkohol sampai kondisi di mana terjadi penurunan kemampuan mental dan fisik. Gejala umum antara lain bicara tidak jelas, keseimbangan kacau, koordinasi buruk, muka semburat, mata merah, dan kelakuan-kelakuan aneh lainnya.

Mari kita hidup jangan dalam kemabukan. Nuh adalah orang yang mengelola kebun anggur pertama kali.
Jangan hidup dalam kemabukan, kita akan lupa diri dan itu berbahaya.
Ada kemabukan lain yang bukan karena alkohol, tapi hal lain.
Hidup kita menurut seleraNya Tuhan, dan hidup kita sungguh amat baik, Nuh menemukan bagaimama mengelola anggur yg baik. Ada pengetahuan yang Tuhan berikan Kepada Nuh sehingga Nuh bisa membuat Air Anggur.

Dalam buah terlarang itu ada dua hal baik dan jahat. Semua yg manusia ciptakan ada dua sisi baik dan buruk.

Contohnya Nuklir, di satu sisi bermanfaat dan di sisi lain bisa memusnahkan semua.

Jangan kita hidup dalam kemabukan kita, contohnya mabuk yang disebabkan uang, harta, tahta, cinta, perkara-perkara dunia.
Mabuk sama dengan keracunan Jangan terima racun dari setan yang memabukkan.
Kalau dunia sudah mulai meracuni hidupmu semua yang baik yang kita miliki maka hidup kita akan keracunan dan membuat kita mati.
Jangan mau racun dunia, mari tolak racun itu.

Akibat alkohol mabuk
# Kemampuan mental dan fisik menjadi lemah.

Firman berkata janganlah engkau mabuk anggur hendaklah engkau penuh dengan roh. Biar RohNya yang bekerja dalam hidup kita.

#  Membuat kita jadi malu.

Roh jahat membuat kita dipermalukan, Roh Tuhan yang mengangkat hidup kita.
Daniel 5:1-2 Raja Belsyazar mengadakan perjamuan yang besar untuk para pembesarnya, seribu orang jumlahnya; dan di hadapan seribu orang itu ia minum-minum anggur.

Dalam kemabukan anggur, Belsyazar menitahkan orang membawa perkakas dari emas dan perak yang telah diambil oleh Nebukadnezar, ayahnya, dari dalam Bait Suci di Yerusalem, supaya raja dan para pembesarnya, para isteri dan para gundik mereka minum dari perkakas itu.
Jangan pakai yang dari Tuhan dipakai untuk hidup kita semau-maunya. Saat raja sedang mabuk, dia menunjukkan semua  peralatan dan kekayaan sehingga semuanya dibawa Raja Nebukadnezar Dan ketika Tuhan menimbang didapati terlalu ringan raja itu, jagai hidup kita dari kemabukan.

Kerajaan tersebut jadi terpecah dua. Dalam kemabukan kita bisa menyentuh milik Tuhan dan ini membahayakan hidup kita.
Jangan pernah salah memilih dan hidup sesuai dengan Firman Tuhan.

1 Samuel 25:36-37 Sampailah Abigail kepada Nabal dan tampaklah, Nabal mengadakan perjamuan di rumahnya, seperti perjamuan raja-raja. Nabal riang gembira dan mabuk sekali. Sebab itu tidaklah diceriterakan perempuan itu sepatah kata pun kepadanya, sampai fajar menyingsing.
Tetapi pada waktu pagi, ketika sudah hilang mabuk Nabal itu, diceriterakanlah kepadanya oleh isterinya segala perkara itu. Lalu terhentilah jantungnya dalam dada dan ia membatu.

Ketika Nabal mabuk dan Bebal bahaya sedang dekat dalam hidupnya, dan Daud sedang merancangkan pembunuhan bagi keluarganya.

Abigail istri Nabal peka dan memiliki roh yang tajam sehingga ia mendatangi Daud dan menyurutkan amarah Daud terhadap Nabal.

# kepekaan kita jadi hilang saat mabuk.
Kalau tidak mabuk roh kita akan tahu peka dan kita akan menghalangi roh yang mencoba merusak hidup kita.

Banyak org yang menyesal berkata terlambat waktu roh yang memabukkan merusak hidup kita, karena kita kurang peka dan roh kita tidak tajam.

Miliki roh yang peka dan tajam, supaya tahu harus bertindak kemana.

Hakim-hakim 13:14 Janganlah ia makan sesuatu yang berasal dari pohon anggur; anggur atau minuman yang memabukkan tidak boleh diminumnya dan sesuatu yang haram tidak boleh dimakannya. Ia harus berpegang pada segala yang Kuperintahkan kepadanya."

Tuhan ucapkan ini kepada ibunya Simson, jangan sampai yang haram masuk dlm hidupnya.

Tuhan mau sampai akhir hidupnya Simson melayani Tuhan.
Tuhan tidak mernah merancang hal yang jahat. Dia bawa kita terus naik, kita itu kepala dan bukan ekor.
Tapi Simson mabuk cinta dengan Delila, dan masukan yang haram dalam hidupnya.

Pengkhotbah 10:16-17  Wahai engkau tanah, kalau rajamu seorang kanak-kanak, dan pemimpin-pemimpinmu pagi-pagi sudah makan! 

Berbahagialah engkau tanah, kalau rajamu seorang yang berasal dari kaum pemuka, dan pemimpin-pemimpinmu makan pada waktunya dalam keperkasaan dan bukan dalam kemabukan!

Ecclesiastes 10:17 (NKJV)  Blessed are you, O land, when your king is the son of nobles, and your princes eat in due season, for strength, and not for drunkenness!

Berbahagialah kalau rajamu seorang terdidik bangsawan diajarkan etika. 

Mereka makan untuk kekuatan mereka. Makanlah apa yang mendatangkan kekuatan bagi hidupmu, jangan makan yang memabukkan. Kalau kita makan yang tidak baik kita akan menjadi lemah.

Ilustrasi Menantu Kerajaan Inggris, Megan Markle dari seorang wanita biasa dan menikah dengan seorang Pangeran Kerajaan Inggris, dia harus mengalami pendidikan protokoler Kerajaan.

Hati kita lemah sering kali kita makan yang memabukkan dan melemahkan. Tuhan Yesus mau ajari kita supaya roh kita sehat.

Efesus 5:18  Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh,

Jangan biarkan anggur menguasai kita. Apa yang kita masukkan dalam hidup kita itu yang menguasai hidup kita ? Apakah yang mau masukan dalam hidup kita Roh Allah atau anggur yang memabukkan ?

Lukas 21:34-36  "Jagalah dirimu, supaya hatimu jangan sarat oleh pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan duniawi dan supaya hari Tuhan jangan dengan tiba-tiba jatuh ke atas dirimu seperti suatu jerat.

Sebab ia akan menimpa semua penduduk bumi ini.

Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa, supaya kamu beroleh kekuatan untuk luput dari semua yang akan terjadi itu, dan supaya kamu tahan berdiri di hadapan Anak Manusia."

Orang yang hidup diakhir jaman yang sedang mabuk akan masuk dalam jerat, tapi diayat 36 berkata kita harus berjaga jaga dan berdoa supaya kita beroleh kekuatan untuk luput dari semua yang terjadi.
Ketika ditimpa oleh semua yang jahat kita harus tenang dan setiap musuh kita tidak ada yang akan lolos karena kita berjaga-jaga dan berdoa.

Mari katakan biar hari ini hidup kita penuh dengan Roh Tuhan dan bukan anggur yang memabukkan.
Penulis
Joshua Ivan Sudrajat





Komentar

Postingan Populer