MEMASUKI DAN MEREBUT HEBRON

KOTBAH TAHUN BARU PD PERTAMA
Selasa, 15-1-2019
HATI YG SIAP UTK MELANGKAH 
( MEMASUKI  DAN MEREBUT HEBRON )
Ev Nany Susanty SH



ADA BEBERAPA POINT KITA PELAJARI SEBAGAI DASAR MENJALANI NYA YAITU

HATI YG SIAP UTK MELANGKAH

Yusua 1; 1) Sesudah Musa hamba TUHAN itu mati, berfirmanlah TUHAN kepada Yosua bin Nun, abdi Musa itu, demikian: (2) "Hamba-Ku Musa telah mati; sebab itu bersiaplah sekarang, seberangilah sungai Yordan ini, engkau dan seluruh bangsa ini, menuju negeri yang akan Kuberikan kepada mereka, kepada orang Israel itu.

Yosua 1:5 (TB)  Seorang pun tidak akan dapat bertahan menghadapi engkau seumur hidupmu; seperti Aku menyertai Musa, demikianlah Aku akan menyertai engkau; Aku tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau.

Yosua 1:6 (TB)  Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, sebab engkaulah yang akan memimpin bangsa ini memiliki negeri yang Kujanjikan dengan bersumpah kepada nenek moyang mereka untuk diberikan kepada mereka.

Yosua 1:7 (TB)  Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa; janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, ke mana pun engkau pergi.

Yosua 1:8-9 (TB)  Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.
Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke mana pun engkau pergi."

ADA PESAN 2 YG KITA INGAT DALAM MENJALANI TG 2019

1   KUAT DAN TEGUH  ( TDK GAMPANG PUTUS ASA)
Kita belajar dari CALEB

-Kaleb merebut Hebron
Yosua 15:13) Tetapi kepada Kaleb bin Yefune diberikan Yosua sebagian di tengah-tengah bani Yehuda itu, yakni Kiryat-Arba, seperti yang dititahkan TUHAN kepadanya; Arba ialah bapa Enak. Itulah Hebron. (14) Dan Kaleb menghalau dari sana ketiga orang Enak, yakni Sesai, Ahiman dan Talmai,
Yosua 14:9-13 Hebron menjadi milik pusakanya Caleb

TAHUN INI TUHAN SIAPKAN HEBRON BUAT KITA
ADA APA DENGAN HEBRON ?

A. PERLIPAT  X GANDAAN SESUDAH PERPISAHAN
ABRAHAM DAN LOD BERPISAH. (KEJ 13-14-18)
Setelah Lot berpisah dari pada Abram, berfirmanlah TUHAN kepada Abram: "Pandanglah sekelilingmu dan lihatlah dari tempat engkau berdiri itu ke timur dan barat, utara dan selatan, (15) sebab seluruh negeri yang kaulihat itu akan Kuberikan kepadamu dan kepada keturunanmu untuk selama-lamanya. (16) Dan Aku akan menjadikan keturunanmu seperti debu tanah banyaknya, sehingga, jika seandainya ada yang dapat menghitung debu tanah, keturunanmupun akan dapat dihitung juga. (17) Bersiaplah, JALANILAH negeri itu menurut panjang dan lebarnya, sebab kepadamulah akan KUBERIKAN NEGERI itu." (18) Sesudah itu Abram memindahkan kemahnya dan menetap di dekat pohon-pohon tarbantin di Mamre, dekat Hebron, lalu didirikannyalah mezbah di situ bagi TUHAN.

*)Rumahmu adalah HEBRON krn ada urapan raja2.

 B. URAPAN RAJA
DAUD DIURAPI YG KEDUA DAN KE TIGA DI HEBRON MEMBUAT DIA MENCAPAI DESTINY  MEREBUT GUNUNG SION DAN JADI RAJA UTK SELURUH ISRAEL ( MASZ 92:10)
(10) (92-11) Tetapi Kautinggikan tandukku seperti tanduk banteng,
aku dituangi dengan minyak baru;
2 sam 5;3) Maka datanglah semua tua-tua Israel menghadap raja di Hebron, lalu raja Daud mengadakan perjanjian dengan mereka di Hebron di hadapan TUHAN; kemudian mereka mengurapi Daud menjadi raja atas Israel.
7) Tetapi Daud merebut kubu pertahanan Sion, yaitu kota Daud.
   C. TROBOSAN 
Simson mengangkat pintu gerbang dan naik ke hebron ( HAKIM2   16:3)
3) Tetapi Simson tidur di situ sampai tengah malam. Pada waktu tengah malam bangunlah ia, dipegangnya kedua daun pintu gerbang kota itu dan kedua tiang pintu, dicabutnyalah semuanya beserta palangnya, diletakkannya di atas kedua bahunya, lalu semuanya itu diangkatnya ke puncak gunung yang berhadapan dengan Hebron.
  D. KOTA PERLINDUNGAN(yosua 21:13)

 E. MEMILIKI VISI YG PROGRESIF
Hakim2  1 :12-14)
SPT OTNIEL
Spr aksa  MINTA MATA AIR
  F. SEGENAP HATI MEMILIKI HATI YG TEGUH MEMEGANG JANJI
Yusua 14-13-14
Spt kaleb
13) Lalu Yosua memberkati Kaleb bin Yefune, dan diberikannyalah Hebron kepadanya menjadi milik pusakanya. (14) Itulah sebabnya Hebron menjadi milik pusaka Kaleb bin Yefune, orang Kenas itu, sampai sekarang ini, karena ia tetap mengikuti TUHAN, Allah Israel, dengan sepenuh hati.


II    BERTINDAK HATI2 ( jangan gegapah dan anggap enteng semua maSALAH yg kita hadapi

III   BACA FIRMAN TIAP X ( SAAT TEDUH HARUS BERES )
Yusua 1 7) Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa; janganlah menyimpang  ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, ke manapun engkau pergi. (8) Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.

HASILNYA  BERHASIL DAN BERUNTUNG  DALAM MENJALANI TH 2019

Amin2

Komentar

Postingan Populer