COVENANT


*COVENANT atau PERJANJIAN*
*Pdt Petrus Agung Purnomo*

1 Samuel 17:20-37
Motivasi Daud lawan Goliat itu apa? Hadiah Saul: Akan dianugrahkan kekayaan yang besar, Menantu raja, bebas pajak – ketiganya tentang kekayaan

Bagaimana daud dapat mengalahkan goliat? 2 faktor:

1. Berdiri atas dasar COVENANT/PERJANJIAN – Goliat tak bersunat dan daud memperkatakan hal itu (ayat 36) dan daud pegang perjanjian dengan Tuhan (sunat tanda perjanjian Tuhan pada abraham pada Kejadian 17)

2. Daud berkata “Jehovah Tzebaoth” – Allah 
Jenderal Perang Tuhan Semesta Alam

Ulangan 8:17-18 The power to get wealth (kekuatan untuk memperoleh kekayaan) sebenarnya yang penting bukan kekayaannya tapi perjanjianNYA. Dan kekayaan itu hanya tambahan, seperti beli motor dapat gantungan kunci..banyak orang malah rebutan gantungan kuncinya ; beli sate kambing otomatis dapat kecap ; atau lumpia otomatis dapat acar-nya.
Perjanjian sebenarnya untuk orang yang selevel, tapi Tuhan kita rendah hati sehingga Tuhan berkata AKU buat perjanjian dengan umatNYA; sebenarnya kita orang yang lemah itu bukan buat perjanjian tapi kita harus ditundukan.

Di Perjanjian Lama :

1. 1 Samuel 18:1-5 karena DIA begitu mengasihi kita. Lihat Yonatan kepada daud.

Tanda perjanjian :

1. Saling tukar menukar jubah

Kehebatan jubah Tuhan kita : lihat Yohanes 19:23-24. Tidak berjait,hanya 1 tenunan – artinya barang mahal (prajurit2 itu tidak membaginya menjadi beberapa potongan dan malah membuang undi)
Tuhan datang biar kita kaya, DIA mati untuk kita diselamatkan

2. Tukar ikat pinggang Yeremia 13:11
hidupmu menjadi ikat pinggangNya.mendengar – jadi umat ; ternama ; terpuji ; terhormat Ikat pinggang : tempat meletakan senjata (perang jarak dekat) Kita pada ikat pinggang-NYA bagaimana setan mau dekat kepada kita.
Covenant – mundur 8 langkah : artinya New Beginning

3. Tukar menukar kekayaan

Lukas 13:10-16 ; ay16: karena ia adalah keturunan Abraham (Tuhan ingat perjanjiaan-NYA)

2 Tawarikh 6:12-16
Salomo mengerti perjanjianNYA (lih ayat 14-) salomo mengerti perjanjian dan dengan kecerdasan (ay15,16 – perjanjian dengan Daud-ayahku); Nama Daud mengetarkan hati Tuhan.

2 Tawarikh 21:4 Yoram merasa dirinya kuat (bahaya ini) tapi, Lihat ayat 7 : karena Perjanjiaan yang diikat-Nya dengan Daud
Galatia 3:13-14,29

JanjiNya: Roma 4:13 kita ini mewarisi apa yang Tuhan janjikan kepada Abraham
lihat bangsa yahudi 1,29% di kanada,amerika (Amerika bagian utara) tapi menguasai 78% kekayaan 2 negara itu. Jaman Hitler, Yahudi di Jerman <1% menguasai 80% kekayaan jerman.
Sekarang janji itu turun kepada kita.

Seperti apa Perjanjian itu?

1. Tuhan dengan Abraham (Tuhan yang ngomong kepada Abraham)

2. Tuhan dengan Yakub (kita yang janji ke Tuhan)

Jika anda tidak tau apa perjanjian Tuhan denganmu :

1. Pakai janji Tuhan kepada gerejanya

2. Pakai nama mu jika nama itu dari Tuhan pegang arti nama mu

JIS

Komentar

Postingan Populer