MELEKAT DALAM TUHAN

MELEKAT DALAM TUHAN
Pdt. Daniel Cipto
14 Januari 2019

tahun 2019 banyak org berkata akan terjadi yg tidak enak,

  “Sungguh, hatinya melekat kepada-Ku, maka Aku akan meluputkannya, Aku akan membentenginya, sebab ia mengenal nama-Ku.
Mazmur 91:14 TB

gempa bumi dan bencana alam memang akan terjadi,
jika itu terjadi, itu seizin Tuhan, Tuhan sudah kasih jalan keluarnya, tapi tergantung pribadi demi pribadi.
klo pribadinya tdk melekat kepada Tuhan ya tidak akan diluputkan,
klo hatinya tdk mengenal nama Tuhan, maka Tuhan tdk membentengi.
kita pernah belajar hukum sebab akibat,
detik kita melakukan a maka kita akan menanggung akibatnya.

jika hal itu terjadi kepada kita itu karna kita tdk melekat kpd Tuhan.
ayat ini benar2 terbukti sudah banyak kesaksian.

ketika sy mendengar tsunami banten sy kaget, seharusnya disitu ada denis (wl kami) dan keluarga di hotel itu,
tapi Tuhan bilang melalui istri saya jangan pergi ke sana, pergi ke tempat lain,
ini membuktikan siapa yg melekat hatinya,akan Tuhan luputkan.

bahkan ada org yg sudah terkena tsunami, lalu berteriak Tuhan Yesus tolong, maka org itu selamat.

hari ini qta belajar, jangan diam, dan jangan cuman nunggu, tapi kita harus lakukan bagian kita.

kata melekat artinya dlm bahasa asli "chashaq"
artinya
1. to cling : bergantung
kita bicara kita melekat kpd Tuhan, tapi kita bergantung tdk sama Tuhan, klo sakit, kita inget yg mana?

dokter, obat atau Tuhan Yesus? bilur-bilur Tuhan Yesus menyembuhkanku.
saya tdk anti dokter tapi hati kita harus bergantung kpd Tuhan.
klo masalah datang, hati kita harus pergi ke Tuhan dulu, tanya Tuhan , klo Tuhan suruh ke dokter ya qta pergi.
tapi yg terjadi seringkali ketika sakit kita langsung ke rumah sakit, makanya qta tdk sembuh2.

nanti klo tidak ada jawaban, sudah mentok, baru teriak, Tuhan tolong!
tahun ini ayatnya cuma 1
yaitu mazmur 91:14

arti melekat:
2. join to Love : bersatu utk mencintai
mungkin suatu kali engkau kesal dengan si a, orang itu ga berubah-ubah, engkau kesal, suatu kali engkau berdoa aku kesel sama dia, lalu Tuhan bilang Aku cinta sama dia.
apakah sodara bisa berkata baiklah Tuhan, karna Engkau cinta orang itu, maka aku juga mencintai dia.

ini artinya kita mencintai apa yg Tuhan cintai.
memang tdk gampang, tidak mudah, itu sbabnya Roh Kudus dicurahkan, utk menolong kita, yg tidak mungkin jadi mungkin.
jadi jangan jalan sendiri, jangan merasa kuat.
klo engkau melekat maka engkau akan melihat yg namanya dibentengi, diluputkan itu sperti apa.

arti melekat
3  delight in : bersuka di dalam
klo tdk punya duit, Tuhan katakan ayo nak bersukacita, tapi kita berkata aduh Tuhan, aku ga punya duit.

Tuhan katakan bersukacita ya bersukacita, karna saat qta bersukacita qta diberkati.
di surga tdk ada masalah, tdk ada kesedihan, jadi jika kita bs bersukacita maka seisi keluarga akan tertuju kpd kita.
dan berkata ini orang antik, itu membuat surga goncang, dan surga berkata tidak bisa kita diam, mari kita memberkati orang itu.
ada orang kesaksian setiap kali dia kesulitan, dia selalu bersukacita.

setiap kali ada masalah dia selalu mengucap syukur karna setelah itu selalu dapat berkat yg besar.

tapi harus usaha, jangan amin doang. tdk ngalamin apa2.

4. have a desire : memiliki hasrat
apa yg jadi keinginan Tuhan, jadi keinginan kita.
Tuhan ingin lawatan, maka kita ada ditempat itu

kesempatan tdk terulang, uang bisa dicari, jangan pernah banyak pertimbangan utk mengikuti Tuhan atau utk melakukan apa yg Tuhan suruh.

jika engkau liat kesempatan harus cepat meraihnya, jangan tunda2,  cepat responi, hatimu tulus, murni melakukan apa yg Tuhan inginkan.

setiap kali kita lepaskan, kita responi, qta lepaskan keuangan, Tuhan liat.
Aku bukan Tuhan yg berhutang.
makin engkau cepat meresponi yg Tuhan suruh, maka makin cepat engkau menerimanya berkali ganda.
tapi makin lama utk melakukannya, maka nuainya makin lama juga.
saya tdk cuman memberitakan, tapi saya alami.

sesungguhnya tahun 2018 tahun pelajaran luar biasa buat sy,karna di tahun 2018 sesungguhnya di pertengahan tahun itu masa sulit bagi saya. bulan2 terakhir sblm desember itu masa sulit buat saya, sampai keluarga saya mengerti,
uang utk keluarga saya sudah cukup, tapi beban mental buat bayar Glorious Hall, yg tau perkara ini cuman Johan. karna Johan yg meminta uangnya.

Johan sekali minta 700jt, 1 M
saya jual 2 mobil saya, sodara tdk ada yg tau, harusnya semua mau saya jual tp yg satu itu tdk laku2, sy sampai turunkan harganya ga laku2, aneh bahkan sblm itu banyak yg nawar.
mixer 3 milyar itu tdk gratis, semua karna Tuhan, sy jual mobil saya masih kurang utk bayar itu.

ibu tau, lalu dia jual mercy nya, dia relakan mercy dijual dgn harga sgt murah karna kami butuh uang.

sodara pikir gampang, seorang pemimpin harus bertanggung jawab utk apa yg dia ambil, Tuhan katakan kpd saya, Aku tdk pernah main2 dgn engkau, Aku selesaikan hutangmu sebelum tahun 2018 berakhir.
saya katakan amin, tapi sejujurnya iman saya naik turun, sampai bulan desember.
Tuhan bilang kamu ga punya iman.
lalu sy berkata dari mana Tuhan, mana buktinya?

buktinya engkau berfikir mencari jalan keluar utk mencari uang,
kenapa tidak engkau lari kepadaKu dan sungguh2 percaya kepadaKu.
makanya tahun 2018 bener2 tahun pembelajaran.

sy bilang tdk gampang yah Tuhan, orang bilang beriman,beriman. kenyataannya sulit.
desember saya mulai sadar,sy bilang sy ga mau begini terus menerus,
lalu ada orang bergurau, pak jangan bunuh diri yah, saya bilang tidak, sy bukan orang sperti itu. orang bunuh diri adalah org tdk tanggung jawab, pengecut.
sampai suatu hari Tuhan berkata kamu ga punya iman. lalu saya bilang bongkar aku Tuhan.

lalu Roh Kudus bicara banyak, buktinya kamu jual mobilmu, buktinya kamu minjam sana, engkau malu kan.

saya kena tembak, saya nangis, ya Tuhan saya malu jika nama baik saya hancur, Tuhan bilang itu artinya kmu blm mati daging.
orang mati daging, dicubit tdk kerasa, bahkan Tuhan berkata Aku nak waktu di bumi, ditolak oleh keluargaKu, aku dianggap gila oleh adik-adikku.

keluarga Yesus berkata Yesus tdk waras, bahkan sampai Yesus mati di kayu salib, keluarganya belum menerimaNya.
disitu saya sadar, apapun yg harus saya hadapi, saya hadapi dgn Tuhan, jika namaku hancur, aku berkata puji Tuhan. itu tidak gampang.

saya tunggu 20 hari, apakah benar apa yg saya katakan benar2 sy lakukan.
sampai hari2 sblm perjalanan sy ke finland, tidak mudah, sy susah tidur, sampai daging muncul, saya berkata daging tunduk, Tuhan bisa, sy tetap melayani Tuhan, sy tetap ke raker di bali, sbnrnya hati saya sudah ga karuan.

di bali, di tempat retret itu kamar saya acnya mati. acnya jebol, otak sudah panas, saya berkata hebat ujiannya.
mau marah, marah sama siapa?
ada 1 kamar upgrade 6 juta waktu sy mau ambil, Tuhan berkata duitnya dari mana?
ya duitMu ya Tuhan, tapi ini panas, lalu Tuhan bilang, nak belum di neraka kok, akhirnya saya berkata ok Tuhan.
detik saya berkata ok, tiba2 bu Ribka memberikan kamarnya utk saya.
Tuhan sanggup melakukan apapun utk kita, Tuhan bisa pakai siapa saja utk menolong kita, bahkan burung gagak utk memberkati elia.
setelah 2 hari, ada satu keluarga minta doa kpd saya, dia datang, sy berdoa, ada firman Tuhan dan dia beri amplop, Tuhan bilang itu cek nak, buat pergi ke finland.
terima kasih Tuhan sangunya. tapi Tuhan bilang engkau tdk mengerti maksudKu.
lalu sy bilang ok Tuhan, saya kasih ke kamu, lalu Tuhan bilang, ok nak Aku tau hatimu, lalu Tuhan bilang buka Nak, itu 2 M. wow.. wow
lalu uangnya sy kasih ke denis : ini cek 2M bagi sana sini, bayar hutang.

jadi mari kita bergandengan tangan, kita minta sama2 kpd Tuhan utk minta dipakai utk menyenangkan Tuhan.
ibu kasih mercy, tp luar biasa Tuhan ganti 2x lipat utk ibu.
klo Tuhan berkata a ya kamu harus lakukan a. Tuhan tdk pernah berhutang dengan kita.

definisi melekat
5. set love : memfokuskan cinta kpd Tuhan
ingat kata hineni, budak karna cinta kpd Tuhan.

langkah pertama adalah mencintai Tuhan, jika engkau mencintai Tuhan maka engkau akan melekat dengan hati Tuhan.
seperti lagu dunia, aku akan melakukan apapun, karna cinta.

5 hal ini, jika kita bisa melakukan maka kita akan diluputkan.

jangan cuman mendengar, lakukan baik2, minta Roh Kudus utk bisa memampukan kita, sehingga kita memiliki hati yg melekat dgn Tuhan.

renungkan firman ini maka engkau keluar sebagai pemenang.
sy rindu kalian benar2 punya iman yg kokoh, yg besar.

sehingga sodara bisa berkata Aku punya Tuhan yg hidup, karna aku mengalami Tuhan yg hidup.

EDS

Komentar

Postingan Populer