HATI BAPA


HATI BAPA

Kerinduan Allah diatas segalanya supaya kita mengenal Dia dengan benar dan hal itu berdampak positif (ef 1:15-17 , hos 3:6 , hos 4 : 6 )
Tingkat kedewasaan seseorang secara rohani dinilai dari pengenalannya terhadap Allah (ef 1:15 - 17)
Allah merindukan kita mengenal Allah dengan benar sebagai BAPA( yoh 4 :232-24)
Dua gambaran Bapa yang ekstrim:
OTORITER

GAMPANGAN

Keluarga sarana yang baik untuk kita mengenal Allah sebagai bapa tetapi iblis merusak semuanya itu dengan hal รข€“ hal dibawah ini:
Ada 7 Area yang dirusakkan oleh Iblis mengenai gambaran Bapa:
Area Otoritas.

Ada 2 ekstrim yaitu Bapa yang otoriter dan yang tidak berotoritas.Bapa yang otoriter adalah bapa yang kejam, tidak dapat dibantah, semua kehendaknya harus dipenuhi.Sedangkan yang tidak berotoritas adalah gambaran Bapa yang loyo, tidak dapat mengambil keputusan.Gambaran Bapa kita yang sesungguhnya adalah Bapa kita adalah Bapa yang baik, Dia berkuasa dan berdaulat.
Bukankah burung pipit dijual dua ekor seduit? Namun seekor pun dari padanya tidak akan jatuh ke bumi di luar kehendak Bapamu.Dan kamu, rambut kepalamu pun terhitung semuanya.Sebab itu janganlah kamu takut, karena kamu lebih berharga dari pada banyak burung pipit. (Matius 10:29-31)

Area Kepercayaan.

Iblis merusak gambaran Bapa dengan menampilkan bapa yang tidak dapat dipercaya, bapa yang suka berbohong sehingga kita sulit untuk mempercayakan hidup kita kepada Tuhan, Bapa kita. Bapa kita yang sesungguhnya adalah Allah yang setia akan janji-Nya dan tidak pernah Ia ingkar janji.
Janji TUHAN adalah janji yang murni, bagaikan perak yang teruji, tujuh kali dimurnikan dalam dapur peleburan di tanah.Engkau, TUHAN, yang akan menepatinya, Engkau akan menjaga kami senantiasa terhadap angkatan ini. (Mazmur 12:7-8)

Area Penghargaan

Gambaran Bapa yang dikemukakan Iblis adalah bapa yang tidak dapat menghargai anak-anaknya, padahal Allah kita sesungguhnya adalah Bapa yang sangat menghargai kita anak-anak-Nya.Kita berharga di mata-Nya.
Sekalipun ayahku dan ibuku meninggalkan aku, namun TUHAN menyambut aku. (Mazmur 27:10)

Area Kedisiplinan

Bapa digambarkan dalam 2 ekstrim yaitu Bapa yang menerapkan disiplin seperti militer yang sangat ketat dengan disiplin.Yang melanggar pasti dihukum.Gambaran Bapa yang selalu menuntut. Di sisi lain ada gambaran Bapa yang tidak ada aturan. Bapa yang membiarkan anak-anaknya hidup seenaknya dan justru mencelakakan anak-anaknya. Bapa kita yang sesungguhnya adalah Bapa yang mengasihi kita apa adanya dan juga Bapa yang menghajar anak-anak yang dikasihi-Nya. Saat kita dihajar oleh Bapa memang mendatangkan dukacita, namun dukacita tersebut menghasilkan buah-buah kebenaran.
1 YOHANES 1:9 Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.

Ibrani 12:10 Sebab mereka mendidik kita dalam waktu yang pendek sesuai dengan apa yang mereka anggap baik, tetapi Dia menghajar kita untuk kebaikan kita, supaya kita beroleh bagian dalam kekudusan-Nya.

Area Komunikasi

Gambaran rusak yang Iblis tunjukkan adalah bapa yang sulit berkomunikasi dengan anak-anaknya.Hubungan bapa dengan anak menjadi tidak akrab dan terkesan sangat formal.Bapa kita yang sesungguhnya adalah Bapa yang intim dengan kita anak-anak-Nya.Dia berbicara dan mendengarkan kita.
Dan apabila kamu berseru dan datang untuk berdoa kepada-Ku, maka Aku akan mendengarkan kamu; apabila kamu mencari Aku, kamu akan menemukan Aku; apabila kamu menanyakan Aku dengan segenap hati,Aku akan memberi kamu menemukan Aku, demikianlah firman TUHAN, dan Aku akan memulihkan keadaanmu dan akan mengumpulkan kamu dari antara segala bangsa dan dari segala tempat ke mana kamu telah Kuceraiberaikan, demikianlah firman TUHAN, dan Aku akan mengembalikan kamu ke tempat yang dari mana Aku telah membuang kamu. (Yeremia 29:12-14)

Area Kasih Bersyarat

Gambaran Bapa yang mengasihi kita kalau kita memenuhi syarat-syarat tertentu.Kalau kita baik, kalau kita rajin ke gereja, memberi persembahan baru dikasihi, kalau tidak, maka Bapa tidak mengasihi kita. Bapa kita yang sesungguhnya adalah Bapa yang mengasihi kita apa adanya, menerima kita apa adanya.
Inilah kasih itu: Bukan kita yang telah mengasihi Allah, tetapi Allah yang telah mengasihi kita dan yang telah mengutus Anak-Nya sebagai pendamaian bagi dosa-dosa kita. (1Yohanes 4:10)

Area Pengertian Isi Hati

Digambarkan oleh Iblis bahwa Bapa itu hanya melihat hasil dari perbuatan kita, tidak melihat isi hati/maksud hati kita. Bapa kita adalah Bapa yang melihat hati kita, bukan apa yang dilihat mata manusia. Akibat sesorang memiliki gambaran yang salah tentang Bapa /pengalaman yang buruk dengan bapa jasmani
sulit mengenal Allah dengan benar(ef 1:17 )

sulit bertumbuh dalam Tuhan(1 yoh 2:12-14)

sulit mempercayakan diri pada Bapa(2 tim 1 :12)

sulit mengasihi Tuhan , sesama dan diri sendiri(mrk 12:30-31)

tidak dapat melayani pekerjaan Tuhan dengan maksimal (yoh 5 :19 )

hidup dalam pemikiran dan tindakan melawan fiman Allah (1 kor 4 :15 )

tidak tahan uji

sulit menjadi anak dan bapa rohani

Langkah - langkah pemulihan :
Melihat gambar Bapa yang benar.

Alami Kasih Bapa.

Lepaskan pengampunan kepada bapa jasmani (Mal 4 : 5 - 6). Kalau kita tidak mengampuni: Ulangan 27 : 16.

"TUHAN YESUS MEMBERKATI"


Komentar

Postingan Populer