SUMUR-SUMUR WARISAN PILAR

*SUMUR-SUMUR WARISAN PILAR*
Ev Indriati Tjipto


*BAGAIMANA MENGGALI SUMUR*

*Kejadian 26:18 (TB)  Kemudian Ishak menggali kembali sumur-sumur yang digali dalam zaman Abraham, ayahnya, dan yang telah ditutup oleh orang Filistin sesudah Abraham mati; disebutkannyalah nama sumur-sumur itu menurut nama-nama yang telah diberikan oleh ayahnya.*


*CARA MEWARISI*

*MENABUR*

*Kejadian 26:12-13 (TB)  Maka menaburlah Ishak di tanah itu dan dalam tahun itu juga ia mendapat hasil seratus kali lipat; sebab ia diberkati TUHAN.
Dan orang itu menjadi kaya, bahkan kian lama kian kaya, sehingga ia menjadi sangat kaya.*

*PERANG*

YOSUA mewarisi dari MUSA, MUSA belum banyak berperang

*Yosua 11:16-18 (TB)  Demikianlah Yosua merebut seluruh negeri itu, pegunungan, seluruh Tanah Negeb, seluruh tanah Gosyen, Daerah Bukit, serta Araba-Yordan, dan Pegunungan Israel dengan tanah rendahnya;
mulai dari Pegunungan Gundul, yang mendaki ke arah Seir, sampai ke Baal-Gad di lembah gunung Libanon, di kaki gunung Hermon. Semua rajanya ditangkapnya, dan dibunuhnya.
Lama Yosua melakukan perang melawan semua raja itu.*

Yosua Melakukan Perang dari bahasa aslinya Milchamah (H4421), dari akar kata lâcham artinya untuk terlibat dalam pertempuran, berperang.

*KOBARKAN*

*2 Timotius 1:6 (TB)  Karena itulah kuperingatkan engkau untuk mengobarkan karunia Allah yang ada padamu oleh penumpangan tanganku atasmu.*

Mengobarkan Karunia dari bahasa aslinya G5486 Charisma : a favour with which one receives without any merit of his own, the gift of divine grace, the gift of faith, knowledge, holiness, virtue.

*KATA-KATA ASLI IMAN (IBRANI)*

KATA-KATA ASLI IBRANI YANG KEMUDIAN DITERJEMAHKAN SEBAGAI IMAN : AMAN, BATAH, HASAH, EMUNAH, GALAL, MAHSEH,
RECHATS, MIBTAH.

*EMUNAH H530*

Habakuk 2:4 (TB)  Sesungguhnya, orang yang membusungkan dada, tidak lurus hatinya, tetapi orang yang benar itu akan hidup oleh *percayanya.*

Rendah hati, bergantung total, hati yang lurus tertuju kepada Tuhan.

Akar katanya : *Em* artinya Ibu.
Seorang ibu terus menerus beri makan bayi, tidak hanya pada saat sulit.
Mengajar dan Mencintai dalam hubungan.
Terkait rahim dan Rahmat.
Percaya sama dengan terbungkus dalam kebaikan.
Utuh dan Sekarang bukan nanti

Satu akar dengan kata *AMIN H543*

SEBENARNYA TERTUJU KEPADA KEBAIKAN SAMG SUMBER ATAU PENCIPTA.

Hidup bukan sesuatu yang kita kendalikan tetapi Perjalanan Mengenal Sumber CINTA dan Kebaikan, sebagai Ibu dan Raja yang baik.

*HERE I AM = HINENI H2009*

Kata Penting, hanya disebut 8 kali dalam Taurat.
Jawaban untuk Panggilan Tuhan atas manusia.
Adam lari dari tanggung jawab.
Jawaban untuk suatu tugas besar, tanggung jawab, mengandung emosi.
Bukan jawaban tanpa emosi - Ini saya hadir *POH ANI*

*HINENI*

KEJADIAN 22 : ABRAHAM JAWAB HINENI 3 KALI

Kepada Allah
Kepada Ishak
Kepada Malaikat Tuhan

*HINENI - SIAP : AKU RELA*

Saya siap bertanggung jawab dan laksanakan dengan segenap hati.

Siap diutus contohnya : Yesaya 6, Musa diutus untuk membebaskan Umat Israel.

Contohnya : Yusak Tjipto diutus ke Biak, Reinhard Bonnie diutus ke Afrika, Heidi Baker diutus ke Mozambique.

Kejadian 22:1
Setelah semuanya itu Allah mencoba Abraham, Ia berfirman kepada nya : Abraham, lalu sahutnya : "HINENI, HERE I AM, YA TUHAN."

*HINENI : KASIH DAN PEDULI*

Abraham peduli Ishak, Ia temani Ishak dengan setia'.

Kejadian 22:7 (TB)  Lalu berkatalah Ishak kepada Abraham, ayahnya: "Bapa." Sahut Abraham: "Ya, anakku." (HINENI) Bertanyalah ia: "Di sini sudah ada api dan kayu, tetapi di manakah anak domba untuk korban bakaran itu?"

*HINENI : YA INI KORBAN KU*

Kejadian 22:11 (TB)  Tetapi berserulah Malaikat TUHAN dari langit kepadanya: "Abraham, Abraham." Sahutnya: "Ya, Tuhan." (HINENI)

*TUHAN BERKATA HINENI*

Kejadian 9:9-11 (TB)  "Sesungguhnya Aku (Hineni) mengadakan perjanjian-Ku dengan kamu dan dengan keturunanmu,
dan dengan segala makhluk hidup yang bersama-sama dengan kamu: burung-burung, ternak dan binatang-binatang liar di bumi yang bersama-sama dengan kamu, segala yang keluar dari bahtera itu, segala binatang di bumi.
Maka Kuadakan perjanjian-Ku dengan kamu, bahwa sejak ini tidak ada yang hidup yang akan dilenyapkan oleh air bah lagi, dan tidak akan ada lagi air bah untuk memusnahkan bumi."

*Selalu Merindukan Tuhan dan Surga*

*Ibrani 11:16 (TB)  Tetapi sekarang mereka merindukan tanah air yang lebih baik yaitu satu tanah air sorgawi. Sebab itu Allah tidak malu disebut Allah mereka, karena Ia telah mempersiapkan sebuah kota bagi mereka.*

Merindukan Tanah Air yang lebih baik.

*Jangan Bikin Malu Tuhan*

Pak Yusak Tjipto selalu katakan jangan bikin malu Tuhan.

Ibrani 11:16 (TB)  Tetapi sekarang mereka merindukan tanah air yang lebih baik yaitu satu tanah air sorgawi. Sebab itu Allah tidak malu disebut Allah mereka, karena Ia telah mempersiapkan sebuah kota bagi mereka.

Allah Tidak Malu.

*Lebih Suka Menderita Sengsara Daripada Terima yang Iblis Sodorkan.*

Ibrani 11:25 (TB)  karena ia lebih suka menderita sengsara dengan umat Allah dari pada untuk sementara menikmati kesenangan dari dosa.

*Memperoleh Apa Yang Dijanjikan*

Ibrani 11:33 (TB)  yang karena iman telah menaklukkan kerajaan-kerajaan, mengamalkan kebenaran, memperoleh apa yang dijanjikan, menutup mulut singa-singa,

*Di Akhir Seolah-olah Tidak Memperoleh Apa Yang Dijanjikan, Tetapi Selalu Bersyukur.*

Ibrani 11:39 (TB)  Dan mereka semua tidak memperoleh apa yang dijanjikan itu, sekalipun iman mereka telah memberikan kepada mereka suatu kesaksian yang baik.

*Harus Kita Teruskan*

Ibrani 11:40 (TB)  Sebab Allah telah menyediakan sesuatu yang lebih baik bagi kita; tanpa kita mereka tidak dapat sampai kepada kesempurnaan.

*Sampai Anggur Baru DiCurahkan*

Yoel 3:18 (TB)  Pada waktu itu akan terjadi, bahwa gunung-gunung akan meniriskan anggur baru, bukit-bukit akan mengalirkan susu, dan segala sungai Yehuda akan mengalirkan air; mata air akan terbit dari rumah TUHAN dan akan membasahi lembah Sitim.

Penulis


Joshua Ivan Sudrajat S

Komentar

Postingan Populer