HUJAN AWAL DAN HUJAN AKHIR

*RETREAT KELUARGA ECCLESIA SION*
*READY TO RESTORE*
*SENIN, 24 JUNI 2019*
*HUJAN AWAL DAN HUJAN AKHIR*
*Pdt Aruna Wirjolukito*

Yoel 2:23 (TB)  Hai bani Sion, bersorak-soraklah dan bersukacitalah karena TUHAN, Allahmu! Sebab telah diberikan-Nya kepadamu hujan pada awal musim dengan adilnya, dan diturunkan-Nya kepadamu hujan, hujan pada awal dan hujan pada akhir musim seperti dahulu.

Yoel artinya TUHAN adalah Allah. Israel mempunyai Kegerakan Hujan Awal dan Hujan Akhir.

Kitab Yoel adalah Kegerakan yang Tuhan janjikan di Akhir Zaman.

Istilah "hujan awal" di dalam bahasa Ibrani adalah YOREH. "Hujan akhir" adalah MALKOSH. Yoreh juga berarti "mengajar atau memberi petunjuk/ arahan". Kata ini memiliki akar kata yang sama dengan kata lain di dalam bahasa Ibrani yaitu MOREH, artinya GURU. Moreh menunjuk pada guru pria. Morah menunjuk pada guru wanita. Segala sesuatu yang mereka ajarkan disebut dengan TORAH. Arti dari kata "torah" adalah  pengajaran. Di dalam bahasa Indonesia, "torah" diterjemahkan sebagai Taurat = 5 kitab Musa.

Yoreh, hujan awal, yang juga berarti "mengajar atau memberi petunjuk/ arahan", merupakan hujan lembut yang pertama kali turun ketika musim hujan/ gugur datang. Hujan ini memberi petunjuk dan peringatan kepada bangsa Yahudi untuk siap-siap menambal atap yang bocor, perbaiki parit supaya tidak banjir dst. Yoreh merupakan sebuah peringatan untuk mengerjakan hal-hal yang perlu dipersiapkan demi menyambut hujan yang lebih lebat.

Apa yang hendak dikatakan oleh TUHAN di sini? Janji akan hujan "awal" adalah sebuah kode yang menubuatkan bahwa di akhir zaman TUHAN akan mengirimkan guru-guru Taurat! Hal ini sesuai dengan apa yang tunggu-tunggu yaitu agar bangsa-bangsa di dunia mentaati Taurat dalam rangka mempersiapkan kedatangan Mesias. Ketika guru-guru Taurat diberikan kepada bangsa-bangsa, itu menjadi peringatan untuk bersiap-siap memasuki Era Mesianik. Mereka yang mengacuhkan hujan awal ini (mereka yang mengacuhkan guru-guru Taurat ini) akan mendapati dirinya tenggelam di dalam banjir dan atap yang bocor, ketika musim hujan lebat tiba (ketika Era Mesianik tiba).

Karena sifat hujannya yang lembut, hujan awal (yoreh) diberikan sehingga meresap ke dalam tanah, menggemburkannya, sehingga membuat tanah itu subur dan menumbuhkan tanaman-tanaman segar dan baru. Ketika hujan awal diberikan (pengajaran Taurat diberikan), ini adalah waktunya untuk menyerap sebanyak-banyaknya air (sebanyak-banyaknya pengajaran), sehingga tanaman-tanaman dapat bertunas dan bertumbuh. Di dalam konsep Tanakh Yahudi, orang-orang tzadik (rohani dan saleh) diibaratkan seperti pohon-pohon yang kuat (Mzm 1:1-3)

Sekarang mari kita lihat apa yang dimaksud dengan HUJAN AKHIR atau MALKOSH.

Rabbi Nehilai ben Idi mengatakan atas nama Shmuel:
[Hujan akhir disebut] 'malkosh' karena itu adalah sesuatu yang menyingkirkan ketegar-tengkukan Israel.

Kata "malkosh" merupakan gabungan antara dua kata bahasa Ibrani yaitu "mal" dan "kosh". "Mal" berarti menghilangkan. "Kosh" berarti kekakuan, ketegartengkukkan. Hujan awal atau "malkosh" sendiri merupakan hujan terakhir di musim semi, di mana semua orang sedang menantikan musim semi, tanpa ada hujan lagi. Hujan "malkosh" ini merupakan hujan terakhir yang keras dan dapat merusak tanaman-tanaman yang baru tumbuh. Lalu apa hubungannya dengan "hujan yang merusak" dengan "menghilangkan ketegartengkukan"?

Yoel 2:24-29 (TB)  Tempat-tempat pengirikan menjadi penuh dengan gandum, dan tempat pemerasan kelimpahan anggur dan minyak.
Aku akan memulihkan kepadamu tahun-tahun yang hasilnya dimakan habis oleh belalang pindahan, belalang pelompat, belalang pelahap dan belalang pengerip, tentara-Ku yang besar yang Kukirim ke antara kamu.
Maka kamu akan makan banyak-banyak dan menjadi kenyang, dan kamu akan memuji-muji nama TUHAN, Allahmu, yang telah memperlakukan kamu dengan ajaib; dan umat-Ku tidak akan menjadi malu lagi untuk selama-lamanya.
Kamu akan mengetahui bahwa Aku ini ada di antara orang Israel, dan bahwa Aku ini, TUHAN, adalah Allahmu dan tidak ada yang lain; dan umat-Ku tidak akan menjadi malu lagi untuk selama-lamanya."
"Kemudian dari pada itu akan terjadi, bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia, maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat; orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi, teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan.
Juga ke atas hamba-hambamu laki-laki dan perempuan akan Kucurahkan Roh-Ku pada hari-hari itu.

Orang-orang yang keluar dari Mesir dan Berada di Padang Gurun adalah orang-orang yang tidak pernah belajar berperang.

Oleh sebab itu mereka diajarkan berperang.

Daniel 12:4 (TB)  Tetapi engkau, Daniel, sembunyikanlah segala firman itu, dan meteraikanlah Kitab itu sampai pada akhir zaman; banyak orang akan menyelidikinya, dan pengetahuan akan bertambah."

Iblis tahu di pertarungan terakhir ini ia tidak menyatakan dirinya secara terang-terangan tetapi ia ikut mendompleng dalam pengetahuan baik dan jahat.

Sejarah Jawa
*Streaming Dioffkan*

Pengkhotbah 8:8 (TB)  Tiada seorang pun berkuasa menahan angin dan tiada seorang pun berkuasa atas hari kematian. Tak ada istirahat dalam peperangan, dan kefasikan tidak melepaskan orang yang melakukannya.

Tuhan Yesus akan membangkitkan Faceless Generation

Tuhan bangkitkan Kegerakan Apostolik

Tidak ada istirahat dalam peperangan.

Amin



Penulis


Joshua Ivan Sudrajat

Streaming Retreat Keluarga Ecclesia Sion

Komentar

Postingan Populer