BANGKITNYA PARA PAHLAWAN TUHAN

*BANGKITNYA PARA PAHLAWAN TUHAN*

Bahan Renungan :

*Hakim-hakim 5:2 (TB)  Karena pahlawan-pahlawan di Israel siap berperang, karena bangsa itu menawarkan dirinya dengan sukarela, pujilah TUHAN! *

Didalam Firman Tuhan ada banyak yang berbicara tentang para Pahlawan. Diakhir Zaman ini Tuhan sedang membangkitkan para Pahlawannya.

*DEBORA*
Di Alkitab menyebutkan Seorang Pahlawan Wanita Debora.

Kata Pahlawan bila dilihat dari bahasa Ibrani nya *par‛âh H6546* yang artinya Pemimpin, Komandan.

Debora maju memimpin peperangan melawan Raja Yabin orang Kanaan.  Debora mengambil alih kepemimpinan perang dan namanya tercatat dalam Alkitab.



*GIDEON*

Hakim-hakim 6:12 (TB)  Malaikat TUHAN menampakkan diri kepadanya dan berfirman kepadanya, demikian: "TUHAN menyertai engkau, ya pahlawan yang gagah berani."


Pada saat Tuhan menyuruh malaikat-Nya ke Ofra untuk mencari seseorang yang akan dipakai untuk membebaskan bangsa Israel dari cengkeraman Midian, Gideon sedang berada dalam ketakutan sambil mengirik gandum di tempat pemerasan anggur. Hal itu dilakukan Gideon agar ia tersembunyi dari orang Midian. Saat itu Midian adalah kaum yang ditakuti dan berkuasa atas orang Israel tujuh tahun lamanya. Apapun benih yang ditabur orang Israel di tanah mereka, maka semua hasilnya akan dirampas dan dimusnahkan oleh orang Midian. Itulah sebabnya mengapa orang Israel membuat tempat-tempat perlindungan di pegunungan, yakni di gua-gua dan kubu-kubu.


*Beberapa kriteria lain yang disebut sebagai pahlawan-Nya Tuhan, di antaranya adalah:*

*(1). Pribadi yang mau melakukan kehendak Tuhan di generasinya*

Kis.13:36  Sebab Daud melakukan kehendak Allah pada zamannya, lalu ia mangkat dan dibaringkan di samping nenek moyangnya, ….

Kita adalah orang-orang biasa yang Tuhan mau pakai untuk menjadi para pahlawan yang melakukan kehendak Tuhan pada jaman kita.

*(2). Pribadi yang bersedia dipakai oleh Tuhan*

Kel. 3:9-10  Sekarang seruan orang Israel telah sampai kepada-Ku; juga telah Kulihat, betapa kerasnya orang Mesir menindas mereka. Jadi sekarang, pergilah, Aku mengutus engkau kepada Firaun untuk membawa umat-Ku, orang Israel, keluar dari Mesir.”


Awalnya Musa nampak begitu berat hati saat disuruh Tuhan untuk pergi menghadap Firaun ke Mesir. Alasannya adalah, kesatu, karena sebelumnya ia pernah memiliki pengalaman yang kurang menyenangkan semasa ia menjadi pangeran muda di Mesir. Ia pernah membunuh seorang tentara Mesir yang pada waktu itu kedapatan sedang menyiksa seorang budak Ibrani. Hal inilah yang membuat Musa takut kepada Firaun dan melarikan diri dari Mesir ke Tanah Midian. Alasan kedua, Musa kala itu sudah menjalani kehidupan yang mapan di Tanah Midian dimana ia memiliki pekerjaan yang baik serta cukup untuk menghidupi seorang isteri dan dua orang anaknya. Masih ada beberapa alasan lain namun yang pasti Musa merasa enggan dan sekaligus tidak mampu untuk melaksanakan tugas tersebut.

Meski demikian, hatinya yang turut menangkap kerinduan hati Tuhan untuk membebaskan bangsa Israel dari belenggu perbudakan Mesir, membuat Musa tidak dapat tinggal diam. Ia turut merasakan pedihnya penderitaan saudara-saudaranya yang hidupnya masih dalam belenggu. Ketika Tuhan telah memilihnya untuk membebaskan bangsa Israel, ia sadar bahwa Tuhan sendirilah yang akan memimpin dan memampukannya. Ia hanyalah sekedar alat di tangan Tuhan.

*PAHLAWAN IMAN*

“Tetapi tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah. Sebab barangsiapa berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari Dia.” (Ibrani 11: 6)

Di bagian pasal Alkitab ini disebutkan bagaimana para pahlawan iman ini berdiri teguh di dalam rencana Tuhan. Demikian disebutkan bahwa:

1. Dengan iman Habel mempersembahkan korban yang lebih baik kepada Allah daripada saudaranya Kain (Ibrani 11: 4).

2. Karena iman yang dimiliki Henokh, dia pun terangkat ke surga. Dia sama sekali nggak mengalami kematian karena Allah sendirilah yang mengangkatnya (Ibrani 11: 5)

3. Nuh dengan imannya mampu taat mempersiapkan bahtera untuk menyelamatkan keluarganya dan dia pun menerima kebenaran sesuai dengan imannya (Ibrani 11: 7).

4. Abraham dimampukan untuk taat mengikuti panggilannya pergi ke negeri yang sama sekali belum diketahuinya (Ibrani 11: 8-19).

5. Karena iman Ishak dan Yakub memberikan berkatnya kepada keturunan mereka (Ibrani 11: 20-21).

6. Karena iman Yusuf dimampukan untuk melewati setiap proses panjang, seperti ketidakadilan dan fitnah, yang Tuhan mau dilewatinya supaya sampai pada destiny-nya (Ibrani 11: 22).

7. Musa saat dia dewasa, dia menolak disebut sebagai anak dari putri Firaun. Dia memilih dianiaya bersama umat Allah daripada menikmati kesenangan yang penuh dosa (Ibrani 11: 23-29).

Yoel 3:11 (TB)  Bergeraklah dan datanglah, hai segala bangsa dari segenap penjuru, dan berkumpullah ke sana! Bawalah turun, ya TUHAN, pahlawan-pahlawan-Mu!

Pada Masa Terakhir ini Tuhan mau bangkitkan para pahlawan yang gagah berani.

Mari kita siapkan diri kita untuk dipakai Tuhan dalam Kegerakan Tuhan yang luar biasa.

Only By His Grace

Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer