BERKAT IMAM

*BERKAT IMAM*

Shalom

Selamat Pagi, Pagi Hari Sebelum Saya Berangkat Ke Pasar, Terdengar Suara di telinga *Berkat Imam*. Kemudian Saya Membuka Bilangan 6:24-26

Bilangan 6:24-26 (TB)  TUHAN memberkati engkau dan melindungi engkau;
TUHAN menyinari engkau dengan wajah-Nya dan memberi engkau kasih karunia;
TUHAN menghadapkan wajah-Nya kepadamu dan memberi engkau damai sejahtera.

Setelah selesai Masak Sosis Saus TERIYAKI saya mulai mempelajari Berkat Imam.

Berkat keimaman itu terdiri atas tiga bagian:
a. Pemberian berkat Allah dan perlindunganNya dari kuasa-kuasa kejahatan dan segala sesuatu yang merugikan kesejahteraan hidup seseorang (ay 24; bandingkan Mzm 71:1-6)
b. Sinar wajah Tuhan, yaitu kebaikan hati, kehendak baik, dan kasih karunia Allah kepada umatNya (ay 25) adalah berlawananan dengan murkaNya (Mzm 27:1; 31:16; Ams 15:30; 16:14; Yes 57:17). Kasih karunia Allah ialah pengampunan, kasih dan kuasa penyelamatanNya.
c. Wajah Allah yang dihadapkan kepada mereka (ay 26) yaitu pemeliharaan dan pemberkatan mereka dengan sepenuh hati (Mzm 4:8-9; 33:18; 34:17).
Yang dianugerahkan oleh Allah ialah Damai Sejahtera (Ibrani: Shalom) berarti tidak ada kekurangan apa2 dan menerima segala sesuatu yang diperlukan untuk menjadikan hidup ini sungguh2 hidup (Mal 2:5), termasuk harapan akan masa depan (Yer 29:11). Lawan dari Damai Sejahtera bukan hanya ketiadaan keselarasan, tetapi kejahatan dalam segala bentuk (Rm 1:7; 1 Kor 1:3; 1 Tes 5:23)

Berkat Allah atas umatNya akan menghasilkan keselamatan yang memancar bagaikan obor penerang kepada semua bangsa (Mzm 67; 133:3; Yeh 34:26)

Di sini terdapat salah satu dari berkat-berkat Israel yang paling indah, yang diungkapkan dalam tiga pasang permohonan yang diajukan kepada YHVH Elohim, Allah Israel. :

Pertama, ayat 24 : TUHAN diundang secara positif untuk memberkati umat (bersama degan panenan, ternak, binatang besar maupun kecil, musim baik, keturunan, dsb) dan secara negatip melindungi mereka (dari segala kejahatan, panen buruk, musuh, ternak yang mandul, tanpa keturunan). "TUHAN memberkati engkau dan melindungi engkau". Di satu sisi Allah menyediakan segala sesuatu yang baik bagi orang-orang pilihan-Nya; di sisi yang lain, Dia memelihara, menjaga dan melindungi mereka dari musuh yang akan merampas semua yang baik itu dari mereka. Janji Allah yang ini di dihayati, dimengerti dan dibuktikan secara penuh oleh Daud sehingga ia bisa menuliskan TUHAN adalah gembalaku, maka aku tak perlu ingin(Mazmur pasal 23). Kita "tidak sempat" ingin sesuatu jika kita menempatkan Allah sebagai Gembala kita. Karena Allah kita adalah Gembala Yang Baik (Yehezkiel 34:31, Mazmur 23:1, Yohanes 10:11) Ia sudahmenyediakan apa yang kita perlukan, dan Ia senantiasa memelihara kita bagaikan biji mataNya sendiri (Ulangan 32:10, Zakharia 2:8 ).

Kedua, ayat 25 : TUHAN diundang untuk mengarahkan wajahNya kepada umatNya dengan menerimanya dengan senang dan untuk memberikan kasih karuniaNya kepada mereka. "Tuhan menyinari engkau"adalah sebuah ungkapan Ibrani 'yang khas. Bila wajah seseorang bersinar (Amsal 16: 15), orang Itu penuh kebahagiaan; namun bila wajahnya bertambah mendung, jelas bahwa kejahatan dan keputusasaan telah mencengkeram jiwanya (Yoel 2:6). Terhadap kata berkat dalam ayat 25 ini kita dapat bandingkan dengan Mazmur Daud sbb :

* Mazmur 31:17
Buatlah wajah-Mu bercahaya atas hamba-Mu, selamatkanlah aku oleh kasih setia-Mu!

Ketiga, ayat 26 : TUHAN diundang untuk menghadapkan wajahNya kepada umatNya dalam pengakuan dan persetujuan serta memberikan kepada mereka damai sejahtera, artinya: memberikan kebahagiaan, keutuhan dan kesempurnaan yang menyeluruh. "Memberi engkau damai sejahtera (Syalom)". Kata Syalom adalah istilah yang padat arti, termasuk di dalamnya pengertian tentang kelengkapan, keamanan, kesehatan, ketenangan, kepuasan, persahabatan dan keadaan damai dengan Allah dan sesama.

Ketika murid-murid Tuhan Yesus sedang dalam kekalutan menerima kenyataan bahwa Sang Guru telah dihukum mati dengan cara disalibkan. Tuhan Yesus setelah kebangkitanNya menampakkan diri kepada mereka dengan ucapan "damai sejahtera bagimu" :

* Yohanes 20:26,
LAI TB, Delapan hari kemudian murid-murid Yesus berada kembali dalam rumah itu dan Tomas bersama-sama dengan mereka. Sementara pintu-pintu terkunci, Yesus datang dan Ia berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: 'Damai sejahtera bagi kamu!'
KJV, And after eight days again his disciples were within, and Thomas with them: then came Jesus, the doors being shut, and stood in the midst, and said, Peace be unto you.
The Aramaic New Covenant, And again after eight days the disciples being inside and Tama with them Yah Shua comes, when the portals are held, and stands midst, and words to them, Shalom with you.
BRIT CHADASHA (Terj.), And after shmonah yamim (eight days) again the talmidim of Rebbe, Melech HaMoshiach were inside, and T'oma with them. Although the delatot were shut, He comes and stood in the midst and said, Shalom Aleichem.
KL 1870, Hata lepas doelapan hari adalah berhimpoen poela segala moerid dalam roemah itoe dan Tomas pon adalah di-antaranja. Maka sedang pintoe pon terkoentji datanglah Isa berdiri ditengah, seraja katanja: Assalam alaikoem.
TR, και μεθ ημερας οκτω παλιν ησαν εσω οι μαθηται αυτου και θωμας μετ αυτων ερχεται ο ιησους των θυρων κεκλεισμενων και εστη εις το μεσον και ειπεν ειρηνη υμιν
Translit, kai meth hêmeras oktô palin êsan esô hoi mathêtai autou kai thômas met autôn erchetai ho iêsous tôn thurôn kekleismenôn kai estê eis to meson kai eipen eirênê humin
Tuhan Yesus Kristus adalah Imam Besar kita (Ibrani 10:21), Dia adalah penggenap Perjanjian Lama, Yesus Sang Mesias juga disebut sebagai Raja Syalom (Yesaya 9:5 . Maka ucapan "damai sejahtera" atau "Syalom (שלום) " (Ibrani) atau Salaam (سلام)(Arab) adalah ungkapan khas dari umat Allah yang mempercayai/ memgimani bahwa kedamaian hanya dari Allah saja.

Jumat, 5 Juli 2019
Only By His Grace

Joshua Ivan Sudrajat


Komentar

Postingan Populer