SUMUR HAGAR

*SUMUR HAGAR*

Shalom

Pagi ini saya digerakkan untuk mempelajari SUMUR HAGAR

Mari kita buka Firman Tuhan : *Kejadian 21:19 (TB)  Lalu Allah membuka mata Hagar, sehingga ia melihat sebuah sumur; ia pergi mengisi kirbatnya dengan air, kemudian diberinya anak itu minum.*

Sumur Yang Dilihat Hagar di Padang Gurun itu Baik dan Rhema Yang Roh Kudus katakan adalah Sumur Hagar adalah *Berkat Tuhan Musim Semi*

*Musim semi terjadi setelah musim dingin, di mana tumbuh-tumbuhan mekar kembali, karena itulah musim semi juga disebut "musim bunga".*

*KARAKTERISTIK MUSIM SEMI*

Pada Musim Semi ini Benih-benih Tanaman Bunga dan Gandum mulai muncul.

Yesaya 43:19 (TB)  Lihat, Aku hendak membuat sesuatu yang baru, yang sekarang sudah tumbuh, belumkah kamu mengetahuinya? Ya, Aku hendak membuat jalan di padang gurun dan sungai-sungai di padang belantara.

*Sesuatu yang baru dalam bahasa aslinya châdâsh H2319 yang artinya Baru dan Segar*

Tuhan Yesus memberikan kepada kita Berkat Musim Semi : Tuhan sedang mengerjakan sesuatu yang baru dalam hidup kita.

*Selama musim semi, sumbu aksis bumi berada dekat dengan matahari.*

Mazmur 84:11 (TB)  (84-12) Sebab TUHAN Allah adalah matahari dan perisai; kasih dan kemuliaan Ia berikan; Ia tidak menahan kebaikan dari orang yang hidup tidak bercela.

Tuhan Yesus adalah Matahari Hidup kita, Dia yang menjadi penerang jalan yang harus kita jalani. Tuhan Yesus yang menerangi hidup kita dan menembus setiap jalan yang buntu di dalam kehidupan kita.

Matahari juga membantu Tanaman untuk berfoto sintesis sehingga membantu dalam membuat cadangan makanan sehingga bisa mengeluarkan bunga dan buah.

Hagar adalah seorang gadis yang mengabdi kepada Sarah. Hagar mempunyai hubungan yang baik dengan Sarah sampai Sarah menawarkan Hagar untuk menjadi pengganti untuk melahirkan anak bagi Abraham.

Hagar sempat menjadi seorang yang tinggi hati dan Dia membiarkan dirinya berada dalam tekanan Sarah.

*ARTI NAMA SARAH*

Nama "Hagar", Ibrani, הָגָר -HAGAR, Nama itu berarti "lari/terbang"

*Malaikat TUHAN Menjumpai Hagar*

16:7 LAI TB, Lalu Malaikat TUHAN menjumpainya dekat suatu mata air di padang gurun, yakni dekat mata air di jalan ke Syur.
KJV, And the angel of the LORD found her by a fountain of water in the wilderness, by the fountain in the way to Shur.

 Malaikat TUHAN secara spesifik memanggil "Hagar, hamba Sarai" (16:8). Hal ini adalah sebagai teguran atas kesombongannya. Meskipun ia diambil sebagai istri bagi Abram, dan, sebagai istrinya, wajib untuk kembali kepada suaminya. Namun, Malaikat TUHANmemanggilnya hamba Sarah, untuk merendahkan hatinya.

Malaikat TUHAN kembali menegur dengan pertanyaan "Dari manakah datangmu? Ke manakah pergimu?" Hal ini untuk memperingatkan bahwa Hagar sedang melarikan diri baik dari kewajiban yang mengikatnya di rumah Abram. Hagarmenjawab dengan jujur : "Aku lari meninggalkan Sarai, nyonyaku." Malaikat TUHAN menyuruh Hagar: "Kembalilah kepada nyonyamu, biarkanlah engkau ditindas di bawah kekuasaannya" (16:9). Malaikat TUHAN tidak ragu bahwa Hagarpasti akan disambut, meskipun tidak tampak bahwa Abram pergi mencarinya. Perhatikanlah, orang-orang yang sudah pergi jauh meninggalkan tempat dan kewajiban mereka, apabila mereka diyakinkan akan kesalahan mereka, harus bergegas kembali dan memperbarui diri, betapa pun beratnya kesalahan itu.

*Hagar adalah seorang Hamba Yang Setia*

*HAGAR, SANG BUDAK PEREMPUAN YANG DIKENAN "MEMBERI NAMA" KEPADA ALLAH: 'EL-ROI*

Hagar dikenan Allah memberikan Nama kepada-Nya: אֵל רֳאִי - 'EL ROI, harfiah:Allah, Dia melihat kepadaku. Kata רֹאִי - RO'I, melihat kepadaku bentuk verba dalam tenses participal (yang bisa kita pandang sebagai tenses "present" Asal kata ini dari רוֹאֶה -RO'EH (melihat) + אִיתִי atau לִי - kepadaku.

Ada gelaran yang hampir mirip dengan אֵל רֳאִי - 'EL ROI ini adalah seperti yang diungkapkan Raja Daud dalam nyanyian pujiannya יְהוָה רֹעִי - "ADONAI RO'I",TUHAN Gembalaku, ada variant antara aksara Ayin-Alef, dan pengucapannya hampir sama:

* Mazmur 23:1
LAI TB, Mazmur Daud. TUHAN adalah gembalaku, takkan kekurangan aku.
KJV, The LORD is my shepherd; I shall not want.
NIV, The LORD is my shepherd, I shall not be in want.

Itu adalah semua yang Tuhan berikan kepada saya untuk mempelajari SUMUR HAGAR dalam mempersiapkan diri untuk Ibadah 999. Tuhan Yesus memberkati.

30 Agustus 2019
Only By His Grace

Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer