TRAUMA

*TRAUMA*
*JKI HIGHER THAN EVER*
*MINGGU,  25 AGUSTUS 2019*
*Pdt Victor Kristijanto Purnomo*

Shalom

Ada banyak orang Kristen yang hidup dalam trauma. Ada Dua Macam Trauma :

*Trauma Sama Tuhan*
_Ini berbahaya karena kita  akan menghentikan Kerja Tuhan dalam hidup kita....Selain menghentikan langkah kita berjalan bersama dengan Tuhan_
*Trauma Sama Orang Kristen*
Ada banyak orang Kristen yang buat *batu sandungan* bagi orang lain...

Ada banyak orang yang tidak menyadari bahwa hidupnya dipenuhi oleh trauma.

Trauma itu bisa menghentikan hidup kita dan apa yang Tuhan kerjakan dalam hidupnya.

*DAUD DAN TABUT TUHAN*

2 Samuel 6:2-8 (TB)  Kemudian bersiaplah Daud, lalu berjalan dari Baale-Yehuda dengan seluruh rakyat yang menyertainya, untuk mengangkut dari sana tabut Allah, yang disebut dengan nama TUHAN semesta alam yang bertakhta di atas kerubim. 
Mereka menaikkan tabut Allah itu ke dalam kereta yang baru setelah mengangkatnya dari rumah Abinadab yang di atas bukit. Lalu Uza dan Ahyo, anak-anak Abinadab, mengantarkan kereta itu.
Uza berjalan di samping tabut Allah itu, sedang Ahyo berjalan di depan tabut itu.
Daud dan seluruh kaum Israel menari-nari di hadapan TUHAN dengan sekuat tenaga, diiringi nyanyian, kecapi, gambus, rebana, kelentung dan ceracap.
Ketika mereka sampai ke tempat pengirikan Nakhon, maka Uza mengulurkan tangannya kepada tabut Allah itu, lalu memegangnya, karena lembu-lembu itu tergelincir.
Maka bangkitlah murka TUHAN terhadap Uza, lalu Allah membunuh dia di sana karena keteledorannya itu; ia mati di sana dekat tabut Allah itu.
Daud menjadi marah, karena TUHAN telah menyambar Uza demikian hebatnya; maka tempat itu disebut orang Peres-Uza sampai sekarang.

Ketika Daud memindahkan Tabut Tuhan ke Kota Daud, semua sudah dipersiapkan oleh Daud namun baru beberapa langkah Tabut Tuhan itu tergelincir di atas kereta lembu dan Uza menyentuh Tabur itu  dan Api menyambar Uza dan Daud menjadi marah, kemudian Tabut itu ditaruh di rumah Obed Edom.

Selama tiga bulan Tabut Tuhan ada di Rumah Obed Edom, Tuhan memberkati Obed Edom dan keluarga.

Ada banyak orang Kecewa sama Tuhan dan menjadi trauma.

*BET-SEMES*

1 Samuel 6:19 (TB)  Dan Ia membunuh beberapa orang Bet-Semes, karena mereka melihat ke dalam tabut TUHAN; Ia membunuh tujuh puluh orang dari rakyat itu. Rakyat itu berkabung, karena TUHAN telah menghajar mereka dengan dahsyatnya.

*Tabut Tuhan pernah berada 20 tahun di Bet pernah membunuh 70 orang ...Tabut dianggap tidak membawa kebaikan... Orang Israel trauma dengan keadaan ini... Tetapi saat Daud bawa Tabut Tuhan ke Rumah Obed Edom... Selama tiga bulan ada di Rumah Obed Edom, Obed Edom dan keluarga Mendapatkan banyak berkat dari Tuhan...*

Daud Mendengar bahwa Obed Edom diberkati oleh Tuhan maka Daud Kembali berpikir untuk membawa kembali Tabut Tuhan ke Kota Daud

*Tabut Tuhan dibawa ke Kota Daud, Tuhan mengangkat hidup Daud*

Trauma bisa menyebabkan kita tidak bisa melihat Kemuliaan Tuhan.

Trauma bisa menghentikan langkah hidup kita.

Kesaksian : Pelayanan di Suatu Negara', Membuat Sekolah dan Rumah Sakit disana, sudah selesai Pendeta di sana Mengusir Pak Victor, di negara itu juga Pak Victor pernah ditipu dan uangnya di ambil, walaupun trauma tapi Tetap mengasihi negara itu dan kembali ke sana untuk melayani.

*Kita harus membuang setiap trauma dan kecewa kita*

*Kita harus menyerahkan semua trauma kita kepada Tuhan, maka akan terjadi perubahan dalam hidup kita dan kita akan melihat Keajaiban Tuhan*

*MUSA MELARIKAN DIRI DARI MESIR*

Keluaran 2:15 (TB)  Ketika Firaun mendengar tentang perkara itu, dicarinya ikhtiar untuk membunuh Musa. Tetapi Musa melarikan diri dari hadapan Firaun dan tiba di tanah Midian, lalu ia duduk-duduk di tepi sebuah sumur.

Musa melarikan diri dari Mesir, karena dia akan dibunuh oleh Fir'aun, Fir'aun adalah Kakek Musa namun Musa adalah seorang anak yang diangkat oleh Putri Fir'aun. Musa membunuh seorang Mandor Mesir yang menyiksa orang Israel.

Musa tinggal di Midian selama 40 tahun, Musa mempunyai Trauma yang dalam sehingga Tuhan memberikan kesempatan sekali lagi. Musa Melihat Semak Terbakar dan Tuhan menarik Musa untuk mendekat kembali

Sebuah PANGGILAN bisa hilang karena Trauma.

*Keluaran 3:19-20 (TB)  Tetapi Aku tahu, bahwa raja Mesir tidak akan membiarkan kamu pergi, kecuali dipaksa oleh tangan yang kuat.
Tetapi Aku akan mengacungkan tangan-Ku dan memukul Mesir dengan segala perbuatan yang ajaib, yang akan Kulakukan di tengah-tengahnya; sesudah itu ia akan membiarkan kamu pergi*

*BERBAGAI MACAM ALASAN MUSA*

Keluaran 4:10-12 (TB)  Lalu kata Musa kepada TUHAN: "Ah, Tuhan, aku ini tidak pandai bicara, dahulu pun tidak dan sejak Engkau berfirman kepada hamba-Mu pun tidak, sebab aku berat mulut dan berat lidah."
Tetapi TUHAN berfirman kepadanya: "Siapakah yang membuat lidah manusia, siapakah yang membuat orang bisu atau tuli, membuat orang melihat atau buta; bukankah Aku, yakni TUHAN?
Oleh sebab itu, pergilah, Aku akan menyertai lidahmu dan mengajar engkau, apa yang harus kaukatakan."

Karena Trauma Musa mempunyai banyak alasan untuk menerima Panggilan Tuhan dalam hidup nya untuk membawa keluar Bangsa Israel keluar dari Mesir.

Tuhan sangat murka dengan trauma Musa. Jangan sampai trauma kita membuat Tuhan murka.

*Kita harus membuang semua trauma dalam hidup kita*

*Musa hampir kehilangan Panggilan Tuhan karena Trauma*

*Kesaksian : Kami pernah gagal dalam membeli tanah MHC, kami sempat trauma dan kini TUHAN menawarkan untuk membeli tanah yang baru. Kami buang semua kegagalan dan trauma masa lalu

Kita harus minta pertolongan Tuhan supaya kita tidak mengalami kegagalan lagi.

*MURID-MURID YESUS TRAUMA*

Markus 14:46-52 (TB)  Maka mereka memegang Yesus dan menangkap-Nya.
Salah seorang dari mereka yang ada di situ menghunus pedangnya, lalu menetakkannya kepada hamba Imam Besar sehingga putus telinganya.
Kata Yesus kepada mereka: "Sangkamu Aku ini penyamun, maka kamu datang lengkap dengan pedang dan pentung untuk menangkap Aku?
Padahal tiap-tiap hari Aku ada di tengah-tengah kamu mengajar di Bait Allah, dan kamu tidak menangkap Aku. Tetapi haruslah digenapi yang tertulis dalam Kitab Suci."
Lalu semua murid itu meninggalkan Dia dan melarikan diri.
Ada seorang muda, yang pada waktu itu hanya memakai sehelai kain lenan untuk menutup badannya, mengikuti Dia. Mereka hendak menangkapnya,
tetapi ia melepaskan kainnya dan lari dengan telanjang.

Ketika Tuhan Yesus ditangkap, Murid-MuridNya lari ketakutan. Ketakutan adalah respon alami.

Ketakutan bisa membuat trauma dalam hidup kita.

*Tuhan jauhkan ketakutan tu dengan GOD'S UNLIMITED LOVE*

*Petrus kembali menjadi Penjala Ikan kembali setelah Tuhan Yesus mati di atas kayu salib, Petrus dijumpai kembali oleh Tuhan Yesus di Pantai*

Hari ini Tuhan mau mengajak kita untuk berjalan bersama kembali dengan Tuhan.

*ROH KUDUS MENYEMBUHKAN TRAUMA*

Kisah Para Rasul 2:2-4 (TB)  Tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah, di mana mereka duduk;
dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing.
Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya.

ROH KUDUS yang menolong kita untuk menyembuhkan Trauma kita masa lalu.

_Ijinkanlah Tuhan singkirkan ketakutan kita dengan KASIH Nya..._
_Dan biarkan ROHNYA yg diberikan sebagai PENOLONG di dalam kita  memampukan kita bisa bekerja lebih dahsyat lagi di dalam Tuhan_.

Kisah Para Rasul 2:38-40 (TB)  Jawab Petrus kepada mereka: "Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus.
Sebab bagi kamulah janji itu dan bagi anak-anakmu dan bagi orang yang masih jauh, yaitu sebanyak yang akan dipanggil oleh Tuhan Allah kita."
Dan dengan banyak perkataan lain lagi ia memberi suatu kesaksian yang sungguh-sungguh dan ia mengecam dan menasihati mereka, katanya: "Berilah dirimu diselamatkan dari angkatan yang jahat ini."

*Kita tidak boleh terikat dengan trauma masa lalu*

*Serahkan hidup kita kepada Tuhan Yesus dan lepaskan semua trauma masa lalu kita*

Yohanes 21:18-19 (TB)  Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya ketika engkau masih muda engkau mengikat pinggangmu sendiri dan engkau berjalan ke mana saja kaukehendaki, tetapi jika engkau sudah menjadi tua, engkau akan mengulurkan tanganmu dan orang lain akan mengikat engkau dan membawa engkau ke tempat yang tidak kaukehendaki."
Dan hal ini dikatakan-Nya untuk menyatakan bagaimana Petrus akan mati dan memuliakan Allah. Sesudah mengatakan demikian Ia berkata kepada Petrus: "Ikutlah Aku."

Tuhan memberikan kesempatan kepada Petrus dan mengajak Petrus untuk mengikuti Dia.

*Jangan kecewa lagi ..*
*Jangan berhenti berharap lagi pada Tuhan....*
*Berdoa dan jujurlah pada Tuhan ....*
*Maka DIA akan lakukan sekali lagi yang Ajaib untuk kita ....*

*Serahkan semuanya kepada Tuhan dan Tuhan akan membalikkan Keadaan dalam hidup kita*

Amin

Penulis Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer