JEMAAT PERGAMUS

*JEMAAT PERGAMUS*
*JKI HIGHER THAN EVER*
*Minggu 22 SEPTEMBER 2019*
*Pdt Hengky Kusworo*

Shalom

*Pendahuluan*

Kita buka Mazmur 68:34 (TB)  (68-35) Akuilah kekuasaan Allah; kemegahan-Nya ada di atas Israel, kekuasaan-Nya di dalam awan-awan.

Psalm 68:34-35 New King James Version (NKJV)

34 Ascribe strength to God;
His excellence is over Israel,
And His strength is in the clouds.
35 O God, You are more awesome than Your holy places.
The God of Israel is He who gives strength and power to His people.

Blessed be God!

Ascribe strength to God  : Berikan Kekuatan kepada Tuhan

Ketika Tembok Yerikho dikelilingi oleh para Imam Tuhan. Tembok Yerikho pada hari ke tujuh dan  pada putaran yang ke tiga belas. Bangsa Israel bersorak-sorai, tembok Yerikho itu roboh dari dalam ke luar

Ada Kuasa dalam Pujian. Dunia ini dijadikan dengan Sepatah Kata. Mulut mengatakan Perkataan Penuh Kuasa.

Kuasa Perkataan membuka pintu yang terkunci.

Yosafat berperang dengan Imam-imam yang menaikkan Pujian Penyembahan, Ketika Pujian Penyembahan dinaikkan semua musuh Raja Yosafat terserak.

29 September 2019 setelah Sun Down kita memasuki Era Tahun Pey. Ini adalah Tahun Mulut. Ada Kuasa Perkataan dalam mulut kita.

Mazmur 100:4 (TB)  Masuklah melalui pintu gerbang-Nya dengan nyanyian syukur, ke dalam pelataran-Nya dengan puji-pujian, bersyukurlah kepada-Nya dan pujilah nama-Nya!

Kita masuk Pintu Gerbang dengan Nyanyian Syukur. Pujian yang kita naikkan itu membuka pintu gerbang.

Apa yang kita perkatakan Tuhan akan melakukan.

Hari ini kita akan belajar *Jemaat PERGAMUS*

Mari kita buka Wahyu 2:12-17 (TB)  "Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Pergamus: Inilah firman Dia, yang memakai pedang yang tajam dan bermata dua:
Aku tahu di mana engkau diam, yaitu di sana, di tempat takhta Iblis; dan engkau berpegang kepada nama-Ku, dan engkau tidak menyangkal imanmu kepada-Ku, juga tidak pada zaman Antipas, saksi-Ku, yang setia kepada-Ku, yang dibunuh di hadapan kamu, di mana Iblis diam.
Tetapi Aku mempunyai beberapa keberatan terhadap engkau: di antaramu ada beberapa orang yang menganut ajaran Bileam, yang memberi nasihat kepada Balak untuk menyesatkan orang Israel, supaya mereka makan persembahan berhala dan berbuat zinah.
Demikian juga ada padamu orang-orang yang berpegang kepada ajaran pengikut Nikolaus.
Sebab itu bertobatlah! Jika tidak demikian, Aku akan segera datang kepadamu dan Aku akan memerangi mereka dengan pedang yang di mulut-Ku ini.
Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat: Barangsiapa menang, kepadanya akan Kuberikan dari manna yang tersembunyi; dan Aku akan mengaruniakan kepadanya batu putih, yang di atasnya tertulis nama baru, yang tidak diketahui oleh siapa pun, selain oleh yang menerimanya."

*TAHTA IBLIS*

KJV - And to the angel of the church in Pergamos write; These things saith he which hath the sharp sword with two edges

sedangkan yang lain menyebutnya “Pergamum”.


CEV - This is what you must write to the angel of the church in Pergamum: I am the one who has the sharp double-edged sword! Listen to what I say.

TEV - "To the angel of the church in Pergamum write: "This is the message from the one who has the sharp two-edged sword.

Jadi, ada apa di Pergamus yang mengindikasikan bahwa Iblis berdiam dan bertakhta di sana, atau bahwa ia menyatakan kehadiran dan kuasanya secara lebih nyata di sana?

Pergamus melayani banyak berhala, seperti Zeus, Dionysius, Atena, dan lain-lainnya. Kota itu memiliki banyak kuil dan altar. Tetapi semua ini tidak menjadikan Pergamus sebagai takhta Iblis, karena semua kota kafir di kerajaan Romawi pada saat itu menyembah berbagai berhala, termasuk kota-kota lain yang disebutkan di dalam Wahyu 2-3.

Pagan Worship : Tempat Tahta Zeus, Jupiter
Tuhan meminta Tempat Kediaman Nya.

1 Korintus 6:18-20 (TB)  Jauhkanlah dirimu dari percabulan! Setiap dosa lain yang dilakukan manusia, terjadi di luar dirinya. Tetapi orang yang melakukan percabulan berdosa terhadap dirinya sendiri.
Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, — dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?
Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!

Tubuh Kita adalah Bait Allah

*AJARAN BILEAM*

Makan Persembahan Berhala
Berjinah
Mengorbankan Bayi

Yudas 1:11 (TB)  Celakalah mereka, karena mereka mengikuti jalan yang ditempuh Kain dan karena mereka, oleh sebab upah, menceburkan diri ke dalam kesesatan Bileam, dan mereka binasa karena kedurhakaan seperti Korah.

BILEAM tersesat karena Upah
Mengikuti Tuhan karena Mencintai Tuhan
Jangan mengikuti ajaran BILEAM
Kejar Tuhan

*KELOMPOK NIKOLAUS*

* Wahyu 2:6
Tetapi ini yang ada padamu, yaitu engkau membenci segala perbuatan pengikut-pengikut Nikolaus, yang juga Kubenci.

Kisah Para Rasul 6:5 (TB)  Usul itu diterima baik oleh seluruh jemaat, lalu mereka memilih Stefanus, seorang yang penuh iman dan Roh Kudus, dan Filipus, Prokhorus, Nikanor, Timon, Parmenas dan Nikolaus, seorang penganut agama Yahudi dari Antiokhia.

NIKOLAUS adalah seorang yang dipilih untuk menjadi diaken pada jaman Kisah Para Rasul

Perilaku mereka ini tidak senonoh, sangat bebas, namun keberadaan mereka sangat singkat saja dalam sejarah.

Yudas 1:4 (TB)  Sebab ternyata ada orang tertentu yang telah masuk menyelusup di tengah-tengah kamu, yaitu orang-orang yang telah lama ditentukan untuk dihukum. Mereka adalah orang-orang yang fasik, yang menyalahgunakan kasih karunia Allah kita untuk melampiaskan hawa nafsu mereka, dan yang menyangkal satu-satunya Penguasa dan Tuhan kita, Yesus Kristus.

Wahyu 3:6 (TB)  Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat."

Amin

Penulis Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer