RAHASIA DI GILGAL

*RAHASIA DI GILGAL*
*DOA PERGERAKAN DAN TEROBOSAN*
*KEMAH DAUD MINISTRIES*
*SABTU 19 OKTOBER 2019*
*Ev Nany Susanty SH*

Shalom

Malam ini kita akan belajar mengenai Rahasia di Gilgal.

Mari kita buka Yosua 5:1-11 (TB)  Ketika semua raja orang Amori di sebelah barat sungai Yordan dan semua raja orang Kanaan di tepi laut mendengar, bahwa TUHAN telah mengeringkan air sungai Yordan di depan orang Israel, sampai mereka dapat menyeberang, tawarlah hati mereka dan hilanglah semangat mereka menghadapi orang Israel itu.
Pada waktu itu berfirmanlah TUHAN kepada Yosua: "Buatlah pisau dari batu dan sunatlah lagi orang Israel itu, untuk kedua kalinya."
Lalu Yosua membuat pisau dari batu dan disunatnyalah orang Israel itu di Bukit Kulit Khatan.
Inilah sebabnya Yosua menyunat mereka: semua orang yang keluar dari Mesir, yakni yang laki-laki, semua prajurit, telah mati di padang gurun di tengah jalan, setelah mereka keluar dari Mesir.
Sebab, semua orang yang keluar dari Mesir itu telah bersunat, tetapi semua orang yang lahir di padang gurun dalam perjalanan sejak keluar dari Mesir, belum disunat.
Sebab empat puluh tahun lamanya orang Israel itu berjalan melalui padang gurun, sampai habis mati seluruh bangsa itu, yakni prajurit yang keluar dari Mesir, yang tidak mendengarkan firman TUHAN. Kepada mereka itu TUHAN telah bersumpah, bahwa Ia tidak akan mengizinkan mereka melihat negeri yang dijanjikan TUHAN dengan bersumpah kepada nenek moyang mereka akan memberikannya kepada kita, suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya.
Tetapi anak-anak mereka yang telah dijadikan-Nya ganti mereka, mereka itulah yang disunat Yosua, sebab mereka belum bersunat, karena mereka tidak disunat dalam perjalanan.
Setelah seluruh bangsa itu selesai disunat, maka tinggallah mereka di tempatnya masing-masing di perkemahan itu, sampai mereka sembuh.
Dan berfirmanlah TUHAN kepada Yosua: "Hari ini telah Kuhapuskan cela Mesir itu dari padamu." Itulah sebabnya nama tempat itu disebut Gilgal sampai sekarang.
Sementara berkemah di Gilgal, orang Israel itu merayakan Paskah pada hari yang keempat belas bulan itu, pada waktu petang, di dataran Yerikho.
Lalu pada hari sesudah Paskah mereka makan hasil negeri itu, yakni roti yang tidak beragi dan bertih gandum, pada hari itu juga.

Tuhan memerintahkan kepada Yosua untuk menyunat orang-orang yang lahir di Padang Gurun.

*Tetapi anak-anak mereka yang telah dijadikan-Nya ganti mereka, mereka itulah yang disunat Yosua, sebab mereka belum bersunat, karena mereka tidak disunat dalam perjalanan.
Setelah seluruh bangsa itu selesai disunat, maka tinggallah mereka di tempatnya masing-masing di perkemahan itu, sampai mereka sembuh.
Dan berfirmanlah TUHAN kepada Yosua: "Hari ini telah Kuhapuskan cela Mesir itu dari padamu." Itulah sebabnya nama tempat itu disebut Gilgal sampai sekarang.*

Setelah mereka di Sunat maka Tuhan *Menghapus Cela Mesir*

Celah Mesir : *Roh Perbudakan, Tekanan, Spirit Intimidasi, masa lalu yang tidak baik*

*Tuhan Yesus mau membawa kita di Tahun Pey ini untuk menikmati Susu dan Madu*

Kita tidak boleh melihat ke belakang dan jangan ingat-ingat masa lalu kita yang jelek

Kita harus menatap ke depan dan jangan menoleh ke belakang.

Di Tahun Pey ini apa yang kita katakan pasti terjadi.

*ADA APA DI GILGAL*

*TANDA MUJIZAT TERJADI*

Mari kita buka *Yosua 4:19 (TB)  Bangsa itu telah keluar dari sungai Yordan pada tanggal sepuluh bulan pertama dan mereka berkemah di Gilgal, di batas timur Yerikho.*

Di Gilgal ada 12 Batu Peringatan yang diambil dari dasar Sungai Yordan.

Tuhan menghapus celah Mesir dan  Tuhan melakukan Sesuatu Mujizat yang besar di dalam hidup kita.

Celah Mesir dihapuskan, Tuhan melakukan beberapa Mujizat Terjadi dalam hidup mu.

Air Sungai Yordan menjadi kering karena perbuatan Tuhan yang Ajaib.

Di Gilgal ada 12 Batu Peringatan. Tuhan Yesus adalah Allah yang Luar Biasa.

Kita sudah mengalami Perjalanan Bersama Tuhan. Kita pernah ditolong oleh Tuhan dalam hidup kita.

Contohnya : Setiap Bulan di Sion Mengalami Kekurangan keuangan untuk operasional sekolah, radio namun Tuhan selalu menolong dan itu menjadi batu peringatan.

Kita mempunyai Batu Peringatan bahwa di dalam hidup kita kita pernah mengalami Pertolongan Tuhan.

*EHUD*

EHUD SALAH SEORANG HAKIM ISRAEL. MEMBUNUH RAJA EGLON ( RAJA MOAB ) SETELAH SAMPAI DI BATU PAHAT YANG ADA DI GILGAL.



HAKIM-HAKIM 3 : 19) tetapi ia sendiri berhenti pada batu-batu berpahat yang di dekat Gilgal, dan kembali menghadap raja. Berkatalah ia: "Ada pesan rahasia yang kubawa untuk tuanku, ya raja." Kata Eglon: "Diamlah dahulu!" Maka semua orang yang berdiri di depannya itu pergi ke luar.

EHUD DIKUATKAN DAN MEMPUNYAI KEBRANIAN

MUJIZAT MASIH ADA

*PEMBAHARUAN PERJANJIAN*

1 SAMUEL 11;14) Dan Samuel berkata kepada bangsa itu: "Marilah kita pergi ke Gilgal dan membaharui jabatan raja di sana.“ 15) Lalu pergilah seluruh bangsa itu ke Gilgal dan menjadikan Saul raja di sana di hadapan TUHAN di Gilgal, dan mereka mempersembahkan di sana korban keselamatan di hadapan TUHAN, dan bersukarialah di sana Saul dan semua orang Israel dengan sangat.

Kenapa Pembaharuan Perjanjian dilakukan di Gilgal ? Karena Di Gilgal ada 12 Batu Peringatan.

Di Tahun Pey ini kita akan mengalami Mujizat Terjadi setiap hari.

Di Tahun Pey ini kita memperbaharui Perjanjian Dengan Tuhan

*MEMBABAT HABIS MUSUH*

(1 SAMUEL 15 : 33) Tetapi kata Samuel: "Seperti pedangmu membuat perempuan-perempuan kehilangan anak, demikianlah ibumu akan kehilangan anak di antara perempuan-perempuan." Sesudah itu Samuel mencincang Agag di hadapan TUHAN di Gilgal.

*MUSUH ADALAH KARAKTER YANG JELEK DALAM HIDUP KITA*

*AWAL BERKAT DOUBLE PORSI*

2  RAJA-RAJA 2:1) Menjelang saatnya TUHAN hendak menaikkan Elia ke sorga dalam angin badai, Elia dan Elisa sedang berjalan dari Gilgal.

Di Sungai Yordan kita membelah laut kemustahilan. Bagi Tuhan tidak ada yang mustahil.

Kita mulai berjalan dari Gilgal. Mujizat Terjadi di dalam hidup kita ketika kita menyeberangi Sungai Yordan.

*Bagi Anak-anak Tuhan di Tahun Pey ini Tuhan memberikan kepada kita yang spesial*

Amin

Penulis Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer