DI DALAM JALAN TUHAN TUHAN SEDIAKAN

DI DALAM JALAN TUHAN TUHAN SEDIAKAN



Ada satu prinsip penting yang harus terus kita pahami saat rindu berinteraksi dengan dimensi ke-Ilahi-an Tuhan yang ada dalam dunia roh: Allah itu roh; apa pun yang Ia berikan kepada kita di alam lahiriah ini, selalu Ia berikan dalam bentuk dimensi rohani. Dan Dia selalu memberikannya melalui Roh Kudus yang bekerja di dalam roh atau batin kita.

Efesus 1:3 (TSI)  Terpujilah Allah— yaitu Bapa dari Tuhan kita Kristus Yesus. Karena melalui persatuan kita dengan Kristus, Allah sudah memberikan kepada kita setiap berkat rohani yang ada di surga. 

Matius 6:7 (FAYH)  "Janganlah berulang-ulang mengucapkan doa yang sama, seperti yang dilakukan orang kafir yang mengira bahwa doa dijawab hanya apabila diucapkan berulang-ulang. Ingatlah, Bapa kalian tahu benar apa yang kalian perlukan, sebelum kalian meminta kepada-Nya.

Sebagai Bapa yang baik, Dia mengetahui dengan benar apa yang menjadi kebutuhan kita. Dan sesungguhnya, Dia sudah menyediakan apa pun yang kita butuhkan tersebut, jauh sebelum kita menyadari akan adanya suatu kebutuhan!

Permasalahannya, selama ini kita hidup dengan berfokus pada hal-hal yang lahiriah sehingga kita tidak pernah mengetahui apa yang sudah Bapa sediakan bagi kita! Semua yang Bapa sediakan bagi kita, ada dalam alam roh; untuk mengetahui apa yang sudah Bapa sediakan, kita membutuhkan pekerjaan Roh Kudus-Nya untuk menyingkapkan hal tersebut. Dan untuk meraih apa yang sudah Bapa sediakan, kita harus mempergunakan 'tangan iman' kita untuk meraih ke dalam alam roh dan merealisasikannya ke dalam alam lahiriah ini!

1 Korintus 2:10 (TB)  Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah.

Markus 11:23-24 (TB)  Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa berkata kepada gunung ini: Beranjaklah dan tercampaklah ke dalam laut! Asal tidak bimbang hatinya, tetapi percaya, bahwa apa yang dikatakannya itu akan terjadi, maka hal itu akan terjadi baginya. Karena itu Aku berkata kepadamu: apa saja yang kamu minta dan doakan, percayalah bahwa kamu telah menerimanya, maka hal itu akan diberikan kepadamu.

1. Apa pun yang kita butuhkan dalam kehidupan sehari-hari (di alam lahiriah ini) sesungguhnya sudah Bapa sediakan dalam bentuk suatu dimensi rohani dalam alam roh. 

Kita membutuhkan Roh Kudus untuk menyingkapkan apa yang sudah Bapa sediakan tersebut. Menjalani kehidupan sehari-hari di jalan Tuhan sesungguhnya sama dengan menjalani kehidupan dengan tanpa beban ataupun permasalahan. Karena apa pun kendala yang menghadang, permasalahan apa pun yang menghambat dalam kita menjalani kehidupan di Jalan Tuhan, semuanya sudah ada jalan keluar atau penyelesaiannya. 

Bapa sudah menyediakan semua jawaban, jalan keluar ataupun kemampuan yang kita butuhkan untuk menyelesaikan semua permasalahan bahkan sebelum permasalahan tersebut memunculkan dirinya dalam kehidupan sehari-hari kita! Permasalahan utama yang masih kita hadapi hanyalah seringkali kita tidak menyadari atau mengetahui penyediaan Bapa tersebut! 

Karena itu, memiliki persekutuan, komunikasi atau hubungan dengan pribadi Roh Kudus menjadi sesuatu yang sangat penting. Alkitab menegaskan bahwa Roh akan menyingkapkan kepada kita apa yang sudah Bapa sediakan bagi kita! Jadi mulailah menanyakan kepada Roh Kudus apa yang sudah Bapa sediakan bagi kita setiap harinya.

Setiap hari, selalu ada anugerah baru yang Bapa sediakan bagi kita (Ratapan 3:22-23). Dia juga secara spesifik menyediakan semua kebutuhan kita (Matius 6:32). Jadi tidak ada alasan untuk menjalani kehidupan di Jalan Tuhan dalam kekuatiran!

Berjalan di Jalan Tuhan adalah sama dengan berjalan mengikuti tuntunan Roh-Nya. Roh akan selalu menyingkapkan apa yang sudah Bapa sediakan bagi kita anak-anak-Nya! Dan Dia akan melakukannya secara spesifik, detail, sesuai dengan kebutuhan kita!

Milikilah makna baru dari berjalan mengikuti tuntunan Roh: Kita melangkah mengikuti tuntunan Roh-Nya yang membawa kita untuk menemukan semua yang sudah Bapa sediakan bagi kehidupan sehari-hari kita. #AkuCintaTuhan

Message ini masih akan berlanjut.

Ps. Steven Agustinus

Komentar

Postingan Populer