TUHAN MENGUTUS PARA MALAIKATNYA

TUHAN MENGUTUS PARA MALAIKATNYA


Setiap orang percaya yang terus berjalan dalam Roh sekali waktu akan mendapati adanya kenyataan ini: para malaikat Tuhan jadi lebih nyata berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari mereka.
 
1. Para Malaikat adalah makhluk rohani yang diutus oleh Bapa untuk melayani kita (Ibr 1:14)
 
Bapa akan mengutus malaikat-malaikat-Nya untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan khusus yang kita miliki dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam pelayanan. 

• Malaikat menguatkan dan melayani Elia maupun Yesus saat ada dalam kesesakan (Luk 22:43, 1 Raj 19:1-8),

• Malaikat diutus Tuhan untuk membebaskan para Rasul dari penjara (Kis 5:18-20),

• Malaikat diutus Tuhan untuk memberi arahan secara spesifik kepada hamba-Nya (Kis 8:26, 10:1-6).
 
2. Para malaikat diutus oleh Bapa untuk memastikan, mengkondisikan agar kerinduan hati kita dapat terwujud (Kej 24:7, 34-40)
 
Eliezer dituntun oleh malaikat Tuhan untuk dapat bertemu dengan Ribka - calon istri yang Tuhan tetapkan untuk Ishak. Para malaikat 'mempermudah' Eliezer dalam 'mengambil keputusan', dengan cara 'menjagai sumur' agar tidak ada perempuan lain yang datang menimba air dan membuat Ribka langsung menimba air seperti yang diminta Eliezer dalam doanya.
 
Dari catatan dalam Ayub 33:14-30 kita boleh meminta kepada Bapa untuk ikut mengkondisikan agar anggota keluarga kita dapat mengalami perjumpaan dengan Tuhan dan kebenaran-Nya. Ada banyak dari antara kita yang sampai sekarang masih memiliki ada banyak anggota keluarga yang belum di dalam Tuhan. Berdoalah, meminta kepada Bapa untuk mengirim malaikat-Nya dan menuntun anggota keluarga kita tersebut untuk kembali kepada Tuhan.
 
Terlepas dari kehendak bebas manusia maupun kedaulatan Tuhan yang berhak melembutkan atau mengeraskan hati orang - seperti yang Ia lakukan atas Firaun - teruslah meminta kepada-Nya. Walau perbandingannya seperti satu berbanding seribu, tapi tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya.
 
3. Para malaikat bekerja dan melayani kebutuhan orang percaya sesuai dengan nature yang Ia berikan kepada mereka (Kel 23:20-23, Yoh 5:4)
 
Saat Tuhan melihat umat-Nya membutuhkan terobosan rohani, Ia akan mengutus 'malaikat tertentu' untuk melakukan terobosan tersebut dalam alam roh sehingga orang-orang tertentu yang memang Tuhan utus untuk 'melakukan terobosan' akan berhasil mewujudkannya. Orang sering menyebut malaikat dengan sebutan atau nama yang menggambarkan pekerjaannya: Malaikat Terobosan, Malaikat Kesembuhan dan sebagainya.
 
4. Tuhan mengutus malaikat untuk mendatangkan penghukuman (Kej 19, 2 Sam 24:15-17, 1 Taw 21:14-20, 27, 2 Taw 32:21-22, Maz 78:49)
 
5. Tuhan mengutus para malaikat untuk berjaga di sekeliling kehidupan orang yang takut akan Dia (Maz 34:7-8, 91:10-11, Dan 3:28, 6:22)
 
6. Para malaikat adalah makhluk rohani yang melaksanakan, bekerja mengkondisikan situasi atau keadaan untuk terwujudnya firman Tuhan (Maz 103:20)
 
7. Malaikat juga diutus Tuhan untuk membawa dan menyampaikan firman-Nya (Mat 1:20, 24; 2:13; Luk 1:8-17, 26-38; 2:8-20)
 
8. Tuhan menempatkan paling sedikit satu malaikat sebagai Malaikat Penjaga untuk setiap umat-Nya (Mat 18:10)
 
• Tuhan berhak melarang atau memerintahkan para Malaikat untuk mendampingi dan bekerja secara ekstra dalam hidup seseorang (Luk 12:8-9),

• Tuhan mengutus Malaikat Penjaga Petrus untuk meluputkan dia dari hukuman mati (Kis 12:5-11).
 
9. Tetap waspadai terjadinya penampakan Malaikat, selalu selaraskan pengalaman rohani yang kita alami dengan firman-Nya
 
• Iblis bisa menyamar sebagai malaikat Terang (2 Kor 11:14),

• Salah satu dari malaikat kegelapan bisa saja memberikan suatu pengalaman rohani maupun 'penyingkapan firman' kepada kita - inilah cikal bakal dari berbagai manifestasi dari 'injil palsu' (Gal 1:6-8),

• Tuhan melarang kita untuk beribadah kepada malaikat (Kol 2:18),

• Dalam ketulusan kita, tanpa sadar kita bisa memberi tumpangan atau menjamu para malaikat (Ibr 13:2)
 
#AkuCintaTuhan
 
Ps. Steven Agustinus

Komentar

Postingan Populer