MENDENGAR PERCAYA DAN TAAT

MENDENGAR PERCAYA DAN TAAT



Mukjizat berubahnya air menjadi anggur dalam Yohanes 2:1-11 terus berbicara kuat dalam batin saya. Ada beberapa pemahaman dan janji Tuhan yang Ia sampaikan secara pribadi:
 
1. Mukjizat air menjadi anggur merupakan suatu mukjizat yang tidak melewati proses penanaman bibit anggur, pertumbuhan pohon anggur, munculnya buah anggur, pemetikan, lalu pemerasan dan pengolahan, fermentasi, ataupun penyimpanan dalam kurun waktu yang lama untuk menjadikannya sebagai anggur terbaik.
 
Minuman anggur dalam suatu pesta melambangkan suatu kebahagiaan dan kesukaan, juga suatu kehormatan. Semakin berkualitas minuman anggur itu, maka si tuan rumah pembuat pesta akan makin beroleh puji - pujian karena telah 'sukses' dalam menyelenggarakan suatu pesta.
 
Sampai sekarang ada banyak orang yang mencari kebahagiaan dan kesuksesan dengan cara banting tulang dan peras keringat dalam kurun waktu yang tidak sebentar. Setelah semua itu terlewati dan telah beroleh uang, harta, properti, jabatan, dan beroleh kenaikan strata sosial di masyarakat, barulah orang itu layak disebut sebagai orang sukses dan menjadi 'figur' kebahagiaan.!
 
Saya rasa Roh Kudus berbicara dalam batin saya: "Aku akan memberikan itu semua kepadamu tanpa proses lahiriah seperti yang orang banyak lewati. Tidak ada proses banting tulang dan peras keringat! Aku akan memberikan itu semua sebagai bonus atau cuma - cuma tanpa harus berpeluh! Fokus saja pada kebahagiaan sejati, yaitu melakukan kehendak Kerajaan Surga; pastikan dirimu selalu mendengar dan melakukan apa yang Kukatakan (Ulangan 28:1) dan jagai dirimu dalam lingkupan damai sejahtera dan sukacita ilahi!"
 
Itulah kebahagiaan sejati - jagai hal yang sejati, maka bonusnya akan diberikan oleh Tuhan (segala hal yang lahiriah, simbol - simbol kesuksesan dunia ini). Dan jangan pernah membuat 'bonus' menjadi hal utama. Sebab yang terutama adalah mengasihi Tuhan dengan segenap hati, jiwa, dan kekuatan. Jagai hal tersebut maka hidupmu tidak akan menyimpang ke kanan dan ke kiri. Terus berada di jalan lurusnya Tuhan.
 
2. Untuk memastikan setiap janji Tuhan pasti tergenapi dalam hidup kita, setiap mukjizat yang kita butuhkan pasti terjadi tepat pada waktunya, apa pun yang menjadi doa-doa kita pasti dijawab Tuhan bahkan melampaui yang kita rindukan - gambaran dari realita 'anggur masa kini yang terbaik' yang Tuhan hadirkan tanpa kita harus bersusah payah atau berpeluh secara manusiawi - adalah dengan memastikan kita terus terhubung dengan Bapa sehingga kita pun akan selalu memiliki anugerah untuk melihat Dia, mendengar atau menerima arahan-Nya dan meresponi dengan respon ketaatan.
 
Tuhan pernah menyatakan kepada saya: Jika engkau mau terus membangun di dalam Roh-Ku, maka berhentilah berjerih lelah dalam segala bentuk cinta dunia, cinta diri sendiri dan cinta akan uang, pastikan kehidupan sehari-harimu terus terhubung dengan realita hadirat-Ku, maka Aku pun akan membebaskan dirimu dari segala bentuk jerih lelah lahiriah demi hanya untuk mendapatkan pemenuhan kebutuhan sehari-harimu. Bahkan semakin engkau 'menerima banyak' daripada-Ku, otomatis engkau pun jadi 'memiliki lebih banyak dari yang kau butuhkan' sehingga engkau jadi ada pada posisi untuk memberi pinjaman dan tidak pernah lagi meminta pinjaman (Ulangan 28:12).
 
Saya percaya, tidak peduli jenis kegoncangan apa pun yang bakal menimpa penduduk bumi ini, Tuhan sudah menyediakan 'Kerajaan yang tak tergoncangkan' bagi kita yang percaya dan yang membangun hidupnya dari mendengar firman dan taat kepada-Nya! #AkuCintaTuhan
 
Ps. Steven Agustinus

Komentar

Postingan Populer