RUT KELUARGA YANG DITEBUS DAN BAHAGIA

RUT
KELUARGA YANG DITEBUS DAN BAHAGIA
( Bagian 3 )

By : Ps Philip Mantofa

Ayat bacaan Rut 3

Pernikahan adalah tempat perlindungan bagi orang-orang muda.
Oleh sebab itu pernikahan harus dipersiapkan secara matang dan dibangun dengan rasa aman dan kebenaran.
FONDASI KELUARGA BAHAGIA adalah SUAMI DAN ISTRI YANG  TAKUT AKAN ALLAH.

~~ Peran orang tua untuk mempersiapkan kehidupan cinta nak-anaknya hingga pelaminan.
1.   MENDOAKAN CALON JODOH anak-anak mereka sejak mereka masih kecil.
2.   MENJALIN KOMUNIKASI TAK TERPUTUS dengan anak-anak mereka agar mereka terbuka dan bercerita tentang perasaan cinta atau hubungan asmara yang mereka alami.
Dengan demikian orang tua dapat selalu memberikan nasehat yang baik dan relevan bagi putra-putri mereka.
3.   MEMBANGUN KEKOMPAKAN dengan anak-anak mereka untuk mengambil keputusan bersama dalam memilih pasangan hidup mereka.

Kata MANDILAH dan BERURAPLAH  bisa diartikan bahwa KITA HARUS SELALU MENJAGA PENAMPILAN DAN KEBERSIHAN FISIK DEMI KELUARGA KITA,
TERUTAMA KEKUDUSAN MORAL KITA.

Berdandanlah bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk mencerminkan nilai-nilai keluarga anda.
Rut 3 : 3
maka MANDILAH dan BER-URAPLAH,  pakailah pakaian  bagusmu dan pergilah ke tempat pengirikan itu. Tetapi janganlah engkau ketahuan kepada orang itu, sebelum ia selesai makan dan minum. 

Rut 3 : 4
Jika ia membaringkan diri tidur, haruslah engkau perhatikan baik-baik tempat ia berbaring; kemudian datanglah dekat, singkapkanlah selimut dari kakinya dan berbaringlah di sana. Maka ia akan memberitahukan kepadamu apa yang harus kaulakukan."

Naomi mengajarkan kepada Rut BAGAIMANA SEORANG WANITA BISA MENEMPATKAN DIRINYA DENGAN BENAR DALAM MENGHADAPI EGO SUAMINYA, yaitu DENGAN MELAYANI MEREKA TERLEBIH DAHULU DENGAN CARA YANG SUCI DAN BERKENAN.

Di sisi lain, seorang laki-laki HARUS RELA BERKORBAN BAGI KELUARGANYA, BAHKAN MEMBERIKAN NYAWANYA BAGI ISTRI DAN ANAK-ANAKNYA.
Rut 3 : 5
Lalu kata Rut kepadanya : "Segala yang engkau katakan itu akan kulakukan."

Rut memiliki Naomi sebagai tempat untuk berkonsultasi tentang pasangan hidupnya.

Dengan siapakah seharusnya kita berkonsultasi tentang kehidupan cinta kita ?
~  dengan FIRMAN TUHAN termasuk kotbah-kotbah.
~  dengan KELUARGA YANG TAKUT AKAN  TUHAN dan SAUDARA SEIMAN.

Rut 3 : 6 – 10
(6) Sesudah itu pergilah ia ke tempat pengirikan  dan dilakukannyalah tepat seperti yang diperintahkan mertuanya kepadanya.
(7) Setelah Boas habis makan dan minum dan hatinya gembira,  datanglah ia untuk membaringkan diri tidur pada ujung timbunan jelai itu. Kemudian datanglah perempuan itu dekat dengan diam-diam, disingkapkannyalah selimut dari kaki Boas dan berbaringlah ia di situ.
(8) Pada waktu tengah malam dengan terkejut terjagalah orang itu, lalu meraba-raba ke sekelilingnya, dan ternyata ada seorang perempuan berbaring di sebelah kakinya.
(9) Bertanyalah ia : "Siapakah engkau ini ?" Jawabnya : "Aku Rut, hambamu : kembangkanlah kiranya sayapmu melindungi hambamu ini, sebab engkaulah seorang kaum yang wajib menebus kami."
(10) Lalu katanya : "Diberkatilah kiranya engkau oleh TUHAN, ya anakku ! Sekarang engkau menunjukkan kasihmu lebih nyata lagi dari pada yang pertama kali itu, karena engkau tidak mengejar-ngejar orang-orang muda, baik yang miskin maupun yang kaya.

Boas memanggil Rut dengan sebutan ANAKKU.
Pesan untuk semua laki-laki :
PERLAKUKANLAH ISTRI ANDA SEBAIK ANDA MEMPERLAKUKAN ANAK-ANAK ANDA yang anda manjakan, DENGAN LEMAH LEMBUT DAN KASIH.

Jika sulit melihat pasangan anda seperti anak anda, MINIMAL LIHATLAH DIA SEBAGAI IBU DARI ANAK-ANAK ANDA ~ dan HARGAILAH DIA !

#ps

Komentar

Postingan Populer