PERCAYA DAN MEMPERKATAKAN FIRMAN TUHAN

PERCAYA DAN MEMPERKATAKAN FIRMAN TUHAN


Shalom Saudara yang dikasihi Tuhan, kita meninggalkan 2019, 11 jam 29 menit yang lalu. Kita memasuki tahun yang baru tahun 2020, Tuhan memberikan tema untuk tahun 2020, Tahun Dimensi Yang Baru, The Year of a new Dimension. Katakan bersama saya, tahun 2020 Tahun Dimensi Yang Baru.

Saya percaya pasti banyak kenangan, ada yang baik dan ada yang tidak. Kalau Tuhan ijinkan kita memasuki tahun yang baru itu karena perkenanan dan kasih Tuhan.

LAGU: YESUS ENGKAU BAIK SUNGGUH BAIK.

Memasuki 1 Januari dibuka dengan hujan yang lebat tetapi ini adalah pesan buat kita semua, hujan bicara berkat. Biarlah berkat yang kita terima di tahun 2020 membuat kita jadi lebih baik. Itu yang Tuhan mau, bukan makin banyak berkat makin nggak karu-karuan.

LAGU: HOSANA HOSANA BAGI YESUS TUHANKU.

Baca dari 2 Korintus 4:13

Namun karena kami memiliki roh iman yang sama, seperti ada tertulis: "AKU PERCAYA, SEBAB ITU AKU BERKATA-KATA", maka kami juga percaya dan sebab itu kami juga berkata-kata.

Saya ingin kita memperkatakan firman Tuhan karena kita percaya. Kita masuk tahun 2020 tapi menurut kalender Ibrani kita memasuki Tahun Pey (Pey artinya mulut). Paulus katakan, karena aku percaya aku berkata-kata. Kalau kita mengatakan firman Tuhan karena kita percaya maka itu akan terjadi dalam hidup kita.

Masuk tahun 2020 harus banyak mengucapkan firman Tuhan, maka firman itu akan terjadi dalam hidup kita. Mari kita mulai dengan memperkatakan firman ini:

1. Ratapan 3:22-23

3:22 Tak berkesudahan kasih setia Tuhan, tak habis-habisnya rahmat-Nya.

3:23 selalu baru tiap pagi, besar kesetiaan-Mu.

LAGU: KASIH TUHAN TAK BERKESUDAHAN.

Saudara percaya firman ini? Saya tiap hari memperkatakan ayat ini.

Rasakan ayat ini, kita harus percaya tahun 2020 lebih baik dari tahun 2019 karena kasih Tuhan selalu baru tiap hari/minggu/bulan/tahun.

LAGU: KASIH TUHAN TAK BERKESUDAHAN.

Perkatakan ini setiap hari. Kalau engkau percaya perkatakan, dan akan jadi.

2. Mazmur 118:8 (ayat tengah Alkitab)

Lebih baik berlindung pada Tuhan dari pada percaya kepada manusia.

Artinya: keadaan kita akan LEBIH BAIK kalau kita BERLINDUNG PADA TUHAN ketimbang berharap pada manusia. Itulah dimensi yang baru. Kita akan lebih baik kalau kita berharap kepada Tuhan.

Yesaya 40:30-31

40:30 Orang-orang muda menjadi lelah dan lesu dan teruna-teruna jatuh tersandung,

40:31 tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.

LAGU: ORANG YANG BERHARAP TUHAN.

Saya mau ingatkan saudara saat ini, kalau engkau percaya, perkatakan!.

3. Mazmur 37:23-24

37:23 TUHAN menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepada-Nya;

37:24 apabila ia jatuh, tidaklah sampai tergeletak, sebab TUHAN menopang tangannya.

Kita jadi orang yang BERKENAN pada Tuhan kalau kita BERHARAP pada Tuhan. Orang yang berkenan pada Tuhan bisa jatuh, tapi tidak akan sampai tergeletak sebab Tuhan menopang tangannya.

LAGU: TUHAN MENETAPKAN LANGKAH-LANGKAH ORANG YANG HIDUPNYA BERKENAN KEPADA-NYA.

4. Yeremia 17:7-8

17:7 Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN!

17:8 Ia akan seperti pohon yang ditanam di tepi air, yang merambatkan akar-akarnya ke tepi batang air, dan yang tidak mengalami datangnya panas terik, yang daunnya tetap hijau, yang tidak kuatir dalam tahun kering, dan yang tidak berhenti menghasilkan buah.

Ini orang yang berharap hanya pada Tuhan akan jadi seperti ini: seperti pohon yang ditanam di tepi air, yang merambatkan akar-akarnya ke tepi batang air, dan yang tidak mengalami datangnya panas terik, yang daunnya tetap hijau, yang tidak kuatir dalam tahun kering, dan yang tidak berhenti menghasilkan buah

Prediksi tahun 2020 tidak berlaku pada orang yang hanya berharap pada Tuhan; mau kering, mau badai, tidak akan berlaku sebab Tuhan akan menopang tangannya.

LAGU: AKU PERCAYA BERKAT-MU ATASKU MELIMPAH.

5. Mazmur 42:6

42:5 (42-6) Mengapa engkau tertekan, hai jiwaku, dan gelisah di dalam diriku? Berharaplah kepada Allah! Sebab aku akan bersyukur lagi kepada-Nya, penolongku dan Allahku!

Ada berapa banyak di antara Anda yang sedang tertekan jiwanya, gelisah menghadapi tahun 2020? Hari ini kita diberi tuntunan: BERHARAPLAH KEPADA ALLAH. Berharaplah hanya kepada Tuhan Yesus.

Orang yang berharap pada Tuhan cirinya: dia selalu MENGUCAP SYUKUR dalam segala perkara. Kalau mengucap syukur dalam segala perkara itu artinya saya setuju dengan Tuhan. Apapun keadaannya baik atau tidak, mengucap syukur. Ini penting.

1 Tesalonika 5:18 Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.

LAGU: KUBERSYUKUR BAPA.

Sekali lagi saya mau saksikan, saya ada di tempat ini karena saya mengucap syukur saat berada di persimpangan jalan. Saya dibuat habis. Disuruh jadi pelayan Tuhan sepenuh waktu, saya nggak kuat sampai pada suatu saat iman saya tidak kuat lagi. Dan Tuhan berkata, “Niko dalam keadaan seperti ini sebaiknya engkau mengucap syukur”. Saya ambil gitar dan mulai menyanyi.

LAGU: S’GALA PUJI SYUKUR.

Saya pikir lagi untung waktu itu saya mengucap syukur. Dan karena itu sekarang saya masih ada di sini. Apa yang saudara alami saat ini, tetaplah berharap kepada Allah dan mengucap syukur.

LAGU: KUBERSYUKUR TUHAN, YA TUHAN.

Masuk tahun 2020 banyak perkatakan firman Tuhan karena saudara percaya. Kalau saudara perkatakan firman Tuhan karena engkau percaya maka itu akan terjadi dalam hidupmu.

6. Saya selalu ingatkan untuk memperkatakan Mazmur 91. Keadaan dunia makin tidak karuan, perkatakan firman Tuhan ini. Mari kita membacanya bersama:

Mazmur 91:1-16

91:1 Orang yang duduk dalam lindungan Yang Mahatinggi dan bermalam dalam naungan Yang Mahakuasa

91:2 akan berkata kepada TUHAN: "Tempat perlindunganku dan kubu pertahananku, Allahku, yang kupercayai."

91:3 Sungguh, Dialah yang akan melepaskan engkau dari jerat penangkap burung, dari penyakit sampar yang busuk.

91:4 Dengan kepak-Nya Ia akan menudungi engkau, di bawah sayap-Nya engkau akan berlindung, kesetiaan-Nya ialah perisai dan pagar tembok.

91:5 Engkau tak usah takut terhadap kedahsyatan malam, terhadap panah yang terbang di waktu siang,

91:6 terhadap penyakit sampar yang berjalan di dalam gelap, terhadap penyakit menular yang mengamuk di waktu petang.

91:7 Walau seribu orang rebah di sisimu, dan sepuluh ribu di sebelah kananmu, tetapi itu tidak akan menimpamu.

91:8 Engkau hanya menontonnya dengan matamu sendiri dan melihat pembalasan terhadap orang-orang fasik.

91:9 Sebab TUHAN ialah tempat perlindunganmu, Yang Mahatinggi telah kaubuat tempat perteduhanmu,

91:10 malapetaka tidak akan menimpa kamu, dan tulah tidak akan mendekat kepada kemahmu;

91:11 sebab malaikat-malaikat-Nya akan diperintahkan-Nya kepadamu untuk menjaga engkau di segala jalanmu.

91:12 Mereka akan menatang engkau di atas tangannya, supaya kakimu jangan terantuk kepada batu.

91:13 Singa dan ular tedung akan kaulangkahi, engkau akan menginjak anak singa dan ular naga.

91:14 "Sungguh, hatinya melekat kepada-Ku, maka Aku akan meluputkannya, Aku akan membentenginya, sebab ia mengenal nama-Ku.

91:15 Bila ia berseru kepada-Ku, Aku akan menjawab, Aku akan menyertai dia dalam kesesakan, Aku akan meluputkannya dan memuliakannya.

91:16 Dengan panjang umur akan Kukenyangkan dia, dan akan Kuperlihatkan kepadanya keselamatan dari pada-Ku."

LAGU: AKU PERCAYA BERKAT-MU ATASKU MELIMPAH.

7. Saya mau ajak kita membaca dari:

Amsal 3:9-10

3:9 Muliakanlah TUHAN dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu,

3:10 maka lumbung-lumbungmu akan diisi penuh sampai melimpah-limpah, dan bejana pemerahanmu akan meluap dengan air buah anggurnya.

Sudah membaca semua? Kalau kita percaya ayo baca. Kalau kita percaya, kita memperkatakan, terjadilah ini. Katakan amin. Ini artinya buah sulung, yaitu penghasilan bulan Januari yang seluruhnya diberikan pada Tuhan di bulan Februari. Banyak yang melecehkan firman ini. Kalau tidak setuju atau tidak mau memberi, lebih baik diam. Hati-hati. Ini firman Tuhan. Urusan saudara dengan Tuhan. Bagian saya hanya menyampaikan.

LAGU: KUSEMBAH KAU TUHAN.

8. Saya mau ajak saudara baca dari Amsal 29:18:

Bila tidak ada wahyu, menjadi liarlah rakyat. Berbahagialah orang yang berpegang pada hukum.

Wahyu: revelation/visi. Kalau kita tidak diberikan visi, akan jadi liar dan suka-suka sendiri. Yang paling bertanggung jawab adalah yang seharusnya menyampaikan.

Gereja kita tahun 2020 ini akan berumur 32 tahun. Ada 1200 gereja. Ratusan ribu jemaat, ada hubungan dengan luar negeri dan dalam negeri. Demikian besar Tuhan bawa gereja ini. Salah satunya Tuhan berikan visi pada kita, dan saya selalu dengan kencang katakan dari mimbar ini. Tentang Pentakosta Ketiga. Berapa banyak yang tahu tentang Pentakosta Ketiga? Sudah saya duga belum banyak yang mengerti tentang ini.

Tuhan katakan pada saya, masuk tahun 2020, kamu ubah caranya. Jadi sekarang, setelah Pastor Message kita akan memperkatakan Pentakosta Ketiga dalam setiap ibadah.

Mari kita perkatakan Pentakosta Ketiga:

1. Pentakosta Ketiga adalah pencurahan Roh Kudus yang dahsyat di zaman now melebihi yang terjadi di Azusa Street.

2. Pentakosta Ketiga akan mengakibatkan penuaian jiwa yang terbesar dan yang terakhir sebelum Tuhan Yesus datang untuk kali kedua.

3. Pentakosta Ketiga akan membangkitkan generasi Yeremia yaitu anak-anak muda yang dipenuhi Roh Kudus, cinta mati-matian kepada Tuhan Yesus, tidak kompromi terhadap dosa dan akan bergerak untuk memenangkan jiwa.

4. Pentakosta Ketiga lahir di Indonesia yang bergerak ke bangsa-bangsa. Gerakan ini dari Timur ke Barat dan akan kembali ke Yerusalem.

5. Pentakosta Ketiga akan memberikan kuasa untuk menyelesaikan Amanat Agung dan setelah itu Tuhan Yesus datang kembali.

LAGU: INI AKU TUHAN.

Matius 28:19-20 (ayat tentang Amanat Agung Tuhan Yesus)

28:19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,

28:20 dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."

Saya percaya ini akan selesai, kita yang akan menyelesaikan Amanat Agung Tuhan Yesus dengan kuasa yang Tuhan berikan yaitu Pentakosta Ketiga.

Kesimpulan:

· Masuk tahun 2020, banyak memperkatakan firman Tuhan. Bila kita percaya dan memperkatakan firman Tuhan setiap hari maka itu akan terjadi.

· Prediksi tahun 2020 tidak berlaku pada orang yang hanya berharap pada Tuhan dan mengandalkan Tuhan.

· Perkatakan Pentakosta Ketiga, ini adalah kuasa yang Tuhan berikan kepada kita untuk menyelesaikan Amanat Agung Tuhan Yesus.

Amin. Tuhan Yesus memberkati Anda dengan firman-Nya hari ini.

Jakarta, 1 Januari 2020
Pdt Ir Niko Njotorahardjo

Komentar

Postingan Populer