EFRAIM

*EFRAIM*
*IBADAH RAYA ONLINE PAGI*
*SABTU 30 MEI 2020*
*Ev INDRIATI TJIPTO PURNOMO*


Shalom

Hari-hari ini Didik diri kita supaya bereaksi dengan benar. Kita harus bereaksi dengan benar saat kita berada ditengah-tengah masalah.

Kita harus *Terlatih dan Belajar Sungguh-sungguh* supaya kita Bereaksi dengan Benar.

*Perumpamaan Dua Orang Pilot Pesawat Yang Terlatih dan Tidak Terlatih*

*Pilot Pesawat Yang Terlatih Selalu Belajar Hal-hal yang baru sehingga ketika ia menghadapi masalah penerbangan ia bisa Bereaksi dengan Benar.*

*Pilot Pesawat Yang Tidak Terlatih, tidak belajar, ia mengemudi pesawat terbang dengan rutinitas, ketika ada masalah ia Bereaksi salah*

Hari-hari ini jangan sampai ada yang merusak Pelayanan, jangan sampai ada yang merusak Destiny nya.

Hari ini kita akan belajar tentang *EFRAIM*

*BERKAT EFRAIM DARI ISRAEL*

Buka Kejadian 48:14-19 FAYH



Tetapi Israel menyilangkan lengannya ketika ia mengulurkan
tangan utk menumpangkannya di atas kepala mereka shg tgn
kanannya terletak di atas kepala Efraim, anak yg lebih muda, 
sedang tgn kirinya di atas Manasye, anak yg sulung. Ia berbuat
demikian dgn sengaja. ..Tetapi Yusuf gelisah & kurang senang
melihat ayahnya menumpangkan tangan kanannya di atas
kepala Efraim, maka ia memindahkan tangan itu ke atas
kepala Manasye. "Ayah," katanya, "Ayah salah meletakkan
tangan. Inilah anak yg sulung. Letakkan tangan kanan ayah 
di atas kepalanya." Tetapi Yakub tdk mau. "Aku tahu apa yg
sedang kulakukan, Anakku," katanya. "Manasye juga akan mjd
suatu bangsa yg besar, tetapi adiknya (Efraim) akan mjd bangsa yg lebih besar lagi."

*HAK SULUNG*

1 Tawarikh 5:2 (TB)  Memang Yehudalah yang melebihi saudara-saudaranya, bahkan salah seorang dari antaranya menjadi raja, tetapi hak sulung itu ada pada Yusuf. 

Yosua 14:4 (TB)  Sebab bani Yusuf merupakan dua suku, Manasye dan Efraim. Maka kepada orang Lewi tidak diberikan bagiannya di negeri itu, selain dari kota-kota untuk didiami, dengan tanah penggembalaannya untuk ternak dan hewan mereka. 

Efraim mempunyai cerita hampir sama dengan kakeknya Yakub. Esau lahir sebagai Anak Sulung, Yakub sangat menginginkan Hak Kesulungan. Yakub mengejar Hak Kesulungan.

Tuhan sudah memberikan kesempatan kepada Esau. Demikian juga Manasye lahir sebagai Anak Sulung di keluarga Yusuf.

Efraim Diberikan Kesempatan oleh Tuhan, Yakub memberikan Berkat Hak Kesulungan kepada Efraim. *Efraim adalah seorang yang diam dan pasif*

Tuhan Yesus sudah bukakan jalan supaya Efraim bisa lari. Efraim sudah diberikan kesempatan oleh Tuhan namun Efraim tetap pasif. Hasilnya untuk saat sekarang ini di Israel hampir semua Di Israel dikuasai oleh Suku Manasye.

Saat ini kita sudah diberikan kesempatan oleh Tuhan, dibukakan kesempatan kita tidak boleh pasif.

Tuhan Yesus sangat merindukan kita lakukan *Do Something*

Tuhan Yesus selalu menunggu respon Kita. Teriakkan kita menggetarkan Surga. Jangan mau kita ditipu oleh setan.

Bagaimana Kita Mencapainya ? Reaksi mu yang menentukan hasilnya.

Manasye dan Efraim Menangkap Hak Kesulungan.

*KELEMAHAN EFRAIM*

*TIDAK BERTANGGUNG JAWAB DAN IRI*

Mari Kita Buka Hakim-hakim 8 : 1-2 FAYH.

*MARAH*

*Ekspresi kemarahan*

– Kolerik: Marah
– Sanguin: Belanja
– Plegmatis: Diam, Tidur
– Melankolis: Menangis

• Harusnya:
– Mendoakan, bertanggung jawab,mengampuni

• Melayani adalah kesempatan, tdk hrs dipanggil

Jika kita marah berarti kita kalah.

*LAMBAT BEREAKSI & 
MENYALAHKAN KEADAAN & ORANG LAIN*

Hak 12:1-3 FAYH 

KEMUDIAN suku Efraim mengerahkan bala tentaranya … 
& mengirimkan pesan ini kepada Yefta, "Kenapa engkau tdk memanggil
kami ketika engkau berperang dgn bangsa Amon? Kami akan membakar
habis rumahmu bersama2 dgn engkau!" "Aku memanggil kalian, tetapi
kalian tdk mau datang!" jawab Yefta. "Kalian tdk mau menolong kami 
ketika kami memerlukan pertolongan. Maka aku mempertaruhkan
nyawaku & pergi berperang tanpa kalian, & TUHAN telah menolong aku
menaklukkan musuh. Itukah alasanmu utk memerangi kami?“

Melayani adalah ketika kita Meletakkan Hidup Kita di Mezbah.

Jika kita Pelayanan adalah kita yang bersyukur karena boleh melayani.

Kesaksian : Saya dilatih oleh Tuhan Yesus untuk mengerti arti melayani. Sewaktu saya di Belanda, saya membersihkan semua angklung dan melap Sebelum Angklung dipakai. Saya juga Mempersiapkan Teks pidato pemimpin angklung dan Mempersiapkan beberapa bahan kotbah untuk pemimpin saya di Belanda.

Kita harus mengerti Reaksi Kita Menentukan Kemana Engkau naik ? Reaksi mu membawa seberapa Engkau Mendapatkan ?

*Kelemahan atau Persoalan Efraim*
Marah
Tidak Bisa Melayani
Butuh Pujian
Lambat Bereaksi

Ada banyak orang yang diberikan kesempatan namun mereka begitu lamban.

Contohnya : ada beberapa orang yang diberikan kesempatan untuk Menyiapkan Bahan Kotbah, Mereka tidak pernah mau mendalami, menyiapkan seadanya.

Kita harus belajar menjadi orang tidak mudah marah. Ada banyak orang yang tidak punya alasan yang benar

*MENOLAK SAUDARA
TDK MAMPU LIHAT POTENSI*

Hak 12:4 FAYH 
Orang Efraim mencemoohkan Yefta dgn
mengatakan bhw orang2 Gilead adalah org buangan & sampah
masyarakat, shg Yefta mjd murka & mengerahkan bala
tentaranya utk menyerang suku Efraim.

Yefta Menghabisi Orang-orang Efraim, karena orang-orang Efraim mencemooh Yefta. Orang-orang Efraim disembelih di Sungai Yordan

Ada banyak orang yang menghakimi, menolak dan mencemooh. Ada banyak orang tidak mendapatkan yang terbaik

Kita harus melihat dengan Mata Tuhan. Melihat Peristiwa sebagai sebuah kesempatan.

Caramu Melihat, Caramu Menyembah Tuhan, itu Menentukan Engkau Dapat Apa ?

*TDK MENGHALAU MUSUH*

Yos 16:10 

Tetapi orang Kanaan yg diam di Gezer tidaklah *dihalau
oleh orang Efraim*. Jadi orang Kanaan itu masih tetap
tinggal di tengah2 suku Efraim sampai sekarang, tetapi
mjd budak rodi.

Orang-orang Efraim tidak menghalau musuhnya yaitu Orang Kanaan.

*ADA HARAPAN JIKA MERATAP & TAHU DIRI*

Yer 31:17-20 

Masih ada harapan utk hari depanmu, demikianlah firman
TUHAN: anak2 akan kembali ke daerah mereka. Telah Kudengar sungguh2 
*Efraim meratap:* Engkau telah *menghajar* aku, & aku telah *menerima
hajaran,* seperti anak lembu yg tdk terlatih. Bawalah aku kembali, supaya
aku berbalik, sebab Engkaulah TUHAN, Allahku. Sungguh, sesudah aku
berbalik, aku menyesal, & sesudah aku tahu akan diriku, aku menepuk
pinggang sbg tanda berkabung; aku merasa malu & bernoda, sebab aku
menanggung aib masa mudaku. Anak kesayangankah gerangan Efraim 
bagi-Ku atau anak kesukaan? Sebab setiap kali Aku menghardik dia, tak
putus2nya Aku terkenang kepadanya; sebab itu hati-Ku terharu thd dia; 
tak dapat tidak Aku akan menyayanginya, demikianlah firman TUHAN.

Kesaksian : Saya pernah menjadi Armor Bearer dari beberapa Hamba Tuhan. Saya juga pernah mengalami Kehilangan Kesempatan.

Tuhan Yesus merindukan Engkau membongkar hidupmu, setiap kemarahan mu. Tuhan Yesus sedang menanti kita.

Tuhan sudah menyerah dengan Efraim. Efraim tidak sungguh-sungguh mau berbalik. Efraim tidak mau sungguh-sungguh belajar.

Mari Kita Belajar Dari Kesalahan-Kesalahan Efraim. Amin

Ditulis oleh Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer