TERUSLAH PERCAYA PADANYA

TERUS PERCAYA PADANYA



Amsal 4:18 (TB) Tetapi jalan orang benar itu seperti cahaya fajar, yang kian bertambah terang sampai rembang tengah hari.

Pada saat kondisi dunia terus bergoncang dan alami kemerosotan, janji Tuhan pada ayat tersebut tidak akan pernah gagal. Ketika hidup kita terus melangkah dalam jalan Tuhan dan kebenaran firman-Nya (hidup memperkenan hati Tuhan) secara otomatis kita akan bertumbuh dan terus naik - tidak pernah turun, dan bertambah terang. Itu adalah ketetapan dan hukum Allah yang tidak bisa diganggu gugat oleh dunia ini.

Fakta dan kondisi yang ada memang sedang memaksa kita untuk meyakini dan mempercayai bahwa 'hidup kita sedang mengalami penurunan' (terkena dampak dari kegoncangan). Tapi jangan pernah mempercayai fakta tersebut!! Sebab kita ada dalam dunia yang berbeda. Di mana 'gravitasi kehidupan' dan kegoncangan dunia ini tidak berpengaruh dalam hidup kita.

Bagaimana seandainya karena satu dan lain hal hidup kita mengalami penurunan atau kegoncangan?

1. Sadarilah, bahwa segala sesuatu ada dalam kendali Tuhan.

Mungkin karena 'kita berjalan semaunya sendiri' membuat diri kita jadi tersandung oleh berbagai masalah dan kegoncangan. Tapi sadarilah, bahwa Tuhan yang setia itu akan menangkap (menyelamatkan) kita dan menguatkan kita. Jadi semuanya tetap dalam kendali Tuhan. Bagian kita selanjutnya adalah: Kembali mendengar Dia berbicara dan mengikuti setiap arahan-Nya. Singkirkan segala bentuk cinta diri sendiri, cinta uang, dan cinta dunia. Setting ulang frekuensi hidup kita untuk tertuju kepada kebenaran-Nya.

Mazmur 37:23-24 (VMD) TUHAN menuntun kita bagaimana seharusnya kita hidup dan Dia senang apabila Dia melihat orang hidup seperti itu. Jika mereka tersandung, mereka tidak akan jatuh, sebab TUHAN menangkapnya dan menguatkannya.

2. Sadarilah bahwa segala hal buruk yang terjadi dalam diri kita sesungguhnya tetap akan mendatangkan kebaikan.

Roma 8:28 (TSI2) Sekarang kita boleh yakin bahwa bagi kita semua yang mengasihi Dia, Allah selalu mengatur semua hal yang kita alami dan hadapi, supaya hal-hal itu menghasilkan kebaikan. Karena kita adalah orang-orang yang sudah dipilih-Nya sesuai dengan rencana-Nya.

Jadi segala upaya musuh akan diputar-balikkan oleh Tuhan untuk mengangkat kita menjadi pribadi yang jauh lebih kuat dari sebelumnya dan menjadi orang terpandang, disegani, dan berpengaruh.

Musuh memang merancang hal yang jahat untuk kita, tapi rencana Tuhan jauh lebih berkuasa untuk tetap terwujud. Ingat saja kisah Yusuf. Secara kasat mata hidupnya seolah makin memburuk. Dibuang di dalam sumur, dijual ke mesir menjadi budak, difitnah istri potifar, lalu dipenjara. Tapi itu semua ternyata sedang menghantarkan dan mendekatkan dirinya menjadi penguasa atas Mesir.

Yang perlu kita lakukan adalah terus menjagai hati yang mencintai Tuhan. Jangan berpikir buruk tentang Tuhan dan juga orang lain (Filipi 4:8). Jagai pikiran dan hati kita terus ada dalam koridor kebenaran sehingga frekuensi diri kita dapat selalu terkoneksi dengan suara Tuhan (roh kita berkobar - kobar, Roma 8:26-27). Inilah yang akan membawa kita masuk ke dalam rencana kekal-Nya dan tidak ada yang bisa menghambat dan menghalangi rencana Tuhan. Dalam semalam segala kondisi buruk yang ada akan berubah begitu saja oleh kedaulatan tangan Tuhan yang mengangkat kita menjadi orang terpandang disegani dan berpengaruh.

3. Jangan kotakkan Tuhan dengan pemikiran kita yang sempit dan jangan batasi Tuhan dengan berbagai keterbatasan yang kita miliki, juga jangan ragukan Tuhan oleh karena berbagai kelemahan yang masih harus kita tanggulangi.

Sadarilah, Dia Allah yang berdaulat. Jika Ia sudah berkehendak dan bertindak, maka tidak ada satupun yang bisa menghalangi-Nya. Apa yang telah Dia firmankan pasti terjadi dan tidak mungkin gagal (Yesaya 55:10-11). Bagian kita adalah percaya kepada Dia yang sanggup melakukan apa yang mustahil menjadi mungkin. Yakinlah, Dia akan membawa kita menjadi wakil-Nya di atas bumi ini dan bertumbuh menjadi serupa dengan Kristus. Itulah masa depan kita yang sangat gilang gemilang.

Kita akan menyatakan kemuliaan serta kedahsyatan dan keajaiban kuat kuasa-Nya di atas bumi ini. Segala hal buruk dan fakta negatif yang masih kita hadapi saat ini, tidak akan pernah bisa menggagalkan rencana Tuhan. Ia punya banyak cara untuk membawa kita menaklukkan segala fakta negatif dan mempromosikan serta mengangkat kita. Bagian kita adalah percaya kepada-Nya sebagai Allah yang tidak terbatas! #AkuCintaTuhan

Ps. Steven Agustinus

Komentar

Postingan Populer