ROH KUDUS PEMIMPIN DAN PENOLONG

*ROH KUDUS PEMIMPIN DAN PENOLONG*
*Pdt Lukas Yoesianto*



Kisah Para Rasul 2:1-4 (TB)  Ketika tiba hari Pentakosta, semua orang percaya berkumpul di satu tempat. 
Tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah, di mana mereka duduk;
dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing. 
Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya.

*Pencurahan Roh Kudus Adalah Kunci Perubahan Besar Diantara Para Murid*

Pada waktu Yesus masih bersama-sama mereka, murid-murid melihat mujizat demi mujizat yang dilakukan Yesus, secara langsung. Namun ketika Yesus memerintahkan kepada mereka untuk menunggu di Yerusalem sampai Roh Kudus dicurahkan, mereka tidak tahu. Secara teori mereka mengerti bahwa Roh Kudus akan dicurahkan tetapi wujudnya seperti apa mereka tidak punya gambaran sama sekali.  

Sampai tiba saatnya mereka mengalami pencurahan Roh Kudus, tiba-tiba mereka mulai mengalami perubahan dalam kehidupan dan pelayanan mereka. Perubahan yang ditimbulkan oleh pencuruhan Roh Kudus sangatlah drastis, besar dan ajaib di dalam hidup mereka. Ada sebuah perubahan yang sangat kentara dan sangat drastis antara sebelum pencurahan Roh Kudus dengan setelah pencurahan Roh Kudus di dalam hidup mereka. Mereka dimampukan untuk melakukan sesuatu yang dulu tidak bisa mereka dilakukan. 

Memang, awalnya mereka cemas dan galau ketika ditinggalkan Yesus, karena Pribadi yang diharapkan telah pergi. Ketika Yesus berpesan kepada murid-murid untuk menunggu di Yerusalem sampai dipenuhi kuasa dari tempat yang maha tinggi, mereka bertanya-tanya, “wujud kuasa itu seperti apa?” Mereka semua tidak tahu. Diawali dengan mereka berkata-kata dalam bahasa lain, selanjutnya mereka mampu lakukan banyak perkara, mukjizat, kesembuhan dan tanda-tanda heran dinyatakan. Kisah-kisah mereka dicatat dalam Kitab Kisah Para Rasul. 

*Pencurahan Roh Kudus Harusnya Mengubahkan Hidup Kita*

Harusnya hal yang sama juga terjadi di dalam hidup setiap kita saat pencurahan Roh Kudus terjadi di dalam hidup kita. Kita terus mengalami perubahan, peningkatan dan pertumbuhan semenjak Roh Kudus dicurahkan di dalam hidup setiap kita. Karena itulah, pastikan Dia ada dalam hidup kita, lebih dari sekedar kita tahu, tetapi setiap kita mengenal, bergaul dan mengalami pekerjaanNya di dalam kehidupan kita sehari hari. Percayalah, Dia akan selalu menolong, menghibur, dan memimpin kita di dalam seluruh kebenaran. Yakinlah bahwa Dia juga menjadi meterai dan jaminan hidup kita selama-lamanya. Seperti yang dinyatakan di dalam firmanNya, 

Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu (Yohanes 14:16-17).

*Bagaimana Hidup Dipimpin Oleh Roh Kudus?*

*1. Sadari Bahwa Roh Kudus Ada Dalam Hidup Kita.*

Percayalah bahwa Roh Kudus ada dalam kehidupan kita, dan tidak akan meninggalkan kita selama-lamanya. Bahkan Dia menyertai kita selama-lamanya untuk menolong kita sehingga kita bisa menggenapi kehendak Bapa. Ketidaksadaran kita akan Roh Kudus akan menyebabkan kita tidak mendapatkan pimpinanNya dan jaminanNya.

*2. Perlakukan Dia Sebagai Seorang Pribadi.*

Roh Kudus adalah seorang pribadi. Dia itu bukanlah aplikasi, apalagi benda mati, bahkan petunjuk sesaat. Namun dia adalah Pribadi yang hidup. Jika dia adalah seorang pribadi, seharusnya kita juga memperlakukanNya sebagai pribadi. Percayalah, Dia adalah pribadi yang hidup meskipun kita tidak bisa melihat dan menyetuhnya. Karena itu, marilah setiap kita bergaul dan bercakap-cakap dengan Dia. Kenallah Dia, sayangilah Dia, hargailah Dia, buatlah Dia senang. Karena Roh Kudus adalah pribadi sehingga Alkitab mengatakan bahwa kita bisa mendukakan dan bahkan mendustaiNya ((Efesus 4:30, Markus 3:29, Kisah Para Rasul 5:3). 

*3. Mulailah Belajar Berkomunikasi Dan Bergaul Dengan Roh Kudus.*

Apakah sulit mendapatkan pimpinan dan mendengarkan suaranya; sebenarnya yang sulit adalah kita sadar bahwa Dia ada dalam hidup kita. Perlu sebuah kebiasaan dan kesadaran terus menerus untuk kita memperoleh pimpinanNya. Mari belajar berkominikasi dengan Roh Kudus, karena Dia adalah pribadi yang bisa berkata-kata. Dia adalah sahabat karib kita, penolong kita, penghibur kita, Dia bahkan stand by 24 jam bagi kita, pengajar kita akan seluruh kebenaran. Percayalah, seperti halnya Dia memimpin, berbicara dan menolong para Rasul (KPR 8:29;10:19; 13:2), begitu pun Dia akan memimpin, berbicara dan menolong kita.

Kemah Daud Ministries
Yogyakarta

Komentar

Postingan Populer