SETIA MEMBACA DAN MENGGALI FIRMAN TUHAN

SETIA MENGGALI DAN MEMBACA FIRMAN TUHAN



Hari - hari ini Roh Kudus terus mengajar saya untuk memperhatikan apa yang melintas dalam pikiran saya, khususnya ayat - ayat firman dan juga kalimat - kalimat tertentu. Hal itu menjadi sangat penting, sebab hal tersebut merupakan suara Tuhan atau firman-Nya yang harus ditangkap dan diresponi lebih lanjut. Begitulah salah satu cara Tuhan untuk membangun dan mencetak kehidupan kita seturut dengan kebenaran firman-Nya. Bahkan Dia juga akan membentuk kita sedemikian rupa dan dipersiapkan untuk menjadi senjata kebenaran dalam pertarungan dengan dunia ini pada masa yang akan datang. Sehingga kita dapat menyatakan bahwa keyakinan dunia ini adalah SALAH, dan di saat yang bersamaan menghadirkan realita Kerajaan Surga di atas bumi ini (Kebenaran, damai sejahtera, dan sukacita).
 
Ibrani 11:7 (VMD) Nuh telah diperingatkan Allah tentang hal yang belum dapat dilihatnya, tetapi Nuh mempunyai iman dan menghormati Allah. Jadi, ia telah membangun sebuah kapal yang besar untuk menyelamatkan keluarganya. DENGAN IMANNYA, IA MENUNJUKKAN BAHWA DUNIA INI SALAH. Dan dia menjadi seorang yang benar di hadapan Allah melalui iman.
 
Melakukan penggalian firman dan membangun dasar keyakinan yang tidak tergoyahkan hanya dari firman bukanlah 'pekerjaan yang ringan', saya bisa ibaratkan hal ini sama dengan Nuh yang sedang membangun bahtera. Pada saat itu Nuh dan keluarganya sedang menjalankan suatu kehidupan yang tidak populer, dan melawan arus kultur dan gaya hidup manusia pada zaman itu. Kurang lebih 100-120 tahun Nuh mempersiapkan bahtera tersebut. Dan tidak ada satu orang pun yang 'menganggap penting' apa yang sedang Nuh kerjakan. Dan mereka juga sulit percaya akan ada kejadian besar (air Bah) di masa yang akan datang. Hati nurani manusia pada saat itu telah mati sehingga tidak bisa lagi melihat dan merasa agenda rancangan Tuhan. Itulah degradasi kehidupan yang teramat sangat parah karena manusia 'telah sedemikian merosot hingga berada di bawah kualitas insting binatang yang masih sadar akan keberadaan dan rencana sang pencipta' (kita mendapati sementara manusia menolak, binatang justru datang memasuki Bahtera Nuh).

Doa saya pagi ini biarlah Roh Kudus senantiasa menolong saya dalam ketekunan dan kekonsistenan untuk mengikuti arahan-Nya, dan tetap bertahan bahkan melaju dengan kuat melawan arus kehidupan dunia ini yang sedang berupaya dengan segala macam cara untuk bisa bertahan dalam menghadapi tantangan di masa yang akan datang! Roh Kudus berkata dengan tegas dalam batin saya: Hanya oleh IMAN SAJA dunia ini dapat ditaklukkan. Dan hanya oleh Firman saja IMAN dapat muncul. Tidak ada jalan lain! Jadi teruslah lanjutkan penggalian firman (mengenal Tuhan) sebab memang itulah satu - satunya jalan untuk membangun kehidupan yang tidak tergoncangkan!
 
Lukas 6:46-49 (TB) "Mengapa kamu berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, padahal kamu tidak melakukan apa yang Aku katakan? Setiap orang yang datang kepada-Ku dan mendengarkan perkataan-Ku serta melakukannya — Aku akan menyatakan kepadamu dengan siapa ia dapat disamakan —, ia sama dengan seorang yang mendirikan rumah: Orang itu menggali dalam-dalam dan meletakkan dasarnya di atas batu. Ketika datang air bah dan banjir melanda rumah itu, rumah itu tidak dapat digoyahkan, karena rumah itu kokoh dibangun. Akan tetapi barangsiapa mendengar perkataan-Ku, tetapi tidak melakukannya, ia sama dengan seorang yang mendirikan rumah di atas tanah tanpa dasar. Ketika banjir melandanya, rumah itu segera rubuh dan hebatlah kerusakannya."
 
Saya mau hidup dalam dunia-Nya yang tidak tergoncangkan! Jadi saya makin yakin, proses penggalian firman akan membuat saya terhisap masuk ke dalam dunia-Nya Tuhan. Di sanalah harusnya saya hidup dan tinggal, dan dari sanalah saya akan mengalahkan dunia oleh IMAN!! #AkuCintaTuhan
 
Ps. Steven Agustinus

Komentar

Postingan Populer