TUJUH ROH ALLAH

7 ROH ALLAH 
@lannygabriella – 17062020

#MITP- SHRK 16062020

 

7 Roh ALLAH: 
 
1. Ruakh YHWH : 
Roh Tuhan bangkit menjadi yang Esa, untuk disembah dan dipuja oleh segala bangsa
 

2. RUAKH HOKE'MAH
Roh hikmat, kebijakan dan akal budi untuk dapat menimbang, memutuskan dan memimpin bangsa kepada kebenaran
 

3. RUAKH BINE'AH
Roh pengertian, kepandaian untuk cepat menangkap kairos dan mengerti isi hati Tuhan
 

4.  RUAKH ETSAH
Roh nasihat, dari lidah kami keluar pengajaran-pengajaran yang lemah-lembut untuk mematahkan setiap kubu kekerasan dan kedegilan hati
 
5. RUAKH GEBURAH
Roh keperkasaan, kuat dan tangguh, keberanian untuk berdiri diatas kebenaran dan tidak munafik
 
6. RUAKH YHWH DA'ATH
Roh pengenalan akan hati Tuhan, menjadi sahabat, yang selalu memahami hati Tuhan dan selalu berada tepat di hati-Nya
 
7. RUAKH YHWH YIR'ETH
Roh takut akan Tuhan, kerinduan untuk selalu mengindahkan dan memilih Tuhan lebih dari segalanya. 

Yesaya 11:2
Roh TUHAN akan ada padanya, roh hikmat dan pengertian, roh nasihat dan keperkasaan, roh pengenalan dan takut akan TUHAN; 
1. Roh TUHAN
2. Roh Hikmat
3. Roh Pengertian
4. Roh Nasihat
5. Roh Keperkasaan
6. Roh Pengenalan 
7. Roh Takut akan Tuhan

#1. ROH TUHAN  (RUAKH YHWH) : 
Roh Tuhan bangkit menjadi yang Esa, untuk disembah dan dipuja oleh segala bangsa

Roh = Ruakh = breathe (nafas), wind (angin); karena ada Roh Allah/nafas Allah, maka menjadi HIDUP;

Kejadian 1:2
1:2 Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air. 
AYT – Bumi tidak berbentuk dan kosong, kegelapan menutupi permukaan samudra. Dan Roh Allah melayang-layang diatas permukaan air.

 Bumi tidak berbentuk = kesia-siaan (membuang waktu percuma)
 Bumi kosong = hampa (periksa hati, karena sikon dan hati jadi kosong)
 Bumi gelap = penuh sengsara (Banyak masalah, terutama gereja2 tidak beroperational, mereka yang kena dampaknya dan hanya bisa makan 2 hari sekali atau hanya makan singkong)

ROH ALLAH Melayang-Layang Di Atas Permukaan Air:
- Roh Allah mengerami (Roh Kudus take over bisa berubah dari dalam keluar, muncul kehidupan sesuatu yang Ilahi, responi dengan baik, sampai menjadi Rajawalinya Tuhan)
- Roh Allah bergerak dengan mengepak-gepakkan sayap 
- Roh Allah menggoncang

#2. ROH HIKMAT (RUAKH HOKE'MAH):
Roh hikmat, kebijakan dan akal budi untuk dapat menimbang, memutuskan dan memimpin bangsa kepada kebenaran

Amsal 1:20-33 
Hikmat berseru nyaring di jalan-jalan, di lapangan-lapangan ia memperdengarkan suaraNya, di atas tembok-tembok ia berseru-seru, di depan pintu-pintu gerbang kota ia mengucapkan kata-katanya: “Berpalinglah kamu kepada teguranKu! Sesungguhnya; Aku hendak mencurahkan isi hatiKu kepadamu . . . ,”

 Roh Kudus menyodorkan Diri-Nya; menawarkan Diri-Nya dengan sangat.
Roh Kudus ingin kita berpaling dan mendekat kepada-Nya. Hikmat Roh Kudus luas dan Ia bisa mengajari kita dalam segala hal. 

Amsal 8:30-31;3
“Setiap hari Aku menjadi kesenangan-Nya, dan senantiasa bermain-main di hadapan-Nya; Aku bermain-main di atas muka bumi-Nya dan anak-anak manusia menjadi kesenanganku. Berbahagialah orang yang mendengarkan Daku, yang setiap hari menunggu pada pintuku, padaKu’lah kekuatan. Karena Aku, para raja memerintah dan para pembesar menetapkan keadilan. Karena Aku para pembesar berkuasa, juga para bangsawan dan semua hakim di bumi. Aku mengasihi orang yang mengasihi Aku dan orang yang tekun mencariKu akan mendapatkan Aku.”

Bertekunlah mencari Tuhan Roh Kudus dan menjeritlah kepada Tuhan bahwa kita butuh Roh Hikmat, karena kita butuh Roh Kudus. Entah sikon ini sampai kapan, tetapi kita bisa mencari Hikmat Roh Kudus untuk mengatasi hal seperti ini. Hikmat Tuhan meliputi segala hal. 

#3. ROH PENGERTIAN (RUAKH BINE'AH):
Roh pengertian, kepandaian untuk cepat menangkap kairos dan mengerti isi hati Tuhan

Mazmur 119:130
Bila tersingkap, firman-firman-Mu memberi terang, memberi pengertian kepada orang-orang bodoh.

Amsal 18:2 
Orang bebal tidak suka kepada pengertian, hanya suka membeberkan (mencurahkan) isi hatinya. 
Proverb 18:2 – A fool does not care whether he understands a thing or not; all he wants to do is show how smart he is. (orang bodoh tidak perduli apakah dia mengerti atau tidak; yang ingin dia talukan hanyalah menunjukkan betapa pintarnya dia).

Ada orang menunjukkan tidak penting isinya, tetapi protes dahulu. Dunia sedang dihadapi oleh hal hal seperti itu. Kerusuhan terjadi di Amerika yang tidak memeriksa kebenarannya. Dituduh rasis, bagaimana ia bisa menikah dengan orang asia. Ada begitu banyak paradigma, penyesatan, hoax, dan ini karena mereka tidak punya roh pengertian. Lihatlah dari sudut yang berbeda sehingga bisa jernih. 

Ada kalanya Tuhan membiarkan kita mengalami kegagalan, supaya kita bisa menjadi kuat atau Tuhan mengizinkan kita menjadi kaya, tetapi itu membuat kita tidak rendah hati. 
Miliki Roh Pengertian, supaya kita tahu rencana Tuhan. Lihatlah dari kacamata Tuhan, bukan dari sudut pandang manusia. 

Ada Tuhan yang membuat setiap yang tidak mungkin menjadi mungkin. Tuhan tetap mengasihi kita.
Dimasa seperti ini, marilah turun memberkati mereka yang sederhana, pakailah semua perlengkapan, karena mereka juga butuh bantuan kita. Seorang nenek yang kena virus S19, yang sudah parah tinggal menunggu hari karena sudah parah, tetapi tiba tiba keadaan berbalik setelah di doakan dalam 3 hari dan hasilnya sempurna, karena ada mujizat Tuhan. Roh Pengertian melihat dari sudut yang berbeda.

#4. ROH NASEHAT (RUAKH ETSAH) :
Roh nasihat, dari lidah kami keluar pengajaran-pengajaran yang lemah-lembut untuk mematahkan setiap kubu kekerasan dan kedegilan hati

Mazmur 16:7
Aku memuji TUHAN, yang telah memberi nasihat kepadaku, ya, pada waktu malam hati nuraniku mengajari aku. 
Psalm 16:7 – NCV – Aku memuji Tuhan sebab Ia menasehatiku. Bahkan pada malam hari, aku merasakan pimpinan-Nya.

Mazmur 73:21-24
Ketika hatiku merasa pahit dan buah pinggangku menusuk-nusuk rasanya,  aku dungu dan tidak mengerti, seperti hewan aku di dekat-Mu. Tetapi aku tetap di dekat-Mu; Engkau memegang tangan kananku. Dengan nasihat-Mu Engkau menuntun aku, dan kemudian Engkau mengangkat aku ke dalam kemuliaan. 

Pada waktu malam Tuhan mau menasehati kita. Ketika malam tiba kepala sudah diletakkan diatas bantal, cobalah untuk berbicara kepada Tuhan, nyatakan isi hatimu kepada Tuhan. Tuhan bisa memberikan kita banyak nasehat, berupa mimpi, vison  atau apapun; Di waktu malam Tuhan sangat ingin memberikan nasehat-Nya;

Vision : Tuhan memperlihatkan bahwa kegelapan begitu menggerikan, diluar itu sangat gelap, tetapi di daerah . . . ada terang. Kemudian datang serbuan belalang sangat banyak jumlahnya, seperti film mummy sangat menggerikan. Saat itu berteriak minta tolong kepada Tuhan dan Tuhan berbicara, “kejahatan, kemunafikan, kehancuran, mala petaka, penyakit, akan menyerbu bumi.!”  
“Lalu bagaimana Tuhan dengan anak anak-Mu?” – Tuhan mengambil seperti sebuah kuas, dan kuas itu mulai menyapu dengan berputar, artinya, kita seperti dikurung dalam sebuah kuas putih seperti tembok dan  Tuhan berkata, jaga tembok itu dan jangan biarkan kegelapan itu masuk ke daerah kita. Keluarga kita, hidup kita, bisnis kita.

Hari itu juga ada yang mulai berjaga jaga, tetapi ada juga orang orang yang tidak perduli. Mereka yang berjaga jaga di pintu temboknya, pada pelayanan masing2. Mereka berjaga dengan sangat kuat, mereka mengangkat pedang Roh, yaitu Firman Tuhan, deklarasi, tetapi  lambat laun mereka menjadi bosan dan menurunkan, langsung penyusup begitu banyak masuk. 

Tetapi ada yang terus menerus menyembah Tuhan, tetapi ada yang membuat hatinya sakit, kecewa, sesuatu yang iblis sodorkan dan berkata, “lihat percuma kamu menyembah Tuhan, karena Tuhan tidak suka dengan kamu.” Tiba tiba sebuah tangan hitam seperti membanting dia.

Hari hari jangan berhenti, sebab ada tertulis, Ketika hatimu merasa pahit dan buah pinggangmu menusuk-nusuk rasanya,  dungu dan bodoh. Alkitab berkata, Daud tetap disisi Tuhan. 

Ambil keputusan sebelum terlambat. Jangan menyingkir dari hadapan Tuhan dan mulailah berkata, Roh Kudus take over kesakitanku, perasaanku, bicaralah Roh Kudus dan pasti memberi nasehat-Nya. 

Amin. 

To God be the Glory

Komentar

Postingan Populer