BABAT HABIS 2

 *BABAT HABIS 2*

*10 PERSIAPAN PUTARAN TERAKHIR UNTUK RAPTURE*

*SELASA 11 AGUSTUS 2020*

*Pdt Nany Susanty SH*



Shalom


Saudara-saudara Minggu yang lalu kita sudah membahas satu Point dari *10 Point Persiapan Putaran Terakhir Menjelang Rapture*


Hari Selasa 04 Agustus 2020 kita sudah membahas apa yang harus kita Tebas atau Babat Habis *Kesombongan* yang ada di dalam hidup kita.


Sore ini Tuhan mau Pembangunan Hidup Kita Dipercepat. Sore ini saya akan membahas Lima Point Apa yang harus dibabat Habis dalam hidup kita.


*KEPAHITAN*


Kapak Yang Pipih dan Panjang, Runcing untuk Membabat Habis Kepahitan.


Kapak ini digunakan untuk mencungkil sesuatu di dalam tanah.


KEPAHITAN di dalam hidup kita ini akan menghambat pertumbuhan rohani kita dan menghambat Berkat Tuhan tercurah dalam hidup kita.


Kesaksian : Ketika saya melayani disebuah gereja, hamba Tuhan ini setelah selesai ibadah dia menghampiri saya, dia minta didoakan oleh saya. Hamba Tuhan ini berkata ketika ia berdoa Tuhan berkata kepada dia bahwa dia harus didoakan oleh saya.


Hamba Tuhan ini lebih muda dari saya. Kemudian saat saya mendoakan dia. Saya melihat sebuah hati ditengah hati itu ada batu hitam. Saya melihat batu hitam ini lama kelamaan menggerogoti hati tersebut lalu saya tanya ke Tuhan apa itu artinya. Tuhan berkata kepada saya bahwa kepahitan yang ada di hati hamba Tuhan ini harus dilepaskan.


Lalu hamba Tuhan ini dilayani kelepasan dari segala macam kepahitan nya.


Mari Kita Buka Ibrani 4:12-13 (TB)  Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua mana pun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita. 

Dan tidak ada suatu makhluk pun yang tersembunyi di hadapan-Nya, sebab segala sesuatu telanjang dan terbuka di depan mata Dia, yang kepada-Nya kita harus memberikan pertanggungan jawab.


Tidak ada orang yang kuat, kita harus dilepaskan dari segala kepahitan kita.


Contohnya : Absalom Kepahitan Kepada Amnon.


Absalom membunuh Amnon karena ia kepahitan terhadap Amnon yang memperkosa adiknya Tamar. Amnon adalah Putra Pertama Dari Daud seharusnya Amnon adalah Putera Mahkota.


2 Samuel 13:19, 22 (TB)  Lalu Tamar menaruh abu di atas kepalanya, mengoyakkan baju kurung yang maha indah yang dipakainya, meletakkan tangannya di atas kepalanya dan pergilah ia sambil meratap dengan nyaring.

Dan Absalom tidak berkata-kata dengan Amnon, baik tentang yang jahat maupun tentang yang baik, tetapi Absalom membenci Amnon, sebab ia telah memperkosa Tamar, adiknya.


*Absalom Menyimpan Kepahitan Terhadap Amnon Selama Dua Tahun*


2 Samuel 13:23-24 (TB)  Sesudah lewat dua tahun, Absalom mengadakan pengguntingan bulu domba di Baal-Hazor yang dekat kota Efraim. Lalu Absalom mengundang semua anak raja.

Kemudian Absalom menghadap raja, lalu berkata: "Hambamu ini mengadakan pengguntingan bulu domba. Kiranya raja dan pegawai-pegawainya ikut bersama-sama dengan hambamu ini."


*BENALU*

*KAPAK PENDEK FUNGSINYA MEMBABAT HABIS BENALU YANG TUMBUH*


Gunanya untuk memotong tanaman-tanaman yang diganggu oleh 

benalu. Benalu adalah tanaman penghisap makanan dari 

tanaman yang ditempel. 


BENALU ITU NEMPEL DAN MERUGIKAN. 


Apa yang menjadi benalu dalam hidupmu? sesuatu yang mengakibatkan kamu tidak bisa /menghambar pertumbuhan itu Benalu.


*PENGLIHATAN BU NANY*



Ketika saya berdoa, Tuhan memberikan kepada saya suatu Penglihatan sebuah Pohon yang daunnya sangat rindang, Berbuah Besar-besar dan Sangat Lebat. Lalu saya melihat di salah satu dahan pohon itu tumbuh Benalu. Benalu adalah tumbuhan yang menempel di pohon inangnya, sifat Benalu sangat merugikan pohon inangnya. Benalu menyedot persediaan makanan bagi pohon dan ranting inangnya. Dahan pohon yang ditumbuhi benalu tidak bisa mendapatkan makanan sehingga lama kelamaan Dahan Pohon inangnya, akan gugur daunnya dan lama kelamaan Dahan nya menjadi kering dan mati.


Benalu jika dibiarkan tumbuh maka ia akan menutupi seluruh dahan pohon inangnya, dan lama kelamaan pohon ini akan mati dan kering karena tidak mendapatkan cadangan makanan.


Berbeda dengan Pohon Anggrek, Anggrek juga menempel di dahan pohon namun Anggrek tidak mengambil makanan dari pohon inangnya. Pohon inangnya akan tetap hidup. Dan mempunyai hubungan yang saling melengkapi dan menguntungkan.


Pertama kali Benalu tumbuh di suatu pohon itu tidak terasa, lama kelamaan Benalu itu akan merembet ke seluruh dahan pohon inangnya, Benalu itu menghambat pertumbuhan pohon inangnya.


Jika kita mempunyai Benalu dalam hidup kita maka itu akan menghambat pertumbuhan rohani kita. Jika kita menyadari ada sesuatu yang menghambat pertumbuhan rohani kita, kita harus cepat datang ke Tuhan, minta Tuhan membabat habis benalu-benalu yang ada di dalam hidup kita.


ABRAHAM TIDAK PERNAH MERASAKAN BAHWA LOT PENGHAMBAT PERTUMBUHANNYA. 


BAHKAN MENGHAMBAT

KETURUNAN (LAMBANG PERLIPAT KALI GANDAAN)

SAMPAI SESUDAH BENALU DIPOTONG MEMAKAI KAPAK PENDEK TERJADI TROBOSAN ISHAK LAHIR


Kejadian 12:1-3 (TB)  Berfirmanlah TUHAN kepada Abram: "Pergilah dari negerimu dan dari sanak saudaramu dan dari rumah bapamu ini ke negeri yang akan Kutunjukkan kepadamu; 

Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar, dan memberkati engkau serta membuat namamu masyhur; dan engkau akan menjadi berkat.

Aku akan memberkati orang-orang yang memberkati engkau, dan mengutuk orang-orang yang mengutuk engkau, dan olehmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat." 


*BENALU MULAI MENGGANGU*


Kejadian 13:3-9 (TB)  Ia berjalan dari tempat persinggahan ke tempat persinggahan, dari Tanah Negeb sampai dekat Betel, di mana kemahnya mula-mula berdiri, antara Betel dan Ai,

ke tempat mezbah yang dibuatnya dahulu di sana; di situlah Abram memanggil nama TUHAN. 

Juga Lot, yang ikut bersama-sama dengan Abram, mempunyai domba dan lembu dan kemah. 

Tetapi negeri itu tidak cukup luas bagi mereka untuk diam bersama-sama, sebab harta milik mereka amat banyak, sehingga mereka tidak dapat diam bersama-sama.

Karena itu terjadilah perkelahian antara para gembala Abram dan para gembala Lot. Waktu itu orang Kanaan dan orang Feris diam di negeri itu.

Maka berkatalah Abram kepada Lot: "Janganlah kiranya ada perkelahian antara aku dan engkau, dan antara para gembalaku dan para gembalamu, sebab kita ini kerabat.

Bukankah seluruh negeri ini terbuka untuk engkau? Baiklah pisahkan dirimu dari padaku; jika engkau ke kiri, maka aku ke kanan, jika engkau ke kanan, maka aku ke kiri."


*ABRAHAM MULAI MENYADARI*


*BERTOBAT CARI SOLUSI “POTONG / BABAT HABIS*


*PEMULIHAN TERJADI*


Kejadian 14:14-16 (TB)  Ketika Abram mendengar, bahwa anak saudaranya tertawan, maka dikerahkannyalah orang-orangnya yang terlatih, yakni mereka yang lahir di rumahnya, tiga ratus delapan belas orang banyaknya, lalu mengejar musuh sampai ke Dan. 

Dan pada waktu malam berbagilah mereka, ia dan hamba-hambanya itu, untuk melawan musuh; mereka mengalahkan dan mengejar musuh sampai ke Hoba di sebelah utara Damsyik.

Dibawanyalah kembali segala harta benda itu; juga Lot, anak saudaranya itu, serta harta bendanya dibawanya kembali, demikian juga perempuan-perempuan dan orang-orangnya.


Kejadian 15:5 (TB)  Lalu TUHAN membawa Abram ke luar serta berfirman: "Coba lihat ke langit, hitunglah bintang-bintang, jika engkau dapat menghitungnya." Maka firman-Nya kepadanya: "Demikianlah banyaknya nanti keturunanmu." 


*MULTIPLIKASI TERJADI*


Kejadian 21:1-3 (TB)  TUHAN memperhatikan Sara, seperti yang difirmankan-Nya, dan TUHAN melakukan kepada Sara seperti yang dijanjikan-Nya. 

Maka mengandunglah Sara, lalu ia melahirkan seorang anak laki-laki bagi Abraham dalam masa tuanya, pada waktu yang telah ditetapkan, sesuai dengan firman Allah kepadanya. 

Abraham menamai anaknya yang baru lahir itu Ishak, yang dilahirkan Sara baginya. 


*SAAT PEMOTONGAN TERJADI KADANG-KADANG TUHAN MEMBUAT INSTAN MUJIZAT TERJADI TAPI KADANG-KADANG TUHAN PUNYA WAKTU IN HIS TIME*


*FUNGSI KAPAK PENDEK TAPI RUNCING FUNGSI MATA KAPAK GUNANYA UTK MENCUNGKIL MATA*


Matius 18:9 (TB)  Dan jika matamu menyesatkan engkau, cungkillah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu masuk ke dalam hidup dengan bermata satu dari pada dicampakkan ke dalam api neraka dengan bermata dua.


*MATA YANG BAGAIMANA YANG

HARUS DICUNGKIL?*


*MATA YANG MENYESATKAN*


Matius 18:10-11 (TB)  Ingatlah, jangan menganggap rendah seorang dari anak-anak kecil ini. Karena Aku berkata kepadamu: Ada malaikat mereka di sorga yang selalu memandang wajah Bapa-Ku yang di sorga.

[Karena Anak Manusia datang untuk menyelamatkan yang hilang.]"


*MATA YANG JAHAT UJUNG NYA AKAN MENUJU KEGELAPAN*


Lukas 11:34-35 (TB)  Matamu adalah pelita tubuhmu. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu, tetapi jika matamu jahat, gelaplah tubuhmu.

Karena itu perhatikanlah supaya terang yang ada padamu jangan menjadi kegelapan.


*MATA YANG JAHAT ITU MATA YANG BAGAIMANA?*


CIRI-CIRINYA NYA;

- BEGITU MELIHAT SUDAH PUNYA NIAT JAHAT

- MATA YANG SELALU IRI DENGAN APA YANG 

ORANG LAIN PUNYA


- MATA YANG SELALU TIDAK PUAS DNG APA YG 

TUHAN BERI


*MATA LABAN*


Kejadian 24:29-31 (TB)  Ribka mempunyai saudara laki-laki, namanya Laban. Laban berlari ke luar mendapatkan orang itu, ke mata air tadi,

sesudah dilihatnya anting-anting itu dan gelang pada tangan saudaranya, dan sesudah didengarnya perkataan Ribka, saudaranya, yang bunyinya: "Begitulah dikatakan orang itu kepadaku." Ia mendapatkan orang itu, yang masih berdiri di samping unta-untanya di dekat mata air itu, 

dan berkata: "Marilah engkau yang diberkati TUHAN, mengapa engkau berdiri di luar, padahal telah kusediakan rumah bagimu, dan juga tempat untuk unta-untamu." 


*MATA RAHEL*


*RAHEL MELIHAT DAN MENJADI CEMBURU*


Ketika dilihat Rahel, bahwa ia tidak melahirkan anak bagi Yakub, cemburulah ia kepada kakaknya itu, lalu berkata 

kepada Yakub: "Berikanlah kepadaku anak; kalau tidak, aku akan mati.“


*AWAS HATI-HATI !!! KECEMBURUAN INI 

BISA TERJADI KARENA HAL-HAL YANG ROHANI*


*KEINGINAN YANG BERKELEBIHAN*


Kejadian 30:14 (TB)  Ketika Ruben pada musim menuai gandum pergi berjalan-jalan, didapatinyalah di padang buah dudaim, lalu dibawanya kepada Lea, ibunya. Kata Rahel kepada Lea: "Berilah aku beberapa buah dudaim yang didapat oleh anakmu itu."


*FUNGSI MATA KAPAK UNTUK MEMENGGAL TANGAN*


Matius 5:30 (TB)  Dan jika tanganmu yang kanan menyesatkan engkau, penggallah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa dari pada tubuhmu dengan utuh masuk neraka.


*APA ARTI MEMENGGAL TANGAN ?*


AWAL PERTAMA TUHAN MENCIPTAKAN KITA 

SEMPURNA.


MEMPERGUNAKAN APA YANG TUHAN BERI BERFUNGSI 

UNTUK KEMULIAAN TUHAN.


KALAU TANGAN KITA TIDAK BISA BERFUNGSI SEPERTI YANG TUHAN MAU PENGGAL SAJA.


*TANGAN YANG MENYESATKAN*


Contohnya : Hawa


Kejadian 3:6 (TB)  Perempuan itu melihat, bahwa buah pohon itu baik untuk dimakan dan sedap kelihatannya, lagipula pohon itu menarik hati karena memberi pengertian. Lalu ia mengambil dari buahnya dan dimakannya dan diberikannya juga kepada suaminya yang bersama-sama dengan dia, dan suaminya pun memakannya. 


*FUNGSI ANAK KAPAK MEMENGGAL KAKI YANG 

MENYESATKAN*


Markus 9:45 (TB)  Dan jika kakimu menyesatkan engkau, penggallah, karena lebih baik engkau masuk ke dalam hidup dengan timpang, dari pada dengan utuh kedua kakimu dicampakkan ke dalam neraka;


*KAKI YANG JALANNYA TURUN MENUJU MAUT*


Amsal 5:5 (TB)  Kakinya turun menuju maut, langkahnya menuju dunia orang mati. 


*KAKINYA TIDAK MENEMPUH JALAN KEHIDUPAN*


*YUNUS KAKINYA DIPENGGAL JADI TAWANAN ROH*


Yunus 1:3 (TB)  Tetapi Yunus bersiap untuk melarikan diri ke Tarsis, jauh dari hadapan TUHAN; ia pergi ke Yafo dan mendapat di sana sebuah kapal, yang akan berangkat ke Tarsis. Ia membayar biaya perjalanannya, lalu naik kapal itu untuk berlayar bersama-sama dengan mereka ke Tarsis, jauh dari hadapan TUHAN. 


*MELARIKAN DIRI JAUH DARI HADAPAN TUHAN*


Yunus 1:12 (TB)  Sahutnya kepada mereka: "Angkatlah aku, campakkanlah aku ke dalam laut, maka laut akan menjadi reda dan tidak menyerang kamu lagi. Sebab aku tahu, bahwa karena akulah badai besar ini menyerang kamu."


*KAKI YANG RELA DIPENGGAL MENGAKIBATKAN SELURUH KOTA 

DISELAMATKAN*


Yunus 3:3 (TB)  Bersiaplah Yunus, lalu pergi ke Niniwe, sesuai dengan firman Allah. Niniwe adalah sebuah kota yang mengagumkan besarnya, tiga hari perjalanan luasnya. 


Amin


Only By His Grace


Ditulis oleh Joshua Ivan Sudrajat


Komentar

Postingan Populer